Senin, 07 April 2014

Mengatasi jerawat secara kilat, bisa nggak ya?

Apa kabar random readers?


Jerawat dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Ada orang yang tetap nyantai saat muncul jerawat, tapi lebih banyak orang yang nggak pede dan ingin menyingkirkan jerawat secara kilat. Sebagai orang muda, saya yakin kita semua pernah mengalami jerawat, meskipun jenis dan tingkat keparahannya berbeda-beda. 


Tingkat keparahan jerawat

Tingkat 1 : biasanya berupa komedo dan sedikit papule
Tingkat 2 : ada komedo, papule, dan sedikit pustule
Tingkat 3 : ada komedo, papule, pustule dan sedikit nodule
Tingkat 4 : ada komedo, papule, pustule, nodule, dan cyst


 
Nodule dan cyst

Komedo
  • Whitehead : komedo tertutup berwarna putih, sering terjadi pada banyak orang karena sebum (minyak) terperangkap di dalam pori-pori
  • Blackhead : komedo terbuka berwarna hitam, warna hitam terjadi akibat penumpukan melanin (pigmen pewarna kulit) dan minyak yang teroksidasi (bereaksi dengan oksigen)

Perbedaan whitehead dan blackhead

Papule : whitehead yang meradang. Bentuknya kecil, berwarna merah, dan tidak berisi nanah

Pustule : jerawat kecil yang berisi nanah

Cyst & nodule : jerawat yang terjadi akibat komedo yang meradang parah. Nodule berbentuk benjolan keras. Cyst lebih lunak, berisi nanah, dan pembengkakan terjadi di bawah permukaan kulit. Cystic acne adalah kasus jerawat yang serius dan butuh penanganan medis. Nodule dan cyst dipengaruhi oleh faktor genetik, lebih sering terjadi pada remaja putra dan pria muda tapi wanita juga bisa mengalaminya.

Bisakah kita mengatasi jerawat secara kilat?

Untuk kasus jerawat yang ringan (tingkat 1) berupa komedo, papule dan pustule bisa. Saya punya tipsnya. 

1. Pakai acne cover/acne patch

Sekarang lagi booming nih, merek yang banyak dijual adalah Nexcare. Saya sering lihat di minimarket seperti Indomaret, di department store juga banyak, harganya antara 25-30 ribu, tergantung belinya di mana. Bisa untuk mengatasi whiteheads dan jerawat jenis pustule (jerawat kecil yang ada isinya).

Ada yang buat cowok juga

Temen saya suka pakai Nexcare, saya sih belum pernah. Oya, kata temen saya, Nexcare ini nggak ngefek untuk papule (jerawat kecil merah). Cuma mengurangi sakit pada papule, tapi nggak ada yang diserap. Ya dong, papule kan memang nggak berisi nanah.

Plester kuning transparan

Nexcare bentuknya seperti plester kecil kuning transparan, pas untuk menutup 1 biji jerawat. Jika dipakai nggak terlalu keliatan, temen saya bahkan suka pakai untuk bepergian. Katanya untuk melindungi jerawat supaya nggak terkontaminasi. Hmm.. bener juga ya.  Plester ajaib ini bisa menyerap minyak dan nanah sehingga jerawat pustule bisa kempes.

Iklannya meyakinkan ya.. tapi kalo menurut pengalaman temen saya nggak cukup 8 jam, perlu semalaman atau seharian. Tapi termasuk kilat kan?

2. Pakai Betadine cair

Yang ini pengalaman saya. Betadine cair bisa mengatasi jerawat papule maupun pustule. Andalan saya banget. Dulu waktu SMA saya juga punya jerawat cyst, ditelateni dengan Betadine aja, bisa sembuh walaupun akhirnya meninggalkan scar hehehe.. Memang jerawat cyst harus ditangani di dokter kalo mau sembuh tanpa bekas.

Jerawat yang baru muncul bisa nggak jadi meradang jika dioles Betadine, dalam 1 malam udah hilang. Yang sudah gede bisa mengering dan kempes. Jerawat pustule yang nanahnya belum matang juga cepat kering & pecah sendiri, kira-kira 1 - 2 hari. Untuk jerawat cyst yang pernah saya alami waktu SMA bisa sembuh dalam 7 - 10 hari, tapi meninggalkan scar.

Saya suka banget Betadine ini, menurut saya malah lebih ngefek dari gel-gel obat jerawat seperti Verile, Acnes sealing gel, atau Mediklin. Murah pula, hehehe.. Memang perih sih waktu diolesin, dan keliatan banget warnanya yang kuning kecoklatan. Makanya saya pakai ini cuma kalo lagi di rumah. 

Gimana kalo dipencet aja?

Sebenarnya ada juga metode memencet jerawat yaitu dengan jarum yang disterilkan (dipanaskan dengan api lalu dioles alkohol) lalu ditusukkan ke jerawat pustule hingga isinya keluar (nanah diikuti dengan darah). Dilap dengan tisu sampai bersih, setelah itu diolesi salep antibiotik atau obat luka. Selesai deh.
Jarum khusus untuk memencet komedo & jerawat

Bisa juga pakai jarum jahit

Saya dulu juga pernah mencobanya, tapi justru bekas tusukan itu jadi luka yang bekasnya menghitam. Menghilangkan noda hitam itu yang lama banget! Jerawat beres dalam 5 menit, lukanya sembuh dalam 1-2 hari, tapi noda hitamnya 1 bulan nggak hilang hehehe.. 

Jadi, yang paling baik jangan coba-coba menusuk jerawat pakai jarum, apalagi dipencet pakai kuku. BIG NO!

Please jangan dipencet pake kuku ya

Semoga cerita kali ini cukup berguna ya.. Sampai jumpa di post berikutnya!

Waduh, horror banget!!

12 komentar:

  1. Alat pembersih komedo mmg ga aman ko,, ga tuntas bersihin mlh jd lecet -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kamu pakainya terlalu ditekan? tapi iya sih, kalo nggak ditekan susah bersihnya..

      Hapus
  2. Huhuhu aku udah pake itu menurut ku gak ada hasilnya tapi keponakan pake berhasil *padahal makenya dari malem sampe pagi*
    Aku jerawatan sempet tuh kayak bisul besar tapi berjendol didalam apa ya namanya? Ehehe sembuh stelah ke dokter kulit asli spkk karna ke klinik kecantikan gak berhasil di spkk cuma dikasih obat minum karna udah beradang padahal cuma 1 lokasi aja di batang hidung, sama saleb 1 jenis hasilnya ampuh ilang tanpa bekas tanpa purging kempes melepes :D
    Sekarang lagi berjuang lagi hilangin jerawat karna salah pake foundation :D *nyengir*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu penasaran sama nexcare tapi ragu2, takut nggak ngefek padahal isinya banyak hehehe..
      oh, nodule ya? biasanya sembuhnya kalo dikasih antibiotik salep & yg diminum. jadi ya memang harus ke dokter spkk biar tepat penanganannya

      wah repot ya kalo breakout gitu. semangat mbak! semoga cepet sembuh jerawatnya..

      Hapus
  3. aku suka pake nexcare tapi cuma buat jerawat yang udah agak mateng, biar keluar aja tanpa di pencet. tapi buat jerawat merah sama masih sakit2 gitu gak keluar mba, hihiiii XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kata temenku ampuhnya cuma buat pustule (jerawat yg ada isinya). tapi ditempelin di papule lumayan lah buat mencegah infeksi yg lebih heboh..hehehe

      Hapus
  4. Itu betadine biasa kan ? Terus di pakenya pada saat malam sebelum tidur atau terserah kita ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, betadine biasa. kapan aja boleh, nggak harus waktu malam

      Hapus
  5. Klo betadine salep bisa juga ga??krena klo yang cair kayanya bisa keras dan narik kulit....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, salep bisa.. kan sama kadar povidone iodine nya

      Hapus
  6. aih serem bgt kak fotonya T___T
    aku kayaknya tingkat 2 deh :(

    aku pakai salep apa aja gag mempan deh kak ,,,
    tp blum pernah pakai nexcare atau betadine buat jerawat sih XD

    aku coba pakai dewytree AC DEW blemish buat jerawat baru/meradang biar cepet kering dan kempes
    lumayan ok sih dipakai sebelum tidur besok paginya udah kliatannya hasilnya..
    jd tertarik buat dewytree AC DEW spot utk bekas jerawatnya ~~~

    *lg giat bgt buat atasi jerawat* XP

    btw nice post kak,,, aku perhati in kakak post slalu enak buat di baca :) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat 2 masih lebih gampang diobati lah. nggak perlu pakai produk gajebo, pakai produk yg jelas kayak dewytree udah bisa mempan hehehe..

      makasih rahmah..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah