Selasa, 20 Mei 2014

DIY Fermented Oatmeal Facial Mask & Scrub

Halo semuanya!
Kembali lagi dengan resep DIY skincare. Saya sedang semangat banget bikin homemade skincare karena homemade toner Saccharomyces kemarin cukup sukses di kulit saya. 

Jadwal scrubbing saya 2 kali seminggu, setelah itu acara membersihkan komedo kalo ada. Biarpun kulit saya jarang berminyak, komedo tetap muncul di hidung. Biasanya saya bersihkan dengan alat pembersih komedo dari logam. Membersihkannya harus ekstra hati-hati, biar hidung nggak lecet. Walaupun sudah hati-hati tetap saja bekasnya merah. Makanya sebelum kenal toner Saccharomyces, hidung saya selalu agak merah.

Biasanya saya scrubbing hanya dengan oatmeal yang diberi air. Efeknya oke untuk menghilangkan sel kulit mati yang bikin kusam, lumayan melembabkan dan mengurangi iritasi. Saya cinta banget sama oatmeal, manfaatnya banyak.. sudah saya jabarkan di post ini. Tapi akhir-akhir ini ragi roti jadi favorit saya. Ragi Saccharomyces memang bahan skincare yang sakti (lengkapnya baca di sini). Lalu saya pikir, kenapa nggak mencoba menggabungkan 2 bahan ini?


Dengan modal nekat, saya pun coba-coba membuat masker scrub oatmeal yang difermentasi dengan ragi roti. Hasilnya mantap! Kemampuan melembabkan kulit jauh lebih oke daripada oatmeal saja. Kulit jadi bersih, kenyal & smooth, rasanya kayak pakai peeling merek luar yang mahal. Dan yang amazing, komedo di hidung hilang, scrubbing pakai oatmeal aja biasanya nggak sanggup membersihkan komedo di hidung saya. Komedo ini masih baru, tau-tau nongol waktu saya pulang tadi. Rencananya sih, habis maskeran mau saya bersihkan itu komedo, eh tapi malah udah hilang duluan hehehe..

Nah, inilah cara bikin masker scrub fermentasi oatmeal. Yang pingin coba silahkan menyimak!

1. Siapkan bahan dan alat. Bahannya cuma :
  • oatmeal (saya pakai oatmeal instan dari Quaker's oat yang kemasan merah)
  • ragi roti merek Fermipan
  • air
Tempatnya mangkok porselen/ kaca. Untuk fermentasi, biasanya wadahnya tidak disarankan plastik karena plastik punya pori-pori (walaupun kecil) yang tetap bisa ditembus udara & bakteri. Selain itu lebih mudah dibersihkan mangkok kaca/porselen, bau raginya nggak akan nempel jika sudah dicuci.


2. Ambil oatmeal 3 sendok teh (atau sesuai kebutuhan). Masker oatmeal fermentasi ini harus langsung dihabiskan, jangan disimpan di kulkas.


3. Tambahkan air untuk membasahi oatmeal & diratakan sampai jadi bubur


4. Tambahkan 1 sendok teh ragi. Banyaknya masker yang dibuat dapat disesuaikan kebutuhan, yang penting perbandingan oatmeal ragi sekitar 3 : 1.


5. Aduk adonannya.


6. Tutup dengan plastik yang diikat kencang dengan karet. Atau gunakan aluminium foil. Biarkan mengalami fermentasi selama 2 jam. 


7. Setelah 2 jam bisa dibuka dan langsung digunakan untuk maskeran & scrubbing.

Setelah 2 jam jadi agak memadat dan mengembang, ada lubang-lubang di permukaan oatmeal. Lubang itu terbentuk akibat letupan gas karbondioksida yang dihasilkan selama fermentasi

Jika dicolek, di bawah permukaan oatmeal yang  mengembang ternyata banyak rongga udara seperti spons

Swatch di tangan
Teksturnya lengket banget, nggak seperti bubur oatmeal biasa. Bau raginya juga sangat nyegrak, nggak seperti toner Saccharomyces

Foto di wajah nggak usah ya, serem soalnya.. hehehe

Cara menggunakan masker scrub ini:

1. Oleskan merata di seluruh wajah. Biasanya kalo kita maskeran area sekitar mata & bibir harus dihindari. Saya dengan pede mengoleskan masker ini sampai mepet mata & bibir, ternyata nggak apa-apa tuh.. Saya peringatkan tekstur masker ini super lengket, saudara-saudara! Udah kayak lem aja.

2. Biarkan selama 20 - 30 menit sampai mengering.

3. Cara membilasnya tidak langsung diguyur air, tapi dibasahi air sedikit. Airnya ditepuk-tepukkan ke lapisan masker di wajah sampai masker yang tadinya kering agak lembab dan kembali lengket. Lalu gosok dengan gerakan memutar layaknya scrubbing hingga seluruh serpihan oatmeal berguguran (kurang lebih 5 menit). Setelah itu bilas wajah dengan air saja hingga bersih. Tidak usah menggunakan pembersih muka lagi, oatmeal mengandung saponin sebagai cleansing agent.

4. Maksimalkan hasilnya dengan memakai toner Saccharomyces saat wajah masih lembab (sesaat setelah dibilas). Toner/serum/pelembab memang sebaiknya diaplikasikan saat wajah masih lembab setelah cuci muka, nutrien dari toner/serum/pelembabakan menyerap ke dalam kulit secara optimal.

Efek setelah maskeran & scrubbing dengan oatmeal fermentasi

Saya merasakan kulit saya jadi lebih bersih, lembab, kenyal daripada memakai masker scrub oatmeal biasa (tanpa fermentasi). Sebelum dikasih toner aja udah terasa kenyalnya.

Komedo juga langsung bersih. Baru kali ini saya bisa membersihkan komedo di hidung dengan cara homemade. Catatan, komedo saya masih baru, bukan yang udah berminggu-minggu. Btw, saya sudah pernah coba berbagai tips DIY mengusir komedo lama maupun baru tapi nggak berhasil. Yang sudah saya coba antara lain pakai putih telur tapi nggak ngefek, pakai pil aspirin tapi hidung malah jadi super kering sedangkan komedo masih nangkring, dan pakai baking soda tapi sama aja hasilnya dengan aspirin. Baru kali ini saya sukses, makanya saya excited banget. 

Asikk.. bersih!

Membersihkan komedo pakai alat? Bye bye! Nggak ada lagi episode-episode penyiksaan hidung dengan stik logam ini. Hidung bebas merah-merah dan perih, menyenangkan sekali.

Si penyiksa hidung, pecat saja..

Kesimpulan dari masker scrub oatmeal fermentasi ini:

(+) Efektif membersihkan kulit, jauh lebih baik daripada masker oatmeal saja
(+) Menaklukkan komedo (penting!)
(+) Memberikan efek lembab & kenyal di kulit saya setelah dibilas
(+) Mudah dibuat (termasuk mudah lah, meskipun harus menunggu 2 jam fermentasi)

(-) Baunya nyegrak (masih mending bau toner Saccharomyces dari fermentasi nasi)
(-) Super lengket

Bikin lagi? Ya, ini langsung jadi masker & scrub favorit saya sekarang
Recommended? sangat recommended untuk semua jenis kulit

Yuk dicoba!



125 komentar:

  1. njajal ah, kethoke apik ki. makku beli peeling dari home shopping yg iklannya sering ada di pro tv. hrga sekian ratus ribu tp ada promo beli 1 gratis 1, yg buat body botolnya gede buat sekeluarga habisnya lama. yg buat muka nggapleki banget bikin muka guaring ngeletek dimana2, tp komedo iso resik.
    tp masker iki pliket bgt to?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dijajal.. oh, kalo sampai kulitnya ngeletek berarti lumayan keras tuh skincare, jangan dipakai sering2.
      super pliket mas bro, kayaknya bisa buat nggantiin lem tikus hehehe..

      Hapus
  2. Q jg suka masker oatmeal tp ga lgsung ilang komedonya. Ntar cb difermentasi ahh, kali aja bs :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba aja.. semoga berhasil ngilangin komedo ya

      Hapus
  3. Indah Puspitasari20 Mei 2014 11.12

    Lintang, quaker oatnya harus yg bungkus merah ato boleh yg biru? bedanya apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biru atau merah sama aja kok.. nutrition facts nya sama, berarti kandungannya sama. beda cara masaknya mungkin ya..

      Hapus
    2. yg merah = instant , pake air panas beres
      yang biru = mesti di masak dulu di panci

      Hapus
  4. DIY lagi ini, aku seneng kalo kamu udah bikin DIY bisa aku jajal dirumah :D
    Pas banget aku bermasalah banget sama komedo, jadi aku kudu coba ini.
    Makasih atas DIY nya :)

    BalasHapus
  5. Kalo buat dihidung doang , gimana takarannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. aku suka banget DIY skincare. yupz.. sama2
      takarannya kira2 setengah resep dari yg di post ini. yg penting perbandingan oatmeal : ragi 3:1

      Hapus
  6. DIY kamu bermanfaat banget :D
    Aku juga suka banget DIY skincare *curhat*
    Okey deh makasih ya lintang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIY skincare di kulitku lebih efektif daripada yg pabrikan..
      sama2 Fidiya, makasih udah mampir ke blogku..

      Hapus
  7. wow :O aku suka bagian yang colek oat fermenmentasinya.. gimana gt.. fun part aja hahaha. :D sama nunggunya jg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. dicolek kayak ada yg meletus di bawah permukaan oatnya. kalo aku malah nggak sabar nunggunya

      Hapus
  8. Suka deh mbaca blognya mb aplg ne bhs diy.
    Aku ud nyoba adem bgt dmuka pas buat maskern..hehe
    Slam kenal y mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Shinta.. makasih ya udah baca blogku
      iya, masker ini adem banget di muka hehehe..

      Hapus
  9. Kalo dipakek 2 kali sehari boleh enggak kak? Jadi gantinya cuci muka gitu. Abis aku cocok banget kak pake oat scrub ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi jangan ditunggu sampai kering ya. menggosoknya biasa aja dalam kondisi basah, kayak kalo kita pakai facial wash..

      Hapus
  10. Mba lintang, aku udah coba resep ini dan hasilnya ok banget.
    Kemarin aku bikinnya fermentasi 5 jam, selesai dibilas komedo bersih dan muka jadi lebih cerah banget
    Aku mau nanya mba, klo fermentasi 5 jam gitu ada efek negatifnya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalo cocok ya..
      asalkan kulit muka nggak kering/sensitif, kayaknya aman-aman aja difermentasi 5 jam.

      aku cuma berani 2 jam karena kulitku kering & sensitif alkohol. malah akhir2 ini cuma 1 jam ato bahkan 30 menit soalnya malas nunggu kelamaan (tapi kalo 30 menit hasilnya kurang oke sih). kalo yg saccharomyces toner berani 3 jam karena airnya banyak, hehehe..

      Hapus
  11. Mba, mw share kemarin2 ak coba madu 1 sdm + air anget 2 sdm + 1/4 sdt fermipan (hoahaha ngirit amat, lagi coba2 ) buat maskeran , cepet bgt meresap . dan klo dimakan enak hihihi
    jgn jadi in pelembab ya, lengket. madunya beda kyknya yang dipakai d skincare, itu namanya madu Mel ato apalah itu g tau . ak mau jadiin face wash oke ga yah?? mudah + enak diwajah, mirip toner tp kental, mba coba juga dong :D ntar review pengen dpt penjelasan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayaknya seru tuh.. jadi pengen coba sebagai face wash. di rumah aku ada madu mawar, madunya udah mengandung air mawar.
      makasih ya udah share.. aku mau coba tapi ngabisin face wash kayu manis dulu, kemarin baru bikin soalnya hehehe..

      Hapus
  12. mba , apa ga pake air hangat aja biar oatmealnya cepet lembek, baru dikasi ragi.. tambah oke ga ya? heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah nyoba yg dikasih air hangat, cuma untuk mempercepat fermentasi. yg di resep ini kan 2 jam, tapi kalo oatmealnya udah lembek cukup fermentasi 1 jam aja. hasilnya sama, cuma pas dioles ke muka sensasinya beda, hihihi.. nggak ada butirannya. aku lebih suka yg ada butirannya sih

      Hapus
  13. mbak aku jadi penasaran mau aku campur lulur bubuk rempah. besok eksperimen ah, oatmeal+ lulur rempah+ ragi buat badan, kalo kasi susu, susunya jd yohurt bukan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo eksperimen.. kalo aku udah nyoba oatmeal+kayu manis+fermipan buat muka & badan, lumayan lengket tapi hasilnya memuaskan, kulit jadi bersih.

      kalo dikasih susu nggak jadi yoghurt hehehe.. soalnya yoghurt itu pakai bakteri Lactobacillus, bukan ragi

      Hapus
  14. mba, fermipan komposisinya apa ya? Aku nyari2 dapetnya merk saf yg setipe fermipan (ragi instant), kalo saf ada tambahan emlusifier & citric acid.. Ada jg yg gist korels, itu ragi murni tp bukan instant jd kalo mau dipake harus rendam air hangat dulu skitar 10menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. komposisi fermipan Saccharomyces cerevisiae dan sorbitan monostearate (sebagai emulsifier). nggak apa2 kok pakai saf, citric acid kan aman untuk kulit.
      kalo pakai ragi murni, direndam dulu 10 menit terus air raginya dicemplungin bahan (oat dll)

      Hapus
    2. terus mba, kan satu kantong itu bisa dipake beberapa kali ya raginya kalo per pemakaian cuma 1sdt, lalu sisanya sebaiknya disimpan di mana biar raginya ga cepet rusak?

      makasi yaa udah mau berbagi ilmu :)

      Hapus
    3. kalo aku biasanya fermipan buat 4x pakai. bungkusnya diikat pakai karet, kalo aku disimpan di suhu ruang, tapi katanya sebaiknya di kulkas.

      aku mikir kalo di kulkas berarti raginya hibernasi, kalo mau dipakai lagi nggak bisa langsung dicemplungin, tapi harus ditunggu beberapa saat sampai suhunya nggak terlalu dingin lagi.. kalo nggak gitu, nanti fermentasinya nggak optimal

      oke, sama-sama..

      Hapus
  15. Wah bgs buat komedo jg ya? Itu hrs dipencet2 lg kah untuk membersihkannya? Mbak punya resep buat hilangkan flek hitam ga? Mksh mbak untuk resep2nya. Dah nyoba yg toner fermnted nasi enak bikin lemab n ngersa cerah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di aku bisa tanpa dipencet, dibiarin kering aja maskernya terus digosok, komedo blackheads rontok sendiri. tapi mungkin efeknya beda-beda di setiap orang hehehe..

      untuk menghilangkan flek hitam, toner fermentasi nasi bisa tapi lama. aku ada resep toner storm, lumayan ampuh untuk flek hitam bekas jerawat di aku. atau pakai aja air rebusan jamur untuk toner (jamurnya disarankan jamur kuping putih/shiitake yg ada efek whitening)

      oke, sama-sama..

      Hapus
    2. mbax, selain nasi dll ada rekomen bahan yg bisa diferment ga? pisang kan banyak vit B tuh, tp syg mudah teroksidasi... ntar lama2 menghitam gimana airnya hueeehe

      Hapus
    3. sebangsa kacang bisa, misalnya kacang hijau, kacang merah, kedelai. itu kan banyak vitamin B juga..

      Hapus
  16. Klo pake kacang2an gitu kacang2nya di blender dulu atau di rebus mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kan kacang banyak yg dijual kering tuh..direndam aja sampai mekar, trus diblender. soalnya kalo direbus sayang vitamin & proteinnya banyak yg berkurang..

      Hapus
  17. Mbaa.. . Td pagi q nyoba buat masker fermentasi oatnya... Udah q fermentasi 2 jam, pas q buka, oatnya msh gede2 bgt mb... Susah dipakenya dimuka... Jadi q pake buat campuran sabun mandi mba.. . Siangnya q msh penasaran, q coba buat lg maskernya, tapi oatnya q blender dl mb, tak jadiin bubuk.. .trus q campur bubuk teh ijo sama kayu manis... Ternyata sukses mb... Maskernya lbh mudah dipakein ke muka, trus ada sensasi semriwing sama pulsatingnya.. .Kaya pake aztec clay mask mb... Mantap..
    Oya, td q pake sendok es krim yg kayu, buat makein maskernya kemuka mb... Jadi tangannya ga belepotan... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ide bagus tuh.. diblender biar halus ya, cocok buat maskeran. aku juga suka kayu manis, biarpun di kulitku rasanya agak panas bukan semriwing. wuihh kayak aztec clay mask? keren..

      fermented oat itu lengket banget di tangan, tapi asik juga buat mainan, jari ditempel-tempel di muka hehehe..

      Hapus
  18. Aku dah nyoba mbak masker ini blackhead lenyap. Makasih dah berbagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalo berhasil, soalnya blackhead itu susah dihilangkan. iya, sama-sama mbak..

      Hapus
  19. Hi lintang..
    Salam kenal bner2 kreatif suka deh sm blog nya..
    Td siang ak br coba toner ragi + nasi nya enak ua di kulit cepat meresap + muka jd kenyal..

    Ohiya ntar subuh abis sahur ak mau cb buat oeatmeal + ragi nya,
    Kayu manis nya 1sdm ? Atau 3sdm ya ?
    Smoga komedo ak hilang lenyap jg ya kyk kamu ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai deztiany.. makasih ya
      seneng deh toner raginya juga cocok di kamu

      kayu manis 1 sdm aja, jangan banyak2 kalo buat muka
      semoga cepat ilang itu komedo bandel, amiinn..

      Hapus
  20. Mbak Lintang, aku tanya lagi. (udah beberapa kali di postingan yang berbeda soalnya) eh konsultasi ding. Aku lagi punya masalah sama komedo, tapi selain itu, kalau siang gt rasanya hidung kaya bruntusan gt. Tu apa ya? apa karena bedaknya comedogenic atau semacamnya gt ya? kira-kira ngilanginnya gimana ya mbak? Makasih mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya karena krim pelembab & bedaknya comedogenic gitu.. coba dikasih scrub aja (bisa yg alami/yg beli) waktu masih baru muncul. kalo udah telat beberapa hari, komedo jadi susah dibersihkan
      sama2..

      Hapus
  21. Salam kenal!
    gak sengaja lagi blogwalking ketemu blog ini. happy sekali ketemu resep2 DIY yang keren banget!
    Langsung bookmark deh...keep posting ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Felis..
      makasih ya.. semoga resep DIYnya berguna hehehe
      oke siipp..

      Hapus
  22. Ak udah coba 3x ini enak menurut ak tapi tiap buat selalu kebanyakan, akhirnya ak pakein ke adek ak yg cowo..
    Sukses trs ya buat kamu,
    Sama 1lagi ak tiap 4hr/5hr sekali selalu buat toner nasi + ragi + airnya itu juga ccok di ak so far ngelembabin kulit + moga bekas jerawat makin pudar..
    Sukses trs ya lintang 👼

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya takaranku ini emang kebanyakan, soalnya aku kalo pakai masker sukanya tebel2 banget sampai ke leher segala hehehe..
      syukurlah kalo di kamu juga cocok. aku ikut senang kalo orang2 pada cocok, lumayan kan ngirit juga
      makasih ya deztiany..

      Hapus
  23. Hai Lintang,
    Makasih buat resepnya ya. Semalem nyobain enak banget, muka jadi supple, enak banget. Cuma ngebersihinnya yang rada ribet yah, hehe
    Abis make, notice milia di bawah mata agak kempes (horeee!!) mau ditelatenin siapa tau beneran bisa ngilangin milia. Amiiiinnnn


    Oiya, punya resep DIY buat rambut ngga? Rambutku kering, bercabang, warnanya juga kemerahan (hiks). Kalo punya resep diy buat rambut kering share juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.. sama2
      hehehe, iya bersihinnya ribet, waktu nemplokin ke muka juga menurutku ribet karena lengket..
      syukurlah kalo hasilnya bagus, semoga kalo ditelatenin bisa bersih ya milia nya..

      ada, DIY STMJ mask (susu-teh-madu-jahe) untuk rambut rontok & kering, tapi tehnya jangan teh chamomile biar rambut nggak tambah merah. oya, rambutku juga kering ujungnya, kadang aku oleskan DIY toner fermentasi, lumayan lho buat melembabkan hehehe..silahkan dicoba

      Hapus
  24. hai mbak lintang!
    Aku udah coba resep ini 2x dan hasilnya emang ngurangin komedo yang disekitar dihidung. Jadinya sekarang lagi seneng elus2 bagian hidung. Tapi yang dibagian dagu + sekitar mulut itu susah buat diangkat :( apa emang harus pake alat ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo anastasia..
      iya nih, komedo yg di hidung gampang dibersihin dengan masker ini. di dagu&sekitar mulut agak susah ya.. mungkin memang harus pakai alat.

      Hapus
  25. halo mbak lintang :)))
    kalo oatmeal fermentasi ini boleh dicampur bubuk kunyit gak ? jadi bubuk kunyit + oatmealnya di fermentasi barengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, boleh banget..
      bagus juga lho buat jerawat. aku juga nulis itu di post "4 macam facial cleanser yg oil free" buat masker enak banget di kulit

      Hapus
  26. Hai kak lintang :D
    Kemarin coba pake rasanya semriwing" gitu yaa hehe. Ak pake oat meal buat face wash udah sktar 4 bulanan haha cocok bgt. Coba ini buat bersihin komedo tp ga mempan :v komedo ak whitehead susah bgt bersihinnya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semriwing banget kalo dipakai hehehe.. iya, untuk whiteheads kemungkinan nggak mempan. di aku aja mempannya cuma di blackheads yg masih baru, nggak tau deh bisa berhasil atau enggak di blackheads yg lama

      Hapus
  27. eh q ud 2 kali buat ini, baca lagi baru ngeh kalo harus tunggu sampai kering, baunya bikin kliyengan sih jadi kondisi basah q pijat" gitu, mba lintang, q kan pakai ini malem pas mau tidur, sengaja biar kalo udah selese mukanya ga kena debu, nah q kan ada jerawat di beberapa tempat, habis bersih ini trus pakai vitacid ga apa" kah ? Atau ga boleh ? Makasih sebelumnya, mba lintang yang cantik dan baik hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. baunya emang nyegrak banget, tapi lama2 aku juga terbiasa
      iya, setelah dibilas boleh pakai vitacid, kan kondisi muka udah bersih.
      sama2..

      Hapus
  28. Misi kak.. salam kenal..
    Mau tanya.. kalo buat yang lagi berjerawat boleh pake ini ngga kak? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh. buat jerawat lebih oke lagi kalo ditambah kunyit/kayu manis bubuk, lebih cepet mengeringkan jerawat

      Hapus
  29. kalo bikin malam hari dipake sebagai facewash trus sisanya dipake pagi besoknya bs gak? kl tiap mau cuci muka bikin kok rempong jg ya. boleh dipake tiap hari gak? makasih banyak ya Lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah nyoba dijadiin face wash tiap hari malah cepet kusam kulitku, sebaiknya 2-3 hari sekali aja dan harus langsung habis, jangan disimpan. yg boleh buat tiap hari itu oat tanpa fermentasi.
      sama2..

      Hapus
    2. Klo oatmeal tnpa fermentasi boleh g. Sehari 2x mba ? Kulit muka aku tipe kering soalnya. Ada yg bilang maske. Oatmeal boleh tiap hari 2x pake nya,ada yg bilang ga boleh tiap hari

      Hapus
    3. oatmeal tanpa fermentasi boleh dipakai 2x sehari, banyak yang pakai oatmeal sebagai pengganti facial wash lho..

      Hapus
  30. hai mb lintang, ini resep yg aku catet mau dibuat. aturan pakainya boleh dipakai tiap hari kah atau ga boleh sering2? kulit ku dehidrasi jg soalnya.
    thanks ya mb lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. seminggu 2x aja atau pas ada komedo blackheads. ternyata kalo dipakai tiap hari bikin kusam hehe..
      sama2..

      Hapus
  31. Lintang, mau cerita.. hebat banget. Kulitku bener2 kemajuan pesat setelah pake saccharomyces ferment filtrate rumahan. Sekarang fte skii ada si box loh udah gak dipake (well mungkin kalo pergi2 nanti dipake, pindahin ke botol kecil). Cuci muka juga pake oatmeal aja nih.. pokoknya selama 3 minggu ini deh kayaknya.. aku bener2 ngurangin produk pabrikan di mukaku dan hasilnya malah TOP. Ini lagi nunggu fermentasi oat mask nya hehehe... terus setelah storm mau coba si kedelai zymogen itu hahahaha.. btw aku kok gak bs liat comment di postingan saccharomyces yg baru2 yaa huhuu.. gak bisa loading apa yah saking banyaknya, atau tabletku yang error ya :''))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kabar gembira nih.. aku nggak nyangka lho hasilnya bisa bagus juga di kulit para pemakai SK II. tapi jangan lupa FTE SK II nya dipakai mbak, kalo kadaluwarsa kan sayang. aku baru mengamati persediaan skincareku pada kadaluwarsa gara2 keasyikan pakai DIY, tapi untung yang aku beli dulu murah meriah jadi kalo dibuang nggak terlalu nyesek hehehe..

      semoga cocok sama resep kedelai fermentasinya, kalo nggak cocok bisa buat tumit & dengkul hehehe..
      iya, loading comment disitu emang lama. aku pakai laptop aja lama banget kok..

      Hapus
  32. ini bisa ngilangin komedo yg menahun mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kurang tau.. biasanya sih ampuh di komedo yang masih baru. tapi coba aja dulu..

      Hapus
  33. Mba mau nanya dong, kalo mau pake masker ini kira2 seminggu berapa kali ya? Oiya, aku baru mau lepas dari obat dokter, sekarang sih aku cuci muka pake sabun bayi, nah kalo malem suka bingung mau pake apa buat cream malam nya, soalnya kalo pas lagi ga make cream dokter berasa ga ada nutrisi buat muka pas malem, ada yg nyaranin kalo malem pake madu, selain madu apa ya? Tipe kulit ku agak berminyak, terus ada jerawat yg kaya mau muncul gitu di jidat, di pipi agak beruntusan gara2 facial kemarin nyesel banget deh.. mohon bantuannya ya mba, abis bingung banget, mau pindah klinik dokter, isi dompet ga memungkinkan makanya pengen nyoba yg alami gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2-3 x seminggu aja.
      coba deh ABC sleeping mask, itu pengganti tretinoin buat aku. tapi nggak bikin purging, malah melembabkan kulit. aku suka pakai itu kalo malam, paginya dibilas.
      ini resepnya http://randomandquick.blogspot.com/2014/06/diy-vitamin-abc-sleeping-mask-100.html

      Hapus
  34. Mba aku mau nanya dong, buat penggunaan masker ini berapa kali seminggu ya? Oiya, aku mau nanya, kan aku baru mau lepas cream dari dokter, saat ini sih aku pake sabun bayi, nah buat cream malem aku bingung mau pake apa kalo lagi ga pake cream dokter.. ada yg saranin pake madu, selain itu pake apa lagi ya mba? Tipe kulit ku agak berminyak, terus ada jerawat yg mau muncul gitu, ada bruntusan juga di pipi gara2 facial kemarin, nyesel banget.. terus buat cream pagi nya juga buat pelembab pas mau keluar rumah itu bagusnya pake apa ya mba? Aku kebanyakan baca referensi jadi bingung mau pake yg mana haha. Mohon bantuannya ya mba.. maaf nanya nya borongan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. madu emang bagus kok buat dijadiin pelembab kapan aja. kalo nggak mau lengket, muka dibasahin dulu (bagusnya disemprot pakai air oksigen kayak merek super O2, semprotannya pakai botol spray biasa). waktu belum kering olesin madu 1 tetes, diusap2. nanti kalo udah kering nggak bakal lengket. malah menurutku efeknya kayak pakai hada labo lotion. coba aja..

      Hapus
    2. Duh aku sampe ngirim dua kali gitu maaf ya mba hehe makasih ya mbaa, bakal sering mampir ke blog mba lintang nih hihihi

      Hapus
    3. hehe nggak pa2.. sama2 isni

      Hapus
  35. Mba mau nanya lagi dong, jadi kebanyakan nanya nih hahaha, kemarin aku nyoba scrubbing pake oatmeal, sesudah scrubbing muka berasa enak gitu.. tapi pas siang nya (aku scrubbing malem sblum tidur) muka ku jadi timbul jerawat haha ada timbul jerawat mateng rasanya gatel banget :( itu karna aku ga cocok pake oatmeal apa karna efek lepas dari obat dokter ya mba? liat komen org2 yg pake oatmeal hasilnya bagus, jadi envy nih mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kamu alergi gluten.. orang yang alergi gluten dianjurkan pakai oatmeal yang gluten free (biasanya rolled oat, ada di supermarket gede yg jual produk2 impor)
      bisa juga karena sedang lepas obat dokter. kan biasanya gitu, jadi lebih rentan jerawatan.

      detox aja dulu pakai green tea+ madu+rempah (kayu manis/jahe/kunyit atau dicampur). itu bisa diminum atau diolesin ke jerawat. kalo diolesin ke jerawat air green tea nya dikit aja, 1-2 tetes

      Hapus
  36. halo mb lintang, salam kenal. saya vivid.
    blog-nya mba bener2 inspiratif, dpt byk ide utk bikin2 perawatan DIY.
    Mb, aku mau nanya, kl kita mau pake resep fermented oat ini, apa harus cuci muka (pake facewash dlu) ato cukup pake air trus langsung dpake maskernya?
    Terus gmn caranya bikin resep utk obatin dan cegah jerawat yg tdk mengeringkan wajah, mau pake teh hijau (utk acne) tp bikin kering, mau pake madu (utk melembabkan) sy ga cocok pake madu (dlu sering pake madu buat masker krg lbh 15 menit, jdinya panas,merah, bentol2 mb)
    oh iya kulitku jerawatan tapi kering jg, ga ngerti jg ini kulit apa maunya.
    terimakasih sblmnya mb, maaf aku nanyanya borongan, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal vivid..makasih udah mampir kemari
      sebelum apply fermented oat yang penting muka bersih dari makeup, debu, dan skincare lainnya. kalo cuma di rumah & nggak kena debu cukup dibilas air, dikeringkan.

      coba pakai oatmeal+rempah (kayu manis/jahe/kunyit/jintan hitam). oatmeal bisa diganti tepung beras.
      atau pakai aloe vera, selain mengurangi jerawat juga melembabkan. tapi pengolahannya harus benar supaya nggak tersisa aloin yg bikin breakout.
      teh hitam juga bisa untuk ngobatin jerawat, nggak sekering teh hijau lho. aku juga lebih suka teh hitam soalnya kulitku jenisnya kering.

      sama2..

      Hapus
    2. Oatmealnya harus yg dfermentasi mb?
      oh iya sdh 2 hari sy pake toner nasi saccrmycesnya mb, tp agak kering ya terus slese dpake agak2 panas, apa reaksinya emg spt itu ato sy emg ga cocok mb.
      kl alterntif resep toner yg melembabkan sekaligus utk jerawt ap mb?
      mksi byk mn atas jwbnnya jgn bosan2 jawab kekepoan qt ya mb.
      keep blogging

      Hapus
    3. Oh iya skali lg mb, kmrn sy coba fermented oat tmbh kunyit krn lg perang sm jerawat mb. Lumayan muka jd bersih, halus dan kenyel2 gt, seneng pokoknya cm muka jd agak kering ya, stlh maskeran boleh pake pelembab ga mb aq punya minyak argan sm rosehip sm night krimnya biokos.
      terus masker oat fermentd nya boleh dipake tiap hari ga krn lg mw sembuhn jerawat yg sdg merajalela di mukaku ini. Kl ga boleh pake apa dunk utk obayn jerawtnya.
      Hehhe jgn marah ya mb, aku cerewet bgt byk nanya2

      Hapus
    4. nggak difermentasi nggak apa2 sih kayaknya..
      biasanya nggak terasa panas kok, mungkin kamu nggak cocok sama alkohol, atau enzim yang dihasilkan selama fermentasi.
      black toner resepku yang baru tuh bisa untuk jerawat, tapi tehnya diganti teh hijau.
      sama2.. oke sip hehehe

      Hapus
    5. oh, kunyit memang bikin kering. kalo dipakai sering2 nggak apa2 sih, asalkan setelah itu pakai pelembab.
      fermented oatmeal kalo tiap hari bisa bikin kusam. lebih baik madu+kunyit+kayu manis/jahe. habis itu jangan lupa pakai pelembab
      hehehe nggak apa2..

      Hapus
  37. Okkkey mb, thanx alllott mb. nanti aku nanya2 lagi yaa, masih mikir2 yg mau ditanyain, hehe

    BalasHapus
  38. Mba lintang yg baik hati (^¬^), klo maskeran tp cuman oatmeal nya aja tnpa ragi roti itu,boleh tiap hari ga n sehari pake 2x ? Muka aku tipe kering mba, ada yg bilang ga boleh tiap hari,ada juga yg bilang boleh tiap hari n shri nya 2x ? Mohon nasihatnya yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. oatmeal+air aja boelh dipakai tiap hari, 2-3x sehari sebagai pengganti facial wash/ 1x sehari (10-20 menit) sebagai masker.
      oatmeal justru melembabkan & membantu menyembuhkan macam2 masalah kulit. tapi banyak juga sih yang alergi gluten, jadi malah gatal/jerawatan kalo pakai oatmeal.

      Hapus
  39. Mb...kalo ak pake vitacid boleh ga ya pake fermeentsi o ma fwrmen pisang? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pakai fermentasi sebaiknya jangan bareng vitacid soalnya kondisi kulit lagi sensitif banget, fermentasi kan ada alkohol & enzimnya, apalagi pisang ada acid nya. nanti malah perih & merah2 kulitnya

      Hapus
  40. Hi Lintang, setelah cukup puas blogwalking, akhirnya aku cobain resep ini. Ga susah bikinnya, tp emang jadinya lengket banget. Bersihin mukanya jadi lama pisan. Wkwkwkwk... Muka sih jadi alus, tp kok muka jadi agak gatel dan panas ya? Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo noni..
      hehe emang lengket banget kok, apalagi kalo udah bener2 kering. oh, gatel & panas itu karena alkoholnya. alkoholnya memang nyess banget soalnya airnya cuma dikit. kalo sampai bruntusan jangan dipakai lagi lho

      Hapus
  41. Mbak Lintang, tempat buat fermentasinya dari kaca bening gpp kan? Kayak gelas gt.. terus sterilisasi tempatnya lebih baik di air mendidih apa semprot alkohol mb? Makasih sblmnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dari kaca bening boleh kok.. kalo buat fermentasi aja biasanya aku pakai air mendidih aja atau alkohol aja. untuk menyimpan produk fermentasi pakai air mendidih, setelah itu alkohol biar bener2 steril

      Hapus
  42. Oke makasih mb. Ini rencananya kalo sukses mau bikin post DIY dr resep mbak yg ini boleh? Tp murni eksperimen ku yg ambil resep dr mbk, ntr jg tak kasih direct link ke artikel blog mbk yg ini.. hheee kalo berkenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 olga..
      semoga sukses ya. ntar kalo sukses posting aja di blogmu. sip deh kalo ada link nya hehehe..

      Hapus
  43. pengen nyoba soalnya wajah ku komedoan banget TwT
    nanti kalo berhasil aku izin re-post resep nya yah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba.. semoga berhasil ya
      oke, silahkan..

      Hapus
  44. hai Mbak Lintang.... salam kenal saya Sera.
    hari ini saya nyobain bikin masker ini & SKII KW supernya hahahaha

    maskernya gak terlalu berongga. kayaknya blom 2 jam sih. cuman dah gak sabar pengen buru2 di coba. :D

    wish me luck yah. makasih dah mau berbagi resep2 DIY yg top bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo sera..
      semoga berhasil ya..perlu tahan napas waktu pakai masker ini soalnya baunya dahsyat hehehe
      nggak apa2 sih kalo belum 2 jam, aku juga sering 1 jam aja biar nggak terlalu nyess alkoholnya di mukaku
      sama2..

      Hapus
    2. aku hari ini bikin lagi maskernya Lintang (mulai skrg aku panggil nama aja yah... kmrn aku baca biodata kmu. baru 'ngeh' kmu kelahiran 90. msh lbh tua aku. *ssttt...* kasian klo aku panggil Mbak hahahaha).

      btw, ini maskernya lg di pake msh nunggu kering :D ternyata kali ini lebih berhasil loh. adonannya aku ksh tambahan madu jg. hasilnya ngembang, berongga & bau nya lebih keluar. eh iyah... aku sih doyan bgt sama bau nya. menurut aku enak, kyk bau brem gitu. ;) hehehe.

      kmrn bbrp hari aku udah nyoba resep2 kmu & bbrp ada yg di modif2 / racik2 sendiri. aku maskeran aneka buah. ganti2: pisang, pepaya, strawberry, madu & rempah2 juga. :D

      pengalaman pertama sungguh menggoda & hasilnya bagus. jd aku dgn senang hati bikin lagi. masker ini keren, bikinnya gampang. tapi jujur agak males pake masker fermented oatmeal ini krn super pliket alias lengket banget! hahahaha. cuma krn hasilnya bagus jd aku niatin aja deh. :)

      sekali lagi makasih yah sudah mau berbagi. aku baca2 ada segelintir org yg nyindir2/ komen2 'jahat'. menurut aku respon kmu selama ini udah bagus. CUEKIN aja mrk2. kan lebih bagus klo kita fokus-perhatiin org yg respek, yg positif, yg mau menghargai & sayang sama kita. drpd kita mikirin/ nanggepin mrk2 yg gak penting itu :D :D

      Semangat yah Lintang!! terus lah berkreasi. Wish u all the best. ^__^

      Maap yah komennya panjang :D maklum ini *efek senang krn punya Presiden baru*
      hahahahhaa

      -Sera-

      Hapus
    3. hai mbak sera..hehehe oke siiipp

      wah aku salut sama orang2 yang suka bau fermented oatmeal ini. aku aja pusing nyium baunya. untuk menyamarkan baunya biasa aku tambah rempah2 favoritku (jahe & kayu manis). coba nanti aku kasih madu juga

      bagus lho maskeran diganti2 bahannya, supaya kulit dapet variasi nutrien & nggak cepet jenuh.

      iya tuh, masker ini bener2 lengket. dibilas juga susah, masih lengket aja di muka. kalo nggak ada komedo bandel aku nggak pakai masker ini sih soalnya koleksi DIY masker masih banyak hehehe..

      sama2. betul tuh.. nggak usah diambil pusing orang2 yg negatif gitu. daripada capek sendiri. lebih baik simpan tenaga untuk hal yg lebih berguna, misalnya eksperimen bikin DIY

      makasih mbak sera..
      hahaha betul.. presiden baru semangat baru

      Hapus
  45. Kak aku udah cobain masker ini^^
    Baunya kaya adonan roti, aku malah suka baunya wkwk terus kalo bersihin nya repot ya kak lengket banget oatmealnya dimuka aku...
    Tapi aku suka efeknya melembabkan :D terus cerahin kulitkuuu
    Btw, komedo kecil2 yang baru tumbuh dihidungku udah pergi setengah tapi belum semuanya sih kak hehe, dan aku mau buat lagi ahhhh^^
    Makasih resepnya kak, DIY kakak semua keren-kerenn aku sukaa <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baunya kayak adonan roti? hehehe berarti kamu kuat ya dengan baunya. menurutku sih baunya tajam banget sampai bikin pusing.
      iya, agak susah dibersihkan soalnya super lengket. betul, setelah dibilas efeknya langsung lembab & cerah soalnya kulit jadi bersih
      hehe.. buat bersihin komedo biasanya aku tunggu sampai kering, dibasahi dikit trus digosok agak kuat.
      sama2.. semoga cocok di kamu ya

      Hapus
    2. Kak lintang, klo aku pake tepung roti yg merk "sari roti" boleh ga ? (komposisi:tepung terigu,gula psr,lemak roti,ragi,garam,susu bubuk,pengemulsi nabati,pengawet kalsium propionat),, atau harus pake fermipan ? Kompisisi merk "sari roti" itu apa ada yg tdk sma dgn yg di fermipan ? Misalnya ga pke merk fermipan tepung roti nya yg hrus mengandung apa utama nya kak ? Maaf yah kak aku banyak nanya hehehe

      Hapus
    3. kak boleh gak maskernya dipakai 2 hari sekali? btw aku lg buat nih kak^^ soalnya ngefek bgt diwajah aku

      Hapus
    4. 2 hari sekali boleh2 aja.. tapi begitu kulit udah menunjukkan tanda kejenuhan harus stop, kasih jeda dulu

      Hapus
    5. adinda : wah jangan pakai tepung roti. yang kita butuhkan cuma raginya. biasanya ragi roti juga dikasih pengemulsi, tapi nggak ada tepung terigu, gula dll.
      di toko2 bahan kue pasti jual kok ragi roti, aku nggak hapal ada merek apa aja
      atau ke supermarket aja. di superindo juga ada fermipan lho

      Hapus
  46. Hy kk lintang, aq suka banget sm rsep scrup kk lintang yg ini, efekny oke banget.
    aq juga sering modifikasi resep ini kk. salah satunya ada di blogku ini kk intang http://vyieiriani.blogspot.com/2014/10/diyscrub-masker-fermentasi-oatmilk.html.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai vira.. aku udah baca postingan kamu
      wah kayaknya perlu dicoba nih. selama ini aku cuma fermentasi oatmeal & pepaya sendiri2. kayaknya efeknya bakal mantap banget kalo digabungkan
      aku jadi tertarik nyoba oatmilk karena baca blogmu. biasanya aku pakai quaker oat merah terus sih hehe..

      Hapus
  47. Halo kakak lintang.
    salam kenal dulu yah dari aku.
    aku baru nemu nih blognya kakak dari femaledaily, waw sangat sangat bermanfaat bgt kak.
    apalagi aku suka bereksperimen kaya gini, sampa mamah aku tuh tanya "itu muka mau diapain lagi si, pake ragi segala". Hahaha #curcol
    btw hari ini aku lg buat adonannya nih.
    cuman mau tanya aja, aku kan lagi beruntusan kaya jerwat atau komedo kecil" gt byk. Ini gara" mengulangi kesalahan yg sama, masih tetep pake hadalabo. Padahal sebelumnya juga sama bruntusan gini. Alhasil ke dokter dan di laser yg pada ga keluar ini.
    kalo masker ini kira" efektif gak yah kak buat bruntusan..? Atau mungkin berbahaya..?
    Soalnya gemes bgt ini pd ga mau keluar bruntusannya. Tangan udah gatel pengen pencet pencet keluarin gitu.
    Atau ada resep lain untuk bruntusan gitu kak.?
    Thanks yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, salam kenal ya..
      makasih udah nyasar di blogku hehehe
      oh, bruntusan berupa komedo tertutup ya? menurut pengalamanku sih fermented oatmeal ini cocoknya buat komedo terbuka (blackheads yg warnanya putih-kuning atau hitam), buat benjolan komedo tertutup nggak ngefek. tapi banyak yg bilang ngefek untuk komedo tertutup, berarti cocok2an ya.

      soal berbahaya sih nggak bahaya, kan sudah aku jelaskan di postingan "Amankah ragi roti untuk wajah?"

      untuk komedo tertutup biasanya aku basmi dengan peeling garam. garamnya nggak single use lho, tapi dicampur bahan lain seperti buah (aku suka pakai pepaya), bisa dilihat di http://randomandquick.blogspot.com/2014/06/diy-peeling-mudah-dengan-pepaya-kulit.html
      kadang garam dicampur oatmeal seperti di http://randomandquick.blogspot.com/2014/10/diy-daily-pore-cleanser.html
      tapi selain oatmeal juga pakai rempah (jahe, kunyit, kayu manis bubuk).
      kalo pakai oatmeal+garam+rempah bruntusannya jadi agak lunak, gampang dikeluarin isinya & nggak meradang setelah itu.
      coba aja..

      Hapus
  48. Mba Lintang, aku udah coba maskernya enak banget berasa pori pori mengecil seketika. Proses fermrntasinya boleh dicampur madu ndak mbak? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe di kulit enak kan? tapi baunya itu yg nggak enak
      iya, boleh dicampur madu..

      Hapus
  49. Salam kenal lintang. Sy 37th tp.msh aj jerawatan...terutama di dagu mulai kecil smp yang gede jg ad.. DIY utk jerawat yang ampuh apa ya??? Kulit sy berminyak hanya T zone,dagu mlh agk kering/ngelupas. Bnyk bks jerawat jg+bopeng. Ud putus asa rsny ngobatib jerawat tapi g sembuh2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak keisha
      biasanya adult acne seperti itu sukses ditangani dengan terapi hormon, bisa dengan birth control pill atau diberi pil spironolactone. tapi harus konsul ke dokter supaya dosisnya pas.
      untuk DIY agak susah karena ini faktor hormon. paling ya diimbangi dengan penggunaan bahan2 astringent seperti : tea tree oil, witch hazel, timun, tomat, ACV untuk membantu meringkas pori & mengontrol minyak

      Hapus
  50. Mntab say.. bsk aku mau hunting ragi... botol kaca... aku 2 mingguan ini udh beralih ke otmeal sbgai clenser dan masker.. hasilnya.. kulit perih kena air hujan udah sembuh lo... dulu kalo muka udah kena air hujan ps lgi bermotor biasanya pedesszzz bgt... skrng engga... cuma kulitku masih ttp berminyak.. trus maslah utama kulit yg bruntus ketutup... kalo dikeluarin nanah lembek dan kadang kaya nasi masih blom hilang... makanya ni mau aku tambah madu dan garam di oatmealnya..owya say.. tanda alergi ma gluten Itu apa ya? Kalo aku kdng ada jrwt muncul 1 ampe 2 ato 3.... tapi kulit ga gatal sih... ada saran g? Thx infonya ya..semakin jd berkat deh.. amin... JBU:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dicoba hehehe.. botol kaca aku cuma pakai bool bekas you c1000
      kalo bruntus kayak gitu biasanya garam cukup efektif, tapi dicoba aja deh.. hehe
      alergi gluten nggak selamanya gatal, bisa cuma jerawat atau merah2.

      kalo alergi gluten sebaiknya jangan pakai oatmeal sih. atau oatmealnya difermentasi dulu supaya glutennya terurai.
      sama2.. makasih ya
      JBU

      Hapus
  51. Haloo mba lintaang..
    Kalo untuk wajah berminyak + jerawat lumayan bejibun *hehe* bisa ngga yaa pake resep ini?
    Tengkyuu sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang bisa, ada yg malah komplikasi.
      sebelumnya pernah nyoba oatmeal untuk cuci muka? kalo pernah & nggak cocok, sebaiknya nggak mencoba fermented oatmeal
      sama2..

      Hapus
    2. Belum pernah siih makanya ini mau nyobaa..
      Dulu pas ke dokter berkali2 uda agak mendingan, tp begitu ngelepas krim nya balik lagi dah ini jerewis..
      Pusing lama2 :(
      Ada saran resep masker yg alami ngga mba lintang?

      Hapus
    3. nah, coba dulu oatmeal biasa, kalo cocok baru deh difermentasikan
      aku punya beberapa resep masker alami, search aja di halaman "DIY recipes"
      tapi kalo bermasalah dengan ketergantungan krim dokter, aku sih menyarankan kamu mencoba resep DIY detox toner

      Hapus
    4. Okee malam ini mau aku coba dulu masker oatmeal yg tanpa fermentasi.. Semoga aja cocok..
      Ini juga lg baca2 yg detox toner..
      Tengkyuu atas infonya ya mbaa lintaaang..

      Hapus
    5. ya, dicoba dulu aja..semoga cocok ya
      sama2..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah