Senin, 23 Juni 2014

DIY Peeling Mudah dengan Pepaya & Kulit Pisang

Hai!


Muka kusam memang harus di-peeling. Saya biasanya peeling 1 - 2 kali seminggu. Masker scrub andalan saya, fermented oatmeal biasa dan fermented oatmeal+turmeric+green tea memang ampuh untuk saya, tapi butuh waktu untuk fermentasi.

Saya butuh peeling yang bisa dibuat dalam waktu cepat dan pastinya harus alami dan manjur. Saya mulai tertarik dengan kulit pisang karena dulu ada pembaca yang share link gambar dari pinterest. Gambar itu bercerita tentang perkembangan kondisi orang yang mengoleskan kulit pisang ke wajahnya beberapa kali sehari dalam 3 (atau 4?) hari. Ajaib, jerawat dan bekasnya bisa hilang! Jadi penasaran nih.. saya punya noda-noda warisan breakout beberapa bulan lalu, pinginnya cepat-cepat dihilangkan. Lalu saya coba oles-oles kulit pisang (bagian dalamnya), wah.. ternyata oxidize. Jadi coklat kusam ini muka, hahaha.. Tapi warna coklatnya hilang kalo udah dibilas.


Saya kurang suka pakai kulit pisang langsung untuk muka, makanya saya campur dengan green tea dan garam. Bukan sekedar untuk masker, tapi untuk peeling. Cuma iseng aja waktu itu, ternyata oke juga hasilnya. Iseng nyoba dengan pepaya, sama suksesnya. Nah, sekarang saya ingin berbagi resepnya. Gampang banget!





1. Siapkan bahannya. Kulit pisang saya iris supaya gampang dihancurkan, pepaya juga sudah saya potong-potong. Garam dapur yang halus, dan teh sesuai selera (kali ini saya pakai green tea).


2. Campurkan bahan (kulit pisang atau pepaya) dengan setengah sendok teh garam, lalu diaduk dengan sendok sambil dihaluskan.

Garam setengah sendok teh


Haluskan sambil diaduk

3. Masukkan teh secukupnya, jangan kebanyakan.

Sedikit aja tehnya, kita tidak sedang membuat toner

4. Aduk rata. Jadi deh!


REVIEW

Tekstur
Bisa dibilang saya lebih suka teksturnya peeling kulit pisang, lebih mudah dioles ke muka karena bentuknya lumayan seperti pasta. Pepaya banyak sekali airnya, agak susah dioleskan.

Aroma
Masih seperti buah aslinya, sedap lah..

Saat dipakai
Ada rasa clekit-clekit, apalagi kalo ada luka atau jerawat. Itu karena garamnya

Setelah dibilas
Kulit jadi halus, nggak kusam lagi. Komedo juga jadi bersih. Komedo saya tipe blackhead yang lumayan lunak karena biasanya masih baru, ketika muncul komedo itulah jadwal peeling saya. Saya puas dengan efeknya, mirip efek dari oat fermentasi.

Ini fotonya..

Sebelum
Muka kusam dan lusuh

5-10 menit cukup. Biasanya saya cuma 5 menit, kadang nggak tahan dengan garamnya (apalagi kalo sedang ada luka)

Sesudah
Lebih fresh daripada foto pertama

Kesimpulan
(+) mudah dan cepat dibuat
(+) efeknya nyata dalam membersihkan kulit dan menghilangkan kusam

(-) perih karena ada garam
(-) untuk pepaya agak lebih sulit diaplikasikan ke muka karena cairannya lebih banyak

Bikin lagi? Ya, praktis banget nih
Recommended? Ya, untuk kalian yang suka peeling alami

Soal Ingredients

Kunci keberhasilan peeling ini adalah garam. Garam memiliki sifat dapat menyebabkan presipitasi protein sehingga digunakan untuk pemisahan dan pemurnian protein. Kulit kita kan tersusun atas protein, garam dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati. 


Selain garam, enzim papain dalam pepaya juga menghidrolisis protein. Enzim papain juga menyingkirkan sel kulit mati. 

Kulit pisang mengandung saponin yang cukup tinggi (24,00 mg/g). Kita sudah tahu, saponin adalah cleansing agent alami pengganti sabun. Saponin ini juga terkandung dalam oat. Jadi, kulit pisang sangat potensial dijadikan alternatif face wash.

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang menstimulasi pembentukan kolagen, vitamin C dapat mencegah pematangan melanosome menjadi melanin sehingga dapat mencerahkan kulit. Di post sebelumnya sudah saya bahas.

Kulit pisang kaya akan vitamin B kompleks (B6, B12, B3) serta C dan E. Fungsi vitamin B untuk metabolisme sel dalam menghasilkan energi dan sintesis DNA. Vitamin B12 diketahui berkaitan erat dengan hiperpigmentasi pada kulit. Saat seseorang kekurangan vitamin B12, terjadi hiperpigmentasi. Vitamin B12 juga sudah lazim digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi. Wow, inilah yang menyebabkan kulit pisang sangat sakti untuk skincare!


Green tea, siapa yang tidak tahu manfaatnya? Teh hijau kaya akan senyawa fenolik (polifenol) dan catechin (EGCG = Epigallocatechin gallate) yang memiliki aktivitas antioksidan dan antibakteri yang kuat. 


Semoga post kali ini bermanfaat. Selamat ber-peeling ria!

Referensi


63 komentar:

  1. Salam kenal.

    Waw keren mbak. Patut segera dicoba nich. Sebelumnya aku maju mundur pengen nyobain kulit pisang di muka, sekarang makin yakin dech. Tapi jenis pisang nya bebas ya pisang apa aja, atau ada recomended? Oya itu takaran green tea nya gmn, seberapa tetes atau sendok?

    Btw, oot dikit yah, mumpung lg ngomongin pepaya, dari kemaren2 sebenernya pengen nanyain, kalo didepan kan ada yang pernah fermentasiin air perasan kentang dan bengkoang, mbak pernah ga bikin fermentasi air perasan pepaya, gmn jadinya ya? Pengen nyoba tapi ragu.

    Thanks be4

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal..
      yuk dicoba.. kulit pisang bagus lho buat muka. kalo untuk peeling/face wash, bagusnya jenis pisang yg nggak terlalu manis karena di kulitnya lebih banyak mengandung saponin. untuk masker kulit pisang, pisang apapun bisa. green teanya kayaknya cuma 2 sendok teh, nggak pasti juga sih.. yg penting hasilnya nggak terlalu berair, masih bisa dicolek

      air perasan pepaya aku pernah bikin, bagus kok di kulit meskipun agak lengket. bagus tuh buat sleeping mask, paginya kulit jadi glowy & smooth (setelah dibilas). bahkan aku campur dengan air tomat & wortel kayak di post sebelumnya

      oke sama2..

      Hapus
  2. Kerennn.....baru tau kulit pisang bisa buat peeling :D

    BalasHapus
  3. Tuh kan..baru sehari ga check blog ka lintang, ka lintang udah post lagi aja :D
    duuuh di bogor susah cari pepayaa :( ada buah alternatif? :3 thanks ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. nanas bisa lho. nanas mengandung enzim bromelain yg cara kerjanya sama dengan enzim papain (buat mengangkat sel kulit mati). coba aja..

      Hapus
  4. gampang yah, hasilnya kyk pake peeling mahal :) mau coba ah, di rumah ada pisang kepok. jenis pisang apa aja bisa? makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gampang banget.. murah meriah lagi hihihi
      ya, jenis pisang apa aja bisa. pisang kepok kulitnya malah bagus banget buat face wash & peeling, banyak saponinnya. oke sama2..

      Hapus
  5. lintaangg, pepaya boleh sama kulitnya gak? males ik ngupas xixixi. pisang sekalian buahnya piye? buahnya kan bergizi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh.. malah kulit pepaya itu lebih banyak lagi enzim papain nya. buah pisang buat maskeran aja, bikin kulit muka lembut & elastis. kalo buat peeling kulitnya aja karena saponin banyak di kulitnya

      Hapus
  6. Ak pernah nyoba gosok2 kulit pisang ke muka, bikin kulit halus n muka kinclong. Coba ntar ksih teh n garam ah, mumpung belom scrubbing :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kulit pisang digosok ke muka bikin kulit kinclong. yuk dicoba..hasilnya nggak kalah dengan scrubbing

      Hapus
  7. Wuahh,,
    Buat bekas jerawat yah?
    Patut dicoba nih :D
    Makasih kak lintang atas infonya :)
    Kenapa gak pake gula aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa buat ngilangin bekas jerawat tapi harus sabar.. dicoba yuk
      sama-sama..

      gula kurang keren hasilnya di aku, dibuat scrubbing bisa (tapi aku kurang suka karena sakit), kalo dicampur buah jadi larut, nggak guna lagi. gula yg udah larut nggak bisa ngangkat sel kulit mati

      Hapus
    2. mba, bukannya gula mengandung glycolic acid yg juga bisa buat peeling"

      Hapus
    3. oh, glycolic acid memang terdapat dalam tanaman yg tinggi gula (misal tebu, bit). tapi glycolic acid bukan gula yang kita konsumsi. gula pasir itu sukrosa (karbohidrat yg jenisnya disakarida)

      Hapus
    4. yg ada glycolic acid nya itu yg murni glukosa kah mba? seperti glucose kalengan gitu?
      sukrosa kalo gak salah terbentuk dari fruktosa & glukosa ya mba?

      Hapus
    5. glycolic acid diperoleh dari reaksi asam kloroasetat & natrium hidroksida, atau glycolic acid murni dari tanaman.

      glukosa yg dijual di toko bahan kimia udah nggak mengandung glycolic acid lagi, bener2 murni glukosa.
      iya, sukrosa itu gabungan glukosa& fruktosa..

      Hapus
    6. jadi kalo mw peeling pake glycolic acid dari bahan alami, pake tebu atau bit ya mba?
      dipake kyak resep mb lintang di atas gitu bisa? jadi bit dikasih garam & sedikit teh.

      Hapus
  8. Berarti kulit pisang bisa buat putih2 di muka itu ya mbak??
    garam nggak sakit dipake scrub ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ngilangin hiperpigmentasi, jadi bisa mencerahkan..
      kalo garam doang digosok sebagai scrub bikin sakit, tapi kalo dah dicampur buah jadi larut, teksturnya nggak terasa lagi di kulit. tapi harus ati2 kalo ada luka, bakal perih banget kena garam

      Hapus
  9. Makasih share nya mbak Lintang. ini Aku baru kelar bikin toner saccaromyces hasil nya bisa jernih setelah tumpah Waktu penyaringan. Jadi pengen coba ini juga . Frekuensi berapa Kali seminggu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama..
      ayo dicoba.. peeling disarankan maksimal 2x seminggu. kalo aku kadang 1x kadang 2x, tergantung kapan kusamnya hehehe..

      Hapus
  10. halo lintang, salam luar biasa untuk semua diy kamu..
    itu buahnya harus yang organik atau bisa buah biasa aja ya?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, makasih ya..
      buahnya bisa yg biasa atau organik, seadanya hehehe..

      Hapus
  11. mbak lintang, gimana kalau papaya dan kulit pisangnya diaduk jadi satu buat peelingnya?
    Oh, saya mau tanya tentang cornstarch yg dipaka sebagai loose powder. Mbk lintang kalau pakai itu cornstarch yg ditaruh dalam wadah bekas loose powder diganti tiap berap hari/minggu/bulan sekali? karena katanya cornstarch maupun tepung2 makanan yg lain mudah ditumbuhi jamur/bakteri jadi harus sering2 diganti pakai yg baru...
    Cornstarch yg saya pakai sama dg punyanya mbak, merk maizenaku. Itu kalo kemasan plastiknya sudah dibuka bisa tahan/boleh disimpan berapa lama ya sebelum jadi basi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. malah bagus, manfaatnya justru nambah
      ow, aku biasanya nuang maizena dikit2 ke tempat bedak, cukup buat 4 hari. nggak aku tuang semua, takut lembab. maizena soalnya gampang menyerap uap air (makanya mudah berjamur).

      bungkusan maizenanya sendiri aku tutup rapat (pakai penjepit kertas) & disimpan di kulkas. 2 bulan masih oke (taunya cuma 2 bulan, soalnya maksimal 2 bulan udah habis hahaha). kalo aku simpan di luar kulkas ada yg menggumpal biarpun baru 1 bulan (mungkin karena tempatnya lembab & panas)

      Hapus
    2. hai lintang~
      aku mau nanya lagi hehe,,kalau kulit pisang ini dijadiin face wash gimana ya?
      aku kan pake madu+maizena+kunyit+kayu manis buat daily face wash ku,,
      kalo aku mix jadi madu+kulit pisang+maizena+kunyit+ kayu manis bisa kah? kira2 awetnya sampe berapa hari ya di suhu ruangan dan kulkas? makasih :)

      Hapus
    3. halo Ica..
      iya, gitu juga bisa.. kalo aku biasanya kulit pisang+kayu manis, itu harus segera dihabisin. kalo disimpan di kulkas paling cuma untuk keperluan 1 hari (misalnya 2-3 kali cuci muka) besoknya bikin lagi.
      oke sama2..

      Hapus
  12. Komposisi di facial scrub jg ada komposisi sodium sodium gt. Itu garam kali ya,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sodium chloride ya? itu memang garam. nggak hanya buat peeling kok, rata2 kosmetik yg mengandung air memang dikasih sodium chloride sebagai antistatic (pencegah timbulnya listrik statis akibat pergesekan ion-ion), antistatic gunanya juga untuk mengoptimalkan fungsi humectant supaya produk bisa melembabkan kulit

      Hapus
  13. Kak lintang ,pencemaran air laut berpengaruh gak sama garam yg dihasilkan (mungkin garamnya mengandung zat" kimia yg berasal dri pencemaran)? ,Kalau boleh kasih saran sebaiknya garam yg digunakan garam Himalaya kak :)

    Terimakasih kak Isi blog nya sangat menambah wawasan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo garamnya yg garam kotak (disini disebut garam krosok yg dicetak kotak & harganya murah) kemungkinan masih ada cemaran
      garam dapur yg layak konsumsi adalah yg refined salt (garam rafinasi), sudah dimurnikan & ditambah yodium, mereknyapun macam2. itu bisa dipakai untuk peeling juga.

      kalo bisa garam himalaya malah lebih bagus lagi, tapi nggak di semua daerah ada.
      sama-sama..

      Hapus
  14. Mba lintang, salam kenal..blognya keren banget deh! Ga sabar mau nyobain resep-resep DIY-nya..
    Kulitku cenderung berminyak, jerawatan kecil-kecil juga, enaknya cobain resep mana dulu mba buat pertama? Bingung saking semuanya begitu menarik, hihi. Thx mbaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal putri.. makasih ya
      hehehe, dicoba satu per satu dulu. pertama coba toner saccharomyces soalnya itu yg paling ringan.. oxigenated spray juga ringan (tapi kapsul vitamin E nya nggak usah dipakai karena bentuknya minyak). untuk masker coba dulu yg fermented oatmeal. semoga cocok ya..

      Hapus
    2. tonernya dipakenya kapan aja ya mba?

      Hapus
    3. iya, kapan aja sesuai keinginan.. tapi paling bagus dipakai setelah cuci muka

      Hapus
  15. Hai kak mau nanya dong. Maaf kalo terkesan buru2 dan gak sopan krn aku udh nulis komen ini 3x dan selalu keapus #curhat. Kak aku lg jerawat an tipe whitehead di beberapa tempat yg aku curiga ini gr2 aku ngegoso kulit dalem pisang kepok ke muka. Aku juga ada breakout 3biji jerawat di bawah mata samping hidung sebelah kiri krn pms (tp pmsnya udh hampir kelar) yg jerawat nya tipe mendem dan merah dan juga BO di jawline. Nah pertanyaanku itu, aku bisa ga peeling pake kulit pisang ini. Sebelum BO krn getah kepok aku pake toner pitera2an (udh hampir seminggu) dan sleep ing pack kulit pisang (baru 3hari. Pas sebelum ngegosok kulit pisangnya). Help me kudasaiii. Anyway your blog is awesome

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nggak apa2..
      wah, kayaknya kamu nggak cocok pakai kulit pisang. kulit pisang memang bikin breakout di sebagian orang meskipun cuma dioles bagian dalamnya.
      saranku jangan peeling pakai kulit pisang kalo gitu, takutnya nanti tambah bruntusan..

      coba pakai peeling lainnya aja, hindari dulu bahan2 DIY yg tinggi gula (buah2an manis) & lemak (misalnya susu, aneka minyak)

      Hapus
  16. Btw aku 17thn. Kyknya jerawat hormon bgt ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh, faktor hormon. jangan lupa jaga pola makan & hindari stress ya..

      Hapus
  17. Oh gitu ya kak. Makasih banget ya udh dijawab. Cepet bgt lagi :-D aku nanya lagi ya kak hehe. menurut kak lintang aku bagusnya pake apa? Aku alergi kayumanis dan takut alergi oat juga soalnya (pdhl dirumah byk oat)
    Oiya namaku ovira. Jd lupa nulis nama gr2 kesel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ovira..
      peeling bisa pakai kopi+tepung beras+air (kalo cocok pakai kopi). untuk jerawat sebenernya lebih oke kunyit (+tepung beras). boleh banget ditambah madu (kalo cocok)

      misal kondisinya lagi meradang, jangan digosok ala peeling, dibiarin aja kayak pakai masker biasa, bilasnya pelan2

      Hapus
  18. Oke sip. Kebetulan yg jerawat whitehead udh rada kalem (sembuh sendiri) tinggal yg di bawah mata. Sekali lagi makasih banget ya kak lintang :-D
    Sign, ovira

    BalasHapus
    Balasan
    1. untunglah kalo bisa sembuh sendiri. semoga cepet ilang jerawatnya.
      iya, sama-sama..

      Hapus
  19. Salam kenal Lintang... resepnya oke banget tu... sekedar sharing, kulit pisangnya jangan lupa benar2 dibersihkan dulu ya, soalnya penjual pisang langgananku tiap hari nyemprotin cairan ke pisang2 dagangannya yg masih mentah, katanya sih obat biar pisangnya cepet mateng, sejak itu aq selalu mencuci buah2an dengan sedikit sunli**t biar segala sesuatu yg menempel dikulit buah bisa luruh terbuang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal..
      iya betul, sebaiknya buah apapun kulitnya dicuci bersih (ibuku juga pakai itu buat nyuci buah). ngeri buah2an sekarang, selain waktu di kebunnya disemprot pestisida, di tempat yg jual disemprot karbit biar cepet matang..

      Hapus
  20. gara2 post sacchrmyces toner jadi banyak pengunjung y mbak (soalnya komen terbanyak ada di post itu)
    kerenn , ga kalah sama blog resep makanan yang selama ini aku amati komennya banyak2 juga. bedanya ini resep homemade skincare bukan masakan :D ga bisa jadi bandingan . tapi sama2 resep (maksa).
    Artinya orang2 masih banyak yang mencari bahan alami2 untuk kulit mereka, syukur deh ga nyasar ke situs2 ga jelas yang kadang jual krim gajebo. Klo polos pasti terpengaruh tuh. Aku hampir aja kepengaruh, cuma kok web nya jelek, jadi ga percaya :p

    Just IMO aja mba :) no offense

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. post tentang toner itu rame gara2 ada diomongin secara negatif di suatu grup fb, hehehe..
      kadang kalo lagi browsing tentang DIY dari bahan alami, malah yg muncul web2 penjual skincare herbal (entah herbal beneran atau enggak). sebagai pembaca harus hati2, jangan sampai tertipu produk gajebo yg ngaku2 herbal..

      Hapus
  21. hai2 mb, klo whitehead ampuh jg pake peeling pisang & papaya ini kah. whitehead aq banyak banget semuka euy jd bruntusan semua. belum black head di seputar pipi kiri & kanan , diatas bibir jg bnyk. pingin deh muka jd rata mulus mb....anyway webnya inspiratif bgt cocok utk yg suka hemat gni kayak aku. fermentasi beras aq jg dah cb 1 minggu nie, kulit ku dehidrasi bgt klo ini sampe kayak keriput. lumayan sie ga break out tp spt kurangn nendang di aku, mw cb yg STROM lebih ok kali ya. maaf kepanjangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. whiteheads lebih baik pakai tepung beras+rempah2 aja (kunyit/kayu manis bubuk. atau oatmeal fermentasi yg dikasih rempah2.
      ya, barangkali storm lebih bagus.. tapi jamurnya enoki aja
      makasih mbak udah baca blogku..

      Hapus
  22. Hai kak lintang :D
    Aku pernah coba yg masker kulit pisang pake pisang kepok. Tapi malah mukaku lengket" gtu kena getahnya :v jadi kaya ada putih" nya gitu susah ilangnya.

    Itu yg kakak pake pisangnya harus bener" mateng kah? Punyaku kulitnya masih rada keras tapi dalemnya mateng hehe

    Kak kalo kulit pisangnya dkeringkan dulu trus d blender jadi tepung gmn?
    Thanks kak jwabannya
    Intan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo direndam air garam dulu getah di kulit pisang bisa hilang.
      aku selalu pakai kulit pisang matang, pangkalnya yang banyak getah dibuang. kalo nggak matang memang banyak getahnya.

      ya, bisa aja. tepung kulit pisang bagus buat yang kulitnya cenderung oily. kalo buat aku yang kulit kering bagus pisangnya aja
      sama2 intan..

      Hapus
  23. Haaaai aku lagi googling2 diy scrub trus ketemu blog ini deh. Kalo mau bikin scrub dari matcha/green tea gitu bagusan pake garem ato gula yaa? Bedanya kalo pake garem ato gula apa ya mbak? Oya kulit aku tipenya berminyak trus suka ada komedonya di idung sama deket2 bibir

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya gula lebih harsh & proses eksfoliasinya lebih secara fisik
      garam mengeksfoliasi kulit secara kimia (prinsip kerjanya menguraikan protein dari sel kulit mati)
      kalo aku lebih suka garam, nggak terlalu sakit nggosoknya tapi cepet bersih.
      coba aja pakai garam..

      Hapus
    2. Jd lebih enakan pake garem ya. Brarti kalo mau pake garem matchanya boleh di tambah madu lagi ga mbak? Trus mesti kasih air jg ga ya? Soalnya di rumah adanya matcha yg bubuk

      Hapus
    3. ya, enak pakai garam, tapi dikit aja garamnya. kasih madu juga biar lembab, nggak perlu dikasih air lagi. dikasih madu bentuknya kan udah pasta, kalo dikasih air nanti jadi terlalu encer

      Hapus
  24. sy peeling paling bagus hasilnya pake anggur, tetap diberi garam seperti resep mba lintang tapi tanpa teh. anggurnya cukup 1 butir aja, paling bagus pake anggur hitam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anggur hitam dengan kulitnya kan? wah jadi pingin nyoba nih.. antioksidannya banyak ada di kulitnya, buat anti aging bagus banget.

      Hapus
    2. iya mba, pake kulit anggurnya sekalian.
      strawberry kalah cetar hasilnya ;)

      Hapus
    3. buah & bahan2 asal tanaman yg warnanya gelap memang lebih tinggi antioksidannya. blueberry & blackberry lebih bagus daripada strawberry tapi sayang susah dicari disini

      Hapus
  25. mba mau nanya nih. aku dulu pernah pake kulit pisang digosok2 ke muka buat ilangin bekas jerawat. eh tp malah numbuhin jerawat, pdhl saat itu mukaku udh bersih, tinggal bekas aja. menurut mba lintang, aku cocok gak pake masker ini? apa karna aku gosoknya kekencengan trs jd numbuhin jerawat ya? aku udh coba berkali2 selalu hasilnya nimbulin jerawat...

    aku emg jarang cocok sm diy peeling gt sih, ada saran gak mba? goldar ku A..

    makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti emang nggak cocok dengan kulit pisang..
      jangan coba kulit pisang sih.. mending yg pepaya aja. pepaya bagus buat mencerahkan wajah & memudarkan bekas jerawat

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah