Minggu, 27 April 2014

Skincare dan Makeup Saya Sehari-hari

Halo!


Jika saya membaca judul seperti itu, yang terbayang oleh saya adalah rutinitas skincare yang panjang dengan banyak produk, serta peralatan makeup yang komplit (biasanya di blog-blog lain gitu sih)


Tapi bandingkan dengan perlengkapan saya sehari-hari. Termasuk dikit lho. Nih saya tunjukkan..

Skincare regimen



Sekarang cuma 3 biji, yaitu facial wash anak-anak (Dee dee), minyak kelapa, dan dan krim sunblock Parasol. Pelembab yang dulu jadi favorit udah saya lempar ke orang lain (Pigeon dan Home Snow Vanishing Cream).

Saya mengurangi bahan kimia yang sering bikin masalah di kulit (kering, iritasi). Eh jangan salah, biarpun ini doang tapi minyak kelapa multifungsi lho! Minyak kelapa  untuk muka saya pakai sebagai makeup remover, pelembab, dan minyak pijat. Saya depot ke botol bekas baby oil biar lebih gampang dituang.

Saya sempat pakai extra virgin olive oil (EVOO) tapi sekarang udah habis. Berhubung di dapur adanya minyak kelapa ya udah pakai aja. Ternyata pakai minyak kelapa lebih enak. Teksturnya lebih cair & ringan, cepat menyerap dan baunya nggak seperti minyak goreng. Kemampuan melembabkannya sama.

Oya ada yang lupa..

Quaker Oats, saya suka pakai oatmeal untuk scrubbing 2 kali seminggu

Ini untuk lip care (lip balm Viva Chic on Lips dan minyak kelapa)
Dioles kapan aja waktu di rumah, terutama sebelum tidur

Sebenarnya saya pakai skincare sedikit bukan karena sedang kesulitan kondisi keuangan sih, tapi karena kulit saya seakan-akan sudah jenuh dengan terlalu banyak bahan kimia. Sedikit-sedikit iritasi, sebentar-sebentar muncul jerawat. Terakhir tuh muncul bruntusan serahang yang mengganggu banget. Kata dermatologist di web tempat saya konsultasi online, itu akibat gonta-ganti produk dalam waktu singkat, dan regimen yang saya pakai terlalu banyak macamnya. Bener juga sih. 

Jadi buat apa juga saya berpetualang mencari produk yang tepat, mending keep calm. Kurangi skincare dan pakai bahan seadanya aja. Malah cocok dan bikin sembuh, nggak nambah masalah kulit juga. Jadi malah ngirit. Lumayan duitnya bisa buat jajan dan ditabung.

Makeup yang sering dipakai harian

Makeup pokok saya yaitu bedak, pensil alis, mascara, lipbalm dan lipstik. Nggak pakai BB cream dan foundation. Eyeliner baru akhir-akhir ini suka, tapi cuma untuk tightline biar hasilnya natural dan ringan. Kan mata saya udah segede bola pingpong.

Untuk urusan bedak, kulit saya termasuk rewel. Bedak Marcks tabur dan Marcks Venus sebetulnya cocok, tapi nggak boleh dipakai sering-sering karena bikin kulit saya kering. Bedak bayi juga nggak boleh tiap hari karena parfumnya banyak dan saya termasuk orang yang sensitif dengan parfum untuk kulit muka. Akhirnya saya cuma pakai tepung maizena untuk bedak sehari-hari. Serius. Jadinya nggak kayak topeng kok, karena tepung maizena berfungsi sebagai translucent powder. Sudah saya bahas di sini.

Biar kelihatan agak bagusan, bedaknya eh tepungnya saya masukkan ke tempat bedak sungguhan dan saya kasih spons untuk aplikasi. Kebetulan masih nyimpan tempat bedak Trisia.

Tutupnya saya tempeli cermin biar bisa touch up
Ada teman yang nanya "Bedak tabur merek apa tuh ada cerminnya?"
Tempatnya merek Trisia, bedaknya merek Maizenaku hehehe..

Tuh putih banget kan, ini tepung maizena asli bukan baby powder

Nah, ini langkah-langkah saya berdandan di pagi / siang hari sebelum pergi ke kampus. Hanya butuh waktu maksimal 10 menit untuk dandan.

Makeup yang diperlukan

Langkah-langkahnya

 
Mulai dengan muka yang bersih, dijepit dulu poninya biar gampang
Inilah alasan saya pakai poni : jidat saya selebar lapangan golf

 
Tuangkan minyak kelapa, oleskan seperti pelembab, tepuk-tepuk pelan seperti pakai toner. Setelah itu pijat lembut seperti pakai massage cream

Lalu ditap-tap dengan tissue supaya tidak licin

Pakai krim sunblock, nggak usah banyak-banyak, kasihan kulit saya
tipis aja tapi merata di seluruh tempat yang perlu dilindungi

Pakai tepungnya

Setelah tepung diratakan nggak pektay, langsung membaur dengan warna kulit. Nggak ada coverage nggak masalah, let me show my complexion & imperfection. Kulit saya nggak flawless lho tapi saya tetap bangga *lebih tepatnya kepedean*

Pakai sunscreen lip balm (Viva Chic on Lips strawberry) biarkan meresap

Isi alis dengan Wardah Eyebrow Pencil, tipis saja supaya terlihat seperti alis sungguhan. Maklum alis saya botak dari sononya, tapi kalo pakai alis ala artis kelihatan "buatan" banget meskipun hasilnya cakep. Eh itu udah pakai eyeshadow juga

Pakai eyeshadow Face on Face natural glow, warnanya super natural (coklat cenderung oranye, krem, dan putih kekuningan) yang cocok untuk sehari-hari

Pakai eyeliner untuk tighline dengan eyeliner cair berkuas tipis (My Darling)

Nah beginilah caranya, kelopak mata ditarik dulu
My Darling enak banget untuk tightline karena kuasnya lentur dan tipis, nggak mudah hilang jika dipakai di situ. Tapi untuk bikin cat's eye kayaknya kurang cocok -- malah mudah pudar karena dia nggak smudgeproof

Saya pakai mascara hitam dari Pixy
Hasilnya natural, efek menebalkan dan melentikkan nggak terlalu ekstrim
Yang pasti waterproof tapi sangat mudah dibersihkan

Untuk mata sudah beres

Untuk pipi, favorit saya warna pink pucat dari blush on Red A seri B
Warnanya paling natural di pipi saya

Masih asyik nge-blend blush on

Lip balm yang tadi udah dioles ditap-tap pakai tissue, kan sudah meresap
Kalo nggak gitu, nanti lipstiknya susah nempel

Mau ngampus pakai lipstik merah? Hehehe.. why not? 
Saya memakai Mirabella Colorfix favorit saya dengan tebal

Tapi setelah itu ditap-tap pakai tissue

Hasilnya natural kan? Menyatu dengan tekstur bibir, kelihatan sama seperti jaman saya pakai Tony Moly lip tint. Warnanya awet seharian di bibir saya (dengan minum & makan) jika proses ngoles lipstik & tap pakai tissue diulang 3 kali. Tapi tergantung cara makannya juga sih. Saya makan seperti chef-chef wanita yang sedang mencicipi hasil masakan

Tadi di jidat ada tepung yang nggak rata. Diratakan dulu biar nggak cemong.
Udah, siap berangkat!

Dandanannya biasa banget? Ya emang, kan mau ngampus. Lagipula alat dandannya kayak gitu doang, hehehe... Jadinya "no makeup" makeup

BUDGET

Pastinya irit dong. Mari dihitung habisnya berapa.

Skin & Lip Care

Dee dee facial wash 13 ribu
Minyak kelapa Barco 23 ribu
Parasol sunblock 36 ribu
Oatmeal 9 ribu
Viva Chic on Lips 10 ribu x 2
TOTAL 101 ribu

Makeup yang dipakai di post ini

Maizena 3 ribu
Red A blush on 18 ribu
Eyeshadow Face on Face 27 ribu (beli tahun 2012)
Eyeliner My Darling 12 ribu
Mascara Pixy 30 ribu
Lipstik Mirabella Colorfix 41 ribu
Pensil alis Wardah 25 ribu
TOTAL 156 ribu

Dan itupun nggak 1 bulan habis, bisa berbulan-bulan (kecuali oatmeal dan minyak kelapa karena untuk dimakan juga). Super ngirit *tepatnya pelit* 

Prinsip "ada rupa ada harga" tidak berlaku untuk saya. Saya bisa beli produk yang aman, sehat dan cocok untuk kulit saya dengan budget sedikit. Hehehe.. Kalo kalian bisa beli berapa produk kosmetik dengan uang 257 ribu? 

Sampai jumpa di cerita berikutnya!





18 komentar:

  1. cantik, kak!
    walaupun simple banget dan nggak ribet tapi enak dilihat XD
    skin careku cuma facial wash sama toner doang, ini udah cukup banget untuk sehari-hari walaupun tonernya dipake cuma pas mau berangkat sekolah aja
    kalau ke sekolah aku cuma pake pensil alis karena alisku tipis, nggak enak diliat T.T

    wangi minyak kelapanya nggak kecium orang lain itu nanti? :o
    bedak dari tepung itu keren banget!

    aku suka baca-baca disini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi makasih..
      menurut aku sih jumlah produk yang harus dipakai itu tergantung kebutuhan kulit masing2. dulu aku ikutan ribet karena lihat orang lain pada gitu, ternyata nggak cocok. aku perlunya yg simpel aja.

      waa.. sama, pensil alis itu makeup wajibku supaya alis terlihat lebih manusiawi hehe..
      minyak kelapa aromanya soft kok, nyaris nggak tercium. bedak dari tepung maizena juga ilmu dari google

      makasih ya udah berkunjung ke blogku..

      Hapus
  2. aq ga bisa hidup tanpa bb cream ^o^ soalny bekas jerawat di muka byk bgt, ga pede dech kl ga dicover. emang sich bb cream korea itu ringan, tp tetep aja byk bhn kimianya yahh. sebenerny bb cream tu boleh ga utk sehari2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. bb cream itu memang lebih ringan dari foundation cream/mousse ya.. tapi belum tentu lebih ringan dari foundation powder. boleh aja sih untuk sehari2 jika kulitnya cocok & nggak ada keluhan seperti breakout/ iritasi & dibersihkan dengan benar

      Hapus
  3. akhirnya bisa comment disini dgn akun livejournal ku, dari kemaren name without url melulu wkwkwk
    minyak kelapa u beli di toko mana?di ADA ada? bagus ndak buat cowo? secara muka cowo kan lbh gampang minyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. akhirnya bisa ya. minyak kelapa aku beli di super indo. di ADA majapahit nggak ada, mungkin di ADA srondol lebih komplit.

      minyak kelapa cepet banget kok nyerapnya, tapi habis itu ditap-tap tissue aja biar nggak kinclong. yg aku baca sih bagus untuk semua jenis kelamin & umur termasuk bayi juga boleh pakai. tapi tergantung kecocokan kulit masing2 sih ya..

      Hapus
  4. kok pake minyak kelapa Barco??? boleh ya buat kulit? :O knp ga pake minyak kelapa yang di apotek.. baunya yg lebih yummy itu lo hehe :D ak si biasa beli dipasar tradisional malah :D sayang srg jrang bgt yg jual -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, minyak kelapa yg di apotik itu VCO (virgin coconut oil alias unrefined coconut oil). VCO memang lebih beraroma kelapa, manfaat kesehatannya lebih banyak & biasanya nggak dipakai sbg minyak goreng karena mahal (biasanya diminum).

      minyak kelapa Barco dll digolongkan sbg refined coconut oil yg sudah nggak berbau krn sudah ditambah antioksidan dlm proses deodorizing. minyak kelapa yg jd bahan kosmetik (lip balm, krim pelembab muka & badan, hair products) biasanya yg refined coconut oil. produsen kosmerik nggak memakai VCO karena mahal hehehe.. tp refined coconut oil terbukti aman untuk kulit & rambut

      minyak kelapa di pasar tradisional biasanya termasuk refined. harusnya nggak ada wanginya lho. kalo ada, berarti udah ditambah aroma / flavor enhancer

      Hapus
    2. VCO lebih kental ya dr refined coconut oil. perkara harga bener mahal bgt, sebehku beli buat obat kolesterol harga 100rb seliter wkwkwk, dijadiin minyak goreng bs bangkrut cuy. murah minyak canola kemana2 pdhl canola jg mahal
      RBD coconut oil n refined sama? ktny buat kosmetik tu jenisny RBD

      Hapus
    3. 100ribu? wew.. namanya juga obat herbal ya..
      minyak canola bagus banget buat diet, kakak kelasku masaknya pake minyak canola berhasil turun banyak bobotnya lho. tapi harganya memang ehmm.. 200ribuan sejerigen

      sami mawon oom.. RBD itu singkatan dari refined, bleached, deodorized. nggak ada bedanya

      Hapus
  5. oh iya apa? ga kok bukan wangi parfum, wangi kelapa gt :D kyk biskuit kelapa.. oh barco bisa yah,, kapan2 ak coba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di kulitku bisa sih.. entahlah kalo orang lain, kondisi kulit orang kan beda2 hehehe..

      Hapus
  6. tepungnya ga dikasi warna, sis? semacam cocoa powder or cinnamon?blog'' ttg DIY make up pada dikasi gtu. masalah selera or ada efek samping di kulit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah coba dikasih cinnamon bubuk (katanya untuk kulit yellow tone paling bagus pakai cinnamon, untuk yg pink pakai cocoa). eh tapi nggak nyampur sama tepungnya, ternyata butiran cinnamon lebih besar & kasar..

      cinnamon bisa menyebabkan iritasi di sebagian orang. aku nggak mengalami iritasi sih kalo pakai cinnamon..

      Hapus
  7. hihihi aq dwi nur salam kenal, mb lintang keren natural make up. klo alis agak botak bisa tuh mb pake olive oil tiap malam dioles biasa aja baru dibersihin pagi. pengalaman pribadi gara2 kebnykan pake diarea atas bibir,bulu halusnya tumbuh subur walau ga selebat kumis. akhirnya aq pake di bulu mata(soalnya yg botak ini bukan alis), hehehe hasilnya lumayan keliatan rimbun + agak panjang, msh pake terus biar lebih panjang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak dwi nur..
      hohoho aku juga sering ngolesin minyak zaitun di alis. selain itu juga nyoba grapeseed, coconut nggak ada yang mempan, emang udah takdirnya punya alis begini, keturunan.
      tapi minyak2an itu kalo dioles di bulu mata betul efeknya jadi lebih tebel & panjang, kayak udah pakai maskara hehehe..

      Hapus
  8. awh simple bgt kak... tp tetep manis :*
    aku baru tau tepung bisa buat bedak :o

    aku jg gag pakai bb cream/ cc cream / foundation atau bedak padat ( karna slalu break out kalo pakai ) hiks
    aku pakai bedak baby ( punya ponakan aku ) LOL
    pensil alis,,, baby lips maybeline dan mascara
    done

    padahal aku kerja tp aku gag suka pakai make up mata kyk eyeshadow/eyeliner *ribet*
    aku jg gag cover jerawat aku krna takut malah tambah parah,,, jd cari cara buat atasinya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih rahmah..
      ya, tepung bisa buat bedak. bedak marcks juga mengandung tepung lho (corn starch powder)

      aku sekarang kerja, nggak suka pakai makeup mata. maksimal maskara, itupun kalo lagi niat hehehe..
      buru2 sih soalnya
      ya, jerawat itu lebih baik disembuhkan dulu, jangan terlalu banyak ditutupi makeup

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah