Rabu, 30 Juli 2014

Sharing : Usaha Menyelamatkan Kulit dari Penuaan Dini

Hai pembaca..

Saya yakin nggak ada orang yang mau dikira lebih tua dari usia sebenarnya. Masalah muka boros atau babyface itu bawaan lahir, takdir yang nggak bisa diubah *kecuali oplas*. Tapi masalah kulit itu tergantung usaha kita dalam merawatnya. Banyak yang bilang, skincare anti aging baiknya dimulai sejak umur 20-an, bahkan sekarang banyak remaja belasan tahun yang sudah mulai memakai skincare antiaging. Skincare antiaging memang penting, tapi sebenarnya usaha mencegah penuaan dini nggak hanya sebatas soal skincare. 


Saya pingin cerita tentang pengalaman saya mengalami premature skin aging. Waktu SMA muka saya terlihat lebih tua dari teman-teman sebaya. Kalo lagi nggak pakai seragam, saya sering dipanggil "Bu" sama orang-orang yg belum kenal (misal di bus kota). Sebel nggak sih.. saya kan masih teenager saat itu. Yang bikin saya keliatan jauh lebih tua semasa remaja bukan hanya muka boros secara keturunan, soalnya temen saya juga banyak yang mukanya dewasa. Tapi masalah kulit! Saya pernah cerita di post ini bahwa saya nggak pernah merawat kulit semasa saya sekolah. Waktu SMA kulit saya nggak cuma gelap, kusam & berjerawat tetapi juga ada kerutan halus di sekitar mata & bibir, kulit juga nggak sekencang remaja yang lain. Serem kan..



Seiring umur, memang kulit semakin kehilangan elastisitasnya dan menua (=natural aging). Proses natural aging mengikuti siklus berikut

aging-cycle.jpg

Dimulai dengan menurunnya kadar hyaluronic acid pada kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Diikuti dengan menurunnya jumlah fibroblast, melonggarnya ikatan kolagen dan elastin. Selain itu juga muncul pigmentasi berupa flek-flek pada kulit. Pada akhirnya kulit akan menjadi kendur dan timbul kerutan.

Tetapi bagaimana jika penuaan itu terjadi sebelum waktunya, misalnya seperti saya waktu SMA? Kok bisa? Hmm, jika mengenang masa lalu, saya jadi benar-benar menyesal. 

Semua pasti tahu, sinar matahari, polusi & stress adalah faktor ekstrinsik yang menyebabkan kulit cepat tua. Dulu saya juga tahu itu, tapi mengabaikannya.

Semua itu faktor yang tidak bisa dihindari sebagai manusia yang hidup di masa kini
Apalagi waktu remaja saya malas pakai sunscreen

Selain itu ada kebiasaan yang mempercepat penuaan dini:


Setelah merenungkan gaya hidup saya dulu..
  1. Merokok, mengonsumsi alkohol --> saya sih nggak pernah, tapi saya selalu terkena asap rokok (jadi perokok pasif) karena bapak saya perokok
  2. Makanan tidak sehat : tinggi gula & lemak, bahan pengawet & bahan tambahan pangan yang bersifat sintetik (pewarna, MSG, perasa, dsb) --> tantangan bagi orang yang suka jajan, dulu saya suka banget jajan
  3. Kurang minum air putih --> saya cukup minum air putih kok, sekitar 10 gelas sehari
  4. Pemakaian makeup yang terlalu lama dan proses pembersihannya kurang tuntas --> waktu sekolah saya belum kenal makeup, tapi memang soal cuci muka saya juga nggak terlalu peduli. Sering malas cuci muka pakai facial foam, cuma air
  5. Kurang tidur --> suka begadang ngerjain tugas
  6. Tidak pernah eksfoliasi kulit --> dulu boro-boro mau exfoliating kulit, cuci muka pakai facial foam aja kalo niat
  7. Kebiasaan merengut, mengernyitkan dahi, menggosok area sekitar mata --> sering dilakukan tanpa sadar
  8. Tidur dengan wajah sebagai tumpuan --> sering tidur miring sambil meluk guling
Rokok mengandung bermacam-macam racun, perokok pasif pun terkena dampaknya

Mekanisme Penuaan Dini

Nggak heran saya cepat tua, kadar hormon kortisol dan radikal bebas di tubuh saya tinggi banget. Hormon kortisol adalah hormon yang berkaitan dengan stress, sifatnya menghambat pembentukan kolagen. Radikal bebas dari bahan-bahan kimia menyebabkan oksidasi pada sel, merusak DNA, protein & lemak pada sel sehingga menyebabkan sel tidak berumur panjang. 

factors in aging
Faktor-faktor yang berkaitan dengan mekanisme penuaan

Radikal bebas dapat merusak telomere, yang merupakan bagian dari kromosom sel. Telomere pada manusia memang memendek seiring pertambahan usia karena sel-sel tubuh terus membelah dan beregenerasi selama proses natural aging. Telomere yang tidak memendek adalah telomere pada sel otot jantung (karena tidak mengalami pembelahan secara kontinyu). Orang-orang yang berusia pendek dan mengalami sakit-sakitan memiliki telomere yang lebih pendek.

Telomere memendek seiring dengan pembelahan sel

Soal makanan memang nggak boleh diremehkan. Makanan yang tinggi karbohidrat menyebabkan proses glikasi (glycation), yaitu glukosa mengikat DNA, protein & lemak di dalam sel sehingga sel tidak bisa berfungsi dengan baik. Makanya orang-orang yang mengonsumsi kalori berlebih biasanya cepat menua & tidak berumur panjang.

Lalu apa tindakan saya?

Memperbaiki kebiasaan/gaya hidup

1. Menghindari para perokok aktif
Di mata saya, perokok aktif adalah orang egois yang tidak memperhatikan kenyamanan & kesehatan orang di sekitarnya. Kadang kita nggak bisa menegur mereka, jadi kita yang harus menyingkir.

2. Tambah lagi porsi air putih
Minimal sekarang saya minum 12 gelas air putih per hari (minuman lain seperti susu, teh, juice dsb nggak termasuk). Bolak-balik ke toilet terus hehehe.. nggak apa-apa, yang penting sehat.

3. Nggak pakai makeup tebal
Dulu saya pakai BB cream, foundation, two way cake padahal cuma mau ngampus, ke gereja atau jalan-jalan. Sekarang nggak pernah pakai itu lagi, bahkan bedak saya ganti pakai bahan alami yaitu tepung maizena. Makeup tipis bikin kulit lebih bebas bernafas & juga lebih gampang dibersihkan. 

4. Rajin eksfoliasi
Minimal 2x seminggu. Sejak tahun 2014 ini saya suka bikin DIY, termasuk exfoliator. Sebelumnya sih saya males, jadi beli aja yang udah jadi hehehe..

5. Jaga pola makan
Sekarang mengurangi banget makanan yang pakai pengawet, pewarna, pemanis buatan. Sekarang juga nggak doyan mie instan, padahal dulu kalo ada mie instan rasa baru pasti selalu dicoba. Saya juga mulai membiasakan minum suplemen. 

6. Sebisa mungkin tidur nggak larut malam, tapi masih susah sih
Tidur tanpa pasang alarm, soalnya alarm itu bikin tidur jadi kacau & bangunnya malah nggak fit. Tanpa alarm saya malah bisa bangun tepat waktu.

7. Pakai sunscreen
Selain beli sunblock, saya juga bikin sunscreen sendiri, misalnya di resep ini. Sunblock badan habis, tapi di rumah masih ada body lotion tanpa SPF.  Hohoho.. campur aja dengan serbuk zinc oxide (ditakar dulu mau SPF berapa) jadi deh sunblock lotion. Ngirit banget!

Skincare yang dipakai

Saya mulai aware soal kulit saat kuliah, parah banget kan. Awalnya saya fokus ke produk whitening, tapi kemudian kulit saya mulai berubah jadi kering dan kerut halus bermunculan. Lalu saya beralih ke skincare antiaging di umur 21 menjelang 22. Produk yang pernah saya beli yaitu :
  • Biokos Vital Nutrition (30s) daily moisturizer : di kemasannya memang dituliskan untuk kulit usia 30an. Mengandung bio aloe vera extract. Enak juga moisturizer ini, ringan & cepat meresap tapi nggak ada sunscreennya. Mengurangi kerut halus sih enggak ya, tapi lumayan lah bisa menjaga kelembaban kulit. Sempet repurchase 3x, terus kulit saya tiba-tiba jenuh, malah bruntusan.
  • Hada Labo Alpha Ultimate Anti Aging Lotion : pernah direview di sini. Intinya saya nggak suka karena bikin kulit kusam, lengket & berminyak di siang hari.
  • Viva Anti Wrinkle Cream : pelembab anti aging yang paling saya suka, reviewnya ada di sini. Kerut halus agak berkurang, saya seneng banget lho soalnya ternyata ngefek dengan harga murah meriah. Karena kemasannya kecil cepat banget habis, saya repurchase kayaknya ada tuh 10x. Lalu kulit saya jenuh lagi.
 
sumber 123

  • Beberapa macam oil : extra virgin olive oil, grapeseed oil, coconut oil (refined), virgin coconut oil. Yang paling saya suka adalah coconut oil (baik yang refined maupun yang virgin) karena teksturnya paling ringan dan cepat meresap. Soal efek sih kayaknya sama, semuanya bisa melembabkan kulit dan area mata dengan sangat baik, menghilangkan dry patch, ngefek untuk garis halus & bekas jerawat. Yang tidak saya suka dari minyak-minyak ini adalah comedogenic! Saya sering bruntusan, tapi nggak parah-parah amat sih (nggak separah waktu jenuh dengan Biokos). Bisa ilang kalo scrubbing dengan oatmeal. Waktu itu saya belum kenal sama oatmeal fermentasi.

Selain masalah bruntusan, yang kurang saya suka dari minyak adalah sifat melembabkannya cuma di permukaan kulit. Saat saya lupa reapply, kulit terasa kering lagi, bagian yang flaky keliatan lagi.. Pokoknya sama sekali nggak menolong kulit yang dehidrasi. Kulit saya dehidrasi karena sel-sel kulit kurang dapat mengikat air, berkaitan dengan kadar hyaluronic acid yang rendah. Jadi, minyak bukanlah solusinya.

Produk untuk mata yang pernah saya beli yaitu
  • Trisia Age Renew Eye Care : mengandung antioksidan EGCG (epigallocatechin gallate) dari green tea. Dulu nggak saya habiskan karena tekstur gelnya agak lengket di kelopak mata saya, jadi agak gatal. Adem di mata, tapi sama sekali nggak ngefek untuk kerutan halus, dark circle, dan eyebag.
  • Oriflame aloe vera soothing eye gel : wanginya enak, adem di mata, nggak terlalu lengket. Sama aja nggak ngefek, hehehe..
  • Sariayu solusi anti wrinkle eye cream : wanginya segar, teksturnya enak cepat menyerap. Nggak repurchase karena juga nggak ngefek.
Sumber 123

Dulu saya nggak minat DIY skincare, apalagi racun-racun produk aneka merek bertebaran di dunia maya hehehe.. Untungnya saya nggak pernah terjebak produk gajebo. Tadinya saya pikir DIY itu ribet, kadang bentuk & baunya menjijikkan, bikin kotor dimana-mana. Tapi setelah ditekuni ternyata asyik juga, beneran ngefek untuk masalah kulit saya. Kalo pintar milih bahan justru aromanya jadi yummy kayak makanan. Lebih seneng lagi karena bisa ngirit duit. Yang paling penting, kulit saya nggak terlalu banyak terpapar bahan-bahan kimia. 

Sekarang saya DIY mania. Kosmetik DIY itu entah kenapa hasilnya lebih nyata di kulit saya, jauh lebih cepat daripada sekian banyak skincare yang pernah saya coba. Soal dosis harus rajin browsing supaya nggak menimbulkan efek samping. Takarannya pun bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. 

Regime yang menyelamatkan kulit saya dari tanda penuaan dini 

  1. Saccharomyces toner alias fermented rice toner : nggak bisa beli SK II FTE no problem, saya bikin ini aja. Setelah pakai toner ini, saya sama sekali nggak kepingin lagi punya SK II FTE hehehe..
  2. STORM toner : Bisa menangani flek hitam lebih cepat daripada Saccharomyces toner. Sekarang jarang bikin ini, sering nggak nemu jamur enoki.
  3. Masker pisang madu vitamin E : bikin kulit super lembab, menjinakkan garis-garis halus 
  4. Masker bedak adem : tapi sekarang buahnya saya ganti jadi pisang & apel, bukan timun & aloe vera lagi, kunyitnya saya banyakin. Dipakai tiap sore, mengencerkannya dengan madu/green tea/DIY toner seadanya (gonta-ganti). 
  5. Oxy rice apple toner : untuk face mist & toner. Cinta banget sama apel, tinggi antioksidan, bagus buat perawatan anti aging.
Toner sakti untuk kulit saya

 
Masker yang mujarab bagi saya

Sedangkan untuk suplemen, saya minum Biolysin multivitamin & emulsion, madu TJ super (mengandung royal jelly & bee pollen). Review ada di sini.


Usaha saya nggak sia-sia lho. Banyak yang bilang saya kelihatan lebih muda dibandingkan jaman SMA, hore! Saya belum pernah tes umur kulit, harapannya sih sesuai umur ya, syukur-syukur kalo bisa lebih muda. Kadang-kadang waktu lagi jalan sama teman seumuran, ada orang yang mengira saya adik mereka. Tapi saya rasa itu karena badan temen saya lebih bongsor. 

Oya, untuk yang ingin memperoleh kulit lebih muda, kecukupan nutrien itu harga mati. Percuma perawatan dari luar sudah optimal & gaya hidup sudah diperbaiki, tapi kebutuhan nutrien belum tercukupi. Jika tidak bisa memenuhinya dari makanan saja, perlu konsumsi suplemen. Menurut hasil penelitian, gejala penuaan dini dapat ditangani dengan konsumsi per hari :
  • vitamin A 5000 IU
  • vitamin E 200 - 400 IU
  • vitamin C 1000 mg
  • Alpha Lipoic Acid (ALA) 100 mg --> jika dari suplemen 100 mg dibagi 2 (saat sarapan & makan siang)
  • Acetyl L-carnitine 500-1500 mg
  • L-glutamine 25 g --> jika dari suplemen, 25 gram itu dibagi 3 untuk pagi, siang, malam
  • Omega-6/Omega-3 --> jika dari minyak ikan dosisnya 1-2 sdm saat makan
Kulit harus menua secara alami, tapi usahakan agar prosesnya nggak terlalu cepat. Jangan sampai penuaan dini merenggut kecantikan masa mudamu *bahasa apa pula ini*. 

Referensi
http://www.emaxhealth.com/8782/warning-signs-premature-aging-causes-and-solutions


52 komentar:

  1. wahh bermanfaat bgt lin postny aq mw nyoba ah storm tonernya sp tw bs ngilangin flek q jg ^^ thank you ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Shan.. dicoba aja, semoga berhasil ya
      oke sama-sama..

      Hapus
  2. Betul banget, pake spf juga penting lo mbak Lintang untuk mencegah penuaan dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak.. sinar matahari memang bikin kulit cepat tua

      Hapus
  3. untung aku dah brenti merokok. jaman masih jd perokok selalu punya mata panda, kulit kendor n jerawatan. pokoke jelek bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lah, rokok racunnya banyak banget.. selain bikin kulit jelek juga memperpendek umur

      Hapus
  4. Setuju, mostly krim mata cuma buat bantu moisturizing aja tapi sulit buat nyembuhin kerutan..

    Biolysin ada yg tablet loh katanya rasanya lebih mending dibanding yg liquid. Tapi aku takut menambah nafsu makan -___-"



    Btw ak kok ga bisa reply comment si pos Vaseline aloe ya.. Itu merk2 sunscreen belum pernah denger semua, nanti ku google pelan2 deh.. Makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. produk2 eye care gitu cuma buat moisturizing & bikin adem kulit sekitar mata aja, padahal banyak yg embel2nya anti wrinkle
      oh, ada yg tablet toh? ntar nyari ah, selama ini ketemunya cuma yg liquid. nambah nafsu makan juga di aku, tapi herannya malah tambah kurus juga..

      kadang2 form reply nya bermasalah hehehe..
      produk2 yg vegan gitu memang nggak terlalu umum sih, aku juga taunya dari website orang.
      oke sama2..

      Hapus
  5. tidur miring trnyta bikin cepet tua yah? aduh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya kulit tertekan ke bantal, jadi cepat timbul kerutan..

      Hapus
  6. kak ngerokok itu bikin blackhead tambah banyak gak sih?sekarang pengen ngilangin komedo dengan tuntas tp masih ngerokok soalnya susah berentinya,maaf ya pertanyaan nya rada oot

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya iya.. soalnya temen2 aku yg merokok selain punya masalah jerawat, juga banyak blackheads & whiteheads. tapi beberapa dari mereka yg berhenti merokok kondisi kulitnya jadi lebih bagus

      Hapus
  7. Waduh, ada beberapa yang aku lakuin.
    Apakah muka aku akan cepat tua?
    Mata panda, gimana ilanginnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dikurangi aja kebiasaan penyebab penuaan dini itu..
      penyebab mata panda ternyata macam2 lho : aging, genetik, kurang tidur, kecapekan, rokok & alkohol, gizi tidak seimbang (kurang vit A, C, E, K), hormonal (saat menstruasi dark circle tambah parah), paparan sinar matahari, alergi.
      selain itu dark circle berkaitan dengan gejala gangguan liver, anemia, dehidrasi.

      perlu diketahui penyebab pastinya supaya gampang menghilangkannya, misalnya karena faktor nutrisi segera perbaiki pola makan. tapi kalo faktor genetik sih susah.

      sumber : http://healthmeup.com/news-healthy-living/the-truth-about-dark-circles-causes-and-links-to-diseases/11354

      Hapus
  8. kesimpulan :: beruntung yg dikasih baby face sama Tuhan, tp jgn lupa dirawat biar ttp keliatan baby face , yg adult face ya dirawat , toh lama2 ntar sama aja, klo kulit sehat otomatis wajah juga keliatan muda hehehe :D
    andai aja milih skincare gampang -_- tinggal ambil, trus cocok gt~

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul hehehe..
      tapi ternyata beberapa temen aku yg wajahnya babyface juga punya masalah dengan penuaan dini. dari jauh masih terlihat imut, tapi dari dekat keliatan banget kulitnya nggak kencang & mereka mengeluh soal perawatan yg tepat kayak gimana.

      sayangnya milih skincare itu susah ya.. cocok-cocokan

      Hapus
    2. bener tuh, klo aja semua cocok klopun mahal aku jabanin deeh.. heheh :D ga mikir
      " rugi beli eh ga cocok "

      Hapus
    3. hehehe.. kalo udah beli mahal2 ternyata nggak cocok itu nyesek banget ya, tau gitu duitnya bisa buat keperluan yg lain

      Hapus
  9. Mbakkk pernahh cobaa ektrak kulit manggis gakk? D tmpatku lgi trkenall banget ini..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku belom pernah nyoba kabar gembira ini hehehe.. penasaran juga sih, tapi masih mau ngabisin biolysin dulu

      Hapus

  10. mba, coba ovale vitamin merah yang rejuvenation.. apple oil + vit e.. bagus klo direview2 gugel hehe :) ak jg mau coba berhubung kulitku ada tanda2 penuaan dini -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ovale face rejuvenation ya.. aku pernah beli tahun 2013, tapi lupa nggak kutulis disini. aku beli yg isinya 7 kapsul, baru nyoba 2 biji udah ada gejala breakout, bruntusan gitu di pipi. aku kasih ke temen deh.. padahal aku suka loh vitamin ini, kalo dipakai sebelum makeup jadi lebih halus hasil makeupnya

      Hapus
    2. yah kok breakout ._. jadi maju mundur klo beli.. haha..
      pakenya kebanyakan kali mba? lg pengen cari vitamin wajah, ada rekomendasi gx mba hehe

      Hapus
    3. hehe..aku emang nggak cocok sama kosmetik yg banyak mengandung silicone. di urutan pertama ingredients ovale kan silicone (cyclomethicone, cyclopentasiloxane).

      ovale face lightening bagus kok, selama cocok dengan ingredientsnya. kata temenku sih hasilnya 11-12 sama the body shop vitamin c capsules (tapi TBS harganya ratusan ribu)

      thn 2012 aku pernah nyoba fair n lovely (krim vit abcd), bisa ngurangin flek hitam gara2 jerawat, breakout nggak terlalu karena silicone nya nggak di urutan pertama. tapi bikin kering kulitku & nambah blackheads hahaha..

      Hapus
    4. wah silikon, pantes alus bgt reviewnya,, hmm tp ttp penasaran!! scr murah , gampang kepo :)) hahahah.. wish me luck deh .

      Hapus
    5. iya, silikon itu emang bikin efek halus hehehe.. dicoba aja, semoga cocok ya

      Hapus
    6. Post bermanfaat bangeeet... sudah ada kerut halus dibawah mata gara2 sering ngucek mata :'(
      multivitamin juga penting ya, catet deh.. mau coba rajin buat minum :))

      Makasi ya lintang :)

      Hapus
    7. makasih neeya.. wah iya, ngucek2 mata itu bikin kerut halus, aku juga sering ngucek mata tanpa sadar
      multivitamin penting, terutama kalo makanan sehari2 kurang seimbang
      sama-sama..

      Hapus
    8. ^^^^ yclopentasiloxane berfungsi sebagai skin conditioning atau komponen yang melembutkan dan melembabkan serta menutrisi kulit, bukan silikon kah?

      Hapus
    9. cyclopentasiloxane itu termasuk silikon, rumus kimianya C5H20O5Si5. Si = silikon.
      ya, memang bisa melembabkan kulit (dan rambut) tapi bukan menutrisi, sifatnya malah menghalangi penyerapan nutrisi karena cyclopentasiloxane tidak larut air

      Hapus
    10. Yaahhh mending ga usa ada silikon, kan kulit butuh oil nya :(( klo g larut brti nempel aja? Sampai kapan y mbak :??

      Hapus
    11. dikasih silikon biar efeknya smooth & kinclong hehehe.. silikon yg tidak larut air bisa dihilangkan kalo dicuci dengan sabun

      Hapus
  11. sis minum air 12 gelas sehari apa gak kebanyakan?katanya terlalu minum air gak baik juga *cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 gelas itu masih sedikit lho, ibuku minimal 15. disuruh dokternya gitu soalnya ibuku minum banyak obat (darah tinggi,diabetes dll). kalo orang mengonsumsi suplemen & obat2an memang harus banyak minum air supaya ginjalnya nggak terganggu.

      tergantung makanan yg dikonsumsi juga. orang yg banyak mengonsumsi protein juga harus minum banyak air karena untuk metabolisme protein dibutuhkan air

      Hapus
  12. mbak,saya udah nyoba Saccharomyces toner-nya... tapi sayangnya nggak terlalu ngefek di kulit (jenis kulit saya oily, padahal selama ini saya kira kulit saya dehydatred oily), tapi malah ngefek buat telapak kaki pecah-pecah....lumayan melembabkan hehehehe....
    Sekarang lagi usaha buat ngilangin whitehead sama blackhead, tertarik sama masker fermented oatmeal, sayangnya kulit saya nggak cocok sama oatmeal... Ada alternatif nggak ya mbak buat pengganti oatmeal-nya? Misalnya pakai tepung beras, apa juga bisa?

    -Anindri-

    BalasHapus
    Balasan
    1. toner saccharomyces biasanya ngefek di kulit dehydrated oily, kalo oily nya bukan karena dehydrated kayaknya emang susah.. hehehe, multifungsi ya, kadang aku pakai juga di ujung2 rambut biar nggak kering

      oatmeal bisa diganti tepung maizena/tepung beras, rasanya agak kering sih dibandingkan oatmeal.. tapi mungkin tepung cocok untuk yg kulitnya oily

      Hapus
  13. Hi, lintang.. Ak udah beli nih biolysine tablet dewasa keluaran benofarm.. Cuma 3500/10 butir. Hasilnya baguuuuus loh di kulit ku, langsung kelihatan lebih lembab dan halus padahal baru 4 tablet. Nambah nafsu makan juga nih -___-"

    Ak minum 1 tab aja sehari sebelum tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo tania..
      wah jadi kepingin beli yg tablet, yg sirup bener2 nggak enak tapi di daerahku nggak jual yg tablet nih. betul lysine bisa menghaluskan kulit, yg bahaya juga bisa nambah nafsu makan hehehe.. kalo aku diakalin dengan banyakin sayur, soalnya sayur itu bikin awet kenyangnya

      Hapus
  14. aku juga akhir-akhir ini banyak switch ke diy tapi untuk pelembab sih masih ngabisin yang ada dulu.

    kalo aku mungkin lebih kurang ke nutrien aja mungkin ya. aku anemia sama hipotensi tapi males banget mau konsumsi obat soalnya suka lupa-lupa minum dan kudu pake 'pelumas' (pisang atau nasi) kalo bentuknya tablet/kapsul. suka susah nelan xD aku juga kaenya ga bisa dikasih vitamin c, sekalinya minum vitamin c namanya sariawan langsung ngebuka 3 biji makanya tiap minum vitamin c suka trauma. ada saran?

    oh ya l-glutamine itu sama ga sih kae glutathione? si bapak kemaren dihasut (lol) temennya buat beli glutera seabrek, ada suplemen minumnya tuh, aku konsumsi semingguan malah keluar semua itu jerawat >< dari review emang jerawatnya dikeluarin semua utk minggu2 awal konsumsi, tapi kok ya repot gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadinya aku juga mau 50:50 gitu tapi apa boleh buat pelembabku yg biasanya cocok bikin kulitku jenuh juga hehe..

      pilih yg bentuknya sirup aja biar gampang. buat anemia ada sangobion sirup ato sakatonik liver, coba aja..
      wah serem juga ya kalo langsung sariawan gitu. kalo lagi sariawan biasanya aku pakai enkasari sembuh sih..

      nggak sama, tapi ada miripnya. glutathione itu disintesis dari L-glutamine. bahan penyusun glutathione itu L-cysteine, L-glutamic acid, & glycine.
      halah, itu strategi marketing, pakai alasan purging segala. yg bener suplemen asam amino nggak pakai purging, malah bisa mengurangi jerawat.

      buat meningkatkan glutathione alami bisa dengan makan bahan makanan yg mengandung quercetin, misalnya apel (tinggi banget quercetinnya), jeruk, bawang, parsley. teh, sayuran hijau, berry, anggur juga mengandung quercetin. lebih ngirit juga dan nggak pakai purging hehehe..

      Hapus
  15. mbak aku bingung nih, kulitku cenderung normal dan gak rewel. cuman masalahnya ada di mata, aku punya mata panda yang paraah banget selain itu juga ada garis garis kerutan gitu. padahal aku udah cukup tidur sama minum air. enaknya gimana ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata panda yg parah biasanya ada kaitannya sama anemia & gangguan liver, bisa juga karena kurang vit A,C,E,K. coba dibenerin dulu dari segi nutrisinya. kalo anemia perlu banyak asupan zat besi & asam amino lysine.
      kalo masih gitu2 aja berarti faktor genetik..

      Hapus
  16. halo Lintang. aku mao tanya bedanya eksfoliasi sama scrubbing apa ya? apa cuma beda istilah saja tp fungsinya sama? kl dah rajin scrub masih perlu eksfo kah? satu lagi, ada resep diy untuk scar lubang bekas jerawat? gara2 tangan kreatip ngoprek2 jerawat? kl macam laser2 gitu mana mampu (daku golongan kere jg. helep pliis. matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. eksfoliasi itu istilah umum buat menghilangkan sel kulit mati, kan ada beberapa metode (cosmetic peeling seperti scrubbing, chemical peeling, physical peeling seperti laser & cryotheraphy, mechanical peeling seperti vacuum & ultrasonic cleaning). scrubbing cuma salah satu metode eksfoliasi.

      buat nutup lubang bekas jerawat kita harus menstimulasi produksi kolagen. bahan yg bisa menstimulasi kolagen itu rempah2 (kunyit, jahe, kayu manis), vitamin A & C. ada beberapa resepnya di blog ini hehehe..

      oya, juga harus cukup konsumsi vitamin A & C dari makanan. selain itu konsumsi protein hewani sumber asam amino lysine (terutama dada ayam) soalnya lysine itu berguna untuk membentuk kolagen. kalo kurang bisa mengonsumsi suplemen. btw sumber kolagen alami itu rumput laut, tulang rawan hewan, cakar ayam. rajin2 aja makan itu. rumput lautnya juga boleh dijadiin masker

      Hapus
  17. Halo lagi Lintang :D
    Baca salah satu komen diatas mata panda ada kaitannya dgn gangguan liver itu benarkah?boleh dijelaskan lagi?atau minta linknya..suamiku bermata panda n memang akhr2 ini kena gangguan liver..

    N mau nanya lagi..maap banyak nanya :p klo biokos vital nutrient sama gizi supee cream bagusan mana ya?terutama utk kulit keringggg n ud ada fine lines..

    Makasi ya sdh menjwb pertanyaan2ku :)) nice posts as always :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak..
      iya, benar.. dark circle muncul karena gangguan liver, mulai dari karena masalah lemak hati bahkan hepatitis. penjelasannya ada di link ini http://www.liverdoctor.com/do-you-have-dark-circles-under-your-eyes/

      hehe nggak pa2 mbak.. lebih bagus biokos vital nutrient. gizi super cream itu biasanya oke buat oil control, malah kadang bikin kering

      sama2 mbak..

      Hapus
  18. request diy serum dong mbak.suwun

    BalasHapus
  19. saya salut sama mba lintang, rajin banget nemplok ini itu ke muka ya....saya juga ga suka pake kosmetik kimia ..kayanya cuma facial foam aja yang saya punya itupun terpaksa saya pake klo pas siang daripada ke kantor saya gotong2 isi dapur saya hehehe.. rutin pagi dan malem bersihin muka pake olive oil&castor oil, siang pake sunblock dari greenmommy, malem pelembabnya olive oil&essensial oil lavender nya youngliving. ga pake bedak apalagi lisptik. kata suami saya cantikan begitu. ga ada rekayasa apa2..bibir ga dimerah2in, pipi diputih2in...saya bebas merdeka...merdeka dari pake make up yang belum tentu halal dan sehat. blog yang bagus mba...jadi semangat tetep green

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rajin nemplokin bahan alami baru awal tahun ini kok, tadinya pakai kosmetik kimia & sering nggak cocok. akhirnya putar haluan ke DIY hehe.. tapi tetep aja kalo lagi travelling sedia produk OTC, DIY bawa yang simpel aja

      lebih enak nggak pakai makeup, kulit bebas bernafas. aku jarang pakai makeup pabrikan sekarang, kalo pakai makeup pun maunya yang DIY soalnya alami, ringan & gampang dibersihkan hehehe..
      makasih mbak..

      Hapus
    2. Mbak mau nanya nih, saya bru2 ini konsumsi vitalong c krn ngerasa cpt sakit dan mudah bgt capek, dan trnyata hasilnya bgus cm sy pgn combine jg sama biolysine, the best to take biolysine itu sbelum tidur ya mbak? Trus kan di kota saya ga ada yg jual yg tablet jd apa hrus beli yg untuk anak2 itu ya? Kalo iya dosisnya brapa? Dikonsumsi tiap hari kah ato ada rentan wktu trtentu, byk yg blg gara2 biolysine makin glowing, emang kandungannya apa ya? Makasih byk

      Hapus
    3. biolysin bagusnya dikonsumsi setelah makan. misalnya mau dikonsumsi sebelum tidur, jangan jauh2 dari jam makan malam.
      aku juga susah sekali dapat yang tablet dewasa, makanya sampai sekarang masih beli yang tablet anak2.
      untuk anak2 kan dosisnya 1 tablet kunyah tiap hari, aku minum 2-3x dosis anak2.
      dikonsumsi tiap hari aja.
      isinya lysine, itu asam amino yang penting untuk pembentukan kolagen, makanya bisa bikin kulit glowing. coba deh..
      sama2..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah