Senin, 13 Januari 2014

Actually this is not a beauty blog

Hai..
Membaca judulnya, mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa saya bilang blog ini bukan beauty blog. Jelas-jelas isinya review kosmetik, kan?

Ya, isinya memang review kosmetik. Yang saya tahu, beauty blog itu biasanya ada review produk kosmetik, tutorial, tips-tips kecantikan,  FOTD, EOTD, OOTD dll. 

Lalu kenapa saya bilang ini bukan beauty blog? Saya merasa, beauty blogger itu biasanya punya banyak penggemar. Saya menulis blog ini dengan diam-diam, bahkan blog ini tidak bisa difollow. Tiap kali saya blogwalking ke beauty blog yang lain, pasti disana ramai komentar dari sesama beauty blogger. Mereka saling follow, dan pastinya punya penggemar tetap.

beauty blog is something like that

Apakah saya tidak ingin punya follower & teman sesama blogger? Hmm.. sebenarnya tidak. Saya sudah cukup senang jika ada orang yang mau membaca blog ini. Saya ini jujur aja bukan orang yang sosial. Saya bahkan tidak punya akun social media lho, hahaha.. Boleh saja orang menganggap saya sombong alias arogan, tapi saya memang suka menyendiri, tidak suka diusik dan di-stalking. Memang saya bukan orang yang menyenangkan untuk dijadikan teman, hehe..

Are followers so important?

Saya menulis blog tentang review kosmetik karena saya sendiri juga biasanya selalu mencari review dari orang lain sebelum membeli suatu produk. Review itu penting, itu adalah buyer's guide. Karena itu sebisa mungkin saya selalu menulis dengan objektif. Semua produk yang saya review ada plus dan minusnya, walaupun misalnya itu produk favorit saya yang menurut saya tidak ada nilai minusnya. 
Actually no..

that's why I want to be a guide for others

Beauty blog *terutama di Indonesia* biasanya ditulis oleh "kaum netral". Maksudnya, mereka yang penampilannya normal. Mereka berpenampilan wajar di dunia nyata. 


beauty bloggers are usually normal & elegant

Jadi apakah saya tidak wajar? Ya, saya adalah seorang goth. Dandanan gothic bukan hanya untuk makeup look untuk dipajang di blog, tapi itu dandanan saya sehari-hari. Adakah beauty blogger yang murni goth? Saya yakin jarang. Realistis saja, goth itu punya reputasi miring di masyarakat, betul kan? Goth dianggap jelek, norak, lebay, suka cari sensasi. Sudah sering orang-orang menatap saya dengan pandangan meremehkan, ingin tahu, atau takut. Tapi saya anggap itu tatapan kagum *anggap saja demikian* hehee..

 
this is me

 

Ini bukan beauty blog karena ditulis oleh seseorang yang tidak beautiful. Hihihi.. kedengarannya saya insecure ya? Ya, memang saya insecure karena saya pernah masuk list cewek terjelek di kelas waktu saya masih sekolah. Saya bahkan tidak percaya jika ada quote "all girls are beautiful". Dalam konteks outer beauty (physical beauty) itu nggak benar. Seseorang akan terlihat cantik jika dibandingkan dengan orang-orang yang kurang cantik. Saya tidak sedang ngomongin tentang inner beauty lho ya.. jangan salah paham.

the quote is said to comfort us. 
But it's true if it involves inner beauty

EVERYBODY KNOWS..
 
The hamster looks cute because the rat is ugly & disgusting

  
the cat on the left looks pretty because you see ugly cat on the right

I'm not a beautiful girl, but at least I'm more beautiful than I used to be, and it can make me smile. I might sound insecure but in fact I'm confident with how I look.

I was an ugly duckling
I'm thankful for everything I have now

Saya kadang jengkel jika ada beauty blogger yang tidak bersyukur dengan fisiknya, tapi mencoba ikhlas dengan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Misalkan begini, dia punya problem seperti jerawat yang muncul terus-menerus. Dia banyak mengeluh di blognya, sambil menceritakan perjuangannya melawan jerawat. Sebenarnya berguna juga lho, dia bisa membagi referensi produk2 untuk mengatasi problem jerawat. Namun pada akhirnya dia memberi link tentang kasus seseorang yang mengalami jerawat lebih parah darinya. Lalu diapun bersyukur dengan keadaannya. Ah, menurut saya ini tidak bijaksana. Kenapa membanding-bandingkan diri dengan orang lain yang lebih malang nasibnya? Saya sering baca beauty blog yang isinya semacam itu. Bukan hanya blog Indonesia saja, tapi juga blog luar. Saya pikir itu adalah cara yang kejam untuk bersyukur.


Saya yakin deh, sedikit banget yang mau membaca post ini. Isinya memang nggak penting kok, hehehe.. Tapi makasih buat kalian yang sudah menyempatkan diri membaca ini.

I'm a dark creature, but I'm happy & I will never change it.






14 komentar:

  1. aq jarang lihat beauty blogger yg asli gothic, tp klo beauty blogger yg dandan gothic utk fotd banyaakk.. dandanan kmu keren loh, gk lebay sm sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya.. hehe, kalo lebay ntar dikira mau manggung :D

      Hapus
  2. Hai, Lintang. Baca tulisanmu aku jadi kepikiran. Iya sih, membandingkan diri dengan orang lain yang lebih "apes" adalah cara yang kejam untuk bersyukur. (hmm...ubek-ubek blog sendiri. Ada nggak ya aku ngelakuin itu baik sengaja maupun nggak sengaja?)

    Sebenernya oke-oke aja kalau kamu nggak merasa cantik. Yang penting ya mencoba jangan insekyur lagi aja. Kualitas positif dari manusia (perempuan khususnya) itu bukan cuma cantik kok. Masih banyak yang lainnya.


    Catatan: sebenernya aku suka fitur muka dan dandanan gothic kamu, dan sebenernya ya mau bilang kamu cantik. Tapi kamunya kayaknya kurang demen dibilang cantik. Jadi apa nih? Saya bilang "keren" boleh kan? :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..mungkin jeng Arum nggak sengaja. kadang orang suka curhat di blog sendiri, curhat itu kan selalu sifatnya subjektif.
      iya bener kata jeng Arum, ini saya lg mencoba buat gak insecure lagi. cuma kadang masih terbayang2 dulu sering diledek sbg "cewek paling jelek & paling cupu di kelas" ternyata diledekin kyk gitu dampaknya panjang..
      hihi.. makasih jeng atas pujiannya..

      Hapus
  3. Biutiblogger5 Mei 2014 14.47

    infomu malah lebih lengkap dr biutiblogger loh( ga semua biutiblogger ga memaparkan lengkap sih).. bahasanya ga formal bgt, newbie harus nyasar kesini, jd ga menyalahkan kosmetik A sampe Z klo break them out , jelasin kandungan2 di produk itu.. jd ngerti deh.. ga cuma swatch aja ~ apalagi ttg produk lokal hahaha suka bgt produk Indo. klo beli produk Indo otomatis negara ini juga makin berkembang.. mungkin sotoy yee tp bener kan ? :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. makasih mbak

      aku nggak bisa kasih gambar swatch yang bagus kayak di beauty blog-beauty blog karena keterbatasan alat. nah makanya aku kasih penjelasan kandungan produk supaya pembaca mengetahui "apa yg di dalam"

      bener.. membeli produk lokal berarti membuat perekonomian indonesia tambah maju. sering aku nemu review kosmetik lokal (mustika ratu, sariayu) yg dtulis oleh blogger malaysia & filipina. mereka sendiri mengakui merek2 itu bagus, mereka bahkan mau repot2 PO utk dapat produk itu. tapi kenapa orang indonesia sendiri malah ragu untuk pakai produk sendiri? lucu sekali..

      Hapus
  4. beauty blog yg baik itu yg jelasin kandungan produk selain swatch. ga smua beauty blog bisa loh yg kaya' gitu. kt orang, beauty berbanding terbalik dgn brain, tp klo bisa beauty diimbangin brain lbh bgus donk, dan kmu punya itu. bukan beauty dengan kepala kosong.
    ak seneng baca blog kmu <3
    beauty blog yg meracuni dgn foto swatch udh umum, yg review produk luar jg udah banyakkk. sedihnya tu klo ada yg blg kosmetik korea/neg laen lbh bagus dr lokal. iyasih ngerti, mgkn dia lbh suka pke produk luar. tapi byk ko produk lokal yg bagus. ih iya aneh yaa.. negara tetangga aja suka byk yg produk qt kok malah org indonesia ga cinta produk sndiri -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap orang kan punya gaya menulis yg berbeda-beda. mungkin ada yg fokus pada foto swatch, ada yg fokus pada ingredients dsb.
      makasih ya karena suka baca blog aku.. hehe

      balik lagi ke kulit masing2 orang. kalo memang kulitnya cocok pakai produk luar, ya kita harus maklumi itu. yg nggak bisa dimaklumi, kalo orang itu bilang produk luar lebih bagus dari produk lokal -- tapi belum pernah nyoba yg lokal. yg lebih parah lagi, kalo sampai bilang bahaya, padahal sama sekali nggak pernah mempelajari ingredientsnya apalagi mencoba sendiri. itu namanya fitnah, hehehe..

      Hapus
  5. kalau mau negara maju ya cintai produk Indonesia lah , ya ga sih. Jangan ngeluh negara ini asdfgadafdsgfsgfsgdsfgdsgsf blahblablah.. karena ga maju2. cintai produk negara sendiri juga uda berupaya besar kok :D masa iya sih semua merk ga cocok sama kulit Indo. pdhl uda disesuaikan iklim negara ini loh udah berpuluh2 taooon lagi . malah coba krim negara 4 musim. jelas beda iklimnya. tp ya ga tau sih, selera mungkin. no offensee!

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebab orang suka pake produk luar memang macam2, tapi kebanyakan memang karena ikut trend & demi gengsi. perbedaan selera itu boleh2 aja. suka produk luar nggak apa2, asalkan jangan suka menjatuhkan produk lokal.

      produk lokal selain udah disesuaikan dengan kondisi iklim tropis, juga banyak yg udah bersertifikat halal, nggak perlu ragu lagi kalo mau pakai. untuk teman2 yg muslimah, kan rugi besar kalo beli kosmetik luar yg mahal tapi ternyata nggak halal..

      Hapus
  6. Hai kak lintang! Jujur aku juga termasuk tipe konsumen yang skeptis sama produk lokal karena harganya yang murah meriah itu mindset aku langsung mikir kandungannya jelek (maklum kulit aku sensitif jadi suka parno hehhe) tapi sejak baca blog kakak mata aku terbuka banget, jadi pengen coba beli make up keluaran lokal dan eksplore produk2 lokal, biar bukan beauty blog tapi blog ini beauty guide aku banget kak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kirana..
      punya kulit sensitif itu emang harus ekstra hati2. aku juga punya kulit sensitif, suka parno juga tapi parno ingredients, bukan merek. aku yakin merek sekeren apapun dengan harga yg mahal tetep bisa bikin breakout kalo aku nggak cocok sama ingredientsnya. buat aku, pepatah "ada harga ada rupa" tidak berlaku hehehe.. tapi prinsip orang beda2 sih ya..
      ayo explore produk lokal, banyak lho yg oke.. makasih ya udah baca blogku

      Hapus
  7. Khusus postingan yang ini aku bacanya sambil senyum2 sendiri mata berkaca sambil bilang "Gue banget Lu!"
    Hhe.. thanks banyak untuk info2 yg kaya manfaat. Sllu ditunggu posting-an yg terbaru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. setiap blogger harus punya style sendiri2
      sama2..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah