Jumat, 14 Februari 2014

Mirabella Colorfix Lipstick No. 70

Halo!
Saya nggak bisa nolak lipstik merah, I'm addicted to it. Biarpun sekarang warna nude sedang ngetrend, saya tetap suka red lipstick, apalagi yang matte. Red matte lipstick itu kesannya fierce & brave, sesuai lah dengan karakter saya, ahaha.. Saya udah punya lipstik matte merah dari Wardah, La Tulipe (review di sini) dan Purbasari (review di sini), tapi saya penasaran dengan Mirabella Colorfix ini dari dulu. Katanya sih dia matte, tapi nggak terasa kering banget.

Waktu saya mau beli lipstik Mirabella ini, mbak BA nya malah menawarkan Mirabella Designer Lipstick (yang teksturnya satin) warna pink pula, kata dia itu lebih cocok buat remaja. Memangnya saya kayak remaja ya? Hehe.. Memang sih saya suka makeup remaja, saat itu saya lagi pake lipstik red-A warna merah kecoklatan yang kalem (kalem versi saya, menurut teman saya warnanya bold). Saya tetep ngotot pengen Mirabella Colorfix warna merah, akhirnya mbak BA nya nurut juga.

Banyak yang meragukan kualitas Mirabella dibandingkan dengan kosmetik keluaran Martha Tilaar lainnya (Sariayu, Caring Colours) gara-gara kemasannya yang paling tidak menarik. Tapi konsumen Indonesia pasti sudah ngerti lah, kosmetik produksi Martha Tilaar itu bagus mutunya. Karena itu saya nggak ragu membeli lipstik ini.

Ayo dimulai review-nya!



  • Harga : Rp 41.000 netto 2,5 gram (dikit banget ya..)
  • Kemasan : banyak yang nggak suka kotak kemasannya, katanya terkesan murahan. Buat saya sih cuma kelihatan jadul karena ada gambar wanita berlipstik merah itu.. Kemasan lipstiknya sendiri cukup aneh buat saya, mirip peluru warna ungu metalik. Tapi bagusnya dia terbuat dari logam & kokoh.
  • Warna dan pigmentasi : no. 70 ini warnanya merah yang bener-bener merah, nggak ada hint oranye atau pink sama sekali. Dibandingkan Wardah Long Lasting Red Velvet, masih lebih soft ini warnanya. Pigmented banget, sekali ulas sudah keluar warnanya. Saya biasanya pake lipstik sampai 3 layer, kalo pake ini cuma perlu 1 layer aja. 
  • Coverage : oke, bisa menutupi warna bibir meskipun hanya dipake 1 layer 
  • Tekstur : buildable, nggak menggumpal walaupun dioles berkali-kali. Mudah diaplikasikan ke bibir karena ada kandungan pelembab. Dia nggak kering atau seret bagai kapur seperti Purbasari Matte, bahkan lebih empuk dari Wardah Long Lasting. Tidak tenggelam di garis-garis bibir, pokoknya lancar jaya saat dipake. Seperti lipstik matte lainnya, teksturnya membuat garis-garis bibir kelihatan, tapi tidak terasa membuat bibir saya kering. Saya suka banget!
  • Aroma : lipstik ini ada wanginya, tapi soft & menurut saya tidak mengganggu. Wangi apa ya? Sulit dideskripsikan.. kayaknya sih mirip aroma teh cap Bandulan favorit eyang saya, haha..
  • Finish result : deadly matte, tanpa kilap sama sekali
  • Staying power : warnanya bisa tahan 8 jam di saya jika dipake tanpa lipbalm & hanya 1 layer, itupun sudah dengan makan & minum. Memang tekstur lipstiknya sudah tidak terlihat lagi, tapi warnanya masih tetep stand by meskipun tidak vibrant seperti waktu baru dipake. Oya, lipstik ini juga masih transfer ke benda-benda (sedotan, gelas) kalo ke bibir orang lain entahlah, belom dicoba.. hahaha. Nggak sesuai dengan janji di kemasannya nih.. padahal di kemasannya tertulis "tidak meninggalkan bekas, tidak menempel pada gigi, gelas, dan si Dia" --> istilah tahun '90an, hihi..
  • Ingredients : cyclomethicone, polymethyl methacrylate, octyldodecyl stearoyl stearate, castor seed oil, octyldodecanol, candelila wax, jojoba esters, carnauba wax, lanolin, paraffin, hydrogenated tallow glyceride, stearic acid, cetyl alcohol, perfluoropolymethyl isopropyl ether ozokerite, tocopheryl acetate (vitamin E), bisabolol, stearalkonium hectorite, flavor, methylparabe, butylene glycol, licorice (Glycyrrhiza glabra) root extract, propylparaben, BHT. May contain Cl 15850 : 1, Cl. 45430:1, Cl 77891, Cl 77019, Cl 77491, Cl 77499, Cl 77492, Cl 12085, Cl 15850:2, Cl 75470, Cl 19140:1, Cl 45410:2, Cl 45380:3, Cl 12490, Cl 15985:1, Cl 74160
Dilihat dari ingredients nya
  • Banyak mengandung pelembab (castor oil, jojoba esters, tallow, cetyl alcohol, vitamin E), makanya tidak terasa kering di bibir
  • Mengandung mineral (stearalkonium hectorite), fungsinya untuk penstabil & mengeraskan tekstur lipstik. Selain itu juga membuat lipstik mudah diratakan di bibir, tidak menggumpal dan terlihat lebih menyatu.
  • Mengandung anti iritasi (bisabolol)
  • Mengandung ekstrak licorice. Ekstrak licorice biasanya dipakai sebagai ingredients produk pencerah kulit. Karena itu saya berharap lipstik ini tidak membuat bibir menjadi hitam
  • Mengandung paraben sebagai pengawet. Saya paham banyak wanita takut dengan paraben karena media terlalu berlebihan menyorotinya. Saya sendiri tidak takut dengan paraben, karena sampai sekarang tidak terbukti paraben menyebabkan kanker, meskipun dia ada dalam sel kanker, alasan keberadaannya juga belum diketahui. Perlu penelitian panjang untuk menyelidiki apakah paraben benar-benar menyebabkan kanker.
  • Tidak mengandung sunscreen. Jadi harus memakai lipbalm yang mengandung suncreen selain lipstik ini. Sinar UV bisa menyebabkan bibir menjadi kering, cepat keriput, gelap bahkan timbul flek.
Sekarang saatnya swatch & uji staying power!

di tangan, 1 layer saja sudah stand out warnanya

di bibir saya, hanya 1 layer
kelihatan kering, tapi tidak terasa kering kok..

warnanya vibrant meskipun hanya 1 layer

Lalu saya cek dengan minum teh hangat
Lihatlah apa yang terjadi..

Ada stain di gelas, nggak sesuai janji di kemasannya dong..

Lalu saya lanjutkan dengan makan 2 potong pisang goreng
Inilah jadinya..

Tekstur lipstiknya hilang, tapi warnanya masih ada di bibir & terlihat natural
Saya suka banget!

(+) warnanya awet
(+) tidak menyebabkan bibir saya kering
(+) tekstur buildable & mudah diaplikasikan, tidak menggumpal
(+) kemasan kokoh meskipun bungkusnya nggak cantik

(-) isinya sedikit
(-) masih meninggalkan jejak, hehe..
(-) tidak mengandung sunscreen sehingga harus pake lipbalm yang ada sunscreen nya. Sayangnya warnanya jadi nggak awet jika dikasih lipbalm

Rate : 8/10
Repurchase? yes

Sampai jumpa lagi di post selanjutnya!

6 komentar:

  1. cucok deh cyiin :) biasax orang klow pke lipstik merah matte keliatan lbh tua tp kmu engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. asikk, makasih..hehe
      itu pengaruh sugesti kok. kalo orang gak pede pakenya, pasti akan terlihat lebih tua

      Hapus
  2. Sy baru beli punya mirabella nih mbak yg no 72.. hasil nya bagus.. tapi ternyata ada blink2 nya yah.. pas nyoba di konter nya gk keliatan glitter nya..
    Punya wardah yg no 11 cherrie glam.. asli merah tua.. dan meninggalkan jejak parah dimana2.. kalo mirabella gak parah kyak wardah..
    pngen beli purbasari juga mbak.. bagus gk yah...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mirabella fruity colorfix yang kemasannya ungu muda? kalo yg fruity semua ada blink2nya. aku juga punya fruity no 04, di counter emang nggak keliatan blink2 ternyata kalo udah dipakai di bibir keliatan banget hihihi..

      purbasari bagus juga, warnanya nggak transfer kemana2 (lebih kuat daripada mirabella), tapi sayangnya lebih kering di bibirku daripada mirabella..

      Hapus
  3. Iya mbak.. yg kemasan nya ungu...
    oalah... tnyata emg ada blink2 nya yah... hehehe... beneran sampe rumah baru sadar..

    hihihi.... boleh di coba nih purbasari nya...
    Makasi review nya mbak.. bisa jadi bekal kalo beli lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa mungkin testernya beda ya, tester yg di konter masih mirabella colorfix biasa (versi lama), tapi kita beli itu yg baru hehehe..
      yuk cobain purbasari, kalo kering tinggal dikasih lipbalm aja
      sama2..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah