Sabtu, 03 Mei 2014

Pensil Alis dan Eyeliner (Wardah, Viva, Davis, Pixy)


Halo!

Yang pernah baca blog ini pasti tau, alis saya itu super tipis, setengah, nyaris botak. Murni faktor keturunan. Pensil alis adalah makeup yang paling penting bagi saya. Ibu saya juga gitu. Alisnya sama persis dengan saya. Untuk dandan yang diutamakan pasti pensil alis, yang lainnya nanti deh kalo sempat.

Mata saya bulat gede yang kata orang-orang serem. Eyeliner bisa membantu menyeimbangkan mata saya sekaligus meningkatkan aura angkernya, hehehe.. Eyeliner pertama yang saya punya tentu saja yang bentuk pensil karena paling gampang. 

Koleksi pensil saya yang masih ada hingga hari ini..

1. Pensil alis Wardah (hitam)
2. Pensil Viva (coklat)
3. Davis eye double colour pencil (no. 44 - coklat dan hitam)
4. Eyeliner pencil Viva Queen (coklat)
5. Eyeliner pencil Pixy (hitam)

Yuk mari dibahas satu per satu!

Pensil alis Wardah (hitam)

Eye Brow
Gambar dari www.wardahbeauty.com


Sebenarnya sudah saya review di sini, waktu itu saya bilang nggak mau repurchase karena kurang pigmented. Ternyata saya salah. Waktu awal beli memang warnanya kurang keluar, tapi setelah diraut berkali-kali jadi tambah pigmented. Makanya sekarang saya jadi suka banget pensil alis ini.

Harga
Rp 29.500

Warna
Jika baru beli memang kurang pigmented, setelah diraut warnanya akan lebih keluar. Warnanya juga sangat natural, nggak membuat wajah terlihat sadis. Kan banyak orang yang menghindari pensil alis warna hitam karena takut wajahnya akan terlihat garang. Pensil alis Wardah ini warnanya ramah banget kok..

Tekstur 
Empuk, meskipun lebih empuk Viva. Keempukannya pas, nggak bikin sakit saat menggambar alis tapi juga nggak membuat alis terlihat terlalu tegas atau palsu.

Staying power
Nggak tahan lama, mudah luntur apalagi jika berkeringat dan tergosok. Dengan kata lain dia tidak smudgeproof dan waterproof.

Ingredients :  iron oxides 77491, 77492, 77499, stearic acid, Rhus succedanea fruit wax, microcrystalline wax, polybutene, ceresin, talc, hydrogenated castor oil, silica, tocopherol, ascorbyl palmitate

Yang menarik, pensil alis ini mengandung wax dari buah Rhus succedanea, yang sekarang dinamakan Toxicdendron succedaneum. Tumbuhan ini sangat beracun karena jika tersentuh kulit dapat menyebabkan dermatitis parah yang ditandai dengan gatal, ruam, dan kemerahan (link). Tapi tenang aja, racunnya udah dinetralisir sehingga nggak membahayakan jika dipakai untuk bahan kosmetik.

Pensil alis ini sangat empuk karena mengandung Rhus succedanea fruit wax tadi, dan ceresin. Ceresin yang diperoleh dari clay dapat menyebabkan sensitivitas pada sebagian orang (link).

(+) Kemasannya dilengkapi brush, nggak usah repot pakai brush terpisah deh
(+) Empuk 
(+) Warnanya lumayan pigmented

(-) Staying power kurang

Repurchase? Yes
Recommended? Yes

Pensil Alis Viva

gambar dari www.vivacosmetic.com

Sudah lama saya beli pensil alis Viva ini, harganya Rp 22.000 kalo nggak salah. Karena udah lama dan lumayan sering dipakai, tulisan ingredientsnya udah hilang. Searching di Google juga nggak nemu. Harusnya saya review dari dulu ya waktu tulisannya masih ada, hihihi..

Warna 
Warnanya gampang keluar alias pigmented. Warna coklatnya terlalu terang (coklat kemerahan), tapi banyak orang yang suka. Saya sendiri kurang suka sih dengan warnanya, meskipun kata ibu saya cocok dengan rambut saya yang warnanya merah dari sononya. Biasanya saya campur dengan pensil alis hitam supaya agak gelap.

Tekstur
Inilah yang disukai orang-orang, tekstur pensil alis Viva ini empuk banget! Saking empuknya bisa lho dijadikan eyeliner, tapi menurut saya masih terlalu keras untuk jadi eyeliner.

Staying power
Yang namanya pensil alis ya biasanya nggak smudgeproof, digosok langsung bubar. Tapi ketahanannya bagus lho walaupun saya berkeringat (asalkan nggak diusap-usap).

(+) Empuk, mudah untuk menggambar alis
(+) Staying power oke
(+) Pigmented

(-) Warnanya coklat kemerahan (terlalu terang)

Repurchase? No, mau cari pensil alis yang coklat gelap
Recommended? Ya, untuk kamu yang suka pensil alis empuk dan tidak keberatan dengan warna coklat kemerahan

Eyeliner pensil Viva Queen

gambar dari www.vivacosmetic.com

Ini saya beli bersamaan dengan pensil alis Viva. Harganya Rp 18.500, malah lebih murah dari pensil alisnya. Karena udah lama, tulisan ingredientsnya juga udah hilang -- yang terbaca tinggal Cl 77499, 77742, 77019 (pewarnanya).

Warna
Coklat marun, hint merahnya kuat. Warnanya lumayan pigmented. Sebenarnya ada 3 warna lho, coklat,, hitam dan biru. Dulu waktu wisuda saya didandani tukang riasnya pakai eyeliner Viva yang biru. Saya bukan penggemar eyeliner warna-warni jadi kurang suka dengan biru atau yang lainnya.

Tekstur
Empuk, terlalu empuk malah. Jadi mudah hancur saat diraut dan mudah patah saat diaplikasikan. Teksturnya jelek menurut saya. Bingung bagaimana memakainya tanpa membuat eyeliner ini patah.

Aroma
Eyeliner pensil ini ada aromanya, seperti krayon campur obat. Ada bau pahitnya gitu. Yang nggak tahan dengan bau-bauan aneh pasti nggak akan suka.

Staying power
Yang biru dan coklat saya akui staying powernya bagus. Waktu pakai yang biru, tahan dari jam 6 pagi hingga 7 malam tanpa smudge. Yang coklat ini juga oke, tapi itu mungkin karena pakai eye base dulu. Saya pakai eye base gel Viva, kapan-kapan saya review.

(+) pigmented
(+) staying power bagus (tapi itu berkat eye base gel juga kayaknya)

(+) terlalu empuk dan mudah patah
(+) aromanya aneh

Repurchase? No, teksturnya itu lho yang bikin sebel
Recommended? Ya, untuk kamu yang mencari pensil eyeliner lokal dengan ketahanan oke. Nggak recommended jika indera penciumanmu sensitif dan nggak suka eyeliner yang terlalu empuk

Davis eye double colour pencil no. 44

Punya saya yang coklat & hitam (no. 44)

Davis Eye Double Colour Eyeliner Pencil
Gambar dari medankosmetik.com
Macam-macam warnanya, menarik sekali..

Saya beli pensil ini tanpa mikir. Ceritanya hari itu sedang jalan-jalan di toko pernak-pernik cewek, mau beli kado. Tapi nggak ada yang pas sesuai kemauan. Dari awal datang udah diliatin terus sama mbak penjaga toko, masak akhirnya nggak beli apa-apa? Ya udah deh, akhirnya beli Davis ini deh. 

Harganya 7000 per batang. Made in China. Aduh, ngapain saya beli ya? Agak was-was sih, biasanya kan kosmetik murah dari sana kan sering terjaring BPOM karena mengandung bahan berbahaya. Saya jauh lebih percaya kosmetik lokal yang mereknya udah dikenal masyarakat. Nggak apa-apa deh, cuma 7 ribu ini. 

Yang bikin was-was, kenapa nggak ada no. notifikasi BPOM di batang pensilnya. Coba deh buka http://notifkos.pom.go.id/ (notifikasi kosmetika online system BPOM). Masukkan kata kunci "davis eye double colour pencil" nggak ketemu. Ketik "Davis" "Davis eyeliner" nggak ada juga. Hehehe.. Saya rasa bukan karena ini buatan luar negeri, buktinya jika misalnya kita masukkan "Maybelline" akan muncul beberapa jenis produk Maybelline di situ.

Warna
Hitam dan coklat. Coklatnya bernuansa gold dengan shimmer halus. Jika dijadikan eyeliner warna hitamnya tegas. Yang coklat terlalu muda dan nggak kelihatan, bagusnya jadi eyeshadow aja. Yang hitam kurang bagus dijadikan eyeshadow, warnanya nggak keluar -- malah jadi abu-abu.

Tekstur
Empuk, creamy, tapi nggak mudah patah/hancur saat diraut. Untuk dijadikan eyeliner keempukannya pas, sayang diameternya gede jadi nggak bisa bikin garis yang tipis. Tinggal diblend jika mau dijadikan eyeshadow. Sebaiknya waktu ngeblend jangan pakai jari karena terasa agak lengket dan belepotan. 

Aroma
Baunya aneh juga, tapi lebih tajam baunya Viva

Staying power
Very bad, dipakai kedip aja udah smudge ke mana-mana.. Jangan pakai yang hitam kalo nggak mau jadi mata panda hehehe.. Eye base pun nggak bisa mencegah smudge pensil ini. Yang coklat nggak parah, tapi mungkin nggak terlalu kelihatan kalo smudge karena warnanya muda.

Ingredients
Ricinus communis, octyldodecyl stearoyl stearate, myristyl lactate, octyldodecanol, carnauba, hydrogenated palm kernel glycerides, candelila cera, synthetic beeswax, polymethyl methacrylates, hydrogenated palm glycerides, mica, polyglyceryl 2 oleate, sorbic acid, BHA, BHT, ethylparaben, propylparaben, butylparaben. May contain : Mica, Cl 77891, 77491, 77492, 77499, 77289, 77510, 7707, 77742, 77000
  • Produk ini memakai synthetic beeswax yang berasal dari minyak bumi. Biasanya aman selama tidak terkontaminasi senyawa hidrokarbon lainnya yang berbahaya. Di beberapa orang, synthetic beeswax bisa menimbulkan iritasi. Polymethyl methacrylates juga sintetik, menimbulkan alergi bagi orang-orang tertentu. Tapi keduanya termasuk bahan yang aman dan non karsinogenik (tidak menyenbabkan kanker).
  • Banyak pengawetnya (BHT, BHA, paraben). BHT (butylated hydroxytoluene) dan BHA (butylated hydroxyanisole) terbukti buruk. Penelitian menggunakan hewan lab menunjukkan bahwa BHT dalam jangka panjang menyebabkan gangguan liver, tiroid, ginjal, fungsi paru-paru, penggumpalan darah. BHT dapat menjadi pemicu tumor pada kondisi tertentu. BHA dapat terakumulasi di lingkungan dan meracuni organisme air (sumber). Paraben juga punya reputasi buruk, tapi faktanya sudah saya bahas di sini
(+) pilihan warnanya banyak
(+) teksturnya pas untuk eyeliner, empuk tapi nggak mudah patah
(+) bisa dijadikan eyeshadow

(-) staying power payah banget
(-) nggak meyakinkan (nggak terdaftar di BPOM, harga murah)

Repurchase? nggak lah
Recommended? nggak, lebih baik beli merek lain (lokal maupun internasional) yang udah terpercaya dan punya no. registrasi/notifikasi POM. Demi keamanan kita semua

Eyeliner pensil Pixy

gambar dari pixy.co.id

Belinya udah lama, ingredientsnya udah nggak ada, hilang bersama plastik pembungkusnya *nggak bisa dibahas deh*. Tapi sejauh ini tidak ada yang menyatakan keluhan aneh-aneh soal eyeliner pensil ini, paling ya smudge itu wajar. Tenang aja, udah ada no. notifikasi POM.

Harga 
Rp 18.000

Warna
Punya saya yang hitam. Saya penasaran dengan yang coklat, lain kali beli ah.. Menurut saya warna hitamnya cukup pekat

Tekstur
Empuk, tapi nggak mudah patah saat diaplikasikan atau diserut. Ini baru pas!

Aroma
Baunya ya kayak eyeliner pensil pada umumnya, wajar lah.. Nggak sekuat Viva

Staying power
Saya kurang tahu kalo dipakai tanpa eye base, kayaknya ya mudah smudge. Saya selalu pakai eye base dulu, nggak smudge meskipun dipakai selama 6 jam termasuk udah sambil panas-panasan. Kelopak mata saya agak oily lho, kontras dengan keseluruhan kulit wajah yang kering. Tapi eyeliner ini smudge parah banget jika saya pakai untuk tightline dan waterline (iya lah, kan gampang kena air mata)

(+) warnanya cukup pekat
(+) empuk, tapi nggak mudah patah
(+) staying power oke (jika pakai base dulu)

(-) tidak bisa dipakai untuk tightline dan waterline

Repurchase? yes
Recommended? ya, terutama untuk yang baru belajar pakai eyeliner

Berikutnya.. swatch time!

Ini kondisi alis & mata saya yang nggak pakai apa-apa

Kiri : pensil alis Viva, eyeliner pensil Viva (coklat)
Kanan : pensil alis Wardah, eyeliner pensil Pixy (hitam)

Tuh, eyeliner Viva yang coklat cenderung ke marun
Tapi pensil alisnya coklat muda kemerahan

Pensil alisnya masih sama, eyelinernya beda
Kiri dan kanan  : Davis 

Jika Davis diblend sebagai eyeshadow, warnanya nggak pigmented lagi
Sebaiknya ditimpa eyeshadow lain supaya terlihat bagus

Uji eyeliner pencil..

D: Davis
P : Pixy
V : Viva

Setelah diguyur air

Digosok 1 kali, hampir semuanya bubar, tapi Viva yang paling sedikit lunturnya 

Semoga reviewnya berguna ya.. Selamat menghias mata!




4 komentar:

  1. ak jg punya davis yg biru. kt temenku itu abal2. ohh pantes abal yaa, ga ada no pom nya -_-
    kmu lbh cocok pke pensil alis item,lbh alami :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nggak ada no. notifikasi POM jadi nggak sreg pakainya..
      hehe makasih.. aku juga lebih suka pensil alis hitam

      Hapus
  2. Aku pernah tuh kepaksa beli eyeliner davis karena lagi nyari eyeliner warna putih merk lainglg kosong ditoko kosmetik..so bad! panas dan bikin gatel.
    visit back
    http://blue-inthesky.blogspot.com/2014/09/tutorial-make-up-simple.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya davis kan abal2 hehehe.. aku juga kapok beli ini, cuma aku pakai 2-3 x trus buang
      oke sip..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah