Rabu, 26 Februari 2014

Extra Virgin Olive Oil Sahabat Kulit dan Rambut

Haloo..

Eh, judulnya kayak iklan ya? Beneran deh saya nggak lagi beriklan, review ini saya tulis tanpa sponsor juga. Kali ini saya mau membahas tentang sahabat baru saya, si EVOO (extra virgin olive oil)  yang mereknya Filippo Berio. Yang sering masak dengan olive oil pasti tahu merek ini. Ya, memang EVOO yang saya pake adalah sejenis minyak untuk memasak, bukan olive oil khusus untuk kosmetik. Inilah penampilan si EVOO Filippo Berio


Bentuknya kayak minyak goreng banget
Ada tulisan "for salad dressing and flavoring"

Mulut botolnya lebar banget, asik buat masak tapi nggak asik sebagai kemasan kosmetik

  • Harga : Rp 38.500 (isi 250 ml)
  • Kemasan : botol kaca yang saya kurang suka. Takut terguling & pecah. Tapi kemasannya cantik, terkesan vintage. Bisa mempermanis meja dapur atau meja rias
  • Warna : kuning jernih
  • Tekstur : cair tapi agak kental, ya kayak minyak goreng pada umumnya. Saat dioleskan ke kulit terasa agak greasy, tapi ringan & cepat meresap.
  • Aroma : aromanya khas olive oil, nggak wangi tapi enak kayak bau makanan hehe.. Sebagai kosmetik, lebih enak wanginya olive oil Wardah atau Mustika Ratu. Dulu saya pernah punya minyak zaitun Mustika Ratu, wanginya enak karena ada campuran melati, tapi saya kurang suka efeknya yang kurang maksimal, maklum karena dia bukan EVOO.
sumber : kosmetik.mustikaratu.com

  • Rasa : rasanya getir & sepet karena ada zat oleuropein & oleocanthal yang memberi rasa khas olive oil. Biar rasanya aneh, saya suka pake ini sebagai pengganti lipbalm & kadang saya campur ke makanan, ini kan memang untuk dimakan.
Saya rutin pake EVOO Filippo Berio beberapa minggu ini karena kulit lagi kering parah & kayaknya nggak ada pelembab yang mempan. Sebenarnya dikasih Viva Skin Food bisa lembab lagi, tapi cuma sementara. Karena putus asa, saya tertarik untuk mencoba EVOO. Saya pilih yang "extra virgin" karena manfaatnya tentu jauh lebih terasa daripada yang olive oil biasa. 

Oh ya, pasti semua sudah tahu, olive oil itu baik untuk kulit, rambut & kuku. Kegunaannya adalah sebagai pelembab alami (emollient) untuk kulit wajah, badan, dan kulit kepala, melembutkan & menyuburkan rambut, merawat kuku & membersihkan kutikula, serta sebagai makeup remover yang aman untuk bibir & mata. Ya, itu semua telah kita ketahui, tapi kenapa olive oil bisa ajaib seperti itu? Inilah faktanya:
  • olive oil mengandung banyak antioksidan, fitosterol (kolesterol asal tanaman), dan  vitamin
  • olive oil mengandung lemak jenuh yang rendah, banyak mengandung omega-6 (asam linoleat) dan omega-3 (asam linolenat). Olive oil kaya akan mono unsaturated fatty acid/MUFA (alias asam lemak tak jenih tunggal) yaitu asam oleat & palmitoleat. Jika rutin dikonsumsi sangat efektif untuk melawan kolesterol jahat (LDL). Keampuhan olive oil sebagai penangkal kolesterol jahat tidak hanya karena dia mengandung MUFA saja, tetapi juga fitosterol (yang dinamakan beta-sitosterol).  Asam lemak tak jenuh banyak digunakan sebagai moisturizing agent dalam kosmetik
  • olive oil, terutama yang extra virgin olive oil (EVOO) mengandung banyak komponen fenolik yang disebut oleuropein & oleocanthal. Keduanya adalah antioksidan yang kuat. Oleocanthal mengandung ibuprofen sebagai agen anti peradangan.
  • olive oil kaya akan vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan melindungi sel dari pengaruh radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.
Keren ya? Tapi ada negatifnya juga sih, olive oil termasuk bahan mild - moderately comedogenic. Buat yang punya kulit berminyak, sebaiknya jangan berlebihan pake olive oil. Setelah dioles langsung lap pake tissue supaya muka nggak kebebanan minyak & jadinya menyumbat pori-pori. Biarpun olive oil termasuk bahan alami, banyak orang yang nggak cocok juga & malah timbul alergi. Teman saya ada yang gatal-gatal & kulitnya merah kalo pake EVOO, berarti dia nggak cocok.

Nah.. ini adalah cara saya menggunakan EVOO :

Sebagai Makeup Remover

Keampuhan olive oil sebagai makeup remover tidak perlu diragukan lagi. Semua makeup waterproof langsung lenyap dengan usapan lembut tanpa rasa perih. EVOO sangat baik untuk membersihkan makeup di daerah sensitif seperti mata & bibir. 

Saya coba untuk membersihkan lips & eye makeup. Dari atas ke bawah ada liquid eyeliner Pixy, mascara Pixy, lipstik matte Mirabella Colorfix, dan eyeshadow cream Viva hitam. 


Saat EVOO dioleskan, eyeliner & mascara langsung luntur. Saat diusap 1 kali dengan kapas langsung bersih tapi masih ada sedikit residu makeup, bisa bersih sempurna dalam 3 kali usap. Saya nggak akan menunjukkan bentuk kapasnya, terlalu ngeri untuk dilihat, hehe..

Sebagai pelembab untuk wajah, bibir & badan

Kulit saya jenisnya kering, keturunan ibu saya. Tapi akhir-akhir ini keringnya keterlaluan karena kegiatan lab yang mengharuskan saya terpapar uap bahan-bahan kimia *yeah, kulit saya memang manja - yang penting orangnya enggak, hehe*

Tadinya saya pake EVOO ini untuk sekitar mata, hidung, dan bibir saja (daerah yang keringnya paling parah) sebelum tidur. Tapi lama-lama saya pake untuk seluruh wajah bahkan badan, nggak hanya sebelum tidur tapi juga di pagi hari sebelum beraktivitas. Hasilnya, kulit jadi kenyal & nggak kusam. Terasa greasy sih awalnya, tapi ringan & cepat meresap seperti halnya lotion. Memang EVOO bikin kulit mengkilap sih, tapi untuk muka di-blot dikit dengan tissue & hasilnya muka nggak minyakan seharian tapi tetap lembab *mungkin itu berlaku buat kulit kering aja*

Oya, banyak blogger yang bilang jerawat bisa cepat kering & bekasnya bisa cepat hilang jika dioles EVOO. Memang benar, saya sudah membuktikan. Dengan EVOO 2 hari aja jerawat saya yang kemerahan kempes. Padahal sebelumnya saya pake Betadine nggak ngefek juga, hehe.. Waktu itu saya belum pake EVOO, jerawat cuma diobati Betadine karena saya takut pake gel obat jerawat seperti Mediklin atau Benzolac, alkoholnya ngeri.. bikin kulit saya mengelupas.

Kiri : jerawat merah, kulit kering & kasar, belum pake EVOO
Kanan : 9 hari kemudian setelah pake EVOO. Bekas jerawat memudar & kulit jadi agak halus

Komedo juga jadi mudah dibersihkan lho pake EVOO ini, dan komedo jadi nggak gampang balik lagi. Biasanya di pinggir hidung saya ada komedo putih (whiteheads) meskipun kulit saya kering. EVOO bikin komedo mudah diangkat & sampe sekarang saya belum lihat dia nongol, biasanya dalam 3 hari udah muncul.. nggak usah datang lagi juga nggak papa, saya malah senang hehehe..

EVOO bisa menyembuhkan jerawat karena mengandung anti peradangan (oleocanthal) & memulihkan kondisi kulit karena banyak mengandung antioksidan. Ah, saya jadi berharap EVOO bisa menghilangkan bekas luka, hehehe..

Saya suka pake EVOO sebagai pengganti lipbalm kalo lagi di rumah karena saya kurang suka dengan tekstur lipbalm yang licin. Meskipun begitu saya tetap harus pake lipbalm yang mengandung SPF kalo mau keluar siang-siang karena EVOO tidak mengandung sunscreen.

Untuk merawat rambut rusak

Baru seminggu lalu (eh lebih beberapa hari) saya bikin post tentang Glazelle de Pucelle Hair Fragrance karena rambut saya makin merah akibat sinar matahari. Saya perhatikan fotonya, ngeri juga keadaan rambut saya. Sudah merah, kering lagi. Rambut saya itu susah dirapikan karena terlalu ringan, kering & gampang berantakan kena angin kayak rambut singa. Saya pikir-pikir, kenapa nggak pake EVOO aja buat merawat rambut? Kan sudah terbukti oke di kulit, siapa tahu hasilnya oke juga di rambut. Selama ini saya ragu-ragu pake minyak di rambut, takut lepek. Saya dulu pernah pake minyak kelapa untuk rambut gara-gara terpengaruh artikel Yahoo. Eh, malah jadinya super lepek seharian, padahal pake minyaknya cuma dikit banget & udah keramas 2 kali tuh. 

Kekhawatiran saya tidak terbukti. Ternyata EVOO mampu memperbaiki rambut saya tanpa menyebabkan lepek. Saya pake beberapa tetes untuk diusapkan di batang rambut terutama di ujung-ujung rambut yang kering. Saya lakukan setiap sebelum keramas. Keramasnya nggak perlu pake shampoo banyak-banyak, minyaknya nggak tertinggal di rambut kok. Rambut jadi lembut seperti pake hair mask, mudah disisir & nggak gampang berantakan kena angin. 

Meskipun begitu nggak ngefek untuk warna rambut, rambut saya tetap merah. Adek kelas saya nggak percaya merahnya rambut saya karena sinar matahari. Dia bilang "Nggak mungkin mbak kalo rambutmu rusak, wong berkilau gitu.. Pasti disemir kan?" Hihihi.. jadi rambut saya sudah terlihat berkilau? Berarti udah agak sehat dong? 

Rambut singa, ini foto di post tanggal 15 Februari kemarin
Belum pake EVOO

Foto hari ini. Rambut masih merah, tapi agak lebih lembut
Warnanya beda dengan foto di atas, itu karena faktor pencahayaan + kamera *harap maklum*

(+) multifungsi : sehat untuk dimakan & sebagai kosmetik
(+) bisa menyembuhkan jerawat & cepat memudarkan bekasnya, menghaluskan & melembabkan kulit
(+) nggak menyebabkan breakout & alergi untuk saya
(+) bikin komedo mudah dibersihkan & nggak balik lagi
(+) menjinakkan rambut singa, hehe..
(+) kemasan vintage yang cantik

(-) baunya nggak terlalu enak sebagai kosmetik
(-) botolnya dari kaca yang berat, takutnya kalo jatuh & pecah
(-) harus didepot ke tempat lain supaya praktis, karena mulut botolnya kegedean & sering kebanyakan kalo dituang

Rate : 9/10
Repurchase ? yeaaa

demotivational poster OLIVE OYL
Hidup Olive!! Hahaa..

14 komentar:

  1. wew ajaib jg yah evoo ini. q pakenya wardah olive oil tp bwt lip eye makeup remover aja coz muka q oily takut jerawatan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, khasiatnya super! hehehe..kulit oily emang sebaiknya enggak berlebihan pake olive oil sih soalnya dia comedogenic kategori ringan-sedang

      Hapus
  2. Hallo :)
    postingan ini sangat informatif. Saya sebelumnya tidak tahu kalau olive oil ternyata punya manfaat sebanyak ini.
    Saya juga punya kulit kering. Mau tanya, untuk melembabkan wajah, olive oil nya cukup diusapkan saja ke daerah wajah yang kering?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga..
      memang olive oil banyak sekali manfaatnya.. iya, untuk melembabkan wajah olive oilnya dioles aja ke kulit yg kering. biasanya aku tap-tap pakai tissue (bukan digosok) supaya nggak terlalu mengkilap, tapi minyaknya tetap meresap ke kulit

      Hapus
  3. lebih murah merek ini ya dibanding bertolli,tapi kualitasnya sama kan?jadi pengen ganti

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belum pernah nyoba bertolli hehehe.. ketemunya selalu filippo berio

      Hapus
  4. Kak, kl untuk wajah memang harus pakai yg EVOO kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sebaiknya evoo aja karena nggak dicampur bahan tambahan. minyak zaitun dari mustika ratu udah dicampur minyak melati & mojokeling. yg wardah dicampur parfum, sariayu malah dicampur mineral oil. jadi lebih recommended evoo..

      Hapus
  5. Balasan
    1. olive oil kalo dipakai siang2 cepet bikin kulit jadi tan, kalo malam justru membantu mencerahkan. tapi aku malah pingin tan lho hehehe..

      Hapus
  6. Saya juga pake EVOO ini uda 2 mingguan tapi kok jerawat makin banyak ea kecil2 kayak bruntusan gitu....
    Apa saya g cocok pake EVOO ea ?
    Kalo mw lanjut pake EVOO mlm hari siang.y lebih cocok pakr cream apa kira2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. olive oil memang comedogenic, nyumbat pori. kalo gitu jangan dipakai semalaman, cuma buat bersihin muka (atau maskeran max 15 menit), lalu dilanjutkan cuci muka yang bersih pakai face wash.
      skincare nya sesuai regime biasanya aja, evoo cuma buat cleansing oil & maskeran

      Hapus
  7. kak, aku dikasi minyak zaitun sama saudara yg abis plg dari haji. nah komposisinya itu, 60% evoo dan 40% canola oil. kalo kaya gitu bisa dipake ga kak? hehe terimakasih

    BalasHapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah