Jumat, 11 April 2014

Merawat Kulit Kering (Wajah, Bibir, Kulit Kepala, Badan)

Hai teman-teman!


Kering mengenaskan seperti tanah di musim kemarau??

Kali ini saya mau share cara saya merawat kulit kering. Nggak hanya kulit wajah, tapi juga kulit kepala dan badan. Bisa aja lho, orang yang kulit wajahnya berminyak juga bisa mengalami problem bibir, kulit kepala atau badan yang kering. 

Oke, kita mulai yuuk..

WAJAH



Ini adalah problem terbesar saya, hehehe.. Kulit wajah saya kering banget. Ciri-cirinya

  • Terasa kencang seperti ditarik -- terutama setelah cuci muka dengan facial foam dan tidak langsung diberi pelembab
  • Jarang mengkilap karena produksi minyak sedikit
  • Bedak sulit sekali menempel atau rata jika sebelumnya tidak diberi pelembab
  • Sering ada bagian kulit yang mengelupas atau flaky, jika dipegang terasa kasar
  • Makeup mudah "pecah". Maksudnya makeup (foundation, bedak) gampang nyangkut di bagian kulit yang flaky meskipun di seluruh wajah makeupnya nggak mudah luntur atau hilang
Ada yang bilang kulit kering lebih beruntung karena nggak jerawatan. Saya juga jerawatan kalo lagi PMS. Inilah yang jadi dilema. Nggak bisa dikasih masker dan pembersih muka khusus jerawat karena produk khusus jerawat umumnya bikin kulit makin kering.

Nah, lalu bagaimana cara merawatnya?

Jangan mengelupas kulit yang flaky


Jangan digosok-gosok

Seringkali jika ada bagian kulit yang mengering & mengelupas, kita ingin menggosok untuk menghilangkannya. Jangan! Justru kulit akan terasa perih dan jadi sensitif terhadap semua produk. Lebih baik oleskan pelembab atau minyak (minyak zaitun, baby oil atau grapeseed oil) di bagian kulit yang mengelupas.

Pilih produk yang bebas alkohol "jahat"

Alkohol umumnya digunakan sebagai pelarut dalam kosmetik. Tapi nggak semua alkohol harus dihindari. Beberapa jenis alkohol justru bersifat melembabkan kulit karena mengandung lemak.

Alkohol yang harus dihindari : ethanol (ethyl alcohol), denaturated alcohol (alcohol denat, SD alcohol), benzyl alcohol
Alkohol yang baik : cetyl alcohol (hexadecyl alcohol, palmityl alcohol, adol, cetanol), cetearyl alcohol

Cetyl alcohol berasal dari lilin organ spermaceti (organ di kepala hiu & paus), sedangkan cetearyl alcohol dari minyak palm.
** Not Found: /note/views/spermaceti.jpg
Organ spermaceti pada paus, salah satu sumber cetyl alcohol yang baik untuk kulit kering

Cetearyl alcohol dari palm oil, bersifat melembabkan

Pilih pembersih muka pH balance dan bebas detergen 

Pembersih muka yang kaya busa umumnya mengandung surfaktan yang bernama SLS (sodium lauryl sulfate) dan potassium hydroxide (NaOH). Keduanya adalah bahan penyebab iritasi, atau bisa menyebabkan kulit kering. pH kulit yang seimbang adalah sekitar 5,5. Pembersih busa yang kaya busa (mengandung detergen) memiliki pH lebih tinggi dari itu sehingga bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembaban.

Sodium Laureth Sulfate (SLES) adalah surfaktan yang bersifat lembut, meskipun namanya mirip dengan SLS.

Jika kulit kering, penting sekali untuk memilih pembersih muka yang pH balanced. Usahakan bentuknya jangan sabun batangan (soap bar) meskipun diklaim mengandung moisturizer, lebih baik menggunakan pembersih muka berbentuk facial wash yang sedikit busa.

Jangan pakai pembersih muka bentuk batangan meskipun diklaim punya kandungan moisturizer

Banyak merek pembersih muka yang pH balanced (dan minim busa), antara lain:

  • Hada Labo. pernah saya review di sini
  • Wardah. pernah saya review di sini
  • Viva White & Clean Mask
  • pHisohex --> pembersih muka antiseptik yang baik untuk wajah berjerawat, tapi kurang recommended untuk kulit kering yang flaky karena terasa agak menyengat. pHisohex ramah saat kulit cuma kering tanpa ada bagian yang mengelupas. Dulu saya pernah pakai, oke juga untuk mempercepat kempesnya jerawat, tapi akhirnya saya hibahkan ke teman yang kulitnya oily & acne prone. 
  • Dee dee children facial wash --> super lembut untuk kulit anak-anak, serta kulit  remaja/dewasa yang kering & sensitif. Pernah saya review di sini
Pilih bentuk facial wash yang minim busa & bertuliskan "pH balanced"

Jangan hobi peeling


Peeling memang penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam, tapi jangan terlalu hobi melakukannya. Untuk kulit kering, seminggu sekali sudah cukup, maksimal 2. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit akan menyebabkan kulit mengalami iritasi dan mudah flaky. Lebih baik gunakan peeling yang bersifat fisik (facial scrub) yang butirannya lembut.

Wardah facial scrub -- jangan yang peeling cream (peeling cream butirannya lebih besar)

Sariayu facial scrub mawar (khusus kulit normal-kering)

Lebih baik lagi jika menggunakan scrub alami, misalnya :
  • oatmeal + alpukat + madu
  • bubuk kopi + madu
  • gula + pisang yang dihaluskan
  • tepung almond + minyak zaitun
Bisa juga menciptakan resep scrub sesuai selera kamu

Chemical peeling memang sedang populer, terutama yang menggunakan bahan alpha hydroxy acid (AHA), tapi AHA menyebabkan kulit makin kering.
Hada Labo Tamagohada (Mild Peeling), banyak pemilik kulit oily cocok pakai ini
Biarpun mild, tetep bikin muka saya kering

Jangan lupa mengoleskan pelembab


Pelembab adalah kunci penting untuk menjaga kadar air kulit. Banyak sekali merek pelembab yang bisa digunakan oleh kulit kering. Pastikan pelembab yang dipilih bebas dari kandungan alkohol "jahat". 

Jika kulit sering flaky, pilihlah pelembab yang :
  • ada kandungan anti iritasi (misalnya chamomile, bisabolol)
  • bukan yang jenis whitening
  • banyak mengandung emollient (biasanya berbahan dasar minyak)
Jangan memakai bahan asam pada kulit

Yang suka maskeran dengan bahan alami, jangan memakai buah-buahan yang kadar asamnya tinggi untuk wajah (misalnya jeruk nipis, lemon, tomat, strawberry). Bisa-bisa kulit wajah malah kering & iritasi. Ingin mencerahkan kulit /menghilangkan flek hitam tidak harus dengan buah-buahan asam yang kaya vitamin C. Kamu juga bisa menggunakan susu, bengkoang, atau pepaya.

BIBIR


Kulit wajah boleh nggak kering, tapi bibir yang kering & pecah-pecah juga sangat mengganggu penampilan. Kamu akan dikira kurang sehat atau sedang panas dalam. Lipstik yang dipakai kurang maksimal, meskipun bukan lipstik matte. 


Tips mencegah bibir kering dengan lip scrub, ampuhkah?



Tips scrubbing bibir (dengan lip scrub merek tertentu) maupun homemade lip scrub dari madu + gula sudah sangat populer di internet. Kamu juga suka melakukannya?


 
Termasuk parah, jangan diberi lip scrub!

Kondisi bibir yang sudah sangat kering & pecah-pecah bahkan berdarah sebaiknya nggak ditangani dengan lip scrub. Itu justru membuat bibir iritasi atau tambah parah. Lebih baik diolesi lip balm yang bebas aroma, warna dan rasa. Atau jika suka yang alami olesi dengan madu / minyak zaitun murni. Lakukan terus hingga kondisi bibir membaik.

Nivea essential care & Oriflame tender care (varian original)
Contoh lip balm yang bebas aroma, rasa, warna, dan mint yang ampuh untuk merawat bibir kering

Perlakukan bibir dengan lembut

Saya sudah cerita di post sebelumnya bahwa bibir itu punya mekanisme sendiri untuk eksfoliasi, tidak usah dipaksa dengan lip scrub. Gosok saja dengan jari dan air (bisa dilakukan setiap hari sambil mandi atau cuci muka), kamu akan mengamati bahwa pada hari-hari tertentu akan ada lapisan kulit mati yang terangkat.


Lindungi bibir dari sinar matahari


Penting untuk memakai sunscreen lip balm, karena sinar matahari adalah salah satu penyebab bibir menjadi kering, pecah-pecah dan menjadi gelap. Ada banyak sunscreen lip balm, bisa dipilih sesuai selera -- mau yang transparan atau berwarna.



Contoh merek sunscreen lip balm

Jika suka pakai lipstik tapi tidak mau repot mengoleskan lip balm, pakai lipstik yang sudah mengandung sunscreen. Bahan sunscreen dalam lipstik / lip balm umumnya adalah octyl methoxycinnamate.


KULIT KEPALA


Kulit kepala yang kering rawan gatal atau berketombe. Sering juga diikuti dengan problem rambut kering & mudah kusut. Gimana ya cara mengatasinya?




Pakai shampoo yang rendah / bebas SLS


Sodium lauryl sulfate si surfaktan "jahat" juga banyak terkandung dalam shampoo yang kaya busa. Mungkin banyak orang yang kurang suka shampoo yang sedikit busa (saya juga nggak suka hehehe). Jika kulit kepala kering, penggunaan shampoo dengan SLS sebaiknya tidak sering-sering. 



Natur pencuci rambut yang free SLS

Pakai hair oil

Kulit kepala kering, tapi sudah terlanjur cocok dengan shampoo yang sekarang? Ingin ganti shampoo yang free SLS tapi takut efek yang aneh-aneh? Nggak usah khawatir, silahkan tetap pakai shampoo kesayanganmu seperti biasa, tapi tambahkan rutinitas memakai hair oil.


Hair oil yang berbahan minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kemiri, atau urang-aring bisa merawat kulit kepala & batang rambut, menjaga kelembabannya. Pakai setiap sebelum keramas, dijamin kulit kepala nggak akan kering lagi. 


Memakai minyak kelapa yang dicampur bawang merah bisa mengusir ketombe. Untuk menetralisir baunya, kamu harus keramas dengan shampoo yang wangi.


Saya punya kulit kepala yang lumayan kering, tapi saya harus keramas tiap hari karena selalu kena debu saat naik motor. Memelihara rambut berdebu itu nggak baik kan, kalo tidur bisa mengkontaminasi bantal, kena muka saya, akhirnya jerawat deh. Saya juga nggak bisa berpaling dari shampoo favorit saya yang masih mengandung SLS. Solusinya, saya selalu pakai hair oil Mustika Ratu sebelum keramas. Banyak manfaatnya, bisa dibaca di review yang ini


Slimming Tea - 15 bag, 30 bag
Mustika Ratu cem-ceman hair oil

Jangan pakai tonik yang tinggi alkohol



Hair tonic katanya bisa menguatkan rambut, tapi manfaatnya jadi kurang terasa jika mengandung banyak alkohol

Rata-rata tonik rambut di Indonesia masih mengandung banyak alkohol, bisa dicium dari wanginya & sensasinya yang sejuk nyess saat dipakai di kulit kepala. Alkoholnya tentu saja alkohol "jahat" sebangsa alcohol denat yang terkenal bikin kulit kering. Kalo saya sih, daripada memakai tonik rambut beralkohol, lebih baik pakai hair lotion atau hair vitamin saja. 

BADAN

Problem kulit badan yang kering cukup mudah ditangani. Banyak sekali hand body lotiom, body cream, body butter yang oke untuk kulit kering. 


Body lotion, body cream, atau body butter?


Yang mana yang lebih melembabkan? Katanya sih body butter. Kalo menurut pengalaman saya, body butter terkesan lebih melembabkan karena dia lebih lengket dan teksturnya berat. Hand body lotion pun sebenarnya cukup, lagipula lebih ringan. Untuk kulit kering, pastikan hand body lotion yang kamu pilih mengandung vitamin E.


Body butter dengan kemasan jar karena teksturnya thick dan harus dicolek-colek
 
Body cream yang lebih kental dari lotion


Nivea body lotion for very dry skin & Vaseline total moisture yang diformulasikan khusus kulit kering

 
Nivea dan Vaseline body serum

Ingin yang lebih ringan? Coba body serum yang diformulasikan khusus untuk kulit kering. Body serum lebih ringan dan mudah meresap, tidak terasa lengket. Tapi daya tahan kelembabannya biasanya juga tidak lama.


Sabun mandi


Pilih sabun mandi yang mengandung moisturizer. Sabun mandi berbentuk shower cream & shower gel lebih lembut untuk kulit kering daripada body foam atau sabun batangan.



Shower cream dan shower gel cocok untuk kulit badan yang kering

Satu lagi senjata ampuh untuk mengatasi kulit kering, baik wajah, bibir, kulit kepala maupun badan..

Suplemen!


Merawat kulit tidak cukup dari luar, harus dari dalam juga. Selain makan makanan sehat, kecukupan gizi untuk kulit dapat dibantu dengan minum suplemen yang mengandung vitamin E, A, dan omega-3. Sekarang banyak dijual suplemen kecantikan seperti Natur-E, Ever-E, Nourish Skin, Nutrafor White Beauty, dan sebagainya. Ikuti dosis pemakaiannya, jangan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.

 

Saya minum suplemen Natur-E dan kapsul minyak hati ikan cod. Nggak hanya membantu perbaikan kondisi kulit (wajah, bibir, tumit) tapi juga memperbaiki kondisi kesehatan secara umum. Cerita lengkapnya ada di sini

Nah, semoga post kali ini dapat bermanfaat ya! Sampai jumpa!


12 komentar:

  1. suka bgt blog ini! selalu ada solusi yg berguna!
    'lam kenal yahh!

    Gita

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih.. salam kenal juga Gita
      sering2 mampir kesini ya hehehe..

      Hapus
  2. suka banget sama review yg ini..
    sangat berguna ^.^ mulai sekarang harus rawat dari dalam juga ahh..
    salam kenal Lintang..
    belum ada follow nya yah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Tabby, salam kenal ya..
      iya nih, merawat diri dari dalam memang nggak kalah pentingnya. tombol follownya nggak bisa muncul di blogku, error..hehehe

      Hapus
  3. lho ternyata asam tidak boleh ya, saya sering menggunakan masker buatan sendiri yang dibubuhi jeruk juga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya nggak sehat sih, banyak dermatologist yg bilang gitu. soalnya pHnya terlalu rendah (sekitar 2) sedangkan pH alami kulit 5,5. banyak orang yg kuat dgn bahan2 asam, nggak langsung iritasi setelah memakainya. tp kalo bisa ya jangan sering2 atau justru nggak usah..

      Hapus
  4. Kalau face wash yg bentuknya lgsung foam gitu cenderung bikin muka kering ga ya? Pengen cobain punya sebamed yg clear face katanya ph balance tapi msh maju mundur hehe. Kak lintang pernah pake ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah nyoba sebamed, yg pernah nyoba itu oom ku.katanya sih nggak bikin kering.
      kulitku jenisnya kering tapi aku malah lebih cocok pakai sabun bayi yg batangan daripada face wash dewasa yg pH balanced. itu tergantung kulit masing2.

      mungkin kulitku masih bisa menolerir perbedaan pH. kulitku itu peka sama ingredients tertentu di face wash dewasa (sehingga meskipun pH balanced tetap nggak cocok di aku)

      Hapus
  5. Rambut aku tipis dan rontok,sekarang aku pake sunsilk dan condictioner yang warna coklat . Cara bikin rambut aku tebal gimana ya? Soalnya aku sekolah pakai jilbab

    BalasHapus
    Balasan
    1. rambut tipis & rontok itu juga keturunan loh. tapi kalo nggak karena keturunan, coba sering2 minum sari kacang hijau (buatan sendiri yg rendah gula, jangan yg kemasan).
      olesin rambut dengan lidah buaya & olive oil, gunakan tiap sebelum keramas.
      suplemen yg dianjurkan yaitu yg mengandung zinc & selenium.
      kalo ngikat rambut jangan terlalu kencang, supaya peredaran darah di kult kepala tetap lancar.

      Hapus
  6. Blog mbak lintang sangat bermanfaat,terima kasih udah berbagi tips dan informasi.saya follow ya blognya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih fitriani..
      sama2, senang kalo blogku bisa bermanfaat
      makasih udah follow..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah