Selasa, 06 Mei 2014

Viva Queen Eye Base Gel

Hai semuanya!


Buat kalian yang suka eyeshadow, apakah kalian sering kesal dengan eyeshadow yang nggak pigmented dan gampang pudar saat dipakai? Solusinya pakai eyeshadow base dulu, tapi ada nggak ya eyeshadow base yang harganya ramah di kantong? Ada dong! Kalian yang sering blogwalking ke beauty blog Indonesia pasti udah sering dengar produk ini : Viva Queen Eye Base Gel.

Harganya murah meriah, 10 ribu aja. Saya suka eye base gel ini, tapi jarang dipakai untuk eyeshadow karena saya kurang suka pakai eyeshadow yang warnanya cetar. Eyeshadow selalu saya pakai tanpa base supaya warnanya tetap soft dan samar-samar. Saya pakai ini cuma untuk untuk meningkatkan staying power eyeliner pensil. Buat kalian yang nggak ingin ada mata panda karena eyeliner pensil, boleh mencoba pakai eye base. 

Kemasannya mungil dan praktis

Harga
Rp 10.000 (15 gram)

Tekstur dan warna
Gel kental warna putih, jika sudah meresap ke kulit menjadi tidak berwarna. Memang agak lengket setelah dioleskan. Jika sudah kering hasilnya agak mengkilap.

Bentuknya gel kental warna putih

Cara pemakaian
Di kemasannya : oleskan secara tipis dan merata pada kelopak mata, biarkan sesaat agar meresap, kemudian gunakan eyeshadow seperti biasa.

Menurut pengalaman saya, hasil terbaik diperoleh saat eyeshadow dioleskan ketika gelnya belum kering sempurna. Selain warnanya lebih keluar & staying powernya lebih oke, ini juga menghindari serbuk eyeshadow berhamburan masuk ke mata. Eyeshadow yang powdery akan nempel ke kelopak mata dengan sempurna.

Untuk pemakaian eyeliner pensil, harus tunggu sampai gelnya kering, kalo nggak gitu eyelinernya jadi nggak muncul warnanya dan justru mudah smudge. Tapi memang dengan eye base ini, warna eyeliner pensil menjadi tidak sepekat aslinya. Saya sih nggak apa-apa. Lebih baik warnanya tidak pekat tapi nggak smudge, daripada warna pekat tapi akhirnya bikin mata panda.

Aroma
Untung eye base gel ini nggak ada wanginya. Toh buat apa dikasih parfum..

Staying power
Eyeshadow seperti Face on Face,V iva duo eyeshadow bisa tahan lama di kelopak mata saya tanpa memudar selama 8 jam (sudah dengan panas-panasan & keliling sana-sini).
Eyeliner pensil seperti Pixy & Viva Queen (reviewnya di sini) bisa tahan lama tanpa smudge. Kelopak mata saya lumayan oily lho, kontras dengan kulit muka yang kering. 

Umumnya eyeshadow dan eyeliner pensil langsung hilang tak berbekas jika digosok dengan tangan. Tapi dengan eye base ini, eyshadow & eyeliner pensil jadi lebih nempel dan masih berbekas saat digosok. Ini buktinya..

1. Tanpa Viva Eye Base Gel
2. Dengan Viva Eye Base Gel
Ini eyeshadow Face on Face (seri Blooming Rose) dan eyeliner pensil Pixy
Warna pink tuanya lebih keluar dengan eye base, meskipun nggak terlalu ngefek untuk pink muda
Warna hitam dari eyeliner menjadi kurang pekat jika dengan eye base

Setelah digosok 3 kali dengan tangan (tanpa cleanser atau air)
Yang pakai eye base masih meninggalkan jejak warna

Ingredients
aqua, propylene glycol, octyldodecanol, polyacrylamide, C 13-14 isoparaffin, laureth-7, Chamomilla recutita extract, PEG-40 hydrogenated castor oil, dimethicone, tocopheryl acetate, methylparaben, propylparaben

Hmm.. ada polyacrylamide sebagai bahan pembuat gel. Polyacrylamide bukan termasuk bahan yang baik, tetapi untungnya hanya digunakan sedikit dalam kosmetik. 
Polyacrylamide bisa menyebabkan iritasi kulit dan mata pada manusia serta reaksi sensitivitas. Polyacrylamide yang terserap dalam kulit beredar dalam tubuh, mengikat DNA dan protein dari enzim. Polyacrylamide juga bersifat neurotoksik alias beracun bagi sistem saraf (sumber). Saat praktikum di lab, dosen saya menyuruh mahasiswa untuk berhati-hati dengan polyacrylamide.

Polyacrylamide sangat berbahaya meskipun bentuknya cantik saat sudah jadi gel
Jadi biru bening karena dikasih warna, aslinya ya bening tanpa warna

C13-14 isoparaffin yang diperoleh dari mineral oil berasal dari minyak bumi. Merupakan bahan pengental, dan sekaligus emollient (pelembab). Cukup aman digunakan dalam kosmetik apabila tidak terkontaminasi senyawa hidrokarbon lain yang berbahaya (seperti hidrokarbon aromatik polisiklik yang dapat menyebabkan kanker). Meskipun tidak tergolong komedogenik (yang lainnya menyebutkan komedogenik ringan), kenyataannya banyak orang dengan kulit oily & acne prone yang mengalami breakout akibat bahan turunan minyak bumi. 

Juga mengandung dimethicone. Dimethicone berfungsi untuk menahan kelembaban (melapisi kulit agar tidak kehilangan kelembaban). Dimethicone merupakan bahan penyebab iritasi ringan (sumber), bisa menimbulkan alergi pada sebagian orang. Saya sensitif terhadap dimethicone, biasanya langsung breakout atau iritasi jika menggunakan kosmetik yang mengandung dimethicone (apalagi dikombinasikan dengan polyacrylamide)

PDMS
Bentuk asli dimethicone (sumber)

Untungnya eye base ini mengandung anti iritasi alami, yaitu ekstrak chamomille. Selain sebagai anti iritasi, ekstrak chamomille juga merupakan pelembab. Saya tidak mengalami masalah iritasi, alergi, atau breakout karena eye base ini, mungkin karena zat irritant nya sudah dinetralisir oleh chamomille. Makanya jangan takut ya, aman kok..

Bunga chamomile yang cantik dan berkhasiat
Gambar dari Wikipedia

(+) ngefek untuk membuat warna eyeshadow lebih keluar & tahan lama
(+) ngefek untuk membuat eyeliner pensil lebih nempel dan tidak smudge (untuk saya, hasil dapat berdeda-beda di tiap orang)
(+) tidak bikin iritasi, alergi atau breakout di saya

(-) agak lengket

Repurchase? ya, selama saya masih suka memakai eyeliner pensil
Recommended? ya, untuk kamu yang mencari eye base murah meriah

Makasih untuk kalian yang udah baca review ini!

Udah pakai eyeshadow & eyeliner, lalu kedip-kedip centil




4 komentar:

  1. ak belom pnh nyoba viva eye base, biasanya pke aubeau, merek lokal jg. lbh murah viva yak, lbh gampang lg dicarinya. wardah jg pnh pke (yg 1 paket ma concealer) tp gasuka, eyeshadow ttep kurang cetar warnanya n concealernya gagal total pdhl lbh mahal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, jadi penasaran sama aubeau.. udah sering baca reviewnya, katanya memang bagus tapi aku nggak tau di mana beli aubeau di semarang hehehe..
      thanks udah mampir & sharing..

      Hapus
  2. Salam kenal mbak,,
    Saya juga beli eye gel ini tapi baru dicoba sekali trus ga pernah dipakai lagi,, ga pernah pake eye shadow soalnya.( jadi kemarin beli buat apaan yak?) *bingung sendiri*
    Pertama diolesin agak adem rasanya, tapi koq gak merasa lebih lembab ya?,, saya biasanya oles pakai emc kalo pas inget atau pakai pelembab sekalian,, tapi pas pakai gel ini eye shadownya ttp gak awet,, knp ya? Apa krn pas habis oles eye gel trus ketimpa pelembab? (wkt itu saya kebablasan oles pelembab smp mata krn sdh terbiasa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak..
      eye base gel ini memang bukan eye cream yg fungsi utamanya untuk melembabkan area mata. tapi tetep mengandung pelembab juga sebenernya..
      oh, apa mungkin nggak terasa lembab krn mbak udah biasa pakai emc atau pelembab untuk daerah mata? hehe..

      iya, mungkin kerja eye base nya jadi nggak maksimal karena ditumpuk pelembab lagi..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah