Kamis, 31 Oktober 2013

Herborist Daily Feminine Wash

Hai teman-teman!
Hari ini saya ingin mereview tentang produk feminine wash favorit saya. Masih merek lokal Indonesia, Herborist. Lucu kemasannya, bentuk botolnya seperti body wanita. Ada 5 varian, yaitu white musk, lily, gardenia, floral bouquet, jasmine.
 
source : behance.net

Saya tidak mengalami masalah di daerah kewanitaan, tapi menurut saya feminine wash itu penting sekali untuk mencegah terjadinya gangguan seperti keputihan, bau tidak sedap, gatal.

Memang, organ kelamin wanita bisa membersihkan dirinya sendiri dengan memproduksi mukus (lendir). Ada pula bakteri-bakteri baik (golongan Lactobacilli, yaitu L. crispatus, L. gasseri, L. iners, L. jenseniiyang bertugas menjaga pH sekitar 4 (suasana asam) sehingga bakteri patogen & jamur tidak berkembang pesat. Namun kadang-kadang lingkungan tidak mendukung, misalnya aktivitas kita terlalu padat ditambah cuaca panas sehingga banyak berkeringat + tidak mengeringkan organ intim selesai buang air kecil sehingga daerah pribadi kita menjadi terlalu lembab. Apalagi waktu sedang menstruasi, wah banyak sekali gangguan dari bakteri jahat. 

Membersihkan dengan air saja tidak cukup untuk menyingkirkan bakteri jahat, tetapi mencuci dengan sabun mandi / sabun antiseptik sangat tidak disarankan karena pH-nya tidak sesuai (terlalu basa, yaitu >7) sehingga justru membunuh bakteri baik, akibatnya bakteri jahat makin mudah menyerang. Suasana basa juga akan menyebabkan organ intim rentan terhadap iritasi. Solusinya, kita bisa menggunakan feminine wash yang pH-nya sesuai dengan pH organ intim kita (3,5 - 4). Tapi jangan sampai masuk ke dalam, apalagi dipakai untuk douching! Cukup dibasuhkan di luar saja.

Saya pilih produk feminine wash dari Herborist karena pH-nya sudah sesuai (3,5) sehingga aman digunakan tiap hari. Selain itu juga murah, 7 ribuan rupiah yang isi 80 ml. Wanginya juga segar tapi tidak berlebihan, tidak terasa kesat setelah digunakan. Kalau kesat berarti pH produk itu terlalu tinggi (berbahan sabun), tidak sesuai untuk organ intim. Tapi Herborist ini menurut saya pas, tidak terlalu licin saat dibilas air. 

Ingredients :
water, Piper betel leaf extract (ekstrak daun sirih), sodium lauryl sulfate, alcohol, Areca catechu linn (pinang), Uncaria gambir (gambir), Kaempferia galanga (kencur), Stelechocarpus burahol (kepel), Punica granatum (delima), perfume, phenoxyethanol, metylparaben, ethylparaben, propylparaben, butylparaben, isobutylparaben, triclosan, citric acid

Formula andalan dari Herborist ini  yaitu triclosan (antikuman) & "feminine extract super refined", yaitu kombinasi dari ekstrak sirih, pinang, gambir, kencur, kepel, delima. 
Sirih :  antibakteri
Pinang, kepel : anti bau
Gambir, delima : antibakteri, antivirus, antioksidan
Namun sayangnya bahan pengawet di produk ini juga banyak (alcohol & aneka macam paraben) -_-

(+) pH balanced, non soap
(+) wanginya tidak berlebihan (kalau saya paling suka yang varian gardenia, paling netral)
(+) mengandung bahan-bahan alami
(+) murah, ada dimana-mana

(-) banyak pengawetnya, terutama dari golongan paraben

Rate : 7/10
Repurchase : yes

Salam sehat selalu!

Love your body, girls!


4 komentar:

  1. Hai Lintang ....
    Waktu konseling pre-konsepsi 2 tahun lalu, aku diberitahu obgyn kalo feminine wash itu tdk baik digunakan wanita. Beliau cmn recommend basuh pake air aja. Kalaupun pas mandi usahakan sabun tdk sampai terkena miss v.

    Cuma sekedar share aja. Im sure u've done ur own research too :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang aku baca, feminine wash boleh dipakai pada kondisi tertentu. untuk wanita yg udah nikah dianjurkan pakai feminine wash selama 6 jam after intercourse
      pH vagina bisa berubah selama kita minum antibiotik, jadi nggak apa2 dinormalkan kembali pHnya dengan produk tertentu.
      kalo sabun memang nggak boleh, kan basa banget itu..

      aku udah lama nggak beli feminine wash, bikin yang DIY. malah lebih sehat hehehe..

      Hapus
  2. And oh, I reallyyyy like your blog(s) !!!

    BalasHapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah