Sabtu, 19 Juli 2014

DIY Sugar Wax

Hai semuanya..


Soal menghilangkan bulu, apa andalanmu? Pisau cukur, hair removal cream, waxing, atau laser? Saya biasanya pisau cukur, tapi pisau cukur bikin bulu di tangan dan kaki saya cepat gondrong! Saya terlalu takut pakai hair removal cream (udah keder dulu liat ingredientsnya), dan untuk waxing di salon atau laser pikir-pikir keluar duitnya *pelit*. Gimana kalo waxing sendiri di rumah? Emang bisa? Bisa! Udah banyak tutorialnya di internet, tapi kali ini saya mau bikin versi saya sendiri.

Yang di internet biasanya pakai gula aja atau gula + air lemon, kalo saya pakai gula + larutan cuka + kayu manis bubuk. Kenapa? Nanti saya jelaskan. Nah, siapa yang mau ikutan bikin? Yuk mari dilihat..





Bahan

Gula pasir 5 sdm
Larutan cuka (5 sdm air + 1 sdt cuka)
Kayu manis bubuk 1 sdt


Cara membuat

1. Panaskan gula di panci/wajan anti lengket. Jangan diaduk, biarkan aja sampai meleleh dan berubah warna menjadi kecoklatan.

 

2. Kalo udah meleleh, tambahkan larutan cuka. Gunanya adalah untuk mencegah pengkristalan. Boleh juga diganti air lemon/jeruk nipis. Saya pakai cuka yang diencerkan karena saya mau membuat wax karamel yang bentuknya agak cair, bukan kental. Cuka apapun boleh.

Resep sugar wax di internet yang saya baca hanya pakai air lemon tanpa ditambah air, nantinya wax karamel yang dihasilkan lebih kental, saya kurang suka soalnya agak susah dioleskan ke kulit.


4. Tambahkan 1 sdt kayu manis bubuk. Kayu manis bubuk gunanya sebagai gelling agent (supaya bentuknya lebih kenyal).


5. Aduk-aduk, lalu angkat. Ngaduknya jangan kelamaan, nanti gosong dan timbul kerak. 


6. Biarkan sebentar sampai hangat, lalu siap digunakan. Wanginya yummy sekali. Wax ini bisa dimakan lho, ini kan karamel..

Percobaan

Oleskan berlawanan dengan arah tumbuh bulu 
Biarkan beberapa saat sampai kelihatan setengah kering

Dengan tangan yang kering, tempelkan ke kulit yang dioles wax karamel
Tekan, lalu tarik. Bagian ini yang paling nggak enak, sakit!

Yang udah ditarik

Bulu di kaki saya tipis dan sedikit tapi lumayan panjang
Pori-pori di kaki kiri agak merah setelah waxing, tuh ada bintik merahnya
Maafkan fotonya nggak jelas, maklum kamera HP jadul

Bulunya hilang, hehehe.. kulit saya jadi merah-merah, tapi merah-merah itu hanya sementara. Wah, pengen mulus itu butuh pengorbanan ya. Tapi untungnya hasilnya lumayan tahan lama. Saya baru coba DIY waxing 2 kali, yang pertama sekitar pertengahan Juni lalu. Berarti 1 bulanan sampai bulu tumbuh ke panjang semula. 

(+) Gampang dibuat
(+) Wanginya enak & bisa dimakan
(+) Efeknya tahan lama (bulu nggak cepat tumbuh)

(-) Sakit waktu ditarik (iya lah, namanya juga waxing)

Bikin lagi? Iya, setiap bulan
Recommended? Ya, untuk kamu yang bermasalah dengan bulu-bulu di badan tapi alergi hair removal cream dan nggak suka pisau cukur

Sugar wax ini sebetulnya karamel yang memang untuk dikonsumsi. Karamel itu kan ada 2 versi cara pembuatannya, yang basah & yang kering. Yang basah ditambah air supaya hasilnya agak cair, yang kering dibuat tanpa air sehingga jadinya lebih kental. 

Hai removal dengan cara waxing menyebabkan pori-pori terbuka, tentunya rentan kemasukan kuman. Nah, makanya saya tambahkan kayu manis bubuk. Kayu manis bubuk selain sebagai antibakteri, pemberi aroma, juga sebagai gelling agent supaya wax nya agak kenyal. 

Kayu manis (Cinnamomum burmanii) mengandung antibakteri dalam volatile oil bernama cinnamaldehyde, serta senyawa polifenol bernama proanthocyanidin. Sifatnya bisa melawan beberapa bakteri patogen penyebab kerusakan pangan dan masalah kesehatan. Kayu manis bermanfaat untuk perawatan kulit, karena cinnamaldehyde  meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis. 


Namun cinnamaldehyde & eugenol pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang akibat adanya senyawa eugenol dan cinnamaldehyde, gejalanya berupa ruam kemerahan, perih, panas. Kayu manis tidak boleh digunakan pada wanita hamil, menyusui, dan pada anak-anak.

Gitu aja resepnya. Selamat memberantas bulu!


24 komentar:

  1. hallo mba lintang... mau tanya, kalau narik nempelinnya bukan pake tangan tapi pake kain katun misalnya bisa gak ya? lalu campuran ini cepet mengkristal alias mengeras gak ya? soalnya kalau campuran yg bisa gula air lemon dan air aja itu belum dingin aja udah cepet mengeras jadi susah diolesin. makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo bella..
      kain katun bisa, yg di wikihow malah disarankan pakai semacam kertas. kalo aku suksesnya pakai tangan karena yg di-waxing bulunya lumayan pendek, hehehe..

      kalo masaknya kelamaan iya bisa cepet mengkristal. jangan lama2, cuma asal meleleh, langsung campur bahan lainnya & aduk, matikan kompor, dinginkan di depan kipas angin (masih di wajannya supaya permukaannya luas).
      sama-sama..

      Hapus
  2. Kalau kayu manis diganti kunyit bisa enggak, kak? Kunyit itu gelling agent atau bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingatku kunyit kalo dicampur air nggak bisa mengental kayak kayu manis.. jadi nggak termasuk gelling agent

      Hapus
  3. aku kan hamil kayu manis diganti apa mbak? Biasa Waxing disalon sih tapi lama2 eman, mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. diganti gelatin bisa, malah anti beku juga itu gelatin..
      waxing di salon mahal ya.. hehehe

      Hapus
    2. Kalo dengan gelatin takarannya 1 sdt juga ya lintang?

      Hapus
    3. biasanya 1 sdt gelatin bubuk buat 150 gr, nanti bisa disesuaikan aja..

      Hapus
  4. kebayang nih sakitnya hehehe
    eike klo cukur jg cepet gondrong, udah macem kaki cowok aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sakit, tapi bisa ditahan sakitnya
      hehehe iya tuh, kalo cukur cepet banget panjangnya..

      Hapus
  5. Hai mba Lintang..mau nanya nih..kenapa ya kayumanis ga boleh diberikan ke bumil n busui?apa ada efek tertentunya?thx utk infonya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak febri..
      soalnya zat dalam kayu manis (cinnamaldehyde) bisa menyebabkan kontraksi uterus, akibatnya bayi terpaksa lahir prematur
      sumber: http://www.med-health.net/Cinnamon-Powder.html

      Hapus
  6. Hai kak! Kalo di pake ke keti bisa ga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa asalkan bulunya nggak pendek2 banget. kalo di bawah 0,5 cm susah deh kayaknya. tapi apa nggak sakit ya hehehe..

      Hapus
  7. Kak bulu kakiku banyak dan panjang kira2 aman g kalo waxing?umurku juga 13thn dan waxing ada efek sampingnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waxing ada efek sampingnya buat yg kulitnya sensitif, bisa merah2. untuk yg sering aktivitas outdoor di lingkungan kotor (debu & polusi) juga nggak recommended soalnya kalo terinfeksi bakteri bisa menyebabkan folliculitis.

      folliculitis itu bentol2 seperti jerawat tapi bukan jerawat, itu karena bakteri menginfeksi pori2 yang tadinya ada rambut & akar rambut. begitu rambutnya tercabut akibat waxing (apalagi sampai akarnya), pori2 jadi kosong. kalo terisi bakteri bisa infeksi.

      orang yg suka waxing harus benar2 menjaga kebersihan.
      aku pernah lho kena folliculitis setelah waxing, ya karena itu tadi.. cuci kaki sering lupa pakai sabun padahal habis dari tempat berdebu

      Hapus
  8. Mbak Lintang.... kira2 resep DIY Wax ini boleh utk bulu di bagian muka gak yah?
    saya perempuan tapi kumisan nih :( -sera-

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi harus ekstra jaga kebersihan wajah supaya pori2 nggak terinfeksi bakteri & terkena foliculitis

      Hapus
  9. hai kak mampir yuk ke blogku ---> http://pastelcreature.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, udah mampir. kamu pakai resep DIY face mist ku buat makeup ke sekolah kan, hehe.. aku seneng kalo cocok juga di kamu

      Hapus
  10. mbak lintang tadi aku nyoba bikin dan sukses.. tapi kalo nggak dipakein cinnamon boleh nggak? keti ku nggak kuat mbaak panas banget sampe pegel2 rasanya kayak habis imunisasi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..boleh
      hehehe. memang panas banget kok kalo dikasih cinnamon

      Hapus
  11. Kak kalo pake jeruk nipis berapa kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setengah aja kalo jeruknya ukuran sedang. kalo jeruknya besar 1/4

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah