Sabtu, 04 Januari 2014

I wasn't born as a beautiful girl

Hai para pembaca yang tersesat!
Postingan kali ini bukan review produk, ini postingan yang nggak penting, cuma curhat. Yang mau baca silahkan lanjut, yang nggak silahkan angkat kaki dari sini *eh..*


Saya nggak ditakdirkan cantik dari sononya. Muka saya saat remaja bisa dibilang kampungan, ndeso hehehe... Ditambah lagi saya dulu nggak suka dandan. Boro-boro pakai makeup, sisiran aja jarang. 

Waktu SMA, muka saya kucel banget, nggak pernah pakai bedak juga sih.  Jaman SMA dulu rambut saya pendek terus (pixie haircut) karena saya malas sisiran. Muka jangan ditanya, hancur lah pokoknya. Mana saat itu lagi puber, jerawat & bekas jerawat selalu ada deh. Saya juga agak gemuk, waktu itu berat badan saya 55-56 kg, tinggi 156-157 cm. Pipi saya tembem. Nggak heran saya masuk dalam list cewek terjelek di kelas, hihihi... sayang sekali nggak ada fotonya karena jaman itu saya belum punya kamera digital atau HP.

Jaman awal kuliah S1 (tahun 2008), rambut saya agak panjang & udah sadar untuk sisiran. Muka masih kucel, no makeup kecuali bedak Marck's. Jaman itu saya juga belum pernah pake yang namanya pelembab, sunblock dll. Parah ya? 
 
2008, muka saya emang ndeso

Tahun 2009 masih kucel, sama aja. Bedanya, ini sudah pake pelembab (kalau nggak salah Clean n Clear yang Fairness Moisturizer), jadi bekas jerawatnya sudah mulai memudar. Saya 

 
2009, mulai nyadar pakai pelembab

Tahun 2010, saya sedang kurus-kurusnya. Tinggi saya 159 cm, berat cuma 39 kg. Potongan rambutnya pixie lagi, soalnya waktu itu KKL (kuliah kerja lapangan), jadi biar praktis & nggak gerah. KKL di Bali, jaman itu belum nyadar untuk pake sunblock. Tapi udah pakai lipbalm (lip ice sheer color). Alhasil, setelah pulang dari Bali kulit wajah & badan jadi tambah kusam & gelap.

2010, tambah kucel

Tahun 2011, masih kucel kan.. Setiap hari aktivitas outdoor tanpa sunblock. Temen-temenku waktu S1 rata-rata cuek sama penampilan karena kami kuliah di Fakultas Peternakan. Waktu itu pada mikir begini : ngapain juga dandan, toh ketemunya juga sama hewan, kotor-kotor lagi.. 

 
2011, masih cuek aja sama penampilan

Tahun 2012, baru mulai mengenal makeup saat menjelang lulus S1. Masalahnya waktu itu aku mau interview kerja, masak mau kerja kok nggak pake makeup. Makeup pertamaku adalah two way cake Sariayu, lipstik Caring Colours, eyeliner pensil Wardah,  blush on & eyeshadow Wardah. Basic banget lah pokoknya. Eh ternyata malah nggak jadi kerja karena kuliah S2, ya sudahlah makeupnya kupakai buat ngampus aja.. sayang kan udah dibeli. Eh lama-lama kok makin suka ya pakai makeup, koleksinya jadi nambah deh.. Waktu awal-awal S2 iseng nyoba BB cream, foundation, mascara. Dan yang pasti udah mulai mengenal sunblock.

  
2012, lulus S1. Dandannya minimalis aja, yang penting nggak kucel saat interview

2012, awal-awal kuliah S2

Tahun 2013, sudut pandangku tentang beauty udah beda. Dulu, aku termasuk kelompok yang mengagung-agungkan inner beauty. Dulu aku pikir inner beauty seperti kecerdasan, kebijaksanaan & kebaikan hati jauh lebih penting dari outer beauty (makeup, penampilan). Tapi sejak tahun 2013 aku mulai berpikir bahwa inner beauty & outer beauty itu harus SEIMBANG. 

Jika penampilan kita nggak menarik/kucel, nggak ada orang yang suka berlama-lama mendengarkan omongan kita..walaupun kita pintar, cara ngomong kita berbobot, dan sikap kita ramah. Begitupula sebaliknya, orang pun akan malas mendengarkan perempuan yang cantik tapi bodoh atau jutek. Betul kan? 

Ada orang yang terlahir cantik secara fisik, ada pula yang tidak. Ada yang effortlessly beautiful karena emang udah dari sononya, mereka adalah orang-orang yang beruntung. I'm not effortlessly beautiful karena secara fisik saya emang nggak cantik, banyak yang bilang saya nggak cantik & memang faktanya begitu. Tapi cantik itu pilihan. Kita bisa cantik jika mau berusaha merawat diri. Cantik itu bukan cuma karena makeup, tapi lebih dari bagaimana kita memelihara & menghargai segala yang ada di diri kita.

 
Foto tahun 2013, yang kiri tanpa makeup sama sekali. Yang kanan hanya pakai eyebrow pencil tipis-tipis

Ya memang makeup bisa sangat menolong meningkatkan kepercayaan diri, tapi makeup bukan segalanya. Pakai makeup pun belum bisa mengubah wajah jadi cantik kok. Yang penting adalah BALANCE YOUR INNER & OUTER BEAUTY!

Awal 2014, ini efek makeup aja, nggak ada operasi plastik (gak punya uang lah)

Be beautiful with heart & brain!

saya suka sekali quote ini :D










16 komentar:

  1. sis anak undip angkatan 08 ya? salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. salam kenal juga, Anonim :) *makanya kalo comment dikasih nama*

      Hapus
  2. halo lintang! aslinya qm sdh cantik cm dulu krg merawat diri, buktinya tanpa makeup aja skrg qm ttp cantik. hmm, cowo yg blg inner beauty jauh lbh penting dr outer beauty itu bullshit! ga munafik ya, ak suka sama cewe yg dandan, lbh enak dilihat drpd cewe yg acak adul

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, blogku diliat cowok..hehe
      makasih bro :D

      Hapus
  3. tau nggak, survey membuktikan cuma cowo pintar aja yg bilang u cantik
    u tau gengnya aldi cowo2 comberan yg seleranya cewe model cherrybelle & cabe2an
    tp temen segengku pd blg u cantik aplg klo senyum. ada yg pengen dikenalin. q blg aj u dah pny pacar hiahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. modus..
      itu temenmu yg bilang ato kamu sendiri yg ngomong?
      perasaan aku juga nggak tau yg mana gengmu

      Hapus
  4. Salam kenaal mbak lintaang..
    ooo beneer ternyata undip juga ya.. aku komunikasi 2009 mbaak, ada temen juga yg di peternakan mb farida sm sisil (yg ini 2009 siih)
    Aduuuh maav ya mbaak drtd komen di banyak artikel mbak. abis keren banget blognya. suka banget. aku bookmarknya ga di folder beauty punyaku,tp di bookmarks bar biar cepet kliknya kalo mau buka2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Vivi.. oh ternyata sesama anak undip ya..
      farida & sisil aku kenal, ternyata temenmu juga to.
      nggak papa Vivi, aku seneng kalo blogku direspon pembaca (padahal blog ecek-ecek ini hihihi). makasih banyak yaa..

      Hapus
  5. faktanya , sebenernya smuwa wanita cantik asal tau merawat diri, dan hal itulah yang mengubah penampilan *jeng jeng jeng* makanya jangan kaget liat temen2 kita SMP yang mukanya lusuh2 , ketemu jadi pangling atau dia kok ga kayak dulu sih, uda beda. heheh yaa begitulah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. katanya sih "tidak ada wanita jelek, yg ada wanita malas" maksudnya malas merawat diri
      memang biasanya gitu ya.. orang yg jaman abg lusuh dewasanya jadi cantik karena mulai tau dandan

      Hapus
    2. dan kalau dandan malah di cie cie in .. risi gt rasanya wkwk

      Hapus
    3. iya tuh, mungkin aja mereka terpana atau kagum *anggaplah demikian* hehehe..

      Hapus
  6. hehehe,setuju nie sama mb lintang. wanita ga boleh lah males ngerawat diri, aq dl termasuk yg males. huhuhu, pas gilirian dandan krn hal mendesak (wisuda) dandan sendiri jg itu. kata nyokap bnyk yg bilang ada cewe cakep jurusan mana ya (hohoho, emang iya ya GR deh).
    Tp dosen yg kenal dkt jg pas liat wkt itu lagi buru2 sampe muter balik badanya ngeliat aq, huahahaha. ** dwi Nur

    cuman tetep ga PD buat dandan, skillnya belum ok. skincare dl aja lah, nyalin resepnya lintang ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. wanita kalo nggak pernah dandan, sekali dandan langsung pada pangling soalnya keliatan jadi cantik banget.
      kalo dandan sebetulnya aku PD tapi males hoho.. soalnya dandan itu lama, bersihin makeupnya juga perjuangan banget. kalo nggak gitu ntar nggak bersih, malah bikin masalah kulit.
      sekarang aku juga lebih suka skincare hehehe.. yuk mari dicoba resep2ku

      Hapus
  7. jd ingatin aku jaman sma XD XD
    taunya cuma pencuci wajah dan pelembab doank

    pdhal kulit aku lumayan bermasalah :( skrg2 aja udah mulai rajin merawat wajah XD
    kliatan sih bedanya sebelum dan sesudah dirawat

    btw ternyata aku belum ngucapin salam perkenalan (pdhal udah beberapa kali komen)

    salam kenal yah kak lintang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, kulit kalo dirawat jadi keliatan bedanya, jadi lebih sehat & itu yg bikin kita lebih cantik daripada jaman SMA hehehe...
      salam kenal juga rahmah, makasih udah main ke blogku & comment

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah