Minggu, 21 Desember 2014

DIY Apple Cinnamon Mask

Halo..

Wah, sudah lama saya nggak update blog. Sibuk banget soalnya, diperparah dengan koneksi internet yang tidak mendukung. Sesuai janji, saya akan membagi resep yang gampang. Resep ini sebenarnya sudah sering saya gunakan sebelum ngekos, hampir sama seperti DIY Masker Pisang Rempah tetapi beda buah dan takarannya.

Apel sangat bagus untuk yang punya masalah kulit kering dan aging, tapi juga bagus banget untuk yang kulitnya berminyak. Sifat apel menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit, jadi semua jenis kulit bisa menggunakan apel. Karena ada cinnamon dan madu, masker satu ini bisa mengurangi peradangan pada jerawat, juga mencegah jerawat muncul (bagi yang cocok dengan bahan-bahannya). Inilah resepnya..




Sabtu, 13 Desember 2014

Orang yang bersyukur tidak pernah merasa kekurangan

Artikel kali ini nggak ada hubungannya dengan DIY recipes, tapi ada sedikit hubungannya dengan beauty. Ya misalnya bersyukur dengan fisik yang kita miliki. 

Saya tahu, semua orang ingin punya fisik sempurna. Munafik dong kalo ada yang ingin jadi jelek, nggak ingin punya wajah yang cantik atau ganteng. Tapi keinginan itu harus disertai dengan sikap yang realistis dan bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang.


Minggu, 07 Desember 2014

DIY Belimbing Wuluh Liquid Mask

Hai..

Saya kembali lagi dengan DIY modifikasi resep tradisional. Siapa sih yang nggak tahu manfaat belimbing wuluh untuk kulit? Buah yang super asam ini merupakan salah satu resep nenek moyang kita untuk mempercantik kulit. Khasiatnya nanti kita bahas ya, makanya dibaca dulu sampai selesai.

Dimodifikasi supaya lebih mild di kulit

Kamis, 04 Desember 2014

DIY Guava Tea Face Mist

Hai..

Siapa yang belum pernah pakai daun jambu biji sebagai skincare? Hmm.. mungkin banyak yang belum tahu ya, ini resep tradisional lho. Jaman SMA saya jerawatan parah, ada ibu-ibu tetangga yang menyarankan saya untuk mencoba daun jambu biji. Lumayan ngefek untuk jerawat hormonal masa puber, tapi akhirnya saya stop menggunakannya karena pohonnya ditebang, hehehe..

Kali ini saya memodifikasi resep tradisional supaya lebih mudah digunakan, yaitu dibuat face mist. 




Jumat, 28 November 2014

Memilih Bahan DIY Sesuai Golongan Darah

Halo pembaca..

Rasanya udah lama saya nggak update blog. Balas comment & email juga agak lama, maaf ya.. Ada 3 sebab sih. Pertama modem saya rusak, jadi saya terpaksa beli lagi. Lalu gantian hard disk laptop saya yang rusak, laptop jadi nggak bisa dinyalakan. Yang paling sebel karena foto-foto resep DIY yang sudah saya siapkan hilang semua. Yang ketiga, saya pindahan. Saya jadi anak kost sekarang, jadi nanti saya akan lebih banyak share DIY yang cocok untuk anak kost.

Nah, memilih bahan-bahan DIY juga nggak bisa asal-asalan. Selain harus disesuaikan dengan  jenis kulit, juga harus disesuaikan dengan golongan darah. Pernah dengar diet sesuai golongan darah? Kurang lebih yang untuk DIY juga seperti itu.



Selasa, 18 November 2014

DIY Detox Toner & Tips untuk Detoksifikasi

Hai pembaca..

Banyak orang yang minta nasehat karena baru lepas dari skincare dokter maupun skincare gajebo, ada juga yang masih berniat untuk lepas dari skincare dokter setelah pemakaian dalam waktu lama (berbulan-bulan hingga tahunan). Biasanya mereka takut kulitnya ngamuk setelah lepas dari skincare keras. Ya, bagaimanapun juga reaksi kulit seperti itu harus dihadapi. Yang mau lepas dari skincare keras harus siap punya kulit kusam beberapa waktu, tapi nanti pulih meskipun nggak sekinclong waktu masih pakai skincare keras.

Untuk membantu pemulihan kulit, racun-racun perlu dikeluarkan dari dalam kulit dan tubuh. Istilah kerennya detoksifikasi. Detoksifikasi itu nggak hanya dilakukan dengan skincare yang dipakai di permukaan kulit, tapi juga melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Kali ini saya mau berbagi resep toner sederhana untuk detoksifikasi. Bahannya mudah dicari, resepnya mudah dibuat.


Jumat, 14 November 2014

DIY Mocha Mask

Halo..

Saya paling suka makanan dan minuman rasa moka. Moka juga enak lho untuk dipakai di wajah, ini adalah salah satu masker favorit saya. Masker ini paling bagus dipakai di pagi hari karena bisa membangkitkan semangat dan membuat wajah terlihat segar. Masker moka juga "menghidupkan kembali" kulit aging. 


Minggu, 09 November 2014

Madu Pahit & Ekstrak Kulit Manggis sebagai Suplemen & Skincare

Hai..


Saya termasuk orang yang tidak suka mengeluarkan banyak orang untuk beli suplemen kulit yang mahal. Banyak yang menanyakan suplemen kulit terbaik, saya bilang saya belum pernah mencobanya. Orang-orang bertanya soal suplemen pemutih kulit, anti jerawat, anti aging, penghilang flek dll. Merek yang ditanyakan adalah yang impor dan harganya mahal-mahal. Ada juga yang menanyakan soal suplemen pelangsing, saya angkat tangan jika ditanya soal pelangsing. Gimana bisa ngerti, saya saja kepingin menambah berat badan hehehe..

Tapi kali ini saya punya sedikit referensi buat kalian yang mencari suplemen kulit dan pelangsing yang alami, aman, dan terjangkau. Sayang sekali belum banyak orang mengenal khasiatnya, bahkan memandang sebelah mata karena iklannya.

Madu pahit, mungkin banyak orang yang belum kenal
Mastin si ekstrak kulit manggis, iklannya sering ditertawakan oleh masyarakat

Saya mencoba 2 produk ini karena ikut-ikutan bapak saya. Awalnya nebeng punya bapak, tapi lalu saya beli sendiri. Dari segi rasa, ini bukan suplemen favorit saya. Ya, madu pahit dan kulit manggis memang semacam jamu yang rasanya nggak enak, tapi manfaatnya luar biasa. Jika belum merasakan sendiri, kalian pasti nggak percaya. 

Kamis, 06 November 2014

DIY Rose Toner

Halo pembaca..


Semua udah nonton iklan Pond's Dewy Rose Gel kan? Iklannya persuasif banget ya, buat yang suka mencoba produk-produk baru pasti nggak tahan deh untuk nggak beli. Saya juga termasuk orang yang gampang tertarik, tapi terhadap ingredientsnya. Saya penasaran banget dengan kandungan Rose Lumiere Serum yang katanya bisa mengurangi kulit kusam, menyamarkan noda hitam, dan melembutkan tekstur kulit mulai dalam 7 hari. 

Berawal dari itu, saya iseng mencoba membuat rose toner. Ini bukan rose water ya, beda. Rose water itu by-product dari pembuatan rose oil. Saya sendiri sudah pernah mencoba rose water produksi Mustika Ratu (air mawar putih), sebenarnya bukan pure rose water karena sudah ditambah bahan lainnya. Dulu saya suka sekali air mawar putih ini untuk campuran masker bubuknya Mustika Ratu dan sebagai face mist.

Nah, rose toner yang saya bikin sebenarnya adalah jus mawar. Gampang kok membuatnya, disimak aja..


Minggu, 02 November 2014

Sharing Pengalaman : Menghilangkan Bekas Luka secara Alami

Hai pembaca..

Akhir-akhir ini saya sering dapat email dari pembaca yang meminta resep untuk menghilangkan bekas luka dan bekas gigitan nyamuk. Saya belum pernah menghilangkan bekas gigitan nyamuk karena memang nggak punya, tapi saya pernah sukses menghilangkan bekas luka. Untuk resep menghilangkan bekas gigitan nyamuk saya pikir mirip ya dengan bekas luka. 

Tapi sebelum menentukan metode untuk menghilangkan bekas luka, kenali dulu jenis bekas luka yang kamu miliki.




Senin, 27 Oktober 2014

DIY Toner Beras Timun

Halo pembaca..

Kali ini saya mau berbagi resep toner yang simpel. Akhir-akhir ini saya suka toner yang simpel untuk selingan toner-toner saya yang lain, tapi toner yang satu ini juga bisa difermentasi. 

Bahannya cuma air rebusan beras, air timun, ar jeruk nipis. Fungsinya apa? Banyak. Nanti dilihat aja di deskripsi ingredients ya.


Sabtu, 25 Oktober 2014

Mitos dan Fakta Seputar Madu

Halo pembaca..

Madu adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk DIY skincare. Bagi beberapa DIY lovers, madu merupakan bahan wajib dan HG (holy grail) ingredient karena sifatnya yang multifungsi dan kaya nutrisi. Namun banyak keraguan seputar madu dan seringkali timbul pertanyaan mengenai madu murni atau berkualitas baik.
Selain itu ada juga pernyataan yang membingungkan seperti "jangan mengambil madu dengan sendok logam karena madu bersifat asam dan akan menyebabkan korosi pada sendok"
Sepertinya masuk akal, tapi bagaimanakah kenyataannya? Yuk kita bahas mitos dan fakta seputar madu!


Senin, 20 Oktober 2014

Simple DIY Face Mist for Traveling

Halo pembaca..

Meskipun saya suka bikin DIY toner dan moisturizer, tapi saya nggak mungkin bawa hasil karya saya untuk traveling. DIY fermentasi dan segala DIY yang mengandung buah-buahan harus disimpan di kulkas, bisa cepat rusak jika dibawa dalam tas. Tapi saya punya resep face mist yang simpel dan nggak harus disimpan di kulkas.

Bahannya simpel, cara membuatnya juga simpel. Hanya perlu distilled water, madu, dan garam. Sebelumnya saya membuat face mist hanya dari air dan gliserin, lembab sih.. tapi nggak ada nutriennya. Jadinya saya membuat resep ini, selain melembabkan juga menutrisi kulit. Mau coba? Yuk disimak..


Jumat, 17 Oktober 2014

DIY Pore Tightening Toner

Halo pembaca..

Punya pori-pori besar itu menyebalkan ya. Selain nggak enak dilihat, pori-pori besar gampang komedoan. Saya juga punya pori-pori besar, maklumlah muka saya dulu berminyak. Saya pernah mencoba resep DIY dari seledri, timun, dan jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori, mungkin 2 tahun yang lalu. Saya dulu juga suka coba-coba DIY tapi belum maniak seperti sekarang. Dulu suka bikin, tapi nggak rajin pakainya. Ramuan seledri, timun jeruk nipis itu ngefek lho untuk pori-pori saya yang super besar, minyak juga lebih terkontrol.

Sekarang saya mau share resep ini, sedikit beda dengan ramuan saya yang dulu. Sekarang saya tambah aloe vera supaya lebih berkhasiat, selain itu juga bisa digunakan untuk kulit kering. Silahkan mencoba, tapi perlu kesabaran dan kedisiplinan dalam pemakaiannya. Ini bukan ramuan ajaib yang bisa mengecilkan pori-pori dalam sekali pakai.

Hulk toner (karena warnanya hijau)

Selasa, 14 Oktober 2014

DIY Masker Pisang Rempah

Halo pembaca..

Kulit saya gampang banget kusam di musim kemarau ini gara-gara debu dan sinar matahari terik, belum lagi polusinya. Jadi tiap hari saya maskeran, tapi maskernya gonta-ganti supaya ada variasi nutrien. Buah dan sayur yang ada di kulkas bisa jadi bahan masker, tapi buah yang paling oke hasilnya di kulit saya adalah pisang. Saya sering bikin masker pisang. Selain masker pisang madu + vitamin E, saya suka masker pisang rempah. Efektif banget menghilangkan kusam, juga menyembuhkan jerawat. Efek cerahnya nggak kalah dengan oat, mungkin teman-teman yang alergi gluten dan nggak bisa pakai masker oat bisa mencobanya.


Minggu, 12 Oktober 2014

DIY Deodorant Spray

Hai hai..

Dari dulu saya paling malas pakai deodorant buatan pabrik, soalnya deodorant sering meninggalkan noda, lengket, bikin iritasi kulit dan ketiak tambah hitam. Jaman sekarang deodorant udah ada yang varian whitening, anti iritasi, bahkan "tidak meninggalkan noda kuning di baju putih maupun noda putih di baju hitam"

Tapi saya tetap nggak tertarik dengan deodorant, soalnya takut. Deodorant diindikasikan memicu kanker payudara.


Jumat, 10 Oktober 2014

DIY Daily Pore Cleanser

Halo teman-teman..


Banyak orang yang bertanya pada saya, DIY cleanser itu beneran bisa membersihkan wajah atau tidak. Saya nggak usah menjelaskan panjang lebar secara lisan *paling juga nggak didengerin*, cukup dengan postingan ini.

Sebenarnya banyak DIY cleanser yang jadi favorit saya, tapi resep kali ini saya suka banget karena gampang dibuat. Nggak usah menggiling beras, nggak usah menyangrai, nggak usah menjemur. Cukup dicampur-campur. Biarpun simpel tapi hasilnya efektif untuk saya. Mau ikut bikin? Ini dia resepnya..


Selasa, 07 Oktober 2014

Amankah Ragi Roti untuk Wajah?

Halo pembaca..

Hmm.. perdebatan soal ragi roti untuk wajah ternyata masih belum surut. Masih banyak orang yang meragukan khasiat ragi roti untuk kulit, karena di pikiran mereka "ragi = jamur = parasit = berbahaya"

Ragi apa dulu nih? Ragi banyak lho jenisnya..


Yang pathogen itulah yang berbahaya


Selasa, 30 September 2014

DIY Hair Vitamin

Hai pembaca..

Saya punya masalah rambut kering sehingga butuh vitamin rambut. Nah masalahnya semua vitamin rambut yang dijual di pasaran selalu mengandung silikon. Silikon digunakan dalam hair products untuk memberikan efek lembut seketika, sayangnya silikon menghalangi nutrien dan kelembaban meresap ke dalam batang rambut, tentu saja silikon bukan solusi yang pas untuk problem rambut kering saya.

Daripada bingung pilih-pilih vitamin, saya lebih suka bikin sendiri. Kebetulan saya suka pakai santan sebagai masker rambut. Masker rambut favorit saya yatu santan + susu + madu, wanginya enak sekali. Sayang wanginya hilang setelah keramas. Lalu saya bikin vitamin rambut dari santan dan madu, nggak bisa dikasih susu karena bikin rambut kaku. Mau tahu vitamin rambut andalan saya? Yuk ditengok resepnya.


Minggu, 28 September 2014

DIY Vitamin C & E Serum

Halo pembaca..

Sudah lama saya pingin bikin serum vitamin C untuk menghilangkan flek hitam, sayangnya nggak bisa beli ascorbic acid secara eceran. Saya udah keliling ke berbagai toko bahan kimia di Semarang, dari Indrasari, Bratachem, sampai semua toko kimia di jalan MT Haryono nggak ada yang boleh ngecer beli 1 ons. Mereka jual ascorbic acid pro analysis grade, minimal 500 gram yang harganya hampir 300 ribu.

Akhirnya saya ikuti saran teman saya si Ribay, bikin serum dari suplemen vitamin C aja, mereknya Vitalong C. Tadinya saya pesimis, soalnya di Ribay serum vitamin C nggak ngefek. Dia bikin dari Vitalong C + air. Karena kulit saya kering, saya tambahkan vitamin E dan gliserin juga. Eh ternyata hasilnya bagus lho, padahal cara membuatnya gampang sekali. Kulit berminyak dan acne prone boleh kok pakai minyak vitamin E, tapi ada aturannya.


Selasa, 23 September 2014

DIY Rice Mung Bean Mask

Halo..


Saya suka masker beras & kacang-kacangan, bikin kulit lembut, lembab dan fresh. Sengaja saya buat masker kering supaya bisa disimpan lama. Kalo nggak mau repot bisa pakai tepung beras & tepung kacang hijau yang udah jadi, tapi memang hasilnya beda sih dengan tepung yang kita proses sendiri. Nggak percaya? Coba aja. Saya pernah pakai tepung beras Rose Brand & tepung kacang hijau (yang untuk bahan kue), hasilnya di kulit nggak sebagus buatan sendiri. 

Bikin sendiri susah nggak sih? Nggak susah kok. Gampang banget, cuma repot hehehe..



Sabtu, 20 September 2014

DIY Makeup Remover (Alcohol & Oil Free)

Halo teman-teman..

Banyak wanita suka ber-makeup, tapi nggak tahan dengan makeup remover yang mengandung alkohol. Alternatifnya adalah menggunakan cleansing oil, baik produk komersial maupun bahan alami. Tapi ternyata nggak semua orang juga tahan dengan minyak, ada yang langsung breakout setelah menggunakan minyak meskipun alami.

Awalnya saya suka menggunakan aneka minyak (olive, grapeseed, VCO, RBD coconut) sebagai bahan skincare termasuk makeup remover. Masalahnya saya ini comedo prone. Blackheads bakal tumbuh subur jika saya menggunakan skincare yang mengandung minyak, wax atau butter di muka. Sekarang saya menghindari bahan-bahan itu untuk muka, untuk badan sih nggak apa-apa.

Saya masih bertahan dengan VCO sebagai makeup remover sampai akhirnya saya menemukan DIY makeup remover ini tanpa sengaja. Awalnya saya berniat membuat toner, tapi gliserinnya kebanyakan. Ternyata bisa digunakan untuk menghapus makeup. Nah, sekarang saya share resepnya, siapa tau ada yang berminat membuatnya.

Dijamin bebas alkohol dan minyak

Selasa, 16 September 2014

DIY Black Toner

Hai..


Black toner ini adalah favorit baru saya. Baru pakai selama 1 minggu. Sebelumnya saya pakai black saccharomyces toner (black pitera / toner ketan hitam fermentasi). Berhubung harus berpergian, saya nggak bisa bawa toner DIY yang fermentasi. Akhirnya bikin toner tanpa fermentasi aja deh. Ternyata di luar kulkas 3 hari pun masih bagus.

Biarpun warnanya hitam, jangan takut hasilnya bakal bikin muka hitam permanen. Saat udah meresap, warna kulit kembali seperti semula.

Black gothic toner
Warnanya mirip jamu brotowali

Minggu, 14 September 2014

DIY Rice Honey Pore Pack

Halo pembaca..


Ada yang bermasalah dengan komedo di hidung? Saya yakin banyak yang mengalaminya. Apa metode favoritmu untuk menghilangkan komedo? Pore pack / comedo extraction / peeling? Saya lebih suka peeling karena nggak sakit & bisa benar-benar bersih. Peeling favorit saya yang DIY dong, yaitu fermented oatmeal. Tapi kalo udah nggak punya waktu, saya suka DIY rice honey pore pack, meskipun di saya hasilnya nggak sebersih fermented oatmeal.


Ya betul, itu memang tissue..

Saya yakin banyak yang udah mencoba DIY pore pack dari putih telur. Saya nggak suka pakai putih telur, dulu pernah nyoba sekali. Begitu teringat macam-macam mikroba yang saya pelajari waktu kuliah, langsung saya bilas, akhirnya nggak jadi bikin DIY pore pack. 

Telur memang bergizi tapi juga berbahaya, banyak bahan DIY selain telur

Yang hobi maskeran atau pakai pore pack putih telur, wajib tahu mikroba putih telur itu apa aja. Telur banyak mikrobanya karena saluran reproduksi & pencernaan ayam jadi 1 (= kloaka), belum lagi kandang & lingkungan peternakan yang kotor.

Rabu, 10 September 2014

DIY Aloe Vera Moisturizer Gel

Halo..

Kali ini saya mau share resep pelembab kesayangan saya. Mungkin banyak pecinta DIY yang sudah pernah membuat pelembab dari aloe vera yang diblender. Resep ini saya utak-atik sendiri berdasarkan resep yang udah umum. 

Cuaca akhir-akhir ini di daerah saya aneh. Pagi hari hingga jam 11 masih dingin tapi sinar mataharinya menyengat, lalu sore di atas jam 5 sampai pagi dingin lagi. Udaranya juga kering banget. Cuaca labil kayak gini bikin kulit dehidrasi. Saya dulu suka pakai minyak (zaitun, grapeseed, coconut) untuk pelembab. Ya, memang lembab sih tapi cuma kamuflase. Di luar kelihatan lembab tapi dalamnya kering. Minyak bukan solusi untuk kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi harus ditangani dengan bahan-bahan yang water based dan dibantu agar mampu mengunci air.

Ada yang sedang mengalami masalah kulit dehidrasi? Ditengok yuk resep berikut ini!


Minggu, 07 September 2014

DIY Masker Ketan Hitam

Hai pembaca..

Di postingan sebelumnya saya janji mau share resep DIY masker ketan hitam. Masker ketan hitam itu resep tradisional Kalimantan. Saya baca di blog mbak Niyah Cahyawati bahwa wanita Kalimantan menggunakan masker dan lulur ketan hitam untuk perawatan pra nikah. Cara membuatnya simpel, beras ketan direndam lalu disangrai dan ditumbuk halus.

Karena suka rempah-rempah, saya campurkan masker ketan hitam tersebut dengan rempah-rempah. Jadilah masker rempah hitam. Seperti nama masker andalan dari merek Roro Mendut, tapi tentu aja nggak sama ya.. Roro Mendut menggunakan campuran rempah-rempah yang dirahasiakan (cuma tertulis sebagai mixed herb) dan rumput laut Gracillaria sp. Tadinya saya mau menambahkan rumput laut berupa nori kering, tapi susah sekali mencari plain nori, adanya nori yang udah berbumbu. Batal deh pakai rumput laut..



Rabu, 03 September 2014

DIY Lightening Mask : Modifikasi dari Resep Tradisional

Halo..

Saya suka banget resep-resep DIY tradisional meskipun nggak praktis. Saya terinspirasi oleh orang-orang yang setia memakai resep tradisional sehingga kulitnya masih bagus di masa tuanya. Ada seorang ibu di komplek saya, sesama pelanggan kios tempat saya beli bahan DIY. Ibu ini pernah curhat "Anak saya dikit-dikit minta duit ke bapaknya, nggak taunya buat beli kosmetik impor di online shop. Padahal sering nggak dipakai karena nggak cocok, mubazir jadinya. Terus juga suka rutin ke *** (nama klinik kecantikan). Anak saya memang boros, tapi kulitnya masih gitu-gitu aja, sering tambah parah karena gonta-ganti kosmetik. Mending kayak saya pakai bahan alami tradisional. Ngirit, hasilnya ada." 

No offense ya, itu cuma cuma curcolan ibu-ibu di komplek saya. Tapi betul lho, ibu yang curhat itu kulitnya masih bagus banget dan awet muda, padahal umurnya udah 50an. Beliau nggak pernah perawatan di klinik kecantikan apalagi pakai skincare impor, cuma pakai bahan alami, apa aja yang ada di dapur. Hmm.. semoga kulit saya beberapa puluh tahun mendatang masih kinclong kayak beliau.

Salah satu resep andalan ibu itu adalah masker beras kencur. Enak lho maskernya. Berasnya digiling sendiri. Saya modif sedikit metodenya, lalu saya tambahkan bengkoang. Jadilah lightening mask. Ada yang kepingin mencerahkan kulit dan menghilangkan flek bekas jerawat? Disimak deh resep berikut ini.



Minggu, 31 Agustus 2014

Lip Ice Repair and Treatment Lip Balm

Halo..

Udah lama nggak review produk. Kali ini saya mau mereview salah satu lip balm yang mereknya sudah nggak asing lagi. Cewek-cewek sering menganggap packaging Lip Ice varian ini membosankan, terlalu serius, nggak cute dsb. Menurut saya packaging nya mewakili semua kalangan, nggak terlalu girly atau teenage. Nggak malu-maluin jika dipakai oleh wanita berumur puluhan tahun atau bahkan pria. Toh lip balm ini juga nggak berwarna, tanpa rasa dan aroma. Jadinya cocok-cocok aja untuk semua gender. Saya suka produk yang sifatnya universal begini, hehe.. 

Tapi tulisan "Lip Ice" nya tetap cute menurut saya

Jumat, 29 Agustus 2014

Ramuan DIY untuk Jerawat dan Tips Bebas Jerawat

Hai pembaca,


Tiap orang pasti pernah mengalami jerawat. Dulu saya bermasalah dengan jerawat di muka, sekarang kulit muka udah kalem, yang berulah justru punggung. Gimana punggung nggak jerawatan, di musim kemarau ini polusi dan debu makin menggila, udara panas bikin keringetan. 

Kali ini saya mau sharing resep DIY untuk jerawat, bisa dipakai di muka, leher, punggung dan mana aja. Resep ini andalan saya karena ampuh untuk saya, tapi entahlah untuk orang lain. Bahan DIY kan cocok-cocokan seperti halnya kosmetik pabrikan. Ada resep minuman juga untuk perawatan dari dalam, yang juga bisa dijadikan toner.


Senin, 25 Agustus 2014

DIY Veggies - Yoghurt Mask & Tonic

Halo..


Kali ini saya mau berbagi resep DIY yang bisa digunakan untuk kulit dan rambut, bisa jadi masker, toner maupun hair tonic. Irit, satu untuk semua. Resep ini termasuk favorit saya karena pembuatannya cepat, nggak perlu difermentasi, kan udah mengandung yoghurt yang termasuk produk fermentasi. Tinggi vitamin A sehingga cocok untuk saya yang kepingin merawat kulit dengan tretinoin tapi nggak tahan dengan purgingnya.

Bentuknya absurd sekali hehehe..
Yang penting khasiatnya

Sabtu, 23 Agustus 2014

Suplemen multifungsi untuk kulit & tubuh

Halo pembaca..


Sekarang saya mau review suplemen lagi. Saya hobi mencoba suplemen yang murah meriah, nggak pernah beli suplemen kecantikan seharga ratusan ribu. Biarpun murah yang penting tahu kandungannya & apa manfaatnya, serta mengonsumsinya dengan dosis yang tepat. Review ini diharapkan bisa jadi referensi buat kalian yang sedang mencari suplemen untuk kulit & tubuh dengan harga ramah di kantong.


Ini yang saya konsumsi sekarang, ditambah madu TJ super

Rabu, 20 Agustus 2014

Ups, blog saya diplagiat!

Halo pembaca,


Postingan kali ini bukan tentang resep DIY, review, atau artikel yang berguna. Saya cuma mau curhat. Kalo nggak menarik nggak dibaca juga nggak apa-apa, hehehe..

Jadi hari ini saya dapat kabar dari Tania bahwa dia menemukan blog yang isinya mirip punya saya. Postingannya menjiplak artikel dan foto milik saya. Isinya sama persis! Lengkap dengan foto yang ber-watermark randomandquick.blogspot.com. Sumpah saya kaget banget. Memang hal seperti ini sudah tidak asing lagi, beberapa blogger mengalami nasib yang sama, isi blognya dicopy tanpa ijin. 

Siapa yang menjiplak blog saya? Ini dia link-nya :

Minggu, 17 Agustus 2014

DIY Facial Cleanser Bengkoang-Oatmeal

Salam merdeka!

Kali ini saya mau share resep facial cleanser yang bisa disimpan selama 2 bulan tanpa pengawet. Saya suka cuci muka dengan oatmeal. Kebetulan di rumah sedang ada bengkoang, campur sekalian deh.. Nggak cuma sebagai cleanser, ramuan ini oke banget dijadikan masker. 

Bentuknya kayak serbuk gergaji

Kamis, 14 Agustus 2014

DIY Fermented Soybean Toner & Mask

Hai..


Saya mau share resep toner & mask fermentasi lagi. Fermented soybean itu terkenal banget dalam skincare Korea, contohnya serum produksi Zymogen ini. Zymogen menggunakan fermentasi beberapa jenis mikroba, yaitu Aspergillus, Saccharomyces, Lactobacillus, Bacillus. Jika kalian punya ragi kecap boleh difermentasi dengan itu, karena ragi kecap isinya Aspergillus. Boleh juga dengan Lactobacillus (bakteri untuk membuat yogurt), tapi jangan dalam bentuk biang yogurt, harus Lactobacillus asli. Seingat saya, temen saya bilang harganya sekitar 4 ribu per ml, dia beli di Fakultas MIPA. Saya cuma punya Saccharomyces (yang carinya gampang, di mana-mana ada dan murah), jadi difermentasi dengan Saccharomyces aja.  



Kedelai yang difermentasi dengan Saccharomyces cerevisiae mengandung polifenol dan flavonoid (dari golongan quercetin) yang punya aktivitas antioksidan kuat. Kedelai yang belum difermentasi saja antioksidannya sudah bagus banget karena mengandung isoflavon. Isoflavon bermanfaat untuk :

Sabtu, 09 Agustus 2014

Masih Jaman Ingin Putih Instan dengan Produk Gajebo?

Hai pembaca..


Ngobrolin soal pemutih gajebo (ga jelas bo!) memang nggak ada habisnya. Kita sudah baca di mana-mana, nonton di mana-mana. Tapi topik ini memang menarik, sering banget diperbincangkan. Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan topik pemutih gajebo di salah satu radio swasta, dan kembali diingatkan betapa banyaknya produk gajebo sekarang dengan strategi pemasaran yang lebih pintar. Kali ini saya mau bahas produk gajebo lokal, yang masih banyak dipakai oleh masyarakat di sini.


Kamis, 07 Agustus 2014

DIY Toner & Mask for Irritated Skin

Halo.. Dari kemarin saya mau posting artikel ini tapi gagal melulu karena koneksi internet modem saya lagi kacau. Malah yang terposting entri tanpa judul. Maaf ya..


Hari Minggu ada teman saya yang panik karena mengalami iritasi setelah memakai sabun whitening. Ternyata dia nggak tahan dengan kandungan kojic acid dalam sabun itu. Kulitnya jadi kering, mengelupas, merah, perih dan gatal setelah pemakaian pertama. Kalo dikasih bedak, jadi ada garis-garisnya dan kulit yang mengelupas semakin jelas. Saya suruh ke dokter kulit nggak mau, malah minta saya membuatkan resep DIY untuk meredakan iritasi. Untungnya beneran mempan di teman saya. Karena itu nggak ada salahnya saya share resep ini di blog ya.. siapa tau bermanfaat.


Selasa, 05 Agustus 2014

Baby Lotion : Cussons & Johnson's

Halo!


Saya suka body lotion tapi biasanya sering bermasalah dengan tekstur atau wanginya. Saya nggak suka body lotion yang teksturnya berat, licin, lengket dan punya wangi tajam. Kulit badan saya nggak terlalu kering sih, tapi tetap perlu lotion supaya tetap terjaga elastisitasnya. Saya suka bikin DIY body toner untuk pelembab badan, tapi saya masih penasaran apakah ada merek lotion yang ringan. Iseng coba lotion bayi, siapa tau suka. Ternyata saya suka banget!

Di post kali ini saya akan mereview 2 merek baby lotion yang saya punya. Gampang banget dicari, di mana-mana ada. 



Rabu, 30 Juli 2014

Sharing : Usaha Menyelamatkan Kulit dari Penuaan Dini

Hai pembaca..

Saya yakin nggak ada orang yang mau dikira lebih tua dari usia sebenarnya. Masalah muka boros atau babyface itu bawaan lahir, takdir yang nggak bisa diubah *kecuali oplas*. Tapi masalah kulit itu tergantung usaha kita dalam merawatnya. Banyak yang bilang, skincare anti aging baiknya dimulai sejak umur 20-an, bahkan sekarang banyak remaja belasan tahun yang sudah mulai memakai skincare antiaging. Skincare antiaging memang penting, tapi sebenarnya usaha mencegah penuaan dini nggak hanya sebatas soal skincare. 


Saya pingin cerita tentang pengalaman saya mengalami premature skin aging. Waktu SMA muka saya terlihat lebih tua dari teman-teman sebaya. Kalo lagi nggak pakai seragam, saya sering dipanggil "Bu" sama orang-orang yg belum kenal (misal di bus kota). Sebel nggak sih.. saya kan masih teenager saat itu. Yang bikin saya keliatan jauh lebih tua semasa remaja bukan hanya muka boros secara keturunan, soalnya temen saya juga banyak yang mukanya dewasa. Tapi masalah kulit! Saya pernah cerita di post ini bahwa saya nggak pernah merawat kulit semasa saya sekolah. Waktu SMA kulit saya nggak cuma gelap, kusam & berjerawat tetapi juga ada kerutan halus di sekitar mata & bibir, kulit juga nggak sekencang remaja yang lain. Serem kan..


Senin, 28 Juli 2014

DIY Oxy Rice Apple Toner

Hai semuanya, selamat hari raya Idul Fitri bagi teman-teman yang merayakan..
Mohon maaf lahir batin ya..


Kembali lagi dengan resep DIY toner, toner satu ini adalah toner favorit saya di antara kreasi toner saya yang lain. Kenapa? Karena wanginya mirip setup buah kesukaan saya hehehe.. Selain itu ada cool sensation alias semriwing, lembab tetep dapet. Toner apa sih ini? Kenalan dulu yuk..


Sama-sama mengandung oksigen, tapi beda pembuatannya dengan DIY oxygenated spray

Sabtu, 26 Juli 2014

Suplemen untuk kesehatan tubuh dan kulit

Halo semuanya yang nyasar di blog ini, apa kabar?

Kali ini saya mau mereview suplemen andalan saya sehari-hari. Penting nggak sih minum suplemen? Mungkin ada sebagian orang yang meyakini bahwa suplemen itu nggak penting, lebih baik mencukupi gizi dari makanan sehari-hari dan tidak bergantung pada suplemen. Kalo bisa mencukupi gizi dari makanan sih, saya juga mau.. masalahnya nggak bisa. Soalnya saya nggak terlalu doyan makanan hewani (kecuali susu & olahannya). Perut jadi agak kembung dan nggak nyaman setelah makan telur, daging, ikan & seafood apalagi makanan dari daging yang diawetkan. Padahal golongan darah saya O, katanya O itu toleran terhadap daging dan harus membatasi susu. Sayang sekali, kan asam-asam amino dan asam lemak esensial sebagian besar terdapat dalam bahan pangan hewani

Ini 3 suplemen yang bikin saya puas dengan hasilnya. Nggak cuma meningkatkan kesehatan tubuh, ternyata efeknya oke banget di kulit. Catat ya, di kulit! 

Madu TJ super (madu+royal jelly+bee pollen)
Biolysin multivitamin
Biolysin emulsion (cod liver oil)

Sabtu, 19 Juli 2014

DIY Sugar Wax

Hai semuanya..


Soal menghilangkan bulu, apa andalanmu? Pisau cukur, hair removal cream, waxing, atau laser? Saya biasanya pisau cukur, tapi pisau cukur bikin bulu di tangan dan kaki saya cepat gondrong! Saya terlalu takut pakai hair removal cream (udah keder dulu liat ingredientsnya), dan untuk waxing di salon atau laser pikir-pikir keluar duitnya *pelit*. Gimana kalo waxing sendiri di rumah? Emang bisa? Bisa! Udah banyak tutorialnya di internet, tapi kali ini saya mau bikin versi saya sendiri.

Yang di internet biasanya pakai gula aja atau gula + air lemon, kalo saya pakai gula + larutan cuka + kayu manis bubuk. Kenapa? Nanti saya jelaskan. Nah, siapa yang mau ikutan bikin? Yuk mari dilihat..



Jumat, 18 Juli 2014

Vaseline Aloe Fresh SPF 24 Daily Light Lotion

Halo semua..


Kali ini saya kembali dengan review produk. Dulu ini lotion favorit saya soalnya ringan dan ada SPF nya. Jaman saya masih belum ngerti apa-apa soal sunblock muka, lotion ini saya pakai di muka sebagai sunscreen, don't try this at home hehehe.. Saya sempat berpikir produk ini udah discontinued, soalnya di mana-mana udah nggak ada, adanya yang Aloe Fresh biasa. Mbak Arum juga suka lotion ini tapi katanya udah nggak nemu lagi.

Eh tapi saya beruntung, waktu ke Giant nemu produk ini. Yeey.. seneng banget pokoknya, kayak ketemu sahabat yang udah lama ilang. Saya pilih yang 100 ml biar bisa dibawa-bawa. Kalo yang 200 ml kan menuh-menuhin tas, hehehe.. Biasanya saya suka bikin DIY sunscreen, tapi kan nggak bisa dibawa keluar kulkas karena no preservative, bisa-bisa rusak.

Inilah dia "si anak hilang" itu..


Rabu, 16 Juli 2014

DIY Sunscreen Gel

Hai pembaca di manapun Anda berada..


Saya penasaran pingin bikin DIY sunblock, tapi di Google saya selalu nemu resep sunblock yang pakai shea butter, beeswax, coconut oil. Wah, kayak gitu sih hasilnya krim, lumayan berat. Saya ingin yang ringan dan oil free. Eh jadinya sunscreen gel, tapi beda lho dengan punya Wardah. Saya dulu breakout gara-gara kandungan polyacrylamide (bahan gel) dan dimethicone (silikon) dalam sunscreen Wardah.


Resep sunscreen gel ini cuma pakai 3 bahan : yoghurt, aloe vera dan zinc oxide. Zinc oxide bentuknya serbuk, dijual di toko bahan kimia. Di Semarang ada di toko Indrasari (jl. Stadion Selatan no.15). Sudah lama saya niat beli zinc oxide, tapi dulu pegawainya agak menyesatkan, katanya harus beli minimal 1 kg. Waktu saya ke sana lagi, pegawai yang berbeda bilang zinc oxide boleh ngecer 1 ons, saya jadi beli deh. Harganya terjangkau, Rp 5.500 per ons. Di toko ini hanya jual zinc oxide biasa, bukan yang nanopartikel. Yang nano lebih mahal, dan saya pun nggak akan mau beli yang nano. Meskipun katanya lebih bagus dan tidak meninggalkan white cast, sunscreen nanopartikel sifatnya karsinogenik karena bisa menyerap jauh ke dalam kulit dan memasuki aliran darah. 


Kenapa saya pilih yoghurt dan aloe vera? Pertama karena teksturnya, ringan dan cepat meresap. Kedua, karena fungsinya. Yoghurt dan aloe vera sering digunakan untuk penyembuhan sunburn. Aloe vera mengandung aloin yang bisa melindungi kulit dari pengaruh sinar ultraviolet. Lalu mengapa zinc oxide? Zinc oxide adalah broad spectrum sunscreen yang bisa menangkal sinar UV A maupun B. Sifat perlindungannya adalah secara fisik (physical sunscreen), yaitu melapisi kulit seperti tameng. Physical sunscreen yang bukan nano biasanya menyebabkan white cast, kulit terlihat pucat terutama jika difoto dengan flash. Tapi sunscreen yang bukan nano justru lebih sehat karena tidak memicu kanker.

UVA UVB Sunscreen Ingredients

Zinc oxide disebut juga calamine. Pernah dengar calamine? Ya, ini bahan utama dalam bedak & lotion Caladine. Zinc oxide tidak hanya berfungsi sebagai sunscreen, tetapi juga mencegah & mengobati iritasi. Beberapa macam bedak bayi & krim bayi mengandung zinc oxide sebagai anti iritasi. Shampoo anti ketombe juga mengandung zinc oxide. Zinc oxide secara alami terdapat dalam mineral zincite, juga sintetik. Zinc oxide murni berwarna putih. Pada mineral zincite terdapat campuran mangan dan lain-lain sehingga warnanya menjadi kemerahan.

Minggu, 13 Juli 2014

DIY Masker Bedak Adem Aloe - Timun - Rempah

Halo pembaca!

Ada yang suka masker berbahan rempah-rempah? Saya suka banget, wanginya itu lho.. relaxing! Apapun masker yang ada rempah-rempahnya, hajar aja.. termasuk bedak adem yang ada di pasar. Waktu kecil, saya sering ikut tetangganya mbah saya bikin bedak adem yang dibentuk butiran kecil-kecil, dijual seharga 100 rupiah per sak (tahun 1995-1996 masih laku ya duit segitu hehehe). Bahannya dari daun-daunan entah apa namanya dan pastinya aneka rempah. 

Sekarang saya juga suka bikin bedak adem, tapi bahannya beda. Saya nggak nemu daun-daunan yang dipakai di bedak adem tradisional, jadi saya modif komposisinya. Bentuknya pun saya modif juga. Lumayan nih, bedak ademnya bisa disimpan 2 bulan. 

Ini bukan kue kering ya..

Rabu, 09 Juli 2014

DIY Oxigenated Spray

Haloo..


Kali ini saya mau membuat DIY oxigenated spray karena udah lama mupeng sama oxigenated spray Mustika Ratu. Dulu pernah dirias sama MUA, sebelum makeup disemprot dulu pakai spray ini, katanya supaya hasil makeup lebih flawless dan tahan lama. Mustika Ratu sendiri mengklaim spray ini bermanfaat untuk anti pollution & hydrating skin (tertulis di kemasan versi lama). Betul juga sih, soalnya mengandung antioksidan. Tapi setelah baca banyak review, saya  jadi mundur perlahan dari spray ini. Kenapa? Soalnya isinya cuma 50 ml. Padahal saya ini orangnya anarkis kalo pakai spray, hehehe.. sekali semprot bisa habis banyak. Harganya sebetulnya terjangkau, 42-49 ribu. Tapi kalo saya boros kan jatuhnya tetap aja mahal.

Teman-teman tahu oxigenated spray produksi Mustika Ratu? Seperti ini produknya..



Saya membaca review dari tahun 2012 dan 2013. Di review tahun 2012 (kemasan lama), komposisinya hanya ditulis bahan aktif aja : purified water, Camellia sinensis  (green tea) extract 2%, mannitol, yeast extract, glycogen, magnesium ascorbyl phosphate 2%, glycerin, Moringa pterygosperma (kelor) seed extract 2%, Aloe barbadensis (aloe vera) extract, tocopheryl acetate.

Ehmm.. apa iya cuma itu aja? Kemasan baru (tahun 2013) lebih jujur, ditulis ingredients lengkapnya : aqua, Cucumis sativus (cucumber fruit extract), phenoxyethanol, methylparaben, ethylparaben, alcohol, bisabolol, propylene glycol, Camellia oleifera leaf extract, polysorbate 80, hydrolyzed collagen, hyaluronic acid, sodium PCA, hydrogenated lecithin, sodium methylparaben, EDTA, mannitol, yeast extract, glycogen, magnesium ascorbyl phosphate, sodium sulfate, parfum, Cl 42090, Cl 19140

Jangan salahkan produsennya jika kalian membaca pengawetnya cukup banyak (phenoxyethanol dan golongan paraben). Semua produk yang mengandung ragi (termasuk high end brand yang harganya selangit) tetap memasukkan banyak pengawet di produknya. Terpaksa begitu, soalnya produk yang mengandung ekstrak ragi sangat mudah rusak. Tidak percaya? Bikin aja sendiri, hehehe..

Saya jadi terpikir untuk membuat sendiri. Nggak mungkin sama persis dengan Mustika Ratu. Nah, ini dia oxigenated spray ala saya..


Ini resepnya, yang ingin tahu silahkan menyimak..

Minggu, 06 Juli 2014

DIY Hair & Face Mist

Hai..


Saya sebenarnya suka banget pakai tonik, hair lotion, hair mist. Tapi selalu aja nggak cocok dengan produk yang dijual di pasaran, biasanya karena ada alkoholnya. Kulit kepala saya nggak tahan dengan alkohol. Hmm.. lebih baik bikin sendiri, dijamin bebas alkohol dan bahan kimia lainnya. Kali ini saya mau berbagi 2 resep hair mist. Salah satunya bisa digunakan sebagai face mist juga lho. Problem rambut saya yaitu rontok karena patah, kering, mudah kusut, dan seringkali sulit disisir. Ada yang mengalami masalah yang sama?

Seringkali resep-resep DIY di Google untuk problem rambut saya menggunakan bahan yang sulit didapat di Indonesia (yah salah saya juga searching dari blog luar), padahal sebetulnya Indonesia itu punya banyaaak sekali bahan tradisional dengan khasiat yang oke. Jika tidak punya tanaman sendiri, nggak perlu pusing. Datang aja ke kampung/kompleks perumahan yang ada taman TOGA (tanaman obat keluarga). Minta izin ke warga, pasti deh dikasih *pengalaman pribadi*. Kalo daun pandan & rempah-rempah sebangsa jahe, temulawak gitu sih ada di pasar tradisional & supermarket.

Ini ramuan favorit saya.. Dijamin nggak akan membuat rambut lepek karena oil free.

Kiri : Hair Mist TJMP (temulawak-jahe-mangkokan-pandan)
Kanan : Hair & face mist TTJW (teh-temulawak-jahe-wortel)

Nah ini dia resepnya..

Jumat, 04 Juli 2014

Oilum Collagen Soap

Hai semuanya!


Akhir-akhir ini saya emang suka pakai DIY face wash, tapi ada kalanya saya malas meracik, terutama kalo udah malam & ngantuk. Saya udah cocok banget dengan Dee-dee facial wash dan Cussons baby soap, tapi kemudian perhatian saya teralihkan dengan komentar seorang pembaca. Dia bilang, sabun Oilum yang ijo oke buat kulit kering. Nah, keracunan deh saya.. Begitu Dee-dee habis, langsung capcus cari Oilum. Saya beli 8 hari yang lalu, tapi baru dipakai 5x (pas jam darurat ngantuk). 

Oilum yang ijo saya nggak nemu, malah dapat yang biru (skin brightening scrub). Sebenernya agak nggak sreg, soalnya ada scrub & brightening. Saya kurang suka sabun yang whitening karena trauma kulit jadi kering banget gara-gara whitening. Tapi ya udahlah.. kalo misalnya nanti nggak cocok kan bisa dipakai di badan, hehehe..

Tapi ternyata saya cocok lho pakai sabun ini. Nggak bikin  kulit saya kering atau ketarik-tarik. Yang nggak cocok cuma wanginya dan scrubnya. Ini nih penampakan sabunnya..

Oikum Collagen Soap
Skin Brightening Scrub, Normal to Dry Skin