Kamis, 03 April 2014

Gaya Hidup untuk Mengatasi Jerawat pada Cowok

Guys, gimana kabarnya? Ada yang putus asa dengan jerawat?


Banyak cowok mengeluh soal jerawat yang sulit sembuh. Memang jerawatan itu bikin nggak pede, baik untuk cowok maupun cewek, kesannya kita jorok dan nggak pernah ngurus muka. Saya juga pernah jerawatan parah, jadi saya tau gimana rasanya. Yang bikin desperate itu jika kita udah mencoba berbagai produk, menempuh berbagai metode tradisional. Lalu apanya yang salah?

Cuci muka pakai facial foam anti acne udah


Pakai obat jerawat udah

Minum air putih yang banyak udah

 
Cara tradisional seperti jeruk nipis, tomat, bawang, sirih, lidah buaya dll. juga udah

Menghindari kacang juga udah

Tapi kok masih jerawatan juga??
Jangan sedih dong


Seperti yang udah saya jabarkan di post yang ini, kulit cowok itu beda dengan cewek. Kelenjar minyak pada cowok jauh lebih aktif karena dipengaruhi oleh hormon testosteron. Akibatnya produksi minyak lebih banyak dan jika terkena jerawat lebih lama proses penyembuhannya.


Menurut dr. Claudia Aguirre, hormon testosteron mulai bekerja secara aktif pada saat pubertas dan relatif konstan beberapa tahun setelah pubertas. Testosteron meningkatkan sekresi minyak di seluruh tubuh, yang sangat terlihat di wajah. Sebum (minyak) yang diproduksi di wajah tersusun atas kolesterol, asam lemak bebas, gliserida, squalene, dan ester lilin. Campuran antara sebum dan keringat menyediakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan Propionibacterium acnes alias bakteri penyebab jerawat. Saat dewasa, aktivitas kelenjar minyak pada pria mulai normal sehingga jerawat tidak muncul lagi. 

Bakterinya jelek..

Beginilah proses terjadinya jerawat



Tahap 1 : Testosteron menstimulasi produksi minyak pada kelenjar minyak (sebaceous gland)

Tahap 2 : Pori-pori tersumbat dan minyak terperangkap di dalam. Bakteri berkembang di dalam pori yang tersumbat sehingga menyebabkan peradangan
Tahap 3 : Sistem imun tubuh melawan bakteri sehingga timbul kemerahan, pembengkakan, cairan seperti nanah. Jangan dipencet! Biarkan pecah sendiri. Jika dipencet-pencet (nanahnya dikeluarkan secara paksa) akan menimbulkan acne scar


Jangan pencet jerawat, nanti timbul acne scar seperti ini yang susah banget hilangnya seumur hidup

Fakta-fakta Penyembuhan Jerawat


MAKANAN


Menurut dr. Jessica Wu, ada beberapa jenis makanan yang berkaitan dengan jerawat


1. Dairy products 


Segala sesuatu yang mengandung susu memang memicu aktivitas testosteron dan kelenjar minyak. Dairy products juga menyebabkan alergi pada beberapa orang yang ditandai dengan munculnya jerawat.

Stop susu, keju, es krim, dan kue-kue

2. Ikan laut
Salmon dan ikan laut lainnya yang kaya akan omega-3 (lemak tak jenuh) sangat baik untuk mengurangi peradangan (termasuk jerawat). Yang paling penting adalah memperbaiki aktivitas kelenjar minyak dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.


Ikan salmon, lezat dan sehat

Suplemen minyak ikan berbentuk soft capsule juga sangat baik dikonsumsi


Dosis suplemen minyak ikan yang pas

Saya pernah membaca suatu blog (lupa blog yang mana, tapi blog Indonesia kok), katanya minyak ikan hiu bisa menyembuhkan jerawat. Btw pemilik blog ini wanita yang sudah mengalami jerawat parah bertahun-tahun sejak SMP hingga kuliah. Minyak ikan hiu murni dioleskan ke wajahnya setiap malam sebelum tidur. Hasilnya jerawatnya cepat kering, kempes dan tidak meninggalkan bekas. Supaya tidak amis, dia pakai bedak tabur juga setelah itu. Memang ajaib khasiat minyak ikan.. 

Shark oil, manfaatnya oke untuk melenyapkan jerawat

3. Kurangi gula

Ada hubungan antara asupan gula dengan level androgen tubuh (terutama testosteron). Makin tinggi androgen, makin besar resiko jerawat. Makanlah makanan yang mengandung indeks glikemik (glycemic index / GI) rendah seperti diet penderita diabetes.




Menurut hasil penelitian, makan makanan dengan GI rendah selama 12 minggu dapat mengurangi jerawat > 20%.
Ini daftar beberapa GI bahan makanan



Tidak ada salahnya kita meniru pola makan pasien diabetes, justru sehat
Ibu saya penderita diabetes, jadi saya juga ketularan pola makannya

4. Makanlah lebih banyak sayuran yang berwarna kuning, oranye, merah, ungu dan hijau
Mereka kaya akan vitamin A (zat karotenoid). Karotenoid ada 6 macam, semuanya membantu mempertahankan kesehatan jaringan kulit, termasuk mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih halus. Itulah mengapa banyak produk skincare memasukkan vitamin A dalam ingredientsnya. Jika bisa dipenuhi secara alami, kenapa tidak?


Enam macam karotenoid dan contoh bahan makanannya

OLAHRAGA

Olahraga dilakukan dengan tujuan untuk menyeimbangkan hormon, antara lain hormon testosteron dan kortisol. Kortisol adalah hormon penyebab stress, diketahui dapat memperparah jerawat. 

Olahraga yang pas untuk menyeimbangkan hormon adalah olahraga sedang seperti jalan cepat selama 30 menit atau jogging, 3 - 4 kali seminggu sudah cukup.


Olahraga berat seperti lari sejauh 7 km justru meningkatkan level kortisol dan menurunkan sistem imun tubuh. Angkat beban dapat meningkatkan level testosteron (cocok untuk kalian yang ingin membentuk otot), tetapi bisa jadi masalah jika kulit berjenis oily dan acne prone. Saya membaca di beberapa website & forum tentang pengalaman beberapa cowok yang mengalami breakout jerawat setelah mereka rajin latihan angkat beban, terlalu rajin malah.. Body memang jadi kekar seperti yang mereka mau, tapi wajah jadi gampang jerawatan, mereka sendiri sadar bahwa kulit wajahnya memang berminyak dari sononya. Efek olahraga berlebihan memang tidak bagus.

Jadi, jika ingin badan dan kulit sehat, rajinlah olahraga tetapi jangan berlebihan.

KEBERSIHAN

Menjaga kebersihan identik dengan mengurangi populasi bakteri penyebab jerawat. Apa saja yang perlu dibersihkan?

Sering-sering cuci muka dengan air saja
Cuci muka dengan facial foam cukup 2 kali sehari, menggunakan facial foam secara berlebihan itu tidak baik

Cuci tangan dengan sabun anti kuman sesering mungkin
Kita sering nggak sadar menyentuh muka, karena itu tangan harus selalu dijaga kebersihannya

Rajinlah menjemur bantal, guling, kasur
Sering ganti sarung bantal, guling dan sprei karena banyak kuman menempel di sana

Bersihkan handphone dengan alkohol, apalagi jika kamu sering menelepon
Handphone adalah benda yang rentan dihinggapi kuman

Please jangan gunakan handuk badan untuk muka!

Mengeringkan muka sebaiknya juga nggak pakai handuk (meskipun handuknya udah beda dengan badan). Handuk yang lembab sangat disukai kuman, handuk juga bisa terkontaminasi kotoran lain saat dijemur. Lebih baik biarkan muka kering sendiri setelah dicuci, jika terburu-buru gunakan tisu

PILIH PRODUK SESUAI KEBUTUHAN KULIT

Memang noda hitam bekas jerawat itu menyebalkan & kita ingin menyingkirkannya segera, tapi jangan sekali-kali pakai pemutih saat sedang berjerawat. Jangan tergoda untuk membeli facial foam atau krim yang ada tulisan whitening, lightening, apalagi bleaching. Produk pemutih justru memperparah jerawat, itu menurut pengalaman banyak cewek. Saya sendiri juga sering breakout jika pake pemutih. 

Produk apa yang bagus ya?

Belilah produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat, bukan produk untuk "all skin types". Prioritasmu sekarang adalah menyembuhkan jerawat dan mengurangi minyak yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Cari skincare yang mengandung anti bakteri (misalnya triclosan) dan salicylic acid. Saya pernah merekomendasikan beberapa produk yang mungkin cocok, silahkan baca di sini

Jangan malas pakai sunscreen. Sinar UV bisa merusak sel-sel kulit dan menyebabkan jerawat sulit sembuh atau meninggalkan bekas. Teman-teman saya yang berobat ke dokter selalu diberi resep sunblock atau krim siang yang mengandung sunscreen selain obat jerawat, tujuannya supaya jerawatnya tidak bertambah parah jika terpapar sinar matahari. Saya sudah menulis merek sunblock yang gampang ditemui & terjangkau harganya di link yang saya sebut tadi


Sunblock/sunscreen
Barang yang sepele tapi penting dalam proses penyembuhan jerawat

Tetap sabar & jangan putus asa!

8 komentar:

  1. betul bgt, makanan ngefek ke kulit!
    ngatur pola makan tu yg susah krn ane anak kos. terpaksa jajan yg gizinya ga seimbang nyahaha~~~
    wkt liburan pulang ke rumah ortu kulit jd lbh bersih. faktor bahagia + gizi terurus XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. pepatah "you are what you eat" memang bener ya.. thanks for sharing

      Hapus
  2. mau dioles kosmetik & obat apapun kalau makan ngga dijaga ya tetep jerawatan. puasa terbukti bs ngontrol jerawat asalkan sahur & buka dg makanan sehat kek sayur buah air putih bukan makanan instan & minuman manis. gw udah buktiin. bro2 yg muak dgn jerawat coba puasa sekalian ibadah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran yang bagus sekali.. thanks for sharing

      Hapus
  3. wah skrg Lintang rajin nulis post ttg perawatan kulit utk cowo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya berlaku utk semua gender kok..cuma tips dasar tapi sering diabaikan oleh orang2 krn terlalu sibuk mencari produk yg ampuh & hasilnya kilat

      Hapus
    2. sip dech! ga bikin makeup tutorial aja sekali2 ?

      Hapus
    3. hehe.. dandan masih kagok gini sok mau bikin tutorial. apa kata duniaa?

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah