Minggu, 25 Mei 2014

Produk Favorit dari Kepala sampai Kaki

Halo!


Kali ini saya mau share soal produk favorit untuk rambut, muka dan seluruh badan. Mungkin isi post ini sudah basi karena hampir semuanya pernah saya review hehehe.. Nggak apa-apa deh, karena produk favorit itu bisa aja berubah dari waktu ke waktu. Yang belum direview sekalian saya review di sini.



HAIR


1. Kodomo Foaming Shampoo (Strawberry)

Ya betul, ini shampoo anak-anak. Saya sudah pakai selama 2 minggu dan suka banget! Awalnya saya beli shampoo ini untuk memandikan kelinci, eh tapi ternyata malah saya pakai. Soalnya enak sih, busanya itu lho.. padat dan melimpah ruah! Shampoo ini juga udah mengandung conditioner, nggak usah repot-repot pakai conditioner lagi sesudah keramas.

Yang bagus lagi, shampoo ini bebas SLS (sodium lauryl sulfate) dan silikon. SLS adalah surfaktan (pembuat busa) yang sifatnya adalah irritant, dapat menyebabkan kulit kering (dalam hal ini kulit kepala) apabila digunakan berlebihan (keramas terlalu sering).

Silikon yang dipakai dalam shampoo ada 2 macam, yaitu larut air dan tak larut air. Silikon yang larut air adalah Dimethicone Copolyol, Lauryl Methicone Copolyol, Hydrolyzed wheat protein (Hydroxypropyl Polysiloxane), semua silikon dengan awalan PEG. Silikon yang tak larut air jenisnya lebih banyak, yaitu Trimethylsilylamodimetheicone, Dimethicone, Phenyl Trimethicone, Cetearyl Methicone, Dimethiconol, Amodimethicon, Stearyl Dimethicone, Cyclomethicone, Cetyl Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Behenoxy Dimethicone, Stearoxy Dimethicone (sumber)

Silikon tak larut air melapisi rambut sehingga menyebabkan kelembaban, protein, dan nutrien lainnya sulit menyerap ke dalam batang rambut. Wah sia-sia dong kalo kita rajin ngasih vitamin rambut, tapi ada penghalangnya?

Saya ini termasuk orang yang harus keramas tiap hari. Di jalan banyak debu, soalnya jalan utama menuju komplek perumahan saya dilewati truk pengangkut tanah. Ngeri banget kalo nggak keramas sehari aja. Tapi SLS dan silikon tak larut air dalam shampoo nggak baik untuk rambut, makanya saya pakai Kodomo ini.

Ingredients : water, sodium laureth sulfate (SLES), sodium cocoamphopropionate, alcohol, hexylene glycol, cocamine oxide, polyquaternium-10, panthenol (pro vitamin B5), perfume, sodium benzoate, citric acid, etidronic acid

See? Bebas SLS dan aneka silikon. Ingredientsnya simpel dibandingkan shampoo orang dewasa. 

Walaupun namanya mirip, SLES berbeda dengan SLS. SLES adalah surfaktan yang lebih lembut dan non irritant. Sodium cocoamphopropionate juga surfaktan yang lembut. Hexylene glycol adalah pelarut, pelembab dan surfaktan, berpotensi menyebabkan iritasi ringan. Busanya melimpah ruah karena ada cocamine oxide yang sifatnya foam booster dan sebagai conditioner. Polyquaternium-10 bersifat melembutkan rambut. Citric acid mengatur pH. Etidronic acid mengikat dan menetralkan berbagai komponen logam yang mungkin terdapat dalam produk. Pengawet yang digunakan dalam shampoo ini adalah pengawet makanan sodium benzoate (natrium benzoat). 

Biarpun shampoo anak-anak, daya bersihnya oke, 3-4 kali pompa bisa dipakai untuk membersihkan rambut dan seluruh kulit kepala saya. Padahal rambut saya nggak pendek-pendek amat lho sekarang. Busanya memang super banyak, tapi nggak butuh banyak air untuk membersihkannya karena ini bebas silikon. Semakin banyak silikon di shampoo biasanya semakin licin efeknya sehingga harus dibilas dengan banyak air.

Nggak pedih di mata juga, bagus deh untuk anak-anak kecil. Setelah dibilas, rambut rasanya lembut dan mudah disisir, seperti habis creambath *tidak bermaksud iklan*. Pokoknya rasanya kayak habis pakai conditioner. Wanginya saya suka banget, strawberry yang segar. 

Yang tidak saya suka hanya kemasannya. Apa nggak ada yang bentuk botol biasa? Atau sachet? Saya kurang suka membawa-bawa botol pump yang bantet ini untuk travelling.

Oya, harganya sekitar 9 ribu isi 180 ml, saya belinya di Super Indo, semua supermarket pasti jual. Murah banget kan? Shampoo orang dewasa biasanya lebih mahal, padahal ada SLS dan silikonnya.

Shampoo ini recommended banget untuk anak-anak, juga untuk orang dewasa yang mencari shampoo bebas SLS & silikon dengan harga terjangkau.  Pastinya saya akan beli lagi, pingin yang wangi jeruk.

2. Glazelle de Pucelle Hair Fragrance

Botol kedua yang saya beli. Produk ini sudah saya review di sini. Harganya sekitar 13 ribu isi 100 ml, beli di Alfamart. Sebenarnya saya kurang suka pakai parfum rambut karena mengganggu wangi shampoo, saya cuma butuh sunscreennya aja. Parfum rambut ini mengandung sunscreen (benzophenone-2, benzophenone-3).

BODY


1. Biore Body Foam Daily Antiseptic Plus

Saya suka mandi pakai sabun kesehatan karena rasanya lebih bersih. Oke banget untuk mencegah masalah kulit seperti biang keringat, jerawat punggung, gatal-gatal. Biore memang sabun kesehatan, tapi menurut saya lembut di kulit, nggak langsung bikin kulit saya kering dan kasar sehabis mandi. Malah lebih lembut daripada beberapa beberapa merek sabun kecantikan yang pernah saya coba.

Ingredients : water, lauric acid, potassium hydroxide, myristic acid, lauryl hydroxysultaine, glycol distearate, fragrance, palmitic acid, laureth-4 carboxylic acid, sodium chloride, sodium laureth sulfate, hydroxyethylcellulose, triclosan, etidronic acid, benzalkonium chloride, tetrasodium EDTA

Bebas SLS juga, good. Surfaktan yang ada dalam sabun ini adalah myristic acid (sifatnya lumayan bikin kering),  lauryl hydroxysultaine dan sodium laureth sulfate/SLES yang lembut dan non irritant. Lauric acid dan palmitic acid yang memberikan tesktur creamy pada sabun cair juga bisa menyebabkan kulit kering jika terlalu banyak. 

Sabun memerlukan bahan penyebab saponifikasi (membersihkan minyak/lemak). Sabun cair biasanya menggunakan potassium hydroxide (KOH) seperti Biore ini, sedangkan sabun batang menggunakan sodium hydroxide (NaOH). Pengental yang digunakan adalah sodium chloride (NaCl alias garam dapur) dan hydroxyethylcellulose. Tetrasodium EDTA dan etidronic acid mengikat ion logam dan menonaktifkannya. 

Benzalkonium chloride adalah anti mikroba (bakteri, jamur) yang juga sebagai pengawet, sifatnya bisa menyebabkan iritasi. Triclosan merupakan anti bakteri yang penting dalam sabun kesehatan.

Seperti sabun kesehatan pada umumnya, wanginya aroma "obat" atau zat antiseptik. Tapi saya suka, wanginya meyakinkan sebagai sabun kesehatan.

Busanya banyak dan lumayan padat apalagi jika diaplikasikan dengan spons. Setelah dibilas nggak licin, nggak boros air juga. Nggak bikin kulit saya kering setelah mandi. Tapi kata teman-teman saya, Biore bikin kulit mereka kering. Tergantung ketahanan kulit masing-masing orang sih ya.. Dari balita saya sudah terbiasa memakai sabun kesehatan segala merek.

Harganya berapa? Yang botol saya lupa, tapi kalo refillnya yang 250 ml harganya 9500. Banyak banget tuh, dimasukkan ke botol ini nggak muat karena botolnya volume 100 ml aja.

Recommended sebagai sabun kesehatan untuk seluruh keluarga. 

2. Herborist Daily Feminine Wash

Pernah saya review di sini. Menurut saya sabun pembersih daerah kewanitaan itu penting, apalagi yang ada tulisan pH 3,5 (sesuai pH daerah kewanitaan). Tapi jangan digunakan berlebihan, dan hanya dipakai di luar, jangan sampai masuk ke dalam. Saya pakai pembersih semacam ini hanya 1 kali sehari, nggak terlalu sering. Daripada dibersihkan pakai sabun mandi biasa, pHnya kan nggak sesuai, bisa bahaya. Daerah kewanitaan yang nggak dibersihkan dengan baik bisa bermasalah, tapi jika dibersihkan secara berlebihan juga akan bermasalah (bahkan bisa meningkatkan resiko kena kanker serviks, ngeri kan..)

Harganya sekarang sekitar 8000an isi 80 ml.

3. Homemade Body Toner Spray

Saya lebih suka pakai ini daripada hand body lotion, soalnya teksturnya ringan dan nggak lengket, tinggal semprot. Kemampuan melembabkannya semakin maksimal jika cuaca panas dan lembab karena mengandung gliserin. Cara membuatnya pun gampang, bisa dilihat di post ini

4. Vaseline Healthy Sunblock

Sunblock andalan saya. Entah sudah repurchase berapa botol. Harganya 29.500 isi 100 ml. Gimana nggak andalan? Harganya terjangkau, gampang dicari (saya beli di Indomaret), water resistant, SPF 30 & broad spectrum sunscreen PA++. Kekurangannya agak lengket, agak sulit diblend (pastikan kulit dilap, bebas dari air dan keringat), dan meninggalkan white cast yang benar-benar terlihat. Baunya seperti obat. 

Review lengkapnya dapat dibaca di sini.

FACE

Skincare


1. Dee-dee children facial wash

Facial wash anak-anak yang bebas SLS, mengandung protein susu sehingga cocok untuk kulit saya yang tipenya kering. Biarpun formulanya lembut, saya nggak memakai facial wash ini sering-sering. Maksimal 1 kali sehari setelah pergi, terutama untuk membersihkan krim sunblock dari muka. Jika cuma di rumah, saat bangun pagi & sebelum tidur, saya cuma cuci muka pakai air. 

Harganya 13.500 isi 100 gram. Review komplitnya ada di sini.

2. Homemade Saccharomyces Toner

Toner yang gampang banget cara membuatnya, bisa dibaca di post ini. Saya awetkan pakai natrium benzoat (pengawet makanan) soalnya males bikin setiap 3 hari hehehe.. Toner ini saya pakai setiap habis cuci muka. Juga sebagai penyegar setelah membersihkan makeup dengan minyak kelapa.

Jika kulit muka benar-benar kering, efek pemakaian pertama sangat mengesankan karena rasanya lembab banget. Selanjutnya memang biasa aja karena kulit sudah terhidrasi, soalnya Saccharomyces memang menstimulasi pembentukan hyaluronic acid alami dalam kulit sehingga meningkatkan daya ikat air. Saya suka pakai toner ini secara single use, nggak diikuti dengan moisturizer pabrikan atau minyak sebagai pelembab. Kulit muka saya sekarang nggak retak-retak lagi, nggak ada dry patch. Kadar airnya merata, tapi minyak juga nggak ada. Menyenangkan sekali. 

3. Coconut oil

Sebelum ada ide untuk bikin toner Saccharomyces, minyak kelapa saya pakai sebagai pelembab di seluruh muka, walaupun efek lembabnya nggak benar-benar manjur. Jika lupa reapply, pasti muka saya kering lagi. Iya lah, cuma lapisan luarnya aja yang dikasih minyak, sel-sel kulitnya yang di dalam tetap kekurangan air.

Sekarang pelembab saya di siang hari cuma toner Saccharomyces, si minyak kelapa saya pakai sebelum tidur aja, di sekitar mata. Katanya bagus untuk pengganti eye cream & bisa merangsang pertumbuhan bulu mata & alis (penting, soalnya bulu mata saya pendek & alis saya asli nyaris botak). Minyak kelapa juga saya pakai sebagai pelembab bibir dan makeup remover. Teksturnya ringan, saya lebih suka minyak kelapa daripada extra virgin olive oil. 

Harganya juga murah, di bawah 30 ribu per liter, beli di supermarket bagian minyak goreng. Minyak kelapa untuk minyak goreng itu jenisnya refined coconut oil, disebut juga RBD (refined, bleached, deodorized). Nggak ada aromanya, bening, nggak  terlalu kental. Sebetulnya mungkin lebih baik VCO (virgin coconut oil), tapi VCO mahal banget karena merupakan obat herbal. Lagipula coconut oil yang banyak digunakan dalam industri kosmetik adalah yang RBD karena lebih irit biaya produksi.

4. Sunblock Parasol

Sunblock andalan, nggak bisa pindah ke merek lain. Harga terjangkau, 36.000 isi 20 gram. Saya suka karena ingredientsnya simpel, bisa melembabkan dan menjadi alas makeup yang baik (bukan foundation lho ya). Sudah saya review di sini.

Makeup


1. Marcks Venus Compact Powder (invisible)

Sudah saya review di sini. Bedak padat ini cukup ringan, halus, dan nggak cakey, tapi cuma saya pakai jika pergi di sore/malam hari. Jika udah pakai sunblock, rasanya agak berat dilapisi compact powder. Kulit saya itu nggak suka dilapisi bermacam-macam produk yang banyak bahan kimianya. Bedak padat Marcks Venus ini sebetulnya ingredientsnya simpel. Mengandung salicylic acid yang baik untuk kulit berminyak. Nah karena ada salicylic acid nya itu saya jadi nggak berani pakai sering-sering, bikin kering.

Harganya 30 ribuan beserta tempatnya. Refill sekitar 20 ribu.

2. Tepung maizena

Jangan kaget, saya memang pakai tepung maizena sebagai bedak. Tempatnya boleh tempat bedak beneran, tapi isinya tepung asli hehehe.. Tepung maizena bagus untuk menyerap minyak dan mencegah kilap dari sunblock. Saya sudah pernah cerita di sini. Bedak yang terbuat dari tepung maizena alias tepung jagung (corn starch) jauh lebih aman daripada talc, alasannya bisa dibaca di post ini.

3. Lip balm Viva Chic on Lips Aloe Secret

Produk barunya Viva, harganya nggak jauh dari 10 ribu. Biarpun murah, lip balm ini menurut saya bagus. Nggak terasa tebal di bibir, wanginya nggak berlebihan, melembabkan dan melembutkan bibir. Tapi nggak ada sunscreennya. Sudah saya review di sini.

4. Mirabella Colorfix Lipstick no 70

Lipstik merah terfavorit! Matte tapi sama sekali nggak bikin kering, warnanya soft & teksturnya seperti menyatu dengan bibir, staying power oke. Harganya 41 ribu, sayang isinya sedikit cuma 2,5 gram. Reviewnya di sini

5. Mascara Pixy

Suka bentuk aplikatornya yang langsing & bisa menjangkau sudut mata dan bulu mata bawah. Efek menebalkan & memanjangkan bulu mata terlihat alami, nggak terlalu dramatis tapi saya suka, bisa dipakai untuk sehari-hari. Waterproof, hilangnya kalo saya gosok pakai minyak kelapa atau facial wash. Harganya 30 ribuan.

6. Eyeliner My Darling

Harganya fantastis, 12 ribu isi 9 ml tapi dijamin aman. Kuasnya lentur dan tangkainya kepanjangan, agak susah sih dipakai. Saya suka eyeliner ini karena efeknya matte, mudah dibersihkan, dan kuasnya kecil. Biasa saya pakai untuk tightline karena saya nggak suka kelihatan memakai eyeliner. Reviewnya di sini.

7. Pensil Alis Wardah (hitam)

Saya suka karena hasilnya alami, nggak membuat wajah terlihat garang meskipun warna pensilnya hitam. Ada brush nya, praktis. Harga sekitar 29 ribu. Review di sini.

8. Blush on Red A seri B

Yang saya sering pakai cuma warna pink pucatnya, soalnya itu paling cocok di pipi saya. Harga 17 ribuan, review ada di sini

9. Eyeshadow Pixy (Sorrel Brown)

Ini eyeshadow yang paling sering saya pakai untuk harian. Coklat tuanya matte, warnanya cukup keluar tapi nggak terlalu dahsyat sehingga nggak kelihatan mencolok. Sebagai goth, saya suka eyeshadow gelap tapi tentu saja di kampus saya nggak mau kelihatan seperti Deddy Corbuzier. Eyeshadow hitam terlihat berlebihan untuk ke kampus, jadi saya pilih coklat tua. Lumayan untuk meningkatkan aura angker, hehehe.. 

Yang peach juga warnanya cantik banget, soft. Shimmernya halus banget, efeknya pearly. Cuma mengkilat aja, tapi nggak terlihat blink-blink. Sayang eyeshadow Pixy isinya cuma 2 warna, coba 4 hehehe.. Harganya terjangkau, 24 ribu. Yang saya nggak suka, kemasannya tidak kokoh. Nih punya saya udah copot tutupnya.

Oya satu lagi, ini benar-benar untuk head to toe. Suplemen makanan!


Charmant Fish Oil

Di kemasannya ada gambar hiu, tapi saya nggak yakin ini minyak hiu. Mungkin cuma tuna atau ikan cod, soalnya harganya murah, 39 ribu isi 30 soft capsule. Minyak hiu kan mahal.

Tiap kapsul mengandung 1000 mg minyak ikan dengan kandungan omega 3 sebesar 180 mg, vitamin E 5 IU. Aturan minumnya 1 kapsul sehari, sebelum makan atau sebelum tidur.

Saya suka karena dosisnya pas, nggak perlu takut overdosis. Dosis omega 3 yang diperbolehkan untuk orang dewasa hanya 1,6 g per hari sedangkan vitamin E 22,4 IU. Saya kan sudah mendapat asupan omega 3 dan vitamin E dari makanan, jadi tidak perlu suplemen yang dosisnya tinggi.

Manfaat suplemen omega 3 dan vitamin E beserta akibat overdosisnya sudah saya tulis di sini.

Hmm.. sekarang pasang foto dulu ah

Sebelum dandan, belum pakai skincare juga

Sesudah

Ini penampakan kondisi kulitnya

Bekas jerawat belum hilang, tapi kulit saya udah nggak dehidrasi berkat toner Saccharomyces

Tanpa coverage. Base nya hanya sunblock dan tepung maizena, bukan bedak

Sekian dulu. Makasih untuk kalian yang sudah membaca tulisan panjang ini.


62 komentar:

  1. sis kulitnya tmbah bagus :)
    makin sehat kulit, makin dikit produk yg diperlukan yach. tpg maizena utk muka baiknya pke brush ato spons? dah nyoba nich tp msh lom bs ngeblend. eike lg jerewian, ditemplokin maizena jd adem, ga nyut2an lg
    suka suka suka <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, tapi ini belum bagus bener kok.. setidaknya ada peningkatan berkat saccharomyces.

      aku biasanya pakai spons bedak TWC, nggak diusap tapi ditotol-totol. menghilangkan serbuknya manual pakai jari. entah kenapa kalo aku pakai brush malah tepungnya berjatuhan, nggak nempel di muka.

      ternyata ada efek ademnya toh.. semoga cepat sembuh jerawatnya

      Hapus
  2. Mbak, kalo lagi hamil boleh gak ya pake toner saccharomyces

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, hasil fermentasi Saccharomyces nggak ada efek sampingnya, sudah banyak hasil penelitian tentang itu.. untuk ibu hamil tonernya nggak usah dikasih bahan pengawet

      Hapus
  3. :O ak keracunan banyak liat blog ini , pigeon FW + moisturizernya hihi soalnya kulitku rewel bgt!
    Kodomo Foaming Shampoo (Strawberry) pengen beli deh.. yg ak ga suka dr sampo anak2 itu minim busa dan harus cukup banyak hihi. (kebiasaan pake sampo org dewasa hmm) tp ak suka baunya, andai aja ada Kodomo Foaming Face wash :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. akupun keracunan pingin pigeon gara2 blog lainnya

      shampoo anak2 biasanya busanya dikit (aku pernah coba yg merek dee-dee), tapi kodomo ini busanya buanyaak banget, kaget aku pas pertama pakai. sayang kodomo nggak ada face wash nya, cuma body wash..

      Hapus
  4. mba, mw nanya, kebutuhan vit E perhari bukannya 100 IU ya? cmiiw yah.. pernah baca di majalah soalnya hehehe . mw share juga http://female.kompas.com/read/2012/08/16/15534153/Sudah.Tepatkah.Dosis.Vitamin.E.Anda. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 IU ketinggian deh. coba baca ini, terpercaya sumbernya
      http://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-QuickFacts/
      http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/vitamin-e/dosing/hrb-20060476

      kebutuhan vitamin E harian
      Adults, Pregnant teens and women 15 mg (22.4 IU)
      Breastfeeding teens and women 19 mg (28.4 IU)

      vitamin E-only supplements usually contain 100 to 1,000 IU per pill. The doses in vitamin E-only supplements are much higher than the recommended amounts. Some people take large doses because they believe or hope that doing so will keep them healthy or lower their risk of certain diseases.

      nah, suplemen vitamin yg dijual biasanya dosisnya gila-gilaan. misalnya suplemen vit E sampai 100 IU, suplemen vit C sampai 1000 mg. padahal itu overdosis, bisa bahaya..

      Hapus
    2. ikut nimbrung soal vit E yaa......kulitku oily, abis minum natur-e jd jerawatan, aku minum 1x sehari seminggu full. tukan tiap kapsul mengandung 100 IU. kyknya bener 100 IU kebanyakan. iseng td kubaca link female kompas, ktnya kulit berminyak dosis 100-200 IU sehari. noh buktinya aku jd jerawatan....surammm :(

      Hapus
    3. aku sebelumnya juga minum natur E, tapi cuma 2-3 hari sekali, takut overdosis soalnya makanan juga udah menyumbang vitamin E. 100 IU aja udah overdose, apalagi 200 ya.. tapi kalo dikurangi mungkin jerawatnya bisa sembuh sendiri

      Hapus
    4. oh gt yaa.. soalnya vit E yg di pasaran pun 100 IU tu natur e ,, ada 250 IU jg... ever e merknya :D ak g pnh minum vit E.. pernah natur e cuma bosen . jd ga nerusin deh hahaha

      Hapus
    5. wah 250 IU tinggi banget tuh.. aku juga udah nggak minum natur E, tapi masih beli untuk bahan body toner hehehe

      Hapus
    6. Padahal juga ada sediaan vit e yg 400 iu mbak, aku pake itu k dulu program hamil, ternyata masih kebanyakan ya ... Makasih info nya

      Hapus
    7. wow 400 IU? tinggi banget ya.. aku baru tau ada yg setinggi itu hehehe
      oke, sama-sama..

      Hapus
  5. wah banyaknyaa... mao nanya dunx... mbak kan banyak beli produk tuh, apa ga ada yang kebuang? yang ga abis gt jg ada?
    aq sukak beli skincare-an tp suka g abis dan hanya sekedar beli :/ mba gt jg ga ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo skincare selalu terpakai.misalnya nggak cocok di muka, aku alihfungsikan buat badan. kadang aku kasih ke orang lain yg mau

      untuk makeup, udah banyak yg aku wariskan ke orang, apalagi sebangsa BB cream, foundation, bedak padat, lip products. nggak ada yg terbuang, kan dibelinya pakai duit, hehehe.. mending aku kasih ke orang, bisa bikin orang seneng

      Hapus
  6. akuuuu suka bgt postingannya mba, tertarik bgt pake tepung maizena tp bedak marcks masih lumayan banyak, udah mau setahun padahal, hahaha, eh, lipbalm viva bikin berat bibir g sih ?? q uh pernah coba nivea, lipice, maybelline smuanya sama bukui berat n tetep kering, cmn enak dipake lo mau tidur, jd q pake madu, cmn kan mau puasa jg masa pake madu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya udah mampir kesini, hehe..
      bedak marcks tabur tuh emang awet banget. bedak marcks juga mengandung maizena tapi dominan talc nya
      lipbalm viva menurutku mirip lip ice, lebih ringan dari maybelline. kalo aku suka minyak kelapa pas males pakai lipbalm, awet lembabnya & ringan..

      Hapus
    2. duuh q lupa gimana lipice beli dari lama bgt, q buang malah krn g kepake, kalo minyak ntar org rumah tau, cerewet sih kalo beli ini-itu pasti komen dibilang buang" uang, malah curhat, mba, rifyu pixy eyeshadownya dong, lg cari eyeshadow coklat yang murah, makasiiiiihh, maaf ngrepotin, o y q sese, g punya id gmail jd anonim

      Hapus
    3. temenku ada nih yg pakai baby oil buat pelembab bibir, adiknya yg masih TK kalo bibirnya kering/pecah2 juga dikasih baby oil cepet sembuh. coba aja, hihihi..
      pernah aku ikut2an pakai baby oil, sayang aku nggak suka wanginya, padahal ringan juga kayak minyak kelapa..

      oke, ntar aku review eyeshadownya.. sama2 Sese..

      Hapus
  7. Halo Lintang, btw bingung kok kamu tulis sabun Biore bebas SLS, bukannya di atasnya kamu share Ingred-nya ya ada tulisan SLS itu? tapi baca postingan ini aku jadi tertarik nyoba shampoo anak-anaknya hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingredients di biore sodium laureth sulfate (SLES), bukan sodium lauryl sulfate (SLS), namanya mirip sih tapi SLES nggak bikin iritasi kayak SLS
      ayo mbak, dicoba aja kodomo nya, asik lho busanya buanyaak hehehe..

      Hapus
    2. eh tadi langsung ngintip ingred shampoo anak-anak di supermarket. hihihi... betewe malah nemu merk B&B yang gak pake SLES ato SLS

      Hapus
    3. dulu aku pernah coba BnB tapi busanya dikit.. BnB juga bagus, bikin rambut lembuut banget. sayangnya boros karena minim busa, kebiasaan suka yg berbusa-busa hehehe..

      Hapus
  8. aku juga pake shampoo anak-anak tapi bukan Kodomo tapi Mandom Kids, busanya dikit banget, untung aja rambutku pendek, aku kemarin nyari yg Kodomo kaya gitu tapi malah nggak ada -_-

    enaknya shampoo anak-anak baunya itu, sama rasanya aman aja XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh shampoo angry birds itu ya.. aku belum pernah nyoba sih. di sini juga kodomo agak jarang, yang ada di setiap toko malah dee-dee & BnB. pernah nyoba keduanya, dan busanya dikit semua hehehe.. makanya aku kaget sama busanya kodomo ini

      iya bener, shampoo anak2 wanginya enak banget..

      Hapus
  9. Aku juga pake tepung maizena kak. Klo dulu aku campur coklat, pernah juga campur bubuk kunyit malah kekuningan. Hahaha. Tapi enak kok pke tepung maizena ini. Ringan dan g bikin kering terdehidrasi (mukaku oily tpi gampang dehidrasi klo salah kosmetik).

    Sunblock yg buat badan sama kak. Kupake di muka juga, soalnya simple sih bahannya. Dan alhamdulillaah g bikin breakout. Murah pulak. Tapi klo aku yg pake g ada sensasi lengket soalnya kulit badan kering.

    Vitaminnya itu harganya berapa kak? Kok belum pernah nemu ya? Biasanya nemunya charmant's yg vitamin c.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku pernah campurin maizena sama kayu manis bubuk, lumayan keluar warnanya tapi teksturnya jadi nggak nyatu.. lebih gede butiran si kayu manis. iya bener, tepung maizena enak buat bedakan, di aku juga nggak bikin kering..

      dulu sebelum kenal parasol aku juga pakai sunblock vaseline buat muka, tapi bikin muka jadi keliatan putih banget hahaha..

      vitaminnya 39ribu. agak jarang sih, kebanyakan malah aku nemu yg vitamin E

      Hapus
  10. Body sunblocknya sama, kak. Aku juga pake vaselin. Aku pake di muka juga sih. Enak soalnya, g begitu lengket (klo aku yg pake). Dan bahannya lebih simple, active ingrednya ethylhexyl metoxcinnamate sama ZnO. Murah pulak. Alhamdulillaah g ada tanda2 alergi.

    Aku juga pake tepung maizena buat bedakan. Waktu pertama make, dicampur coklat (mikirnya biar ada coveragenya) dan ternyata g ngaruh sama warnanya (transparan aja hasilnya). Pernah juga nyampur sama bubuk kunyik. Karena kebanyakan kunyitnya, kulitku jdi kuuning banget hahaha. Sekarang, di batch ke3, nyampur sama TWC tapi sama aja kaya pas pake bubuk coklat. klo kupake oi controlnya lumayan, tapi g bikin kulit tambah kering alhamdulillaah

    Beli minyak ikan charmant's itu di mana? Kok belum pernah tau ya. Taunya merk ini ngluarin vitamin c aja. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dulu pake sunblock vaseline di muka malah nggak lengket, di tangan & kakiku jadi lengket banget. di mukaku dulu juga nggak breakout tapi serem soalnya putih banget hehehe..

      oh kalo dicampur bubuk coklat tetep transparan toh.. aku pake kayu manis jadi ada warnanya sayang teksturnya nggak nyatu ma tepungnya. iya, tepung maizena bagus oil controlnya, untuk kulit kering juga nggak bikin tambah kering..

      aku belinya di indomaret, tapi nggak semua indomaret ada. memang yg sering dijual yg vit C (dan E)

      Hapus
  11. mbax aq ga nemu sampo kodomo nya.. adanya foaming body wash huhuhu. di superindo pdhl. keknya krg lengkap deh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah beda toko beda kelengkapannya ya.. semoga cepet ketemu deh

      Hapus
  12. Lintang pake produk exfoliator apa buat wajah & tubuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat muka pakai oatmeal (oatmealnya difermentasi pakai ragi). untuk badan cuma digosok pakai tangan atau batu apung. nggak suka pakai lulur, liciiinnn hehehe...

      Hapus
  13. mba, tepung maizena bkin tmbh kering ga sih? kulitku kering tipenya., klo marcks itu ada tepung maizenanya (corn starch) di tambah salycid acid jd tmbh kering ya perasaan. nah gimana klo tepung maizena aja? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di bedak marcks yg bikin kering itu memang salicylic acid nya. tapi aku coba maizena aja nggak bikin tambah kering..

      Hapus
  14. ak pakai evoo bulu mata ku panjang + lebat (rapet2 gt) alis juga sedikit panjang, cuma ga ak terusin suka bikin jerawat di alis situ sih hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pernah pakai evoo, memang efektif menumbuhkan bulu mata & alis. tapi di aku lebih enak minyak kelapa. evoo rasanya agak gatal di kelopak mataku, nggak cocok kayaknya hehehe..

      Hapus
  15. mba ak uda beli samponya 9500,- hehe, klo abis mw ak refill pake bodywash yang ga kepake krn ak malas pake cair.. ga ada puff nya jg soalny :( dulu punya tp di e'ek in cicak.. kan sebel. klo dicuci juga malah nyebar tu baunya #plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya emang sekitar 9ribuan, isinya juga banyak
      aku malah nggak pernah pakai puff buat mandi, pakai tangan meskipun busanya jadi nggak wow. ah sayang banget nggak dipakai itu puffnya, dicuci pakai sabun berkali2 kan juga ilang hihihi..

      Hapus
  16. seneng nih baca blognya ka lintang :)
    uda baca dari kapan gt tapi baru komen sekarang, jadi mau coba deh shampoonya XD *soalnya nyari yg bebas SLS di blog" lain cuma nemu yg diatas 100rebong ihik* bisa ga ya buat rambut rontok? males ini liat lantai & sapu dipenuhi rambut ;-;)
    dan setujuuu sama penggunaan maizena. dlu buat ngeset bbc pertama nyoba make marc*s. astagah baunya luar biasa 5 jam ga ilang-ilang. ampe cuci muka aja kecium kemana-mana wanginya. akhirnya baca" dan nyoba make maizena dicampur sama bubuk kakao sampai mirip sama warna kulit muka (atau kokoa? beda ga ya -_-;; soalnya kalo maizena doang kayanya putihnya keliatan kemana-mana.. atau saya aja yg salah make hahaw) dan benar" luar biasa di muka yg tambang minyak ini~

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo.. makasih ya
      hihihi.. banyak yg rekomendasi shampoo dari the body shop atau natur pencuci rambut, aku malah belum pernah coba itu.
      wah kurang tau, soalnya shampoo itu cocok2an. sebelumnya aku pakai pantene anti hair fall karena dulu rambutku rontok parah, trus pakai kodomo ini nggak balik jadi rontok lagi sih..

      di aku maizenanya nggak bikin muka putih, langsung membaur ke kulit.. kecuali kalo ada yg nggak rata hehehe
      iya kan.. oil controlnya maizena bagus. di kulitku yg kering juga nggak nambah kering

      Hapus
  17. wow, seneng deh banyak yg gosipin blog sis, jadi yg punya masalah muka+ga punya banyak duit (read:me) bisa nemu blog ini hehe
    wah kebetulan aku punya bbrp masalah kyk sis, harus tiap hari keramas & punya jerawat punggung ><
    dulu aku pernah punya masalah rambut sih, gara2 sering gonta-ganti merk sampo rambutku jadi rusak (warnanya putih), terus nemu sampo yg cocok & aku pake sampe skrg tapi ya agak ribet pake conditioner+masker rambut biar rambutku ga ngembang ><
    aku mau nyoba produk sis yg diatas deh, semoga aja cocok ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. ada hikmahnya juga ya digosipin, malah mungkin bermanfaat bagi sebagian orang

      dulu aku juga ubanan, ternyata gara2 matahari. sampai sekarang juga masih ada beberapa helai yg putih, munculnya kalo habis panas2an. makanya aku sekarang pakai sunblock (?) rambut glazelle meskipun nggak suka wanginya.

      semoga cocok, kalo nggak cocok hentikan pemakaian dengan segera hehehe..

      Hapus
  18. Mbak Lintang Aku juga pake kodomo shampoo lo tapi yg orange. Cocok banget padahal awalnya underestimate. Juga dee dee facial wash enak banget gak ngeringin kulit. Ternyata cantik gak perlu mengeluarkan banyak uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi penasaran sama kodomo yg orange.. disini adanya strawberry melulu
      aku juga suka banget dee-dee (terutama kalo lagi males bikin adonan face wash hehehe). iya betul.. untuk cantik nggak perlu boros, yg penting produknya terbukti aman & cocok di kita

      Hapus
  19. sis aku make tepung maizena di muka malah jadi gatel,itu karna gak cocok ya?padahal pengen bgt ganti bedak yg dulu ke tepung maizena

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, mungkin nggak cocok.. mending jangan dilanjutin
      gatal2 karena tepung maizena itu biasanya tanda kulit udah terbiasa dengan bahan kimia, soalnya maizena sendiri sifatnya anti iritasi & gatal (termasuk biang keringat)

      Hapus
  20. Maaf ya...kok ga ada produk drugstore atau korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada, karena aku sukanya yg murah meriah. yg penting ingredientsnya cocok di aku hehehe..

      Hapus
    2. wkwkwkwkwk :D , lucu pertanyaannya.
      salah tempat klo cari review produk import. :)

      Hapus
    3. padahal blog yg mereview produk impor banyak lho.. kenapa malah nyasar kemari hehe

      Hapus
  21. sis shampo kodomo nya awet berapa lama?soalnya kan kemasannya kecil,mau nyoba tp rambutku tebal dan panjang takut boros hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku bisa 1 bulan. ternyata hemat soalnya busanya banyak hehe.. kalo habis tinggal beli refillnya

      Hapus
  22. Sunscreen bibir Untuk Pria Apa iya, Katanya kalo bibir juga butuh Sunsreen Klw ga bibir makin hitam, Untuk Remaja Cowok :) ,, trus Pembersih Wajah Khusus Daerah Mata ( Kelopak Mata) kira2 apa iya yang fungsi nya ngangkat kotoran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai sunscreen lip balm yang nggak ada warnanya, misalnya banana boat (biasanya dijual di drugstore kayak guardian, century). atau lip ice repair & treatment yg aku review disini http://randomandquick.blogspot.com/2014/08/lip-ice-repair-and-treatment-lip-balm.html

      biasanya sih pakai eye & lip makeup remover, itu pembersih yg aman buat daerah mata. yang gampang ditemukan di minimarket (indomaret) itu maybelline.
      yang produk lokal misalnya viva/ pixy, biasanya dijual di counternya

      Hapus
  23. aku sukaaaa banget mbak sama blog ini. kulit aku kering tapi hidung lumayan berminyak.
    aku juga punya masalah bibir yg kering banget mbaaak, ujung bibir sering sobek gitu terus kulit yang deket bibir juga suka bersisik. help meee :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah baca blogku..
      ujung bibir sering sobek & kulit bersisik biasanya tanda kekurangan vitamin B kompleks. coba deh dibanyakin konsumsi sumber vit B (misal kedelai, kacang hijau atau minum suplemen).
      buat meringankan keringnya bisa diolesin minyak vit E (misal natur E). atau olesin minyak zaitun. diminum juga bagus.
      produk yang dipakai di luar nggak banyak menolong kalo kita masih kekurangan nutrien

      Hapus
  24. Sis Lintang makasih ya udah review shampo yang bebas SLS. Saya cari2 shamponya yg murce tp bingung rata2 semua pake untuk yg dewasa. Tdnya udah mo ke Watsons aja. Mau nyoba jg bikin body tonernya ah nanti. Salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.
      rata2 shampoo anak bebas SLS & silikon. sekarang shampooku eskulin kids, enak juga. busanya banyak & hasilnya lebih lembut daripada kodomo lho.
      salam kenal juga thia..

      Hapus
  25. Emang bener ya ka kalo rambut ada ubannya gitu gara-gara matahari? Soalnya aku juga dulu ada ubannya sedikit, terus aku sama sekali stop pake produk apapun dirambut, cuma pake minyak aja 3 kali seminggu terus cuma dibilas pake air 2 kali sehari (setiap kali mandi). Ubannya kyanya sih udah ga ada cuma pernah nemu 1 helai terus ga ada lagi sampe sekarang. Menurut kka udah cukup ga ya perawatannya gitu aja? Soalnya tertarik pake sunscreen rambut cuma rada takut gitu nyoba produk" buat rambut lagi ka. Membingungkan ya ka. Hehee Sorry ya ka kepanjangan dan jdi malah curhat. Hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. matahari juga ngaruh sih.. tapi terutama faktor genetik, bahan2 kimia & stress
      berarti udah nggak pakai shampoo ya? tapi gimanapun juga kulit kepala harus dibersihkan lho biar nggak ketombean.

      nah, kalo gitu nggak usah nyoba sunscreen rambut. banyak bahan kimianya

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah