Senin, 16 Juni 2014

DIY Makeup from Your Kitchen

Halo..


Di luar negeri, kosmetik DIY dari bahan makanan adalah hal yang sangat lazim, karena masyarakatnya banyak yang aware terhadap cosmetic ingredients. Di Indonesia mungkin masih banyak di-judge karena umumnya orang beranggapan bahwa bahan makanan tidak bisa ditemplokin ke kulit. Banyak juga yang menyamakan  kosmetik DIY dengan kosmetik abal-abal. Semua yang tidak punya merek, tidak dibuat di pabrik besar, atau terbuat dari bahan-bahan murah dianggap abal.

Kosmetik DIY jelas beda dengan kosmetik abal-abal. Kosmetik DIY dibuat untuk dipakai sendiri, tidak dijual. Karena dipakai sendiri, tidak mungkin pembuatnya menggunakan bahan-bahan berbahaya meskipun murah -- kecuali jika dia kepingin mati.

Kosmetik abal-abal dibuat oleh orang tidak bertanggungjawab menggunakan bahan-bahan murah yang berbahaya, lalu dijual ke masyarakat. Seorang pembuat kosmetik abal-abal tidak mungkin membeberkan bahan dan proses pembuatannya, itu namanya bunuh diri. Dia mungkin tidak mau menggunakan kosmetik buatannya sendiri karena menyadari itu berbahaya.

Jika saya membuat kosmetik DIY, sudah pasti saya menggunakannya sendiri karena saya tau itu aman. Kalo nggak aman mana berani saya pakai, ngapain saya share di blog? Hehehe.. berikut ini adalah hasil keisengan saya membuat makeup DIY. Jika tidak berkenan di hati jangan dihujat ya..


DIY Moisturizing Lip Color


Bahan yang diperlukan adalah pewarna makanan dan madu. 


Pewarna makanan yang saya pakai sebetulnya adalah pasta stroberi. Mereknya "Pesawat Angkasa".
Ingredients : perisa stroberi, gum arab, minyak nabati, air, pewarna karmoisin Cl 14720, tartrazine Cl 19140.

Perisa stroberi disini tentu bukan dari stroberi asli ya.. Perisa untuk makanan diperoleh dari bahan-bahan kimia yang punya aroma identik dengan buah-buahan. Kok bisa? Ya karena para ilmuwan sudah meneliti ekstrak buah-buahan dan mengidentifikasi zat kimia apa aja yang menyebabkan aroma khas itu. Oleh industri pangan, zat kimia tersebut dimanfaatkan untuk membuat aroma. Jadi cuma zat aromanya saja yang dipakai, tanpa menyertakan seluruh ekstrak buahnya.


Perisa stroberi = hanya zat penyebab aromanya, bukan seluruh ekstrak buahnya

Untuk aroma stroberi misalnya, biasanya berasal dari amyl acetate, amil butyrate, butyric acid, cinnamyl valerate, ethyl propionate, ethyl butyrate, maltol, dsb. Tidak usah paranoid dengan zat kimia pangan, karena yang kita makan sehari-hari sebenarnya mengandung zat tersebut. Jika kalian pakai pewangi alami untuk makanan (misalnya strawberry asli), pastinya juga mengandung zat-zat yang saya sebut tadi.

Gum arab berasal dari getah pohon acacia, kandungannya yaitu glikoprotein (gabungan antara karbohidrat & protein) dan polisakarida (karbohidrat kompleks). Sifatnya edible (dapat dimakan). Kegunaannya adalah sebagai emulsifier, stabilizer, dan pengental untuk pewarna makanan, permen karet, es krim, dll. Tidak hanya untuk makanan, gum arab juga digunakan untuk pembuatan tinta, cat air dan berbagai cat lainnya.

Sudan gum arabic: Gum arabic is seen on an Acacia trees
Gum arab sebagai pengental dalam pasta stroberi berasal dari getah pohon acacia

Saya sebenarnya kepingin beli pewarna makanan merek "Koepoe-koepoe" seperti yang dipakai Hatta Shani untuk DIY lip stain. Warnanya merah cabe, cakep banget deh merahnya dan kayaknya nggak ada wanginya. Tapi merek itu susah didapat di sini, jadilah saya pakai "Pesawat Angkasa" ini. Harganya 5 ribuan isi 60 ml (banyak banget nih, lumayan buat bikin kue sekalian). Dulu saya pernah punya essence frambozen, tapi rasanya pahit & perih di bibir karena ada ethyl alcohol.

Untuk perisa stroberi ini saya tambahkan madu supaya ada fungsi melembabkan & menutrisi bibir. Warnanya jadi kurang keluar, tapi nggak apa-apa, yang penting bibir nggak kering. Rasanya pun jadi yummy!

Caranya? Mudah sekali, cukup campurkan pasta stroberi dengan madu, perbandingannya sekitar 1 : 3. Aduk.

Pewarnanya cukup segini


Tambahkan madu, pewarna : madu kira-kira 1 : 3


Aduk dengan tusuk gigi

Selesai! Warnanya ada hint pink. Karena pakai madu, jadinya nggak vibrant seperti kalo mengoleskan langsung ke bibir (tanpa madu), perlu beberapa kali oles supaya warnanya keluar.Tapi yang saya suka, lip color ini terasa lembab di bibir dan manis! Ada efek glossy alami dari madu. Kalo mau matte, tinggal ditap-tap pakai tissue. Warnanya pun cukup awet.

Sudah jadi


Boleh disimpan, tapi sebaiknya di kulkas

Jika tidak habis dalam sekali pakai, boleh disimpan di kulkas. Satu kali ramuan masih boleh dipakai untuk seminggu karena madu sendiri juga bersifat antimikroba, bisa jadi pengawet alami.

Cara pakainya dicolek dengan cotton buds 


Oles-oles ke bibir

Masih merasa takut pakai pewarna makanan untuk bibir? It's ok.. tapi coba deh dibandingkan ingredientsnya dengan lip tint, lip gloss, dan liquid lipstick yang kalian punya, lebih banyak mana bahan kimianya? Hehehe..


DIY Blush On

Banyak orang yang mengeluh breakout atau mengalami gatal-gatal di pipi setelah mencoba blush on merek tertentu. Setelah itu merek atau harga blush on nya yang disalahkan, hehehe.. Mereka bisa bilang "Blush on murah sih, makanya jadi begini" dsb. Banyak yang tidak menyadari bahwa bahan dalam blush on yang menyebabkan breakout adalah golongan silikon, turunan minyak bumi, bismuth. 

Silica, mica, aluminium silicate, dimethicone itu hampir sama, semuanya golongan silikon. Beberapa orang tidak cocok dengan mereka, apalagi yang acne prone & kulitnya sensitif. Talc juga mengandung silikon lho. Bahan turunan minyak bumi yang sering ada di blush on misalnya mineral oil, microcrystalline wax, petrolatum. Bismuth itu sejenis mineral, sering ada dalam varian makeup mineral (dan setahu saya, makeup mineral biasanya nggak murah).

DIY blush on mungkin bisa jadi alternatif yang murah meriah untuk kalian yang tidak cocok dengan bahan-bahan tersebut. Juga bisa jadi alternatif matte blush on, soalnya ini nggak mengandung shimmer.

Bahan yang diperlukan cukup tepung maizena, pewarna makanan, dan air. Bebas silikon, turunan minyak bumi, dan bismuth!


1. Campurkan pewarna makanan dengan air (perbandingan 1 : 2), tambahkan tepung maizena sedikit. Aduk hingga rata dan mengental.

Cukup segini


Tambahkan air, pewarna : air perbandingannya 1 : 2


Tambahkan sedikit maizena, aduk dengan tusuk gigi sampai rata & mengental

2. Tambahkan lagi tepung maizena sehingga warnanya menjadi lebih muda dan powdery. Jika mau aksen coklat, bisa ditambah cocoa powder. Jika mau agak oranye, ditambah bubuk kunyit sedikit.

Tambah maizena lagi supaya warnanya lebih kalem & powdery


Tambahkan cocoa jika suka (supaya warnanya agak coklat)


Aduk rata, keringkan dulu atau langsung pakai

3. Blush on sudah jadi, bisa langsung digunakan atau boleh juga ditunggu sampai kering sempurna. Saya lebih suka dikeringkan dulu. Bisa pakai kipas angin (eh, tapi kecil aja & dijauhkan, nanti terbang kemana-mana), dijemur juga boleh, masukkan ke microwave bisa.

Jika nggak dikeringkan, sebaiknya penyimpanannya di kulkas, untuk 2 minggu masih layak pakai. Jika kering, juga sama 2 minggu tapi nggak perlu di kulkas.

DIY Brown Eyebrow

Yang ini lebih gampang lagi! Tinggal oleskan cocoa powder ke alis dengan brush yang tepat. Hasilnya tampak natural, tapi untuk ketahanan? Harap maklum, cepat pudar jika tergosok.

Alternatif eyebrow warna coklat

DIY makeup lainnya, pasti udah tau kan ya.. Yang paling sering muncul di Google adalah 

DIY Face Powder

Saya juga pakai, bahannya cuma tepung maizena. Resep-resep DIY face powder biasanya ditambah cocoa powder, kayu manis, kunyit, bubuk pala supaya warnanya sama dengan warna kulit. Tadinya saya juga pakai bubuk-bubuk itu. Tapi eh ternyata sama aja, hasilnya tetep translucent di muka. Jadi ya udahlah, langsung maizena aja ditemplokin di muka, toh sama-sama translucent hehehe...

20130104-220621.jpg
Yang di Google biasanya dikasih warna

Saya pakai maizena aja lah, hasilnya sama-sama translucent kok..

Bedak dari maizena tidak membuat kulit kering makin kering (saya sudah membuktikan), oil controlnya juga sangat bagus (kata orang-orang yang sudah mencoba & share resepnya). Tapi, bedak maizena akan terlihat kurang bagus jika kulit sedang mengelupas, gradakan, dan bruntusan karena akan kelihatan jelas karena no coverage.

Bedak terbaik untuk semua umur (bayi hingga dewasa) sebenarnya adalah bedak yang berbahan dasar corn starch alias tepung jagung. Namun seperti yang kita ketahui, talc mendominasi berbagai merek bedak. Talc sebetulnya bukan bahan yang buruk (tidak benar-benar buruk sih), tetapi salah pemakaian bisa menjadikannya berbahaya bagi kesehatan. 

Talc (hydrous magnesium silicate) dapat mengiritasi mata. Juga sangat irritant bagi hidung, tenggorokan dan paru-paru jika terhirup. Akibatnya bisa batuk, bahkan kesulitan bernafas, bronchitis, phlegm. Talc diperoleh dari mineral yang ada di alam, seringkali batuan yang mengandung bahan talc juga tercemar oleh asbestos (chrysotile, tremolite, anthophyllite). Asbestos bersifat human carcinogenic. 


Talc yang mengandung asbestos bersifat carcinogenic
Bisa menyebabkan kanker jika terakumulasi dalam paru-paru, wah.. serem!

Beberapa orang sensitif terhadap silica dalam talc sehingga mengalami iritasi, alergi atau breakout. Bedak yang berbahan dasar corn starch adalah solusinya. Namun, soal hasil memang beda. Bedak berbahan corn starch umumnya tidak bisa memberikan hasil makeup yang flawless dengan coverage yang baik, namun oil controlnya lebih baik daripada talc.

Di Indonesia sulit sekali memperoleh bedak yang pure corn starch, mungkin takut nggak laku ya.. hehehe soalnya orang Indonesia suka bedak yang menawarkan efek flawless. Ada bedak yang mengandung corn starch (misalnya bedak Marcks) tapi masih ada talc juga. Sebenarnya kulit saya no problem dengan talc, tapi sistem pernafasan saya yang suka protes. Sejak awal tahun ini, saya selalu bersin & tenggorokan gatal jika terkena talc, padahal udah hati-hati. Bahkan saya apply loose powder juga pakai spons TWC supaya partikelnya nggak terbang kemana-mana (meskipun sering dibilang salah kaprah karena pakai spons TWC). Nah, untuk kalian yang bermasalah dengan talc, jangan takut mencoba corn starch asli (maizena).

Ini foto saya memakai DIY makeup

 
Kiri : sebelum
Kanan : sesudah

Sekian post hari ini. Semoga bermanfaat..

Referensi :


109 komentar:

  1. pengen buat blush on sendiri hehehe.. beli males... ada tuh fin touch 4ribuan punya viva, no 4 semi orange bagus kyknya, tp susah jg dicari disni kyknya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin..
      viva fin touch oke tuh, matte & warnanya keluar. aku pernah punya tapi ilang hehehe.. sayang banyak di-judge karena harganya murah & wanginya tajam. padahal kalo murah kan wajar soalnya isinya dikit banget & kemasan seadanya

      Hapus
  2. Lintang pernah coba nyampur tepung maizena dgn zinc oxide buat sunscreen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada niat bikin, tapi nanya ke toko kimia zinc oxide harus beli minimal sekilo. banyak banget, padahal perlu cuma dikit.. nggak jadi beli deh hehehe

      Hapus
  3. waahhhh percobaan buat mggu depan : diy blush on, thankies lintang jd pnasaran hasilny gmn hihi <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. siipp, ayo Shani bikin juga, gampang banget ini hehehe..
      oke sama-sama..

      Hapus
  4. hah serem bgt talc ternyata!! untung ane gk pernah pke bedak
    eh pernah ding wktu bayi fufufu
    pdhal cewe klo bedakan biasanya ada sedikit yg terhirup yak. adek ane jg sering batuk2 pas bedakan, kudu disuruh ganti ke maizena neh. thanx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. seremnya kalo terkontaminasi asbestos dari batunya.. aku beralih ke maizena gara2 tenggorokan sering gatal habis bedakan. kayaknya talcnya nyangkut disitu haha.. semoga belum nyampe paru2.

      dikasihtau aja adekmu, tapi belum tentu mau lho, soalnya maizena ini nggak nutup apa2, cuma mencegah kucel aja. oke, sama2..

      Hapus
  5. aku juga pake maizena~ kulitku acne prone. walaupun coveragenya poor tapi oil controlnya bagus, dan kulitku lebih seneng dipakein tepung jagung ini daripada talc :).
    lagipula aku lebih suka makeup dekoratif trutama lipen daripada macem foundation, bedak dll hoho
    keep posting lintang :)
    aku jd makin seneng sama DIY gegar dirimu nih, tapi belum sempet posting :D
    tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. oil controlnya oke banget. maizena lebih ringan daripada talc, katanya bagus buat kulit yg sering bermasalah
      aku juga gitu, kurang suka sama foundation, bedak & sejenisnya
      asiikk.. ada lagi yg keracunan DIY hehehe
      makasih Ica..

      Hapus
  6. coba lipstainnya warnanya ke orange2 an. orange+ stroberi pasti seger deh mba.. tp wanginya itu bikin pusing kek nya kl dicampur, koepoe koepoe bagus tuh.. disini banyak tp ga merhatiin warnanya sih, cari ditoserba gede-an dikit / c4 ada kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. sebenernya aku ada pasta jeruk di rumah, tapi wanginya kok tajam bener. aku nyari koepoe2 di berbagai toko, ada di superindo tapi adanya yg ijo (lip stain ijo kayak apa ya? hehehe)

      Hapus
  7. baca post yg ini langsung takpraktekkin. uda lama aku nyari2 diy blush on, browsing2 ada yg pake beet powder. walah di tempatku susah bener nyari beet, di supermarket sering kosong. lagian males ngolahnya jd tepung wkwkwk
    blush onku takkeringin deket api lilin.kebanyakan pewarna kyknya tp bagus malah pigmented ini pipi jd merah merona hohoho
    lanjut truss bikin diy nya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku penasaran sama beet.. bisa juga buat lip stain tapi warnanya cuma fuchsia. oke tuh buat blush on tapi sayang pipiku nggak cocok dikasih warna fuchsia, apa dikasih cocoa juga ya biar bagus

      hehehe.. berarti sukses dong bikin blush onnya. hati2 jangan ketebelan pakainya
      siip.. makasih ya

      Hapus
  8. di indonesia bnyak blog review kosmetik tp ga tlalu bnyak diy pdhl orang2 qt banyak yg suka diy. eike dah nyobain smua skincare hsl karyamu, termasuk yg storm (ihiyy storm) cucok bgt dehh. bedak maizena okey bgt, skrg eike uda ninggalin tu yg namanya foundie bbc twc
    cukup skincare+maizena lbh sehat cyiinn~
    mo nyoba lip colornya, eike pake liptint suka kering ni bibir dan iyaa bnyak bhn kimianya muehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku dari dulu juga udah suka diy, banyak blogwalking ke blognya orang luar & youtube.
      hehehe.. baguslah kalo cocok

      iya, makin sedikit layer di muka kita makin sehat tuh kulit. kalo udah sehat nggak butuh banyak coverage lagi

      yuk dicoba.. wah sayang banget, mending ditumpuk madu sekalian lip tintnya biar moisturizing

      Hapus
  9. Mbak Lintang pinter banget deh (yaiyalah udah S2), rajin searching ini itu trus bagi-bagi intinya disini. Makasih banyak ya :* muaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. udah S2 bukan jaminan pinter lho. siapapun, apapun pendidikannya juga bisa, asalkan ada niat. dan kebetulan aku itu orangnya niat buat searching
      oke sama-sama.. hihi

      Hapus
  10. Asiiik ada tepung jagung dirumah nih.. bs dipraktekin ntar campur cocoa... :D
    Baca post mbak lintang manggut2 dapet ilmu baru :)

    Oh ya mbak pake sunblock masih parasol ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah ada pembaca yg komen di blog ini, katanya maizena bagus lho buat setting BB cream. dicoba aja..

      iya, aku masih setia sama parasol, nggak berani ganti yg lain hehehe..

      Hapus
    2. Bagus yaaa... :))
      boleh dicoba nih, setelah pake bb cream dipakein maizena :D


      Maaf mbak agak oot sama post yg mbak bikin... sy bingung pilih sunblock antara ristra spf 17, acnes uv tint sama parasol ini kira2 bagus yg mana ya?

      Makasi

      Hapus
    3. yuk dicoba, hehehe..
      kalo soal ringan (apalagi untuk kulit oily), acnes uv tint unggul, tapi ada warnanya, hasilnya matte. parasol recommended buat kulit kering. aku belum pernah nyoba ristra tapi katanya hasilnya matte, nggak bikin muka berminyak. isinya dikit tapi lebih mahal dari 2 merek di atas

      Hapus
    4. sip makasi mbaaak, mungkin saya coba parasol aja... :D

      bikin diy bb/ foundie dong mbak :D hehehehe...

      Hapus
    5. selamat mencoba..
      aku lagi coba2 racikan yg pas buat liquid foundie tepung, susah ternyata, jadinya malah mirip masker hehehe..

      Hapus
  11. kalo lip stain aku udah lama banget pake food colorants, pake merk koepoe2 pasta yg strawberry, tp sebelomnya pake lipbalm dulu.. Kalo bedak biasanya pake tepung beras buat sehari2, lumayan ngurangin chemical dan efeknya jg bagusss heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang udah umum kok pewarna makanan untuk lip stain, tapi kenapa masih banyak (orang indonesia) yg nge-judge ya, hehehe..
      sebagai bedak tepung beras hampir mirip maizena ya efeknya.. kalo aku suka tepung beras untuk maskeran, adem gitu rasanya

      Hapus
    2. wadahnya itu pakai apa sih? ak ga puny cup2an mini kyk gt sayangnya :( itu bkin blush onnya kan rada basah tu maizenanya, dijemur dlu ya?

      Hapus
    3. aku beli jar mini itu di toko pernak-pernik, 6 ribu dapet 2 jar + spatula + botol semprot kecil.
      iya, dijemur dulu.. kalo lembab agak susah ditempelin ke pipi

      Hapus
  12. di gugel kan ada penjelasan ngasih bedak ke rambut biar ga lepek, ak coba bedak merk X eh rambutku kyk kena abu vulkanik.. kasar gt dan kayak kekikis texturnya (?) wkwkwkw..
    ak pake bedak johnsons ga sih.. lembut di rambut.. itu kenapa yah? talcnya beda??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. itu talc nya emang beda. yg di bedak bayi (apalagi merek lisensi) talc nya free asbestos, biasanya emang lebih lembut

      Hapus
  13. mbak Lintang, mau nanya nih tp out of topic hehe gapapa kan?
    sy kan rambutnya lg rontok ya, gatau nih penyebab rontoknya apa. kayaknya sih ketombe. soalnya sy gak ganti shampoo trs rambut sy masih virgin gak pernah diapa2in. nah sy kepikiran untuk bikin diy hair tonic gt. bisa gak sih mba? pake sari kacang ijo, sari bayem, cuka apel, atau sari wortel gt? kalo bisa, perlu ada bahan kimia2 gt gak mba?

    makasih mbaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa2..
      itu bahannya udah bagus tuh, apalagi cuka apel oke banget buat ngilangin ketombe. bisa buat hair tonic, nggak usah ditambahin bahan kimia apa2.

      aku sekarang lagi nyobain hair tonic dari kacang ijo+pandan+seledri, secara teori itu kan bagus buat menguatkan rambut, tapi belum ngefek.. kayaknya efeknya bakal lama

      oke sama2..

      Hapus
    2. kalo sama cuka anggur efeknya bagusan mana mba? mba pake diy tonic itu udh berapa lama? rambut mba jg rontok kah? yahh kalo efeknya lama jg males yah, ntr rambut udh keburu abis deh mba hehe:)

      Hapus
    3. wah kurang tau, belum pernah nyobain cuka anggur..
      baru 1 minggu nyoba diy toner ini. rambutku rontok karena patah, biasanya patahnya sekitar 10 cm. nah sampe sekarang masih sama aja, belum ada perubahan hehehe..tapi masih penasaran bisa ngefek apa enggak

      Hapus
    4. oh gitu ya mba... mau nanya lagi, itu bahan2nya kayak kacang ijo, sm seledrinya direbus trs diambil airnya atau diblender gt ya mba? hehehe makasih mba:)

      Hapus
    5. oiya mba ketinggalan. kalau beginian dipake kapan aja boleh gak ya? atau harus sesudah keramas pas rambut masih agak basah?

      Hapus
    6. kacang ijonya direbus sama pandan, kacang ijo+airnya+seledri diblender, disaring.. aku pakai habis keramas, pas rambut masih setengah basah. berarti 1x sehari. kalo rambut udah ering, susah pakai toniknya. paling ya dimasukin botol spray, dijadiin hair mist biar bisa dipakai kapan aja..

      Hapus
    7. sy udh bikin nih mba. pake kacang ijo, seledri, sm lidah buaya. sy blender trs saring pake saringan teh. trs pas sy pake rambut jd nyatu2 gitu agak kusut. sy pakenya pas rambut dlm keadaan kering. pas udh kering di rambut, di batang rambut jd ada residu putih2 gt mba. apa sy kurang nyaringnya? atau gara2 sy make pas keadaan rambut kering? makasih mbaaa

      Hapus
    8. lidah buaya memang bikin rambut nempel, kalo putih2 itu dari kacangnya..
      aku kalo pakai tonik setelah keramas pas rambut setengah basah, trus cuma di kulit kepala aja, nggak sampai diusap2 ke rambut (tapi rambut juga kena sih).

      ada lidah buaya berarti tetep harus kena di rambut, menurutku lidah buaya bagusnya jadi masker rambut aja biar rambut nggak nempel/kusut..

      Hapus
    9. mba Lintang, beberapa hari yg lalu sy udh pake cuka apel tp buat bilasan abis keramas. eh lah kok malah tambah banyak rontoknya. ajadi deh saya pake buat tonic. saya kd pengen pake jeruk nipis aja deh dijadiin hair tonic. katanya vitamin c bisa menghilangkan ketombe ya? murut mba gimana? trs mendingan jeruk nipis/lemon? tia

      Hapus
    10. mungkin rambutmu nggak cocok sama yg asam2.. iya, air jeruk nipis/lemon/belimbing wuluh bagus buat ngilangin ketombe.
      kadar vitamin C lemon lebih banyak dari jeruk nipis (kira2 50% lebih banyak) jadi mendingan lemon deh
      tapi kalo rambutmu nggak kuat asam, sebaiknya diencerkan dulu pakai air

      Hapus
  14. biasanya hair tonic gt ada kommposisi capsaicin,, apa ya zat cabe gt, bagus buat rambut.. andai aja dijual bebas. pakai itu + aloe gel + minyak essensial jeruk biar seger . mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak lho yg jual, coba ke bagian bumbu supermarket/pasar. cabe jawa/cabe jamu dijual dalam bentuk kering/bubuk. biasanya buat bumbu gule.
      agak hangat sih kalo kena kulit, hehehe... tapi manfaatnya bagus

      Hapus
  15. Susah nyari madu mawar d bandung, udah ngubek hehe biar mucer sih krn bagiku madu mnjdi bhn utama skincare ^^

    Thanks to diy nya sy jd pnya tmn ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya cuma ada di semarang & sekitarnya deh hehehe.. aku juga suka madu buat skincare
      sama-sama.. ternyata banyak ya yg suka diy

      Hapus
  16. Halo mbak Lintang mau nanya aja nih, aku dulu pernah baca DIY foundation / bb cream pake corn starch dan pernah nyoba, tapi pas diaplikasikan jadi kering dan malah pecah2. Ada ide ga gimana bikin foundation/bbcream dari corn starch? Soalnya kan boleh juga bbcream murah meriah xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo..
      aku dulu juga pernah nyoba liquid foundation yg dari corn starch. iya nih gagal..malah jadi kayak masker

      apa mungkin tepungnya jangan corn starch ya.. corn starch, tapioka, tepung beras karakteristiknya hampir sama. salah satu resep yg aku baca pakai arrowroot powder (disini mana ada). setahu aku tepung yg nggak mengeras itu terigu. besok ah mau nyoba hehehe..

      Hapus
  17. Halo mbak Lintang. Aku cuma mau nanya nih kira-kira mbak pernah bikin foundation/bbcream diy dari corn starch ga? Aku pernah ikutin resep DIY dari blog luar tapi kok waktu diaplikasikan jadi pecah-pecah gitu ya di wajah, jadi malah kae pake masker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. liquid foundation yg pakai corn starch itu juga aku modif. aku kasih ragi (fermipan), malah banyakan raginya daripada maizena soalnya ragi gampang diblend di kulit & nggak menyebabkan efek masker. dikasih cocoa dikit biar ada warnanya. tapi nggak usah difermentasi, setelah adonan jadi langsung oles ke muka.

      memang lebih gampang diblend tapi masih tetep ada efek masker dikit. begitu kering langsung diusap pakai kapas kering/tissue. jadinya malah kayak pakai bedak, matte banget gitu hehehe..

      mau aku buat post nya di blog takut menyesatkan, soalnya hasilnya masih kayak masker (dan bau raginya nggak enak banget karena belum difermentasi)

      Hapus
    2. weh baru sadar ngepost 2x *tutup muka*

      iya nih arrowroot powder ga ada yang jual disini, kudu impor dan itu mahal, jatuhnya sama aja walo lebih aman sih, tp kan rempong juga ujung2nya. kalo dikasih ragi ntar yang ada orang2 nyingkir semua hahaha.

      aku udah pernah nyoba dicampur face oil tp malah teksturnya kepisah2, jadi kae bintik2 putih cokelat gitu malah walaupun ga berubah mengering kae masker. jadi bingung juga kudu dicampur apalagi xD

      Hapus
    3. arrowroot powder itu ternyata tepung ganyong. di tempatku jarang dijual juga, kadang nemu di pasar yg segar (bisa sih bikin tepung sendiri tapi repot). hehehe.. bau ragi itu aduhai banget kalo nggak difermentasikan, padahal udah dikasih cocoa

      corn starch nggak bisa klop sama minyak. apa mungkin lebih baik diganti terigu.. jadi penasaran

      Hapus
    4. oalah tepung ganyong. nyahaha kirain cuma ada di luar taunya umbi2an yang ada disini juga ==a;;;

      kemaren udah nyoba pake tepung sih, lembut tapi waktu diaplikasiin dia menggumpal gitu macem daki di badan xD mbak lintang kalo sukses sharing2 yaaaa :D

      Hapus
    5. hehehe.. iya, aku juga baru tau dari sarri yg komentar disini.
      aku juga udah nyoba terigu, iya tetep menggumpal, bingung nih hihihi.. aku sedang mencoba-coba racikan yg pas, misalnya berhasil nanti aku share

      Hapus
  18. wah, nice kak. seneng banget sama resep diy kayak gini......
    udah kayak blognya orang luar aja nih....

    keep posting ya....



    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Ranny.. hehehe ternyata banyak orang Indonesia yg suka diy
      selama ini juga aku baca yg ditulis orang luar, jarang yg indonesia

      oke siipp..

      Hapus
  19. mbak Lintang,
    Di Indo ada kok arrowroot powder, itu kalo di bahasa-in namanya tepung ganyong, hehe.. Coba aja kalo ke pasar tanya2 atau kalo ke supermarket ada tepung makanan bayi merknya Gasol dia ngeluarin Arrowroot powder

    BalasHapus
    Balasan
    1. oalah.. tepung ganyong toh.. hehehe thanks infonya
      tapi di tempatku juga susah nyari tepung ganyong, kalo di jawa tengah yg agak selatan banyak dijual
      kalo ada ganyong pun, disini nemunya yg segar. bikin tepungnya sendiri bisa sih tapi aku males hihihi..

      Hapus
  20. Klo pewarnanya langsung dioles ke bibir & pipi kyk lip&cheek stain apa ga boleh mba? Kan lbh praktis, ga usah dicampur apa" XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. di google banyak resep yg gitu, pewarna makanan tanpa ditambah apapun langsung dioles ke bibir & pipi.

      aku baca artikel di www.prevention.com (tapi lupa linknya) pewarna makanan biru (brilliant blue) bisa meresap masuk ke pembuluh darah terutama jika konsentrasinya tinggi. walaupun ini bukan brilliant blue, tetep aja aku takut kalo dipakai langsung. makanya aku campur dulu deh sama madu (untuk bibir), dan tepung (untuk blush on). meskipun jadinya nggak pigmented, yg penting aku tenang memakainya hehehe..

      Hapus
    2. aku jg ga brani pewarna makanan dioles langsung ke bibir, sebelumnya aku oles evoo dulu kak. jd lembab bibirku. utk cheek stain klo lgsung diapply di pipi cepet bgt meresap. aku sering telat ngeblend jd dot2 merah gtu pipiku, kek kena cacar LOL. kemarin aku coba campur ke tepung beras, ok juga hasilnya :)))

      Hapus
    3. dikasih evoo bagus juga tuh. aku suka evoo untuk pelembab bibir, sayangnya teksturnya nggak nyatu sama pewarna.

      haha.. memang gitu kan, kalo nggak buruan diblend bisa keburu menetap itu warnanya. tepung beras & maizena kan hampir sama teksturnya, sip deh..

      Hapus
  21. kalau diy blush on dipake in alkohol supaya ngeras gmn tuhh ka? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, itu tips untuk memperbaiki blush on/compact powder yg retak. tinggal dicampur alkohol 70%, aduk, dipadatkan, tunggu kering. nanti mengeras sendiri. tapi syaratnya ingredientsnya harus talc.

      Hapus
  22. Siapa bilang DIY make-up itu abal2? Belum pernah denger ada yg bilang gitu. Aku kalau banyak waktu dan energi (alias nggak males + lagi nggak sakit2an) juga pengen rasanya bikin-bikin begini. Jelas aman dan nggak mahal.

    Btw, aku tertarik sama si maizena itu, Lintang. Soalnya bedak kan termasuk makeup yang dipakai setiap hari di seluruh muka, kayaknya lebih oke kalo dari bahan makanan yang aman. Tapi baca-baca banyak yg bilang dia oil controlnya bagus, yang kayaknya berarti lebih cocok buat kulit berminyak ya? Kulitku kering. Aku dulu pernah pakai Marck's, tapi berhenti gara-gara bikin kulit tambah kering dan bikin dry patch-ku makin keliatan aja. Lintang pernah pakai Marck's nggak? Itu sama maizena ngeringinnya sama nggak si?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada lho mbak, orang2 di facebook.. mungkin mereka kurang gaul ya. taunya cuma fb, nggak pernah googling hehehe

      maizena bisa untuk kulit kering. aku pernah baca di 1 website katanya maizena bisa menjaga kelembaban. sayangnya maizena bisa memperjelas dry patch & jerawat. sebelumnya aku pakai bedak marcks, memang bikin kering gara2 ada salicylic acid. untung maizena nggak bikin kulitku kering..

      Hapus
  23. Lintang mau tanya, kenapa face powdernya blush on nya cm tahan 2 mingguan krglebih? Kok g ikutin kadaluarsa si maizena gitu? Hehe sorry for a dumb question ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya mengandung air, bikinnya kan dikasih air (pewarnanya juga ada airnya). walaupun udah dikeringkan tetep tinggi kadar airnya (dibandingkan tepung maizena asli)

      oya, tepung maizena aja juga gampang menyerap uap air, kalo udah dibuka, umur simpannya nggak mencapai tanggal kadaluwarsa yang tertulis di kemasan

      Hapus
  24. Halo mba Lintang, mau tanya.
    kalo lip stain nya dicampur air aja, kira2 boleh disimpen brapa lama ya mba? kmaren nyoba pake madu, tapi jadi muncul jerawat deket mulut sama bruntusan sedikit. Takutnya alergi madu, jd kuberhentiin hehe. Itu alergi bukan ya mba? Sayang soalnya madunya kalo ga diminum hehe..

    Thankies mba. Keep posting ya, seneng baca resep2 DIY disini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo..
      dicampur air aja idealnya untuk 3 hari, biasanya produk DIY yg kandungan airnya tinggi (tanpa dikasih pengawet) kualitasnya udah menurun dalam 3 hari, apalagi ini kan buat dioles ke bibir.
      oh, betul alergi madu tuh, sebagian orang memang alergi bee product

      sama2.. makasih yaa hehehe

      Hapus
  25. Kak, kakak anak farmasi yah? :D *salah fokus*
    Eh kak, untuk blush on nya bisa dibuat compact pakai alkohol nggak ya? Soalnya kalo powder gitu susah dipakenya.
    Lain kali coba buat DIY eyeliner dong kak hehe
    Thank you ^^

    patricialize.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bukan.. aku kuliah di jurusan peternakan
      aku pernah nyoba maizena+pewarna makanan+sedikit air+sedikit olive oil+alkohol, hasilnya bisa padat sih.. waktu keringnya juga padat tapi sama sekali nggak keluar warnanya hihihi..

      diy eyeliner aku udah nyoba dari tablet activated carbon, nggak nempel juga di mata. ntar deh aku utak-atik dulu sampai bisa dapat ramuan yg tokcer
      sama-sama..

      Hapus
    2. Yah salah xD
      Oo gitu ya kak. Berarti memang sejauh ini kalo DIY products gitu jarang bisa dibuat compact yah. Kalo DIYnya orang luar juga masih powder sih .__. Yaudah deh nanti cari container buat powder hehe
      Oke kak ditunggu ^^ ngomong2 kalo tablet activated carbon itu cari dimana kak? Sama charcoal beda kah?

      Hapus
    3. tepung tumbuh2an memang susah dipadatkan, kalo talc sih gampang. padahal sebenernya praktis yg compact ya, gampang dibawa2 juga hehehe..

      oke siip.. tablet activated carbon merek norit, yg obat diare itu.. dijual di apotik. beda dengan charcoal. aku pernah liat di youtube, ada yg pakai tablet activated carbon buat bikin eyeliner, dikasih baby oil gitu. aku coba tapi nggak nempel..entah apanya yg salah

      Hapus
  26. Iya, kan enak gitu kak kalo bisa dibuat compact :D
    Oh gitu ._. Aku belum pernah liat yang pake carbon, coba cari ah :D Kalo activated charcoal disini ada gak sih kak? Namanya apa (kalo ada)? Pengen coba yang petroleum jelly campur charcoal, siapa tau bisa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul..kalo compact nggak berantakan waktu dipakai
      oh, activated carbon itu sama dengan activated charcoal (yg di tablet norit), kalo charcoal doang baru beda
      dicampur petroleum jelly kayaknya bisa, soalnya kan padat gitu hehehe..

      Hapus
  27. Aku barusan bikin lip tintnya hehe
    Karna kebanyakan bleber ke gigi wkwk
    Abis enak sih lembab gitu
    Kan ada madunya
    Ohya aku juga tambahin natur e gapapa kah ?
    Ini sih lebih bagus ketimbang liptint yang pernah aku beli
    Makasih ya sangat bermanfaat
    Jadi ngefans sama semua tulisanmuloh :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. aku juga sering sampai mbleber gitu bahkan tertelan, tapi suka soalnya manis sih.
      iya, dikasih natur e boleh, biar lebih maksimal moisturizing nya. wah keren dong kalo bisa lebih bagus dari liptint beneran..
      sama-sama, senang kalo bisa bermanfaat. makasih ya..

      Hapus
    2. Hehe
      Iya nih beneran bagos
      Kebetulan liptint ku lagi abis
      Ohya ngomong2 punya tips cara mudarin bekas jerawat gak ?
      Soal lagi ada masalah bekas jerawat nih T_T

      Hapus
    3. hehehe.. bisa ngirit dong kalo gitu
      bekas jerawat kalo di aku ilangnya karena dikasih toner storm (pakai enoki mushroom) & segala diy yg terbuat dari apel (masker, toner). pokoknya yg antioksidannya tinggi, itu cepet banget memulihkan bekas jerawat. jadi nggak sekedar bahan yg tinggi vit C & A aja.

      kalo orang2 pada menyarankan pakai bengkoang, tapi aku nggak cocok malah tambah kering kulitku. coba aja masker bengkoang, gampang bikinnya & murah meriah..

      Hapus
  28. Oke deh ntar aku coba coba
    Hehe
    Gak ada kepikiran bikin serum vit c ?
    kayaknya keren DIY serum vit c hehehe
    Ditunggu yak mbak lintang cantik ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip..
      temenku ada yg bikin serum vit c, dari isinya vitalong c (apa enervon c ya, lupa)+gliserin+air. kata dia sukses sih untuk meratakan tone kulit, udah 2 mingguan pakainya. tapi bekas jerawat dia emang bandel jadi masih belom ilang2 juga.

      kalo aku sebenernya lebih suka dari buah2an soalnya kandungan vitaminnya macam2, nggak cuma vit c.. tapi entar deh kapan2 aku nyoba (kalo temenku udah sukses) hehehe

      Hapus
  29. Hi kak Lintang :D Kenalin ak Intan
    Mau nanya yg tepung maizena buat face powder aman gak kak buat kulit oily + acne prone bgt kaya ak? -_-
    Setauku corn starch itu sama kaya talc gitu masuk mildly comedogenic. Nah trus gmn dong takut bikin breakout?? Kira kira tepung"an yg cocok buat acne prone skin apa yah? Makasih kak ditunggu balesanyaah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo intan..
      hehehe memang ada kok gosip corn starch itu comedogenic, biasanya ditulis di artikel2 yg sedang mempromosikan mineral makeup. udah jadi rahasia umum, itu strategi marketing belaka (sering juga nih dibahas di forum2 luar tentang acne)

      kenyataannya secara ilmiah malah corn starch & corn essential oil terbukti bisa mengatasi jerawat. misal di jurnal ini : http://www.hindawi.com/journals/bmri/2014/301304/ jagung (Zea mays) kaya akan asam linoleat & linolenat yg bisa mengobati jerawat

      yg di artikel ini :http://www.essence-of-mineral-makeup.com/zea-mays-cornstarch.html
      " Zea Mays is found in many skin care, anti-acne and anti-aging products. In addition to its absorption qualities, it contains high amounts of cell regenerating ingredients and anti-oxidants"

      begitulah.. jadi nggak usah takut pakai corn starch

      Hapus
  30. Kalau sy lebih suka pakai tepung garut mbak, belinya di Tepung pati garut MK-36 http://gms.hadeyazah.org/?p=4660
    Tepung maizena lebih sulit ngeblend nya tapi tepung garut gampang banget, coverage & oil control nya sama2 bagus. Malah menurut saya lebih bagus tepung garut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepung garut itu sama dengan lerut ya? di deket rumahku ada pemasok kue kering dari tepung lerut, jadi penasaran..
      tepung ganyong juga katanya bagus, tapi aku nggak nemu yg jual dimana.
      sekarang aku pakai bedak dari campuran tepung maizena+tepung beras+zinc oxide (untuk sunscreen), karena dicampur zinc oxide jadi lebih mudah diblend, tapi agak white cast hehehe..

      Hapus
  31. Kalau nggak salah, sama dengan larut, yg dipakai utk bikin kue semprit kan?
    Cara pakai bedak tabur yg ada zinc oxide nya bagaimana mbak, tahan napas selama dioeskan ke wajah ya? Katanya zinc oxide nggak boeh terhirup masuk ke paru2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg buat bikin kue semprit itu..
      kalo aku biasanya pakai spons twc, ditempelin ke kulit pelan2 sampai rata. bedak apapun aku nggak berani sampai terhirup (walaupun misalnya cuma maizena) soalnya tenggorokanku sensitif. aku sering dibilang salah kaprah apply loose powder kok pakai spons twc, ah biarin.. yg penting aman hehehe

      Hapus
  32. halo mbak lintang :)))
    aku udah nyoba DIY liptint dan hasilnya emang gak jauh beda sama liptint negara tetangga sebelah.
    tapi DIY liptint ini lebih manis + gak bikin bibir kering :D
    mana harga pewarnanya cuma 4rb udah bisa bikin DIY liptint berkali-kali, ahh syenangnyaaa...
    terima kasih mbak lintang :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo anastasia..
      kalo menurutku diy lip tint yg dikasih madu ini hasilnya kayak lip gloss, ada efek glossy nya, sedangkan untuk ketahanan warnanya nggak seawet lip tint bermerek (tergantung banyaknya pewarna yg digunakan sih)
      aku senang kalo ada yg bilang hasilnya kayak lip tint beneran soalnya ini kan murah banget hehehe..
      sama2..

      Hapus
  33. lintang, kalau tepung maizena dibanding dengan tepung beras bagus mana untuk jadi bedak alami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat oil control sebetulnya sama aja bagusnya. yg kulitnya kering lebih baik tepung maizena soalnya tepung beras lebih terasa kering di kulit

      Hapus
  34. ihhh keren banget mbak lintang. makasih banyak udah sharing ilmu.. aku udah follow blognya mbak lo, sering sering update DIY ya mbak :)

    mbak kalau tepung maizena tuh buat kulit kering bisa kan mbak? kuliku keriiing buanget eg mbak. udah beberapa bulan ini aku gak pakek bedak karena takut malah tambah bikin brekot,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe makasih ya mbak.. resep DIY pastinya akan selalu diupdate karena aku DIY mania
      iya, maizena boleh buat kulit kering. kulitku juga kering, so far maizena nggak bikin tambah kering soalnya maizena itu kan menyerap uap air. jeleknya cuma 1 : maizena memperjelas penampakan dry patch

      Hapus
    2. ohh gitu ya mbak, makasih banyak kalau gitu mbak infonya :)

      Hapus
  35. Mba Lintaangg... jadi loose powdermu cuma tepung maizenaa??warna putih gitu aja? Selama ini biasanya maizena atau tapioka cuma buat ngobatin kalo anak2 biang kringat. Tnyata bagus jg ya buat muka. Aku jd inget pernah order loose powdernya greenmommy shop tp ga tlalu suka karna butirannya gede2 dan agak ribet ngratainnya. Tp ku liat komposisinya memang ada corn starch jg dan tepung ganyong yg bsa buat sunscreen juga! Nih lengkapnya: Mix oxide, corn powder, , arrowroot powder, kaolin clay, rose essential oil, mica. Siapa tau mba Lintang mau eksperimen bikin loose powder yg lebih ciamik.
    Seneng bgt pas tau pewarna makanan koepoe warna merah yg ku beli buat bikin homemade playdough utk anakku tnyata jg bisa buat bikin liptint bundanya. Hihhi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya. tapi sekarang udah aku campur zinc oxide (10%) dan tepung beras juga selain maizena.
      tepung maizena juga butirannya gede2 & susah diratain (mungkin masih mending punya GMS karena ada kaolin clay & mica).
      aku nyari2 tepung ganyong & tepung garut nggak nemu2, padahal itu lebih oke buat loose powder
      hihihi.. iya, pewarna makanan bisa untuk lip tint

      Hapus
    2. Makasih yaaa..pencerahan bgt deh blogmu ini mba. Btw kalo bedak padatnya sariayu kira2 ada parabennya nggak ya?

      Hapus
    3. Ak liat tepung bubuk makanan MPASI merk gasol di toko pralatan bayi yg rada gede ,ada yg kcg ijo dll, klo soal tepung gasol , btw ada lo tepung ganyong yg merk gasol . arrowroot powder gt. cek web gasol deh hehe , ada 2 web nya, cuma g tau ada di toko pralatan bayi apa gak. klo pnasaran bisa coba cari mba hehe

      Hapus
    4. selama ini aku liat gasol yang dijual di supermarket malah yg tepung kacang ijo & beras merah. susah deh nyari yg arrowroot. apa nggak populer ya..hehehe

      Hapus
    5. mbak adhya: sama2.. hehehe
      iya, bedak padat sariayu ada parabennya (methylparaben & propylparaben)

      Hapus
  36. Btw beli wadah yg buat liptint sama loose powder kayak gitu di mana sih mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko asesoris cewek ada (yang jual cermin, jepit, makeup tools). tapi tempat loose powder itu aku pakai bekas tempat bedak merek trisia

      Hapus
  37. Hi, Lintang seru bgt nie DIYnya.blush on kudu dicoba. Oia,vit e itu ga cucok ya klo kulit rentan jerawat. Kmrn itu bt vit e&c serum. Pdhal aq cocok pake vit c buah2an,stlh pake wadaw suburr jerewi didagu n rahang kiri. Ampuun suseh bgt lho ilanginya. Udah pd mateng pdhal,eh numbuh yg lain.nah, jerawat mateng hrsnya diapain y,dipencet berbekas hitemt kyk korenf. Diemin luaaama bgt gtu aj. Hrsnya gmn y. Tks,maaf panjang.dwi

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba.. biar cepet, nggak usah dikasih air diy blush on nya.

      sebenernya kecocokan dengan vit E itu tergantung hormonal.
      ada orang yg memang acne prone, waktu kadar estrogennya lagi bagus2nya (waktu masa subur), dikasih vit E kulitnya nggak apa2, malah jadi bagus.
      waktu kadar estrogen drop (mendekati mens), dikasih vit E kulit langsung amburadul, jerawatan.

      jerawat mateng dikasih masker yg ada antibakterinya aja (misalnya madu+rempah2). biasanya jadi cepet keluar matanya & cepet keringnya, nggak usah dipencet2

      Hapus
  38. Mba lintang, mau tanya dong tentang pewarna makanan yang mengandung propilen glikol. Kok saya cek msdsnya bahaya banget ya? Apakah aman liptint dengan bahan ini digunakan setiap hari? mohon sarannya ya. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. propylene glycol emang banyak digunakan di kosmetik &bahan makanan sebagai antibeku. ya, emang bahaya kalo overdosis.
      tapi kalo perusahaan kosmetik kan udah mempertimbangkan dosis maksimalnya berapa, jadi seharusnya aman

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah