Minggu, 16 Februari 2014

Glazelle de Pucelle Hair Fragrance & Cussons Baby Hair Lotion

Hai!!


Akhir-akhir ini banyak orang yang komentar tentang rambut saya. Warnanya makin merah, seperti dicat. Ada yang bilang kelihatan bagus, tapi ada juga yang bilang mengenaskan seperti kena kwashiorkor, hehe.. Itu lho, penyakit kekurangan protein. biasanya anak yang kurang gizi rambutnya merah & badannya kurus. Rambut saya memang coklat sejak kecil, walaupun sering dioles getah lidah buaya dan minyak urang-aring oleh ibu & kakek saya. Waktu SD saya diejek "rambut karatan" atau "rambut jagung" atau "bule cuma rambutnya". Waktu SMP-SMA saya sering ditegur guru karena mereka mengira rambut saya diwarnai. Duh, susah ya punya rambut yang nggak Indonesia banget.. Memangnya orang Indonesia harus hitam pekat gitu rambutnya? 


Rambut saya warna aslinya memang coklat begini
Kiri : foto diambil di dekat jendela, cahaya dari lampu kamar & matahari
Kanan : cahaya hanya dari lampu kamar, tirai ditutup
Kalo di luar ruangan kelihatan lebih merah lagi..

Biasanya rambut saya pendek, tapi baru-baru ini saya berniat memanjangkan rambut. Sialnya, rambut saya makin merah setelah 3 bulan kegiatan penelitian. Gimana nggak tambah merah, saya sering di luar ruangan saat siang bolong. Muka & badan aman karena sudah dikasih sunblock, tapi rambut?

Sekarang, saya mulai aware untuk memberi sunscreen pada rambut. Saya khawatir rambut saya nggak hanya makin merah, tapi lama-lama kering, bercabang & pecah-pecah. Saya seneng banget akhirnya menemukan sunscreen rambut yang harganya affordable. Sebenarnya fungsi utamanya adalah sebagai parfum rambut, tapi karena dia mengandung sunscreen ya  udah.. masukin aja ke keranjang belanjaan, hehe.. inilah produk yang saya maksud :


Glazelle de Pucelle Hair Fragrance (Enticing)




Ini produk keluaran Mandom (yang juga memproduksi Lucido-L dan Pixy). Di websitenya diklaim sebagai produk wewangian khusus untuk rambut yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan moisturizing formula (silk protein) yang dapat memberikan kelembutan pada rambut dan UV protection. Ada 4 varian, yaitu Enticing, Tranquil, Glint, dan Incite. Saya pilih yang Enticing. 

sumber  : www.mandom.co.id

  • Harga : sekitar Rp 10.000 (netto 100 ml), itu karena harga promo. Entahlah berapa harga aslinya
  • Kemasan : botol plastik spray. Kemasannya travel friendly, asik untuk dibawa-bawa.

  • Wangi : seperti campuran lavender & melon. Wanginya soft, tidak sekuat wangi body mist. Cukup tahan lama untuk aktivitas dalam ruangan (4-5 jam), tapi cepat hilang jika dibawa berpanas-panas lagi 
  • Cara pakai : disemprotkan ke rambut yang kering dari jarak 10 - 15 cm, setelah beberapa saat diratakan dengan jari. Kalo saya sih lebih suka meratakan dengan sisir.
  • Setelah disemprotkan : tidak terasa lengket, tidak membuat rambut lepek. Rambut terasa lembut & mudah disisir
  • Ingredients : SD alcohol, 40-B water, fragrance, diglycerin, glycerin, PEG-60 hydrogenated castor oil, disodium phosphate, cetrimonium chloride, citric acid, benzophenone-2, benzophenone-3, hydrolyzed silk, butylene glycol, methylparaben, propylparaben
Dilihat dari ingredients-nya
  • Mengandung banyak alkohol, ada di urutan pertama, bahkan sebelum air. Karena kulit kepala saya kering, jangan sampai produk ini mengenai kulit kepala saya. Disemprot secukupnya saja, jangan terlalu banyak. 
  • Mengandung sunscreen (benzophenone). Merupakan sunscreen spektrum luas yang bisa menangkal sinar UV B dan UV A
  • Mengandung silk protein (hydrogenated silk) yang melembutkan rambut
  • Mengandung paraben sebagai pengawet. Ada yang paranoid terhadap paraben? Saya tidak, hehe.. Sudah sering saya bahas, belum ada bukti nyata bahwa paraben berbahaya. Ilmuwan tidak bisa menyimpulkan bahwa paraben memang menyebabkan kanker meskipun dia pernah ditemukan dalam sel kanker payudara, perlu penelitian panjang untuk menemukan buktinya. Media aja yang berlebihan menyorotinya.
(+) mengandung sunscreen (penting nih!)
(+) wanginya enak
(+) nggak menyebabkan rambut saya lepek
(+) membuat rambut saya lembut & mudah disisir

(-) wanginya kurang tahan lama untuk kegiatan di luar ruangan (dalam 1 jam udah nggak wangi lagi)
(-) agak sulit dicari (mungkin karena produk baru ya..)

Rate : 8/10
Repurchase? ya, yang varian lainnya

Cussons Baby Hair Lotion (Kemiri + Aloe Vera + Seledri)



Saya beli ini karena diklaim bisa "darkens & thickens hair". Ibu saya ketawa karena saya beli ini, katanya apa ngefek.. karena dari kecil segala ramuan alami penghitam rambut nggak mempan untuk saya, apalagi hair lotion bayi. 

Saya sih cuek aja, hair lotion ini saya anggap sebagai tonik rambut. Saya sudah mencoba berbagai macam tonik untuk dewasa : Mustika Ratu Penyubur Rambut, Neril, Rudy Hadisuwarno, Natur, Sariayu. Hasilnya semua membuat kulit kepala saya kering, bahkan ada yang menyebabkan perih juga (mungkin karena kandungan alkoholnya). Sama seperti kulit wajah, kulit kepala saya tidak bisa menoleransi kadar alkohol yang terlalu tinggi. Kan kondisi kulit kepala biasanya nggak beda jauh dengan kulit wajah. Siapa tahu hair lotion bayi lebih cocok untuk saya, hehe.. 

Tidak ada reaksi iritasi atau kekeringan di kulit kepala saya selama memakai Cussons ini. Rasanya agak dingin (memang masih mengandung alcohol denat, tapi sedikit). Wanginya juga saya suka banget, soft khas bayi. Ternyata juga berhasil membantu menumbuhkan rambut saya. Banyak rambut yang tumbuh & warnanya sedikit lebih gelap dari rambut saya yang sekarang meskipun tidak hitam pekat.
  • Harga : Rp 15.000 (netto 200 ml). Ini juga promo bonus 100%, harga aslinya Rp 15.000 untuk netto 100 ml
  • Kemasan : saya suka karena tutupnya model flip top, jadi mudah dibuka. Tapi rapat banget kok, nggak mudah terbuka sendiri. Menuangnya harus hati-hati, karena sering keluar terlalu banyak & jadi tumpah.


  • Tekstur : cair seperti hair tonic, cepat meresap ke kulit kepala
  • Warna : jernih seperti air
  • Wangi : aroma floral yang soft. Tidak ada bau seledrinya sama sekali *saya nggak suka bau seledri*
  • Cara pakai : harusnya dipijat perlahan ke kulit kepala & rambut bayi, tapi rambut saya kan banyak.. boros dong. Cuma saya pijat ke kulit kepala aja.
  • Beberapa saat setelah diaplikasikan : terasa agak dingin, tapi tidak ada sensasi perih atau kering di kulit kepala. Rambut tidak menjadi lebih lembut, biasa saja saat disisir.
  • Setelah 1 bulan pemakaian : tumbuh banyak rambut baru yang warnanya lebih gelap dari rambut saya yang sekarang, meskipun tidak hitam pekat. Hore! Berarti hair lotion ini manjur untuk saya, hihi..
  • Ingredients : aqua, alcohol denat (18,7% w/w), PEG-40 hydrogenated castor oil, parfum, sodium citrate, citric acid, Aloe barbadensis leaf, C15-19 alkane, tocopheryl acetate (vitamin E), Aleurites moluccana (kemiri) extract, propylene glycol, Apium graveolens extract (seledri)
Dilihat dari ingredientsnya:
  • mengandung kemiri yang menghitamkan rambut, aloe vera / lidah buaya yang melembabkan & membantu pertumbuhan rambut, seledri yang menebalkan rambut
  • mengandung alcohol denat (alkohol denaturasi)sebanyak 18,7% . Fungsinya adalah sebagai pelarut & pengawet. Ini termasuk alkohol yang menyebabkan kekeringan karena melarutkan minyak dari kulit kepala & kutikula rambut. Sifatnya cepat menguap sehingga menimbulkan sensasi dingin. Tonik rambut dewasa merek luar biasanya mengandung alcohol denat maksimal sebanyak 15,00%, jadi saya pikir 18,7% itu terlalu banyak untuk produk bayi. Tonik orang dewasa di Indonesia biasanya lebih tinggi dari angka ini.
(+) wanginya enak
(+) terasa dingin, tapi tidak bikin kulit kepala kering atau perih
(+) bisa membantu menumbuhkan rambut yang lebih gelap (padahal saya bukan bayi lho, mungkin kalo bayi lebih ampuh lagi)

(-) alkoholnya terlalu banyak. Untuk saya sih nggak apa-apa, tapi ini kan produk bayi.. kulit bayi lebih rentan
(-) menuangnya harus hati-hati karena seringkali keluar berlebihan (mungkin karena desain kemasannya kurang pas ya..)

Rate : 9/10
Repurchase ? yes

I love them!

Sampai jumpa lagi!!



6 komentar:

  1. cussons hair lotion aman g ya? ponakanq pke ini tp rambutna jd lebat n hitam sii
    warna lipstikna bagus sis #salahfokus
    review dunk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua produk yg udah terdaftar di BPOM pasti aman, gak mungkin BPOM meluluskan produk yg gak aman, lagipula cussons kan merek besar & terpercaya, lisensi dari England. selama gak ada iritasi /alergi, berarti produk memang cocok digunakan oleh konsumen.
      hehe.. itu lipstik campuran dari mirabella colorfix & oriflame black cherry. udah pernah saya review kok..

      Hapus
  2. aku pernah coba yang cusson hair lotion (buat anakku), tapi gak suka baunya, heehee... lebih suka hair lotion dari Switzal (sama isinya aloe vera, kemiri dan seledri), baunya menurutku lebih enak lho, kapan-kapan coba deh.
    btw, main ke blogku ya... putrifaradiannotes.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 pengen coba switzal ah, hehe.. dulu waktu bayi shampooku switzal (kata ibuku)
      siip...langsung meluncur ke TKP

      Hapus
  3. Aku juga pake cusson hair lotion, ngabisin punya anak, lumayan kok rontok berkurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, bisa mengurangi rontok ya.. kalo rambutku rontoknya karena patah, cussons hair lotion nggak ngefek buat itu, tapi bisa numbuhin rambut

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah