Sabtu, 09 Agustus 2014

Masih Jaman Ingin Putih Instan dengan Produk Gajebo?

Hai pembaca..


Ngobrolin soal pemutih gajebo (ga jelas bo!) memang nggak ada habisnya. Kita sudah baca di mana-mana, nonton di mana-mana. Tapi topik ini memang menarik, sering banget diperbincangkan. Beberapa hari yang lalu saya mendengarkan topik pemutih gajebo di salah satu radio swasta, dan kembali diingatkan betapa banyaknya produk gajebo sekarang dengan strategi pemasaran yang lebih pintar. Kali ini saya mau bahas produk gajebo lokal, yang masih banyak dipakai oleh masyarakat di sini.



Beberapa tahun yang lalu, kita baca ciri-ciri krim gajebo adalah sebagai berikut :
  • Tidak ada nomor POM. Sayangnya banyak krim gajebo yang mengklaim produknya aman & punya no. POM tapi ternyata palsu. Cek saja di database registrasi BPOM, cari berdasarkan merk
  • Warna krim mengkilap & mencolok, biasanya kuning & putih yang mengkilap seperti mutiara
  • Tidak homogen, krim tidak tercampur rata sehingga ada bagian yang padat & berminyak yang terpisah
  • Lengket
  • Bau menyengat, mengandung banyak parfum untuk menyamarkan bau logam atau bau bahan-bahan berbahaya lainnya
Efeknya :
  • Gatal, panas, perih saat dipakai
  • Hasil sangat cepat (2 minggu atau kurang). Merkuri mengikis lapisan terluar kulit sehingga kulit menjadi licin, pori-pori tampak menghilang, dan tidak berjerawat sama sekali.
  • Kulit putih pucat yang tidak alami, karena krim tersebut menghilangkan melanin (pigmen pemberi warna kulit) 
  • Kulit memerah saat kena sinar matahari. Pigmen kulit sifatnya sebagai pelindung, karena dihilangkan kulit menjadi hipersensitif terhadap sinar matahari, bahkan rentan terkena kanker kulit
  • Selama pemakaian krim muncul keluhan seperti pusing, gemetar, mual, depresi, insomnia, pikun, gangguan penglihatan karena merkuri terakumulasi dalam organ-organ tubuh termasuk otak & sistem saraf.
  • Menyebabkan ketergantungan. Jika pemakaian dihentikan, kulit menjadi sangat kusam, gelap & muncul jerawat yang banyak & besar (cystic acne). Ini adalah efek balik (rebound) dari krim tersebut
Krim-krim berbahaya yang sudah "terbongkar kedoknya" yaitu:
  • Cream Syahrini
  • Baby Face
  • Cream walet (merek apapun itu, mau walet gold, super gold, walet herbal, pink ginseng, green alvina, dll.)
  • Esther
  • A-DHA
  • Qweena
  • Temulawak
  • Tabita
  • Cream Special
  • Natural 99
  • Vayala
  • Lingzhi
  • Deoonard
  • Chrysant 24
  • Cream Super Whitening
  • Cream Algae
  • Cream drg. Lena & berbagai dokter gigi lainnya (masuk akal nggak drg. meracik krim muka?)
  • Cream racikan dokter yang dijual secara online. Yang namanya racikan dokter ya harusnya diresepkan secara personal setelah pasien konsultasi dengan dokternya. Dokter meresepkan skincare sesuai kondisi kulit, nggak bisa 1 racikan yang sama untuk semua orang. Jika ada krim racikan dokter beredar bebas, bisa dipastikan  itu krim berbahaya.
  • Cream Bandung, cream Semarang
  • Skincare racikan apotik/salon/klinik (Cantik, apotek Ratu, Beauty Rossa, Hayfa)
Banyak lagi lho.. Mau kemasannya polosan, bagus, atau luxurious, pokoknya bentuknya putih-kuning mengkilat. Tonernya kecoklatan. Sabunnya transparan. 

Racikan dokter gajebo dengan kemasan tanpa logo (cuma tulisan night cream, day cream)
Beli krim dokter tanpa perlu konsultasi ke dokter, praktis sekali???

Cream Syahrini dengan sabun dan toner yang cetar gajebonya


Kemasan jelek & tidak meyakinkan mudah diidentifikasi sebagai produk abal-abal

Tapi yang ini kemasannya cantik & reviewnya sudah membahana sampai ke negeri seberang

Cakep ya kemasannya, tapi tetap abal-abal lho..

 
Hmm.. siapa bilang buatan apotik & klinik kecantikan selalu aman?
 Jika beredar bebas begini bisa dipastikan gajebo

Info ini sudah basi, tapi saya sekedar mengingatkan. Krim-krim tersebut berasal dari krim pemutih kiloan yang harganya murah, lalu dikemas ulang dan dijual dengan harga mahal.

 

Dibuat dengan bahan berbahaya, dikemas secara asal-asalan (dalam ember cat??)
Kebersihannya entah bagaimana

Yang ini cara pembuatan kosmetik palsu
Lucu, dari semen+lotion nyamuk+air tawas+pewarna tekstil


MENGENALI PRODUK GAJEBO DARI IKLANNYA

Produsen dan seller produk gajebo biasanya ngotot bilang produk yang mereka produksi/jual itu asli. Sampai ada di internet, ciri krim asli dan palsu itu bagaimana. Padahal sama-sama bahaya.


Mau asli, mau palsu.. cream nya tetap gaje

Review produk gajebo sangat sedikit, biasanya berisi testimoni positif dari pembeli di akun jejaring sosial. Pokoknya reviewnya bagus-bagus deh, dan terlihat meyakinkan banget. Testimoni itu bisa aja palsu

Gampang kan mengenalinya? Kalo udah tahun 2014 begini ada yang masih tertipu dengan krim gajebo sungguh keterlaluan. 

Sekarang Produsen Poduk Gajebo Makin Pintar, Pemerintah Makin Lunak

Beberapa tahun yang lalu, kita mudah sekali untuk mengecek no.POM. Jika tercantum no.registrasi, tapi kenyataannya tidak ada di database BPOM bisa dipastikan produk itu gajebo. 

Harmonisasi bidang kosmetika (ASEAN Harmonized Regulatory Scheme/AHCRS) telah disepakati oleh 10 negara anggota ASEAN untuk diterapkan di Indonesia sejak 1 Januari 2011. 

Sebelum harmonisasi ASEAN, yang berlaku adalah sistem registrasi, pengawasan dilakukan oleh pemerintah sebelum produk beredar (pre market approval).
Pada sistem notifikasi,  yang diterapkan adalah pengawasan setelah produk beredar (post market surveillance). 

Alasan dilakukan sistem notifikasi yaitu untuk memudahkan produsen dalam memperoleh izin edar. Kosmetik juga dinilai sebagai produk berisiko rendah sepanjang produsen mematuhi regulasi kosmetik. Saat mengajukan permohonan notifikasi ke BPOM, produsen kosmetik harus bertanggung jawab penuh atas mutu dan keamanan produknya. Pemerintah berasumsi masyarakat tetap terlindungi karena adanya pengawasan post market. BPOM rutin melakukan sampling dan pengujian mutu maupun keamanan dari produk yang beredar. Produk dapat ditarik ijin edarnya sewaktu-waktu apabila diketahui mengandung zat berbahaya.

Nah, inilah yang menjadi sumber keragu-raguan. Masyarakat sudah tahu, beberapa produk seperti Sari, Dermature, Yashodara itu gajebo tapi kenyataannya sudah memperoleh notifikasi BPOM. 

Ada no. notifikasi BPOM bukan berarti jaminan aman
Kosmetik yang aman bukan begini iklannya



Yashodara yang katanya lulus uji BPOM





Sabun dan krim Sari yang katanya sudah ber-BPOM, efeknya ajaib banget 7 hari udah kinclong??

Gawat betul kalo ada orang yang termakan omongan seller bahwa produk ini sudah ada no. POM. Sebelum beli produk yang promosinya bombastis, wajib baca-baca review. Jangan langsung beli!

Tapi kita nggak bisa sepenuhnya menyalahkan BPOM ya. Sebagai konsumen seharusnya cerdas. Kita bisa kok mengadukan produk yang mencurigakan, supaya nanti diuji dan direview oleh BPOM. Hubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) BPOM.
ULPK adalah Unit Layanan yang dibentuk untuk menampung pengaduan dan memberikan informasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan keamanan, kemanfaatan, dan mutu serta aspek legalitas produk-produk sebagai berikut:

* Obat
* Obat tradisional
* Kosmetika
* Produk Komplemen
* Makanan dan Minuman

Apa yang anda dapat peroleh dari ULPK ?

ULPK menerima pengaduan dan memberikan layanan informasi yang berkaitan dengan produk-produk Obat, Obat Tradisional, Kosmetika, Makanan, Bahan Berbahaya, Narkotika, Psikotropik, Zat Adiktif dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dan produk yang tidak memenuhi syarat dan atau salah penggunaannya yang dapat merugikan kesehatan.

Bagaimana cara menyampaikan pengaduan ke ULPK?

1. Melalui telepon di nomor 021-4263333
2. Melalui SMS di nomor 021-32199000
3. Melalui faksimili di nomor 021-4263333
4. Melalui Form Pengaduan atau Email: ulpk@pom.go.idulpk_badanpom@yahoo.co.id
5. Datang langsung ke :


Unit Layanan Pengaduan Konsumen
Badan Pengawas Obat dan Makanan
Jln. Percetakan Negara No. 23 Jakarta 10560

Mengapa Produk Gajebo Berbahaya?

Produk gajebo diracik dengan asal-asalan, dari bahan berbahaya, nggak pakai takaran, dan ngawur. Ya misalnya kayak video kosmetik palsu di atas.

Saya baca di FAQ situs ulpk.pom.go.id dan sumber-seumber lainnya mengenai aturan penggunaan bahan-bahan berikut untuk kosmetik. 

Merkuri (Hg)
Merkuri dan senyawanya termasuk dalam Daftar Kosmetik yang Dilarang, kecuali Merkuri dalam senyawa seperti yang tercantum dalam Lampiran IV Daftar Bahan Pengawet yang Diizinkan Digunakan dalam Kosmetik : garam Fenil Merkuri dan Thiomersal (NN) dengan kadar maksimum 0,007% (dihitung sebagai Hg) jika dicampur dengan senyawa merkuri lain yang diijinkan, maka konsentrasi maksimum Hg tetap 0,007%, dengan batasan hanya digunakan sebagai pengawet untuk sediaan tata rias mata dan pembersih tata rias mata dan mencantumkan peringatan pada penandaan/kemasan “mengandung senyawa fenilmerkuri” dan “mengandung tiomersal”.

Krim gajebo dapat mengandung hingga 56,000 ppm merkuri (link). Merkuri sangat beracun sehingga keberadaannya seharusnya 0 ppm dalam kosmetik, meskipun seringkali kita baca level merkuri dalam kosmetik maksimal 1 ppm. Merkuri tertahan di jaringan tubuh, terutama ginjal. Ginjal mengandung 50% dari total merkuri dalam tubuh, jaringan lainnya adalah darah, tulang, hati, limpa, otak, dan lemak. Merkuri memasuki jaringan otak dan saraf sehingga bisa menimbulkan gangguan sistem saraf pusat. Merkuri juga bisa memasuki janin dan kelenjar susu. 

Dampak merkuri bagi tubuh antara lain :
  • keletihan, pusing, mual
  • gangguan sistem saraf
  • gangguan fungsi otak : penurunan kecerdasan, hiperaktivitas, gangguan pendengaran, bicara & penglihatan, gangguan koordinasi otot dan tremor, gangguan ingatan, depresi
  • gagal ginjal
  • kerusakan DNA dan kromosom
  • reaksi alergi pada kulit, kerusakan kulit
  • gangguan fungsi reproduksi seperti penurunan kualitas sperma dan keguguran
  • menimbulkan cacat pada bayi yang dilahirkan (termasuk retardasi mental)

Produk gajebo bermerkuri menyebabkan efek rebound
kulit jadi kusam dan jerawatan setelah pemakaian dihentikan

Dari vemale.com mengenai kisah nyata dampak krim pemutih berbahaya


6 Kisah Nyata Dampak Krim Pemutih Wajah Berbahaya



Hydroquinone
penggunaan Hidrokinon pada kosmetik selain sebagai bahan pengoksidasi warna pada pewarna rambut dan untuk kuku artifisial, dilarang digunakan termasuk sebagai pemutih kulit.

Hydroquinone termasuk kategori obat, tidak boleh dicampur dalam kosmetik. Penggunaannya sebagai obat harus di bawah pengawasan dokter kulit dan tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Cara keranya dengan menekan melanosit, juga mengeksfoliasi kulit. Hydroquinone menyebabkan fotosensitif. Penggunaan hydroquinone tanpa aturan akan menyebabkan eefek balik (rebound) berupa ochronosis.

AHA
Penggunaan AHA dalam kosmetik dibatasi dengan kadar maksimum 70% dan dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu:
1. Kelompok 1, AHA dalam kosmetik dengan kadar sampai dengan 10% dengan derajat keasaman (pH) 3,5 atau lebih.
2. Kelompok 2, AHA dalam kosmetik dengan kadar di atas 10% sampai dengan 70% dengan derajat keasaman (pH) kurang dari 3,5 dan penggunaannya hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit.

Formaldehyde
Formaldehyd boleh digunakan untuk sediaan kosmetik sesuai batas kadar maksimum.
Batas kadar formaldehid sebesar 0,2% (sebagai pengawet untuk sediaan selain hygiene mulut) dan harus mencantumkan kalimat "mengandung formaldehyde" pada kemasannya.

Formaldehyde menyebabkan keracunan sistem imun, iritasi saluran pernafasan dan kanker pada manusia.

Rhodamine dan Lead (timbal) 
zat pewarna Rhodamin B dan Lead (Timbal) dilarang digunakan dalam kosmetik (termasuk lipstik).

Keracunan timbal ringan meliputi kelelahan, nyeri otot, nyeri perut. Keracunan yang lebih serius menyebabkan pusing, gangguan sistem saraf, tremor, kanker, dan kematian. Pada wanita hamil dapat menyebabkan gangguan pada janin sehingga anak yang dilahirkan memiliki gangguan konsentrasi, komunikasi, pendengaran, kemampuan belajar, kemampuan motorik, memori, dan memiliki IQ rendah. Keracunan timbal juga menyebabkan penurunan berat badan dan gangguan reproduksi. Gejala awalnya adalah kelelahan, sakit kepala, iritabilitas, dan lidah merasakan logam.

Asam retinoat
Tidak boleh ada di dalam kosmetik karena termasuk golongan obat. Asam retinoat bersifat exfoliant, kadarnya seringkali terlalu tinggi dalam produk gajebo sehingga menyebabkan pengelupasan kulit berlebihan dan fotosensitif. Asam retinoat dalam obat tidak boleh digunakan pada wanita hamil, menyusui, maupun yang sedang berencana untuk hamil.

Steroid
Steroid berupa kortikosteroid topikal adalah golongan obat, sifatnya antiinflamasi (anti radang) sehingga disalahgunakan untuk membuat kulit mulus bebas jerawat & tampaj putih. Efek samping penggunaan steroid dalam waktu lama yaitu :
1. Atrofia cutanea (kulit lisut / menipis), 
2. Striae atrophicae (garis-garis seperti stretchmark)
3. Telangiectasia (pelebaran kapiler pembuluh darah, tampak seperti urat-urat halus di kulit), 
4. Purpura (bercak merah speperti gigitan nyamuk namun lebih merah), 
5. Dermatosis acneformis (kelainan kulit menyerupai jerawat), 
6. Hypertrichosis (pertumbuhan rambut / bulu-bulu di kulit semakin banyak), 
7. Hypopigmentation (bercak putih pada kulit), 
8. Dermatitis perioral (peradangan kulit sekitar mulut), 
9. Kulit rentan terinfeksi jamur, virus , bakteri, karena steroid menurunkan kekebalan


Telangiectasia

 
Striae atrophicae (kiri), purpura (kanan)
12

hyperthrichosis

hypopigmentation

Dermatitis perioral

Kesimpulan
  • Dengan sistem notifikasi yang telah diterapkan BPOM, konsumen dituntut untuk lebih kritis, cerdas, dan hati-hati dalam memilih kosmetik
  • Gunakan produk yang kita yakini aman. Produk yang aman tidak hanya memiliki nomor notifikasi BPOM (atau terdaftar di FDA negara asal apabila itu produk luar). Yang penting adalah produsennya jelas, kandungannya jelas, iklannya masuk akal, hasilnya tidak instan, tidak ada efek negatif saat dihentikan.
Saya tidak menyarankan teman-teman memakai kosmetik yang meskipun booming & harganya mahal tetapi produsennya tidak jelas, keamanannya belum terbukti, promosinya heboh tapi tidak reliable (hanya ada testimoni positif dari pelanggan, tidak ada review yang objektif).

Jika tidak yakin itu aman, tidak usah dibeli. Nanti yang rugi diri sendiri. 

Terimakasih sudah menyempatkan diri membaca post ini. Jangan bosan-bosan ya memerangi produk gajebo. 

Sumber

Baca juga:
FAQ ULPK, menarik sekali. Ada FAQ tentang suntik putih juga
Cara mencerahkan kulit, ada beberapa zat pencerah kulit yang wajib diketahui agar tidak terjerumus dengan produk gajebo
Bahan Beracun dalam Kosmetik, macam-macam bahan beracun di kosmetik yang perlu kita ketahui



174 komentar:

  1. Ada jg krim 360, ya konsepnya kyk editor kamera 360 gt. Tp mukanya ga bisa di efek hitam - putih lo ya -_- ckck aneh2 aj jaman skrg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. yg dari thailand itu ya
      lucu kemasannya, ada gambar app camera 360. kreatif banget yg bikin, tapi kasian konsumen yg pakai

      Hapus
    2. barang gajebo dari thailand skrg menyerbu indonesia, yg bosen dgn gajebo indonesia skrg beralih ke barang thailand :D
      ada cream 360, gluta over white, kiss jg kemungkinan besar gajebo krn produsennya ga jelas (orang thailand aja banyak yg belom tau kiss, review2nya dari indonesia & sekitarnya terutama krn endorse).
      gluta over white parah bgt, ada serum AHA 70%, ada suplemen 20,000 mg gluta. sumpah produk2 ini bikin ngakak. ga masuk akal sama sekali :D

      Hapus
    3. wow.. nggak kalah dong dengan indonesia hehehe..
      lho kiss itu kan sering direview beauty blogger ya.. gajebo juga? aku sempet mengira itu high end brand di thailand

      gluta over white yg kemasannya serba pink itu ya, keliatan kok gajebonya. ya ampun AHA 70% itu kan ilegal.. AHA dalam kosmetik dengan kadar di atas 10% sd 70% dengan derajat keasaman (pH) < 3,5 penggunaannya hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit.
      20,000 mg gluta = 20 g, itu suplemen ato racun..btw kapsulnya emang berat banget toh? hehehe..

      Hapus
    4. haha kayaknya si blogger dia ga ngeh barang yg direview aman apa ga, kan di endorse.
      Pengaruh mereka sgt besar pdhl ke masyarakat ckck -_-

      Hapus
    5. mungkin karena kemasan & harganya menipu banget.. kayak produk high end gitu, jadi pada yakin produknya bagus & aman

      Hapus
    6. Seriusan KISS gajebo ? T.T

      Hapus
    7. aku nggak tau.. perlu ditelusuri lagi, kalo perlu diuji lab supaya terbukti ada kandungan yg "jahat" atau enggak

      Hapus
    8. di forum female daily ada member yg udah uji lab kiss, tp hasilnya gak boleh dishare, cuma utk konsumsi pribadi. bikin penasaran aja :D
      tp baca2 di FD orang2 yg lepas dari kiss ada yg ngalamin jerawat kecil2 bermunculan, bintil2 dsb, pdhl pas pake kulit jd mulusss n makeup awet nempelnya. ih kyk efek produk gajebo.
      yg pada penasaran ma kiss maen dong ke thread FD ttg kiss skincare, sempet dibahas jg di thread unbranded & unlicensed dangerous skincare :)

      Hapus
    9. wah sampai kayak gitu ya..produk yg aman seharusnya kalo udah dihentikan pemakaiannya nggak ada efek negatif.
      oke vikha, makasih atas infonya..

      Hapus
    10. waa... iyatuh.. aku curiga si kiss itu gajebo... soalnya di FD, perusahaannya gak di ketahui.. *kayak nebeng nama*.. terus hasilnya cepat.. n bayak review d FD, stelah lepas dari kiss, muka malah bruntusan.. serem deh.. thailand banyak bgt produk gajebo yaa... kyk baby lips *bukan punya maybeline*, ada lagi nenhong korea. katanya dari korea, tapi koq namanya "nenhong".. setelah di telusuri, ternyata punya thai.. -_-

      Hapus
    11. oya, cuma nebeng nama? wah aneh banget, kok berani ya jualan mahal2 kalo cuma gitu.
      biasanya segala sesuatu yg ngasih efek instan juga akan instan kerusakannya
      thailand banyak produk gajebo kayak indonesia, tapi mereka jualan sampai ke luar negeri.
      oh baby lips yg itu ya. ada juga tuh produk lip tint odbo (kok nggak dituntut ya sama pihak odbo). ngeri banget buat bibir dikasih yg abal2, padahal kan bisa tertelan

      Hapus
  2. Efeknya ko serem bgt. Sebenernya kata serrem ga cukup sih.. Utg g pnh kepngaruh , masih cuek duluuu. Pdhl diberanda banyak tuh . cuma ga gagas gt hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, serem banget.. jangan sampai deh pakai krim gajebo, kinclongnya sebentar tapi ngobatinnya lama

      Hapus
  3. aku termasuk kena yg steroid, tp bukan karena krim gajebo.. tapi, dr dokter :'(
    yg keliatan efeknya di aku itu poin 1,3,6,9.. nyesel banget deh kalau udah kaya gini.. karena jaman dulu aku ga ngerti apa2 sama yg kaya gini..
    be a smart consumer guys...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah padahal dari dokter yg bener ya.. memang katanya krim2 dokter itu keras
      efek steroid bisa disembuhkan kok Ca, tapi memang butuh waktu..tetap semangat ya
      betul, kita harus jadi smart consumer..

      Hapus
  4. aaaaaaaaaaa, aku pernah coba taun lalu, huahahaha, saking pengennya sampe beli patungan 3 orang, aku beli dari temen harganya 80000, lagi turun harganya kalo g salah, krim malam pagi sama sabun, ya ga ngefek apa-apa juga sih, secuil gitu dapetnya, tapi emang beli lebih karena kepengin coba jadi ya begitu beli y udah selesai, tapi emang mencurigakan banget sih, dulu di tempat aku praktik kerja tuh ada karyawan yang jual krim walet sama adha, harganya diatas 100rb, pengin coba sih tapi mahal banget buat pelajar, malah seinget q ada juga salah satu karyawan yang nakarin itu toner syahrini (kayaknya namanya itu) disitu, warnanya oranye ngejreng gitu lah, dulu ga begitu ngeh sih sama krim beginian, ada juga temenku yang pake krim pemutih beli di warung, aku lupa namanya tapi emang kayaknya terkenal bikin putih, dan yah warna kulit muka temenku tuh putih pucet gitu
    aku juga g putih, standar kulit orang indonesia lah, keinginan untuk putih sampai saat ini juga masih ada, walaupun udah motivasi diri sendiri untuk nrima apa adanya tapi ya masih tetep aja pengen lebih putih dsb, yang beginian kembali ke diri masing-masing sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, tapi nggak kenapa2 kan kulitnya?
      temen2ku juga ada yg pakai paket skincare gajebo beberapa tahun lalu, pas jaman krim walet lagi nge-hits & belom terbongkar kedoknya. aku juga belom mudeng soal beginian tapi merasa aneh aja karena mereka putihnya cepet dan pucet. tapi aku nggak pernah pingin soalnya harganya mahal.

      lebih baik pakai produk yg aman & pasti2 aja. muka cuma 1, badan juga cuma 1. kalo pakai produk yg bener bisa bikin cerah juga kok, hehehe..

      Hapus
    2. trus mba kalo tretinoin gimana ?? aku awal pakai tuh pertengahan november tahun lalu dan baru keliatan hasilnya (jerawat berkurang) sekitar bulan februari, habis itu mulai mengurangi pemakaian, cuma di spot jerawat juga ga setiap hari, tapi sekitar april aku jerawatan lagi dan lumayan bikin stres karena keliatan banget gitu, merah jerawatnya, jadi ya dirutinin pakai vitacid, beberapa hari ini aku rutinin pakai vitacid semuka karena emang jerawatnya tuh nyebar, jerawatnya ga terlalu parah sih memang, maksimal pemakaian tretinoin tuh sampai kapan mba tau g ? trus kalo pakai putih telur untuk pore pack gitu ga bagus y ? soalnya aku kalo g salah pernah baca gitu mba bilang telur y bagusnya dimatengin, bukan mentah gitu karena banyak bakterinya, maaf y mba kalo banyak tanya, makasih sebelumnya, dari sese

      Hapus
    3. aku pernah nulis di post "3 ingredients ajaib untuk skincare", gara2 itu aku baca bahwa tretinoin boleh dipakai dalam jangka panjang sebagai perawatan anti aging juga. ada yg pakai selama 20 tahun, kulitnya jadi awet muda gitu. ternyata dibolehin oleh dermatologist, malah direkomendasikan.

      iya,putih telur buat pore pack nggak bagus karena banyak bakteri, mending pakai gelatin. dulu aku pernah nyoba sih dari putih telur, ternyata hasilnya kalah bersih dibanding gelatin hehehe..
      sama2 sese..

      Hapus
  5. Untung gak pernah tergoda yg beginian mbak, tapi bener korbannya banyak dan banyak yg ngeyel tau itu bahaya demi cantik nekad aja. Padahal logam berat kyk Hg kan gak bisa dibuang ginjal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, untung nggak pernah tergoda. kinclongnya sebentar aja, menderitanya lama.. ngeri membayangkan ada yg pakai krim gajebo bertahun2, pasti banyak banget merkuri yg terakumulasi dalam tubuhnya..

      Hapus
  6. Waaahhh, lagi2 artikel bermutu. iya nih mbak lintang, saya juga gencar banget ngasi tau orang kantor yang suka beli produk gajebo lewat fb. tapi pada "ngeyel" semua mereka maunya yang efeknya cepet sih. emang muka saya gak sekinclong mereka, (malah lagi jerawatan..hehehehe) jadi gak meyakinkan kalau ngas saran :D.
    Ntar saya kasi tunjuk artikel mbak lintang semoga mereka pada tobat. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya orang2 yg pakai produk gajebo memang ngeyel. merkuri meracuni saraf sehingga mood & logika jadi terganggu. yg aku baca sih, orang keracunan merkuri jadi lebih sensitif, emosional,keras kepala, dan cara berpikirnya aneh.
      kita2 yg masih sehat ini harus lebih sabar menghadapinya, hehehe.. semoga mereka segera tobat

      Hapus
  7. wah mbak lintang postingannya bagus. menampar orang2 yang pake krim gajebo biar sadar. hihii.
    kemaren mudik di kampungku masih banyak banget yg pake beginian. pas aku tanya nomer registrasi POM sama sellernya mereka malah nylot dan bilang "produk kita tidak terdaftar di BPOM karena sengaja, kalau terdaftar pasti harganya lebih mahal, kasian konsumen yg mau beli." kan nyebelin banget jawabannya. --"
    oh ya soal foto before after kak, ternyata banyak yg nyolong dr foto before after orang tanpa izin dan di klaim sbg konsumen yg udh pake produk geje itu.

    nice info mba lintang^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menyadarkan orang yg udah terlanjur pakai kayaknya susah deh.. tapi harapannya bisa mencegah orang2 untuk tidak membeli. biasanya orang insyaf dari produk gajebo bukan karena dikasihtau orang lain, tapi karena udah merasakan dampak negatifnya sendiri

      ya ampun, paling ngurus notifikasi di BPOM nggak mahal hehehe.. tapi kadang produk gajebo yg terdaftar di BPOM juga pakai cara curang biar dapat ijin edar.
      betul banget, foto before after banyak yg nyolong, atau cuma editan biar after nya keliatan putih. cara promosinya aja nipu, apalagi produknya..

      semoga infonya bermanfaat ya..

      Hapus
  8. Kak lintang.. ijinkan aku cuap cuap disini ya ;;)
    Ngomong ngomong krim gajebo, aku tau ko cara orang buat dan menyalurkannya.
    Banyak yg jual krim kayak gitu secara kiloan, terus di pack di kemasan yg sederhana atau mewah sekalian biar lebih meyakinkan.
    Mendapatkan pot, jar atau botol kaya gitu gak susah kok, di pasar pramuka jakarta dijual ecer atau grosiran. So dengan seenak jidatnya bikin krim macam itu.
    Terus mengenai ijin edar BPOM, terkadang para produsen jamu, makanan atau kosmetik "Bodong" nan gaje kok bisa ada no BPOMnya ya..? Kata ayah aku yg memang bekerja disana banyak menemukan barang yg kaya gitu. Itu bukan no ijin BPOM thd produk tersebut tapi menggunakan no ijin BPOM dari produk lain. Seandainya ada bukti list daftar di BPOM, itu hanya nomor pendaftaran bukan izin, jadi belum legal utk beredar.
    Lalu ada yg menjadi korban krim klinik kecantikan, nah ini pernah saya alami. Saya pernah berobat disebuah klinik atas keluhan jerawat batu.. namun si dokter ini bukan menangani saya malah bilang "ah masak jerawat kaya gini, ini sih udah parah" lalu di treatmentlah saya facial peeling dsb dan juga di beri obat oral serta krim muka.
    Nah pas saya teliti obat yg saya minum hanya Clindamcyn yg bisa saya dapat di pasar pramuka hanya 5000 dan yg bikin nyesek krim klinik itu kenapa mirip krim olshop.
    Saya sempet nangis karena bukan wajah sehat yg saya dapat, malaah merah dan perih -_-
    Jadi kita harus pinter pinter juga milih produk bahkan perawatan :)
    Sekarang saya jadi bikin beberapa DIY kaya kak lintang.. dann muka saya mendingan.. ga ada merah kaya gitu lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo resty, makasih udah sharing
      jar2 kayak gitu emang dijual bebas, kalo di semarang ada di pasar johar. bisa juga kayak video di atas, mereka ngumpulin jar bekas produk tertentu, trus diisi krim gajebo.

      memang no BPOM yg ada di krim2 gajebo macam sari, dermature dll. itu cuma ijin karena ini sistem notifikasi, produknya sendiri bakal terus dipantau BPOM. kita2 nggak boleh bingung kenapa produk beginian nongol di database resmi BPOM. ada juga artikel (aku lupa linknya) bilang, produsen krim gajebo uji lab pakai sampel produk lain (yg pastinya bukan gajebo), lalu didaftarkan ke BPOM. kalo kayak gini kan ngeri..

      wah, dokternya kok gitu.. memang selain harus pinter2 pilih produk, ke dokter pun nggak boleh sembarangan ya. aku belum pernah ke dokter spkk buat ngobatin jerawat (dulu pas jerawatan cuek aja), tapi kata temenku yg berobat ke RSUD nggak sampe facial segala macam meskipun jerawat batu, cuma dikasih obat minum & salep2, semua generik, jadi murah. malah sembuh.

      berarti krim doktermu keras ya.. nggak semua orang tahan dengan krim dokter. kalo masih bisa ditangani dengan DIY mending DIY deh, alami & murah hehehe..

      Hapus
    2. iya nih skrg sistemnya notifikasi,, uda 20ribu lebih tuh yang ke notifikasi ckckck -__- ngalahin makanan dan obat . klo gini mending pilih yg lama berdiri di Indo kayak Viva, Mustika ratu, sariayu, wardah, trisia, dan merk2 lain yang kira2 jaman sstem notifikasi belum ada. Berarti masih test kan ya dulu itu? Kasian sekali konsumennya.. Indonesia kaya alam yg bisa membuat cantik kok. Ada brand Juara skincare. Alami banget krn no paraben juga dan harganya juga selangit banget. Sasarannya org luar kali ya? :( sayang sekali.

      Hapus
    3. aku setuju, mending kita pilih merek yg udah ada sebelum sistem notifikasi dimulai. dulu masih ditest sebelum beredar.

      juara skincare itu sih targetnya buat orang luar, emang bahan2nya bagus banget, review2nya juga objektif, tapi kebanyakan bilang bagus. hebat nih, bahan alami indonesia bisa cocok di kulit caucasian..

      Hapus
    4. wah kok kayaknya org indo ga bisa mencicipi, ga kejangkau. kita kan pengen :''D
      pdhl bahan bakunya dari indo . masa ya harganya setara utk produk high-end :v
      emaap just my opinion hahaha .

      Hapus
    5. coba usul ke ownernya.. usul bikin yg versi indonesia
      iya, kan sasaran pasarnya beda. aku juga pingin nyicip tapi harganya...
      misalnya aku ada uang buat beli produk high end, harus milih antara SKII & juara, aku pilih juara deh hehehe..

      Hapus
  9. Lintang.. Kalau produk Thailand (err oke merk Cathy doll) yg pake spf 130 + l-glutothiane (bener ga sih tulisannya) itu gimana ya? Review indo sih pada bilang bagus, tapi spf nya itu loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cathy doll katanya produk korea yg didistribusikan di thailand ya.. entahlah, lagi nge-hits banget sekarang.
      tapi spf labelling nya itu emang aneh.. kok masih bisa ditulis spf 130? setahu aku malah aturannya nggak boleh.. produk dengan spf >50 harusnya dievaluasi lagi, ini nggak ketangkep apa gimana ya..hehehe

      "in June 2011 FDA proposed a regulation that would require sunscreen products that have SPF values higher than 50 to be labeled as “SPF 50+.” FDA does not have adequate data demonstrating that products with SPF values higher than 50 provide additional protection compared to products with SPF values of 50."

      sumber : http://www.fda.gov/forconsumers/consumerupdates/ucm258416.htm

      "Manufacturers can still sell sunscreens with SPFs that exceed 50, though F.D.A. officials are evaluating whether they should remain on the market. It’s not clear that sunscreens with higher SPFs actually are more effective, and consumers may not apply them as frequently"

      http://well.blogs.nytimes.com/2013/05/27/the-new-rules-for-sunscreen/?_php=true&_type=blogs&_r=0

      Hapus
  10. hahahaa kak lintang, serius di pasar johar ada? wwkwkwkwk
    sedihnya itu, masih banyak aja yg tergiur putih instan n mulus dlm sekejap.

    btw aku tanya temen2 dokterku seputar pemakaian steroid di krim dokter. baru tau ternyata krim dokter (yang konsul langsung dan dokternya beneran SPKK asli ga tipu2) untuk tujuan pengobatan ga dibolehin untuk pemakaian jangka panjang. tapi sama orang2 dipake terus2an. IMO itu salah satu yg bkin ketergantungan.

    pernah pengalaman ke dokter spkk (ke dokter joko ungaran kak lintaang hehee tau ga?). aku emang ga jerawatan, tapi pernah muka breakout banget entah kenapa (curiga sama foundie n cushion) jadi kering mengelupas merah perih, pake natural, essential oil, dll uda ga mempan, aku ke dokter kulit. dapet krim malem, krim pagi, sm pembersih yg pake kapas. itu juga murah ga mahal2 banget. aku pake cuma 1,5-2 minggu kayanya (lupa hehee). uda baikan aku stop krim nya lanjut balik all natural-aku pakenya oil2an yang cara kerjanya kalo uda pernah pake macem2 akan didetoks- itu ga ketergantungan ga kenapa2 lo. muka ga minta 'dikasi' cream itu lagi,juga ga detoks. balik ke kulit normal. ga yang putih kaya pake mercury n mulus krn steroid gt..bnr2 normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jar-jar & botol toner untuk bikin barang gajebo ada kok di johar, bisa beli lusinan ato ngecer hehehe..
      ya betul, masih banyak yg kepingin putih mulus dalam sekejap, padahal yg namanya gen itu nggak bisa diubah.

      iya, steroid nggak boleh untuk jangka panjang, namanya juga obat. kalo dah beres ya harus berhenti.beberapa temenku ada yg pakai krim dokter selama bertahun2, aku nggak pernah liat mereka pakai produk otc. katanya kalo coba2 produk otc bisa jerawatan lagi, udah ketergantungan itu..

      dr. joko terkenal tuh di ungaran, aku cuma denger2 dari temen karena belom pernah kesana hehehe.. bagus dong kalo nggak ketergantungan. kalo jangka pendek aja tetep aman

      Hapus
  11. Hai Lintang, salam kenal ya :)
    Menarik banget postinganmu. Aku juga kadang heran sama cewek-cewek yang mau-maunya beli krim gak jelas di grup-grup bbm. Emang ya jaman sekarang pada maunya yang instan-instan. Bahkan ke klinik kecantikan pun belum tentu aman. Aku lebih milih trial error deh hehe. Ini juga masih pake produk-produk lokal yang murah-murah.
    Aku udah follow kamu, tertarik followback? :)
    catchingyoureyes.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo sofiati.. salam kenal
      iya tuh, pada maunya yg instan sampai rela mengorbankan kesehatan. padahal testimonial yg ada di medsos itu kan rekayasa, hehehe.. herannya kok pada percaya & tergiur.

      produk lokal yg murah asalkan produsennya jelas & terpercaya pasti aman, terutama merek yg udah ada sebelum sistem notifikasi dimulai.
      oke..

      Hapus
  12. sist.. boleh sekalian curhat gak??
    aku sih buka user cream gajebo ya sist... cuma awalnya emang jual product brand ory korea sist,..
    tapi anehnya custumerku kok banyak yang tanya produk gajebo. dan minta order gajebo ya sist...
    rasa berdosa ada sih. tapi bagaimana lagi... walau aku gak ambil untung banyak juga.. dan gilak. pas pertama aku coba order di portal online. masak iya sih sepaket harga 10.000 saja.. padahal kalo pake logika. harga membawa rasa sist...
    emang cusomerku itu. pas mau beli produk gak ngereview-review dulu yak sist :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..
      wah, ngeri banget harga 1 paket 10 ribu. terbuat dari apa tuh skincare..
      kalo aku boleh saran, baiknya mbak stop aja jualan barang gajebo. ntar malah menjatuhkan nama olshop mbak sendiri lho, padahal tadinya mbak nggak niat jual gajebo kan? (cuma gara2 ngikutin keinginan customer). yg paling parah, ntar masyarakat nge-judge produk ori korea yg mbak jual itu fake, karena mbak juga jual barang gajebo. maaf lho ini bukannya sok menasehati.. cuma berpikir dampak ke depannya bagi olshop itu sendiri

      Hapus
  13. Wah bagus jg reviewnya.. bener tuh belakangan bnyk bgt krim gajebo yg di review sama beauty blogger. Kok mereka gak blak2an ya ttg bpom dll nya. Atau cb cek2 krim2 yg di review layak atau gak..kasian kan pembaca yg awam yg pengen cantik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya bukan salah bloggernya sih.. kebanyakan mereka disponsori oleh olshop langganan mereka, jadi udah percaya dengan owner nya & barang2 yg dijual disana. mau mereview negatif mungkin juga nggak enak, karena udah kenal dengan owner olshop itu. jadi sebagai pembaca kita harus lebih kuat iman dan banyak menggali info sebelum beli..

      Hapus
  14. Aku ga nyangka sm skali kalo kiss, gluta, dan cathy doll itu meragukan ya mba. Tapi gimana caranya kita tau kalo produk luar itu aman apa ngga? Apa harus ngecek FDA nya dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dicek no.FDA nya aja. dulu pernah ada yg nanya aku, pasjel aman ato enggak (di postinganku yg berjudul makeup untuk sekolah) karena penasaran aku cek no.FDA nya ternyata nggak ketemu di website thai FDA.

      trus juga dicek labelnya & ingredientsnya. kan nggak wajar kalo skincare yg ingredientsnya biasa aja (brand lainnya juga banyak yg mengandung itu) efeknya langsung fantastis. atau ada penulisan yg aneh, misal mengandung glutathione 20,000 mg, mengandung SPF 130 sedangkan menurut aturan FDA yg berlaku secara internasional itu nggak diperbolehkan

      Hapus
  15. Hello mba lintang, salam kenal..
    Tulisan di blog mba lintang bagus bgd nambah informasi dan pengetahuan, hehe
    Mau tanya mba, itu mksdnya hayfa skincare yg di Semarang itu ya mba? Apakah termasuk skincare gajebo yg produknya berbahaya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo chacha.. salam kenal
      makasih ya hehehe..
      iya, hayfa skincare yg itu..hayfa sunblock acne cream & hayfa acne morning termasuk 17 kosmetik berbahaya temuan BPOM di bulan mei 2013

      Hapus
    2. Pasjel juga brg gajelas. Secara isi aku gatau apakah layak/ga layak dipakai.
      tapi yg jelas di thai dijual barengan naked palsu dan skincare palsu.
      Temen aku yg org asli sana juga gatau Pasjel itu apaan.
      tapi karena mmg blm ada bukti yang jelas ingredientsnya aman/tidak ya sy gak bs blg aman apa ngga hehe..
      sy pernah ditawari 2x review itu tp sy tolak krn ga yakin aja.

      Dan tmn sy yg juga blogger terima review bangkok face dan kiss, lalu beruntusan sampe leher.

      Jadi skincare semacam pasjel, gluta, kiss, and such itu actually barang online yang dijual kayak di lapak2 pasar baru kalo di jkt.
      Dibawa ke indo jadilah barang premium :p
      I'm talking this bukan asal cas cis cus karena saya bahkan take pic di lokasi dan kirim ke temen saya supaya dia percaya dan stop pake pasjel -__-


      Bahkan untuk snail white yang BUKAN barang geje (dijual di watson and boots di Thailand) aja yang palsu mirip banget.
      Di watson, harga snail white sekitar 250-300rb sekotak.

      Disini bisa dijual seharga 300rb (yah memang bervariasi tapi sy pernah nemu penjual yang jual snail white seharga segitu).
      Jadi bisa disimpulkan sendiri dong barang yg diambil palsu/asli?
      Apakah tidak perlu biaya lain2 seperti expedisi, pajak, dan lain2?

      Just sharing. Lebih baik pakai produk yang sudah jelas :)
      and, cmiiw hehe...


      Wenny // shesaysbeauty.blogspot.com

      Hapus
    3. wah kalo dijual di lapak2 semacam pasar baru berarti nggak jaminan tuh. taktik marketingnya jago juga ya.. dijual ke negara tetangga sebagai barang premium karena orang2 pada nggak tau.

      sebetulnya orang2 indonesia yg berniat beli itu wajib curiga, di internet nggak ada review dari masyarakat thailand. lagipula websitenya juga nggak ada. tapi memang masyarakat kita sering lemah iman melihat produk baru yg promosinya heboh.

      wow.. mana mungkin ya harga snail white asli sama dengan yg dijual di sana. tapi emang udah jadi rahasia umum kok, barang dari luar sering didatangkan dengan kecurangan. aku pernah baca di suatu forum jual beli, seller2 disana berbagi tips kongkalikong supaya barangnya nggak kena pajak, nggak bermasalah dengan pihak bea cukai dsb. ya sama aja ini black market.

      betul..lebih baik pakai produk yg udah jelas.
      makasih wenny atas infonya..

      Hapus
  16. Aku sempat mereview kiss skincare di blogku, www.notonlywear.blogspot.com.. stelah bbrp x pakai sih ga breakout ya. Skrg malah udah berenti juga pakai, tp gpp sih, aku gatau soal gajebo apa nggak, sempet search di internet, emg ga ada web resmi ya. Dan lagi sebetulnya kalau ga ada web resmi kurang meyakinkan. Aku aja review mau nyobain resiko breakout dong, aku cek review para blogger, jarang bgt yg ada after beforenya, makin ga yakin. Cuma aku liat kata-kata org sih bagus, aku cobain sendiri, cuma ya yg td aku blg itu.., aku sih ga ngalamin breakout ya meski udah berenti. Cuma lain x sih aku gamau cobain skincare2 yang krang jelas asal usulnya, mungkin aja dia sebenarnya aman, tp menimbulkan pro kontra, sbagipai beauty blogger, pasti impactnya kan besar, drpd pas2an suatu hr nanti aku review produk ga jelas dn nyeret org2 ke dlm bahaya atau yg lebi parah mukaku sendiri jd korban, this is the first time and the last aku nyoba skincare yg kurang jelas.. ^^ hehehe. Semoga membantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah baca review di blogmu, wah untung nggak breakout ya.. kalo kata vikha yg komen di atas, ada beberapa member FD yg bruntusan setelah stop pakai kiss. mungkin ini terjadi di beberapa orang, semoga nggak semua mengalami.

      asal-usul produk emang penting banget. calon pembeli seharusnya juga jangan mengandalkan review dari beauty blogger, tapi juga ngecek sendiri (cari website resminya, cek kebenaran no. FDA nya dsb). demi keselamatan diri sendiri. produk yg udah jelas aja ada resiko nggak cocok, gimana dengan yg kurang jelas hehe..
      makasih atas infonya yanita..

      Hapus
  17. Pagi sis, Aq baru aja beli cream deoonard, agak nyesel juga sih,, keluar 95 rbu tau taunya bhya ya, ,, abisnya aq udah coba pake masker organik, tree oil ga mempan ilangin jerawatku, apa aq salah pake produk pelembab sama bedaknya, aq pake parasol spf 15 dari apotik sama bedak mask katanya si aman,,, huu tetep jerawat,, sis punya rekomendasi produk aman tapi bagus ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngilangin jerawat itu harus ekstra sabar, apalagi kalo udah pernah kena krim gajebo, harus detox dulu kulitnya dengan cara puasa kosmetik.
      detox kulit bisa pakai masker rempah2 (kayu manis, kunyit, jahe) yg dicampur teh hijau. lebih baik bikin sendiri supaya bebas bahan kimia. juga harus rajin minum teh hijau+rempah2 buat detox tubuh.

      produk aman tapi bagus itu banyak, misal acnes, ristra. tapi buat ngilangin jerawat nggak cukup pakai produk. kamu harus benerin pola makan, menghindari bahan2 comedogenic. baca tipsnya disini : http://randomandquick.blogspot.com/2014/08/ramuan-diy-untuk-jerawat-dan-tips-bebas.html

      Hapus
  18. Jgn tergiur produk gajebo . rusak nti wajahnyaa , klo mau pake terserah sih,muka sendiri .. Klo ak g mau, krn merusak diri sendiri. Lebih bahaya ketimbang ngerokok ya kayaknya.. Rokok mahal = bahaya, gajebo mahl bgt = bahaya bgt . berbanding lurus dg harga. Semoga cpt sadar ya. Klo tutupnmata atau g mau tau jg terserah. EGP :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. produk gajebo memang cuma bikin kulit rusak & ujung2nya menghancurkan kepercayaan diri, bonus mengganggu kesehatan. tapi kenapa ya masih banyak yg mau pakai..
      semoga para pemakai produk gajebo segera sadar, amin..

      Hapus
  19. Artikelnya bagus nih,ak jg korban krim gajebo,beli d salon yg katanya racikan dokter,tp ga pernah konsul lgsng sama dokternya -_- ,emg kinclong sih,tp pas brenti kq jd kusam banget jerawat jg bejibun semuka dan itu jerawatan paling parah seumur idupku,setelah libur ga paje perawatan beberapa bulan,ak skrg pake theraskin,tp krimnya krim racikan dokternya,lgsng konsul sama dokternya via bbm,konsulnya cuma nunjukin foto muka yg bermasalah se detail2 nya biar bisa diagnosa masalahnya,skrg sih uda ga jerawat lg,tinggal bersihin bekas2 n menerahkan aja krna sebelumnya kusam banget,prosesnya 3 bulanan lah,kira2 gmn menurutmu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, krim2 begitu emang sering ada di salon ya. ibuku kalo ke salon sering ditawari krim2 begituan, tapi untungnya kuat iman karena diliat kemasannya nggak meyakinkan

      oh, bisa ya konsul kulit lewat bbm, aku baru tau hehehe.. setau aku theraskin juga dipack ulang di tempat praktek dokter dengan label klinik yg bersangkutan (ada juga yg dibiarkan tetap label theraskin). jadi semacam kerja sama gitu. produknya theraskin, tapi konsulnya ke dokter di klinik dunia nyata, nggak lewat medsos.
      kalo lewat bbm gitu entahlah.. takutnya kan ada orang yg ngaku2 dokter padahal cuma seller yang nggak pernah kuliah di fakultas kedokteran

      Hapus
  20. baru baca post ini...
    aku miris bgt sama efek samping pemakaian krim gajebo. aku punya temen, kulitnya kuning bagus bgt cerah gitu, gak ada jerawat atau bekas jerawat satu pun. tapi tiba2 kulit dia jadi putih banget! putihnya tuh gak wajar. beda sama kulit tangan dan lehernya. sampe sama temen2ku yg lain tuh pada ngeledekin dia. udah disindir2 pas pelajaran jg dia gak peduli. padahal kan kasian kalo ntr udah lepas. mending kalo cuma jerawatan, tp kalo ntr kena penyakit macem2 kan ngeri:(

    krimnya itu namanya krim rose katanya harganya cuma goceng. aku pengen bgt ngasi tau dia efek negatifnya, cuma aku gak deket sama dia. malah temen segengnya jg pada pake krim itu. padahal kulit dia itu bagus bgt loh kuning langsaaattt muka dia jg udh cantik, bingung deh kok segitu terobsesinya pengen putih. aku aja yg sawo matang trs jerawatan gak pengen pake2 gituan.

    maaf ya kak lintang jd curhat hehe cuma mau sharing aja:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sayang banget ya punya kulit bagus malah dirusak gitu. manusia emang nggak pernah puas ya, udah dikasih kulit bagus malah pingin yang lebih lagi hohoho..

      memang susah sih mengingatkan para pemakai krim gajebo. kadang bisa sadar kalo udah merasakan sendiri akibatnya. ada juga yang malah cari2 krim gajebo lainnya untuk menutupi efek krim gajebo sebelumnya.

      yang penting kan udah diingatkan. kalo yang bersangkutan nggak mau denger ya apa boleh buat.. didoakan aja supaya cepet sadar

      Hapus
  21. termasuk korban nie, jaman kuliah dl telat bgt setelah pake baru tahu tuh hydroquinon racun ternyata. jaman dulu pake sabun papaya + RDL. setelah pengelupasan memang muka jd bening, tp stlhnya kusam + jerawatan bgt.

    cukup lama, setelahnya jdlah lahan kering nie muka. semoga bisa lekas sembuh dengan perawatan yg benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sering baca merek RDL mengandung bahan berbahaya, tapi masih banyak dijual. di daerahku masih ada sabun pepaya RDL (bukan BDL yang katanya versi amannya)
      iya, semoga cepet sembuh.. kalo kulit kering banget coba pakai skincare yg anti aging

      Hapus
  22. mba lintanggg kerennnn...
    bagus banget artikelnyaa... aku tdnya niat bgt mau beli cream sari soalnya ada bpom tp setelah baca2 mundur total deh.. ternyata gajebo yahh..
    terjawab sudah rasa penasaran aku kenapa cream sari yashodara dll bs ada Bpom nya..
    Makasih ya jd ga penasaran lg...
    Gbu mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih lidya..
      sayang banget ya no bpom sekarang nggak bisa jadi patokan. kita harus semakin hati2, lebih baik pakai produk yang udah jelas & ada sejak sebelum jaman sistem notifikasi.
      banyak banget produsen krim gaje yang berusaha agar produknya dapat notifikasi, hati2 aja.
      sama2.. GBU

      Hapus
  23. Kak lintang, mau nanya aku barusan berhenti pake krim muka kesayangan karna gaada yang bisa ambil cream itu dari ciamis krna produsennya gmw kirim. Nah tapi aku curiga krim itu bahaya, tolong dong infonya. Jadi buat krim siang warnanya orange gt, kadang ada kaya minyak yang ga tercampur sempurna trus jg teksturnuya aga padet. Buatkrim malemnya warna putih susu rada bening gt ini jg kadang ada yg gumpal kaya ga nyampur bgt gt,dan kalo uda diolesin dan diamatin ada efek berkilap gt kaya berlian dari krimnya. Krimnya gaada ijin bpom dan aku dpt dari mamah temenku yg hobi bolak balik ciamis smrng. Dan hasilnya ga bgtu cepet 1bln lebih baru keliat bersih bgt, ga perih/gatel,ga ngelupas,wajah ga merah pas kena sinar matahari dan jerawat jg kadang bgt,cuma 1 ato 2 biji aja karna emang dasarnya aku jarang bgt jerawatan. Nah uda sebulan ini aku gapake krim malemnya krna abis tp kadang masih pake krim siang. Kadang jg ga pake semua. Alhasil wajah fine fine aja tetep bening kuning langsat tp ya ga secerah dl. Itu bahaya ga ya? Trus minta saran dong skin care yang bagus di smarang mana ya? Kalo cosmedic itu bagus ga yaa ? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dari ciri2nya sih kayaknya krim gaje tuh. reaksi orang terhadap krim gaje emang beda2. ada yg langsung jerawatan parah, ada yang tenang2 aja kulitnya, tergantung ketahanan kulit masing2. orang2 yang kondisi kulitnya emang udah jerawatan sebelum pakai krim gaje, waktu lepas krim gaje biasanya langsung muncul keroyokan & parah banget.
      karena kamu memang jarang jerawatan, reaksinya pasti beda dengan mereka.

      wah aku nggak ngerti skincare dokter atau klinik kecantikan yg bagus, soalnya nggak pernah pakai yg kayak gitu. temen2ku ada yg ke erha, larissa, dr. joko ungaran pada cocok. ada juga sih yg nggak cocok, hasilnya di tiap orang beda2.. maaf nggak bantu

      Hapus
  24. Ka lintang mau tanya saol lulur wajah natura green menurut kaka itu aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau.. soalnya termasuk produk homemade yang belum ngurus notifikasi BPOM. asalkan efeknya masuk akal & nggak instan, trus nggak ada efek negatif waktu berhenti pakai sih nggak apa2

      Hapus
  25. Dear ka lintang..
    Kenapa kalo pake cream sari sc buat muka jadi merah2 malah terrible.. tapi mama aku sm sepupuku pake aman2 saja :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. reaksi kulit orang beda2, mungkin kulitmu termasuk sensitif. ada orang yg pakai krim gaje kulitnya nggak apa2, tapi lama2 merusak sel2 tubuhnya (nggak cuma kulit tapi juga organ2 vital)

      Hapus
  26. Kak lintang, sy mau tanya ni. Td di post sblmnya kan ada blang ttg gluta over white. Itu yg brupa obat minum itu bukan ya kak? Itu berbahaya gx ya kak? Mksih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, gluta over white yang diminum. menurutku (& banyak orang) itu bahaya. bisa dilihat dari kandungannya yang nggak masuk akal. katanya glutathione nya bisa 10 ribu, 15ribu, 20 ribu mg, kandungan bahan lainnya juga sekian ribu atau ratus mg. dan semua itu nggak masuk akal dimuat dalam 1 kapsul.
      keliatan banget kalo produsennya cuma asal2an nulis label. padahal suplemen yang benar nggak boleh ngasal menuliskan kandungannya.
      jangan2 memang nggak ditimbang dengan benar, cuma asal oplos & dikemas cantik.

      Hapus
    2. Hi! disini mau jelasin sedikit soal glutathione. Kasar nya, gluta over white itu seperti suplemen. Glutathione sendiri, sebenarnya zat antikoksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, kalau kurang glutathione, itu sebenarnya nggak baik, glutathione, paling ampuh lewat injeksi. Kalau secara oral, atau diminum, biasanya udah keburu dihancurin sama asam yang ada di lambung. Yang tricky, jadi seperti ini, ada kasus di filipina soal suplemen, tapi aku lupa tentang zat apa, dia tulis mengandung 10.000mg, angka tetap nya aku lupa, tapi setelah di cek laborat, dosis nya 100mg pun nggak sampai. makadari itu, yang dibilang mbak Lintang ada logisnya, agak questionable "10.000, 20.000mg, dst" itu nggak masuk akal muat dalam satu kapsul. Jadi bisa saja, walau dia tulis 20.000mg, bisa saja ternyata nggak setinggi itu dosis nya. Kalau mau aman, bisa cari suplemen glutathione di apotek atau atas rekomendasi dokter. Kapsul yang benar - benar mengandung glutathione itu, kalau terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lumayan lama, nanti akan menggumpal. Intinya, sebagai konsumen, kita harus kritis dalam memilih produk dan berhati - hati. Bisa saja produk yang bagi kita aman, yang kita lihat dijual bebas di supermaket atau apotek ternyata harsh/dangerous utk tubuh kita. Yg ber BPOM atau dari DINKES bisa saja meragukan. Karena Indonesia itu birokrasi nya bukan mempermudah tapi mempersulit masyarakat, ada kasus dimana satu produk itu aman, dan dia, homemade, pure alami, safe bahan nya, tapi dibilang abal dan gajebo karena nggak keluar surat BPOM, padahal untuk mendaftarkan ke BPOM itu, nggak murah dan menguras kantong, salah satu alasan kenapa orang - orang mikir dua kali utk daftarin produk mereka :)

      intinya, be smart, think twice, dan kritis sebelum membeli. Kalau ragu, nggak usah beli. Tapi kalau kekeuh pengen coba, dan setelah coba ternyata bikin pusing, badan nggak enak, di lambung sakit atau semacam nya, langsung stop penggunaan. dan detoksifikasi tubuh dengan makan makanan sehat, banyak minum air putih. :)

      Hapus
    3. nah, tapi itulah yg jadi titik kesalahannya.
      jika mencantumkan sekian mg seharusnya kandungannya juga nggak beda jauh dengan yg tertulis.

      misalnya jika di label suplemen ditulis 100 mg L-arginine, seharusnya kadar L-argininenya max beda 2% (2 mg) dari kadar yg tertulis. karena standar deviasinya yg wajar 0,5 - 2%. jadi bedanya nggak terlalu jauh.

      misalnya bedanya terlalu jauh, itu udah penipuan terhadap konsumen, pelanggaran terhadap hak konsumen.

      produsen yg "waras" justru nggak takut merogoh kocek untuk mendaftarkan produk mereka ke BPOM. harga yg dikeluarkan sebanding dengan kepercayaan yg diperoleh dari masyarakat.
      makanya banyak produsen skincare gajebo yg rela bayar demi dapat no.notifikasi BPOM. itu usaha mereka supaya produknya dipercaya masyarakat.

      badan kan cuma 1, daripada coba2 mending pilih yg udah dijamin aman & produknya jelas bagus reputasinya

      Hapus
  27. Mba Lintang pernah pake JV sulfur ga? Kira2 itu bahaya ga ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. JF sulfur ya? aku belum pernah pakai, tapi aman kok itu, kan produsennya Galenium (yang memproduksi Caladine).
      banyak yang bilang JF sulfur terasa agak kering di kulit bahkan ada yang bilang perih. wajar aja sih, kan ada sulfurnya. sulfur sifatnya keratolitik yang mengelupas sel kulit mati. yang penting dikasih pelembab & sunblock aja sesudahnya

      Hapus
  28. Kak ? Tau obat produk tiens gak? Menurut kakak kalau obat spirulina,zinc,sama double cellulose capsule itu bagus gak buat anak umur 13 thn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cek kok belum terdaftar di BPOM ya. trus infonya juga dikit banget, malah yg muncul iklan online shop.
      kalo kayak gini mending jangan, pakai aja suplemen yg udah jelas keamanannya

      Hapus
    2. Suplemen yang bikin kurus dan putih untuk umur 13 tahun apa ya kak? Aku pengen banget berubah

      Hapus
    3. suplemen pemutih biasanya buat 17 tahun ke atas.

      coba suplemen kulit manggis dikombinasikan lysine (misal biolysin kids) & madu asli (lebih bagus kalo ada royal jelly & bee pollen nya).
      ini bisa meningkatkan metabolisme & banyak lemak dibakar. selain itu juga bisa mencerahkan kulit tapi harus sabar karena nggak instan.

      Hapus
  29. Halo, boleh tau gimana cara nge cek keaslian dan kebenaran no FDA dari suatu produk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang, tinggal masuk ke website FDA negara yg bersangkutan.
      misal mau cek produk thai, buka aja http://fdaolap.fda.moph.go.th/logistics/cosmetic/CSerch.asp?id=cos&rad_status=0&consumer=0

      klik link search baris ke-3, masukkan no produk.
      karena dalam bahasa thai perlu bantuan google translate untuk tau artinya

      Hapus
  30. Saya suka dengan artikel ini, terimakasih banyak udah posting. Mohon ijin share supaya yang belum tahu jadi lebih paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak.. iya, silahkan dishare supaya nambah wawasan buat yg belum tahu

      Hapus
  31. Kak lintang,saya malah bingung,cari kosmetik yg cocok,dr dulu sampe skrg ga nemu,atau saya yg kurang bisa ngebedain yg cocok sm yg engga.tp prasaan pas pake kosmetik pasti deh muncul jerawat yg ukuranny gede2.trus klo pake kosmetik tu ga peenah ada efek apa2,klo di pke sodara kulit mukany ngelupas gt,klo d ak engga.skrg bingung milih kosmetik,trus baca ini jd ngrasa takut,apa jerawat yg muncul tu gara2 dl wkt SMA sy pke pemutih abal2.soalny jerawatny besar,trus di dlmny ada nanah n darahny.knp y....kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari kosmetik yg cocok sebenernya gampang. kalo udah kenal jenis kulit, ada bahan2 yg jadi pantangannya. lihat di postingan ini http://randomandquick.blogspot.com/2014/06/menghindari-malapetaka-pemakaian.html
      bisa dijadikan pedoman untuk menghindari bahan2 yg mungkin kurang cocok untuk kamu.

      ya, bisa aja itu efek pemakaian krim abal. seringkali breakoutnya berupa cystic acne semacam itu

      Hapus
  32. minta link untuk cek no FDA nya donk.susah bngt niyh carinya.ga ngerti dgn bahasanya biarpun sdh ditranslate

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya aja ke orang yg emang ngerti bahasanya ato orang asli sana

      Hapus
  33. Hai kak lintang,,salam kenal ya.
    Q mau share nih...dr dulu q tu ganti2 kosmetik,kemakan iklan tp ya biasa aja,,,skrg sih q pake theraskin udh bbrpa bulan..bersihan sih baru pas habis banyak gitu,q cek di BPOM juga terdaftar,,tapi kalau lagi males q sering ga make,,kk jadi agak kusam gitu ya kak,itu ketergantungan atau gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal uut..
      theraskin itu setahu aku aman. tapi memang ada 2 macam, yg diracik sesuai kebutuhan masing2 pasien & yg umum (bisa dipesan siapa aja tanpa harus konsul dokter)
      yg umum seharusnya nggak menimbulkan ketergantungan.

      kalo yg diracik tentunya ada jangka waktu penggunaannya, karena itu seperti obat yg mengobati masalah kulit. begitu masalah kulit selesai, ya udah stop & ganti ke yg umum atau produk OTC lainnya. kalo kelamaan dipakai memang bisa bikin ketergantungan.

      Hapus
  34. hai Lintang uda pernah denger soal krim aura glow belum? Katanya sih aman bahkan buat Bumil juga, aman ngga sih itu? Aku coba cari review an yg objektif belum nemu.
    Aku masih agak ngga paham deh jadi sistem notifikasi bpom itu dia ngga nguji itu produk dulu, tp cuma ngawasin abis beredar? Nyesel deh dulu pernah pake yashodara abis ber bpom dan website nya ngejelasin secara detil ingredients nya apa aja. Tapi ngga ngefek apa2 sih dan mahal jadi ngga lanjut pake. Kalo uda gini bpom ngga bisa jadi jaminan dong? Terus apa gunanya bpom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. krim aura glow itu nggak aman, dia sekelas dengan qweena, yashodara, sari.
      jangankan krim2 begituan, ibu hamil pun harus menghindari produk2 skincare terkenal kalo memang sifatnya membahayakan pertumbuhan janin atau mengganggu hormon.

      ada lho pembaca yg pernah kirim email ke aku, curhat tentang kondisi anak pertama &keduanya yg sangat berbeda (sama2 perempuan). waktu hamil anak pertama, beliau masih suka pakai produk2 brightening, padahal produknya aman lho sebangsa olay, ponds, garnier. waktu hamil anak kedua nggak pakai produk2 itu, tapi beralih ke DIY yg alami kayak tomat, jeruk nipis, oat, alpukat dll.
      kondisi anaknya beda, yg pertama lahirnya lebih kecil, proses belajarnya lebih lambat, dan daya tahan tubuhnya kurang.
      adiknya lahir lebih besar, lebih cepat proses belajar & pertumbuhannya, ketahanan tubuhnya lebih baik dari kakaknya.
      masuk akal lho, kan kosmetik pabrikan mengandung banyak pengawet & bahan2 kimia lainnya yg nggak bagus buat pertumbuhan janin. ibu hamil disarankan untuk menerapkan gaya hidup organik, jangan numpuk bahan kimia dari makanan & kosmetik.

      BPOM sekarang fungsinya untuk mempermudah para produsen lokal karena sebentar lagi kita memasuki era pasar bebas ASEAN.
      jika prosedur perijinannya masih sulit, pemerintah khawatir produsen lokal tidak bisa berkembang.
      solusinya, lebih baik masyarakat memilih merek2 yg memang udah ada sebelum sistem notifikasi diterapkan.

      Hapus
    2. Iya aku paham itu niatnya buat mempermudah produsen buat bersaing di pasar bebas nanti, tp kalo sarannya pake merk yg uda ada sebelum sistem notifikasi kasian juga ya produsen baru yg jujur dan mau ngembangin brand baru. Ada ngga sih Lin cara biar bisa tau itu produk aman apa ngga (kalo bisa ngga perlu di lab) hehe..
      Kemarin aku coba ngirim email ke ULPK nanyain itu sistem notifikasi intinya aku nanya itu nomor bisa jamin produk itu aman ngga trs perlindungan konsumennya gimana..tp belum dibales e..
      Btw aku uda liat liat resep DIY mu baru mau nyari botol kaca (kalo bekas uc1000 gitu boleh ga sih?) abis susah nyari botol kaca, abis itu mau nyobain deh resepnya..Thanks Lintang uda dibales dan tebar2 resep DIY ;)

      Hapus
    3. hehe.. kalo nanya hal sensitif gitu di BPOM mana mungkin dibalas.

      iya, kasian produsen baru yg jujur.
      biasanya kalo produk gajebo itu begini :
      - promosinya heboh, nggak masuk akal. misalnya ya itu tadi, mengklaim aman untuk bumil. produk kayak ponds aja nggak berani mengklaim kayak gitu.
      - cuma ramai di testimonial lewat sosmed. kenapa nggak pasang iklan di koran, majalah & tv sekalian? minimal tv lokal deh kalo nggak mampu tv nasional.
      - nggak ada website resminya. atau ada website tapi domainnya masih pakai yg gratisan.
      - bikin super mulus &kinclong sampai merek skincare premium pun kalah.
      - mungkin sekarang produk gajebo lebih pinter, nggak ada efek kayak perih/ngelupas saat dipakai tapi tetep bisa breakout parah kalo dilepas pemakaiannya. efek kusamnya terasa banget jika nggak dipakai 1-2 hari aja.
      - semua skincare yg diracik apoteker tapi beredar bebas (tanpa resep dokter) adalah ilegal karena menyalahi kode etik.
      - sekarang krim gajebo udah banyak yg warnanya nggak putih-kuning mencolok & nggak lengket, warnanya normal & teksturnya biasa aja. tapi efeknya di kulit luar biasa (mengubah kulit yg gelap, jerawatan, pori besar) menjadi kulit yang mulus tanpa pori2 & kerut, untuk jadi putih mungkin nggak secepat krim gaje jaman dulu.

      kita semua tahu, untuk mengecilkan pori & menghilangkan kerut itu susahnya bukan main (perawatan dengan rangkaian skincare premium & peralatan modern aja lama banget hasilnya) masa dengan sabun-toner-serum-krim aja bisa cepet sih.

      iya, botol You C100 boleh, aku juga biasanya pakai botol itu kok.
      sama2..

      Hapus
  35. kak? produk nature's plus acai berry itu bagus gak untuk di bawah 15 tahu,katanya sih boleh kak,cuma masih raggu saya beli harganya 350.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. acai berry sendiri kalo dimakan dalam bentuk segar sangat bagus untuk semua umur. tapi kalo udah jadi suplemen harus hati2. jangan langsung percaya kata2 seller.

      baca dulu ini :
      http://wolipop.detik.com/read/2012/02/29/100604/1854223/849/pro-kontra-acai-berry-sebagai-suplemen-pelangsing-tubuh
      http://ruang625.wordpress.com/2012/01/31/laporan-final-bahaya-terselubung-abc-acai-berry/

      lebih baik suplemen kulit manggis daripada acai berry (misal merek xamthone plus, garcia, mastin). kulit manggis juga bisa melangsingkan, membantu pertumbuhan, memperbaiki kondisi kulit dsb.

      Hapus
    2. Iya kak,Kalau yang merk ABC acai berry ITU bahaya. Tapi saya beli yang merk nature plus, saya udah konsultasi sama dokternnya. Soalnya saya beli di Boston

      Hapus
    3. kalo kamu ragu nggak usah dibeli, kalo yakin beli aja.

      gampangnya begini deh :
      bertanya ke seller itu sesat
      bertanya ke dokter yg juga seller tambah sesat
      bertanya ke dokter yg netral (bukan seller) itu benar
      bertanya ke orang lain yg belum nyoba produk itu sama sekali nggak membantu, hehehe..

      Hapus
  36. skincare thailand itu yg berupa suplement gluta itu aman ga ya?? msh bingung wlpn ada no FDA nya tertera. saya cek no fda nya msg2 ada kog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suplemen yg aman harusnya :
      - no. FDA nya asli, dicek di database thai FDA ada
      - ingredientsnya jujur. misalnya kalo 1 kapsul isinya 10.000 mg glutathione, masuk akal nggak? kalo dites di lab akhirnya kadar glutathione-nya di bawah 100 mg, tapi berarti ini adalah kebohongan.
      produsen yg bohong tentang kandungan produknya seharusnya nggak usah dipercaya.
      - ada iklan resmi. suplemen yg iklannya nggak jelas/nggak ada iklan resminya, atau cuma kumpulan berbagai testimonial positif biasanya gajebo.

      Hapus
  37. syukuuuurr nemu nih artikel :))
    hampir mau beli gluta over white

    anyway mau share pengalaman. aku pernah nyoba cream sari sama theraskin. kedua"nya bikin muka bersih. tapi setelah berhenti ya balik kusem lg hahaha

    mau nanya nih, kalo cream kelly itu gimana yah? aku browsing karna kepo kok ada blog yg komennya positif smua.
    thanks ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. theraskin kan aman, kalo krim sari emang gajebo hehehe..
      cream kelly bukan gajebo. aku juga pernah ngreview cream kelly disini http://randomandquick.blogspot.com/2013/10/old-fashioned-but-great-products.html
      aku nggak bilang jelek, tapi juga nggak bilang bagus.aku jelasin juga tentang ingredientsnya

      Hapus
  38. Makasih mbak lintang, seneng banget nemu artikel ini. Menurut mbak bagus gak hazeline dari citra yg diracik dengan kapsul hijau putih, saya dapat infonya dari teman, soalnya wajah saya sekarang jerawatan akibat cream tabita. Trus cream theraskin itu aman gak sih mbak? Makasih banyak ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..
      kapsul kalmicetine? wah menurutku jangan coba2 yg kayak gitu. kalmicetine mengandung kloramfenikol, itu kan antibiotik, harus dipakai sesuai resep dokter.

      kloramfenikol untuk mengobati penyakit2 infeksi bakteri yg nggak mempan dengan antibiotik lainnya.
      kloramfenikol untuk mengobati penyakit berat seperti salmonellosis, meningitis, tifus.

      setelah diolesin ke kulit, kloramfenikol bisa memasuki pembuluh darah.
      misalnya suatu saat individu tsb terinfeksi bakteri penyebab penyakit berat yg aku sebutkan tadi, bakterinya sudah resisten. nanti diobati dengan antibiotik apa aja nggak bisa sembuh.

      hati2 dengan antibiotik.
      sekarang antibiotik pun sudah sangat dihindari di industri pangan & kosmetik, hanya untuk obat.

      theraskin harusnya aman. kan katanya ada 2 macam, yg racikan (harus konsul dengan dokter) & yg dijual bebas.
      jangan sampai salah beli. kalo ada yg menjual racikan tapi nggak usah ke dokter, itu sama aja dengan krim gajebo.

      karena kamu baru lepas dari krim gajebo, jangan sampai jadi korban gajebo yg lain.
      apalagi hazeline+kalmicetine itu, diracik sendiri tanpa pengetahuan medis, tanpa memikirkan dampak ke depannya. ini sih namanya DIY cream gajebo, hehehehe..

      Hapus
  39. mba, kan temenku jualan krim yg emg pemasarannya lwt distributor. racikan alumni farmasi Univ terkenal .
    Alumni farmasi boleh ngeracik ga ya? secara otomatis dia jg tau komposisi bahan2 yg ada diobat dan kosmetik.
    so dia berani ngeracik sendiri? tmenku juga pake trs berhenti ga ada efek negatif.
    nah ak liat komposisinya standar krim2 pasaran gitu ,
    ismopropyl, cylosilixane , dimethicone, stearic acid, citric acid dll .. menurut mba aman ga ya ? udah ber BPOM juga.
    Skrg sistemnya kok notifikasi sih, kasian konsumennya. gara2 MEA itu ya kyknya. Jadi persaingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh meracik asalkan belum jadi apoteker. kalo udah jadi apoteker kan harus meracik sesuai resep dokter & hasil racikannya nggak boleh dijual bebas.
      tergantung konsumen masing2.
      efek kosmetik itu kan nggak cuma diliat dari hasilnya di kulit, tapi juga ke kesehatan. selama pemakaian kosmetik ada keluhan kesehatan atau enggak.
      kalo di kulit oke2 aja, untuk kesehatan nggak bermasalah, berarti aman

      Hapus
  40. Mbak tau ga sejak kapan notifikasi diberlakukan?? Terima kasih :) mungkin jawaban ini adalah yg diperlukan heheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai 1 januari 2011. lengkapnya baca disini http://spesifikasidanparameter.blogspot.com/2011/02/harmonisasi-asean-di-bidang-kosmetik.html

      Hapus
  41. Hai kak lintang,, makasih artikelnya sangat bermanfaat..Kak pernah denganr paket perawatan D, Orlin dan Elmadea ga? Itu aman ga yah,? kalo yg aku liat sih sdh ada BPOM nya.
    Kak mau curhat nih sebelumnya aku jg jadi korban gajebo gitu, belum negerti sih, dlu pernah direcommend sama anak temannya mama pake A-Dha ehh baru pake 2 hari muka aku jadi hancur jerawat bejibun muncul dimuka padahl sebelumnya ga pernah muka jerawatan kayak gitu.
    Nah sekarang ini aku pakenya garnier sakura white cream spf 21, aman2 saja sih ga jerawatan, muka jadi lembab, Tapi aku punya masalah dengan komedo dan pori2 yg besar kira2 tetap pake garnier ato menurut kakak produk apa yg bagus??

    Ohh yahh kak, ada teman aku pake MSC (Miracle skin care) Katanya sih racikan dokter, menurut kakak itu beneran aman ato kah itu termasuk krim gajebo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kan udah sering dibahas kosmetik yg udah ada no. BPOM belum tentu aman karen mudahnya mengurus notifikasi. pemerintah kan sekarang ingin mempermudah produsen lokal supaya produknya nggak tertindas oleh produk luar.

      kalo percaya itu aman, silahkan dicoba. tapi saranku liat2 dulu iklannya kayak gimana. produk gajebo itu biasanya iklannya juga nggak jelas, isinya cuma testimoni positif, foto before-after yg keliatannya diedit. pokoknya kalo liat skincare yg iklannya kayak gitu mending dihindari deh.

      apalagi yg katanya racikan dokter. krim racikan dokter itu ya diperoleh di dokter dengan resep setelah konsultasi. bukan sembarang dijual di online shop. kalo ada yg jual di online shop udah jelas itu krim gajebo yg asalnya dari krim kiloan.

      Hapus
  42. Kalau Cream MECO gimana?
    Apakah ingridientnya aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman.
      tapi MECO memang banyak bahan komedogenik sehingga teksturnya thick & nggak ramah untuk yg kulitnya oily, pori2 besar, dan acne prone

      Hapus
  43. Hai Kak Lintang..salam kenal yaa.. :)
    Terimakasih bnyk artikel ini sangat bermanfaat buat kami semua.
    oya Kak, Saudara Saya memakai produk Temulawak dan Beauty Rossa. So...produk tsb tidak aman yaa kak?
    mohon penjelasannya ..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal binnura.. sama2
      krim temulawak itu gaje, meskipun wujud krimnya nggak kayak krim kiloan yg lainnya, ternyata krim temulawak mengandung bahan berbahaya.
      beauty rossa malah dulu kliniknya pernah digrebek BPOM dan produk2nya dinyatakan berbahaya, ada kok beritanya di TV. tapi sekarang udah aktif lagi kliniknya

      Hapus
  44. malem kak..
    bbrpa hari ini lagi cari cari tau ttg cream aura glow nih,agak tertarik sih soalnya testinya bagus semua,tp kak lintang bilang di atas klo aura glow trmasuk cream gajebo :(
    minta saran dong ka,krim yg aman itu apa aja yaa,soalnya muka aku kusem ka kadang iri liat temen temen yg pd pake krim pemutih mukanya pd kinclong kinclongg ...
    oya kalo suplemen frutablend gmna?beneran bisa mutihin wajah kah?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, memang aura glow termasuk nggak jelas karena wujudnya kayak krim kiloan. udah banyak yg tau kalo aura glow gajebo.
      hati2 dengan kosmetik yg iklannya aneh, misalnya cuma testimoni2 yg positif. produk yg bener seharusnya iklannya juga bermutu, dan ada review positif-negatif. masak positif semua, itupun cuma testi di jejaring sosial.

      krim yg aman banyak lah. tuh yg di supermarket aman semua. contoh ponds, citra, garnier, olay dsb. emang putihnya nggak sampai kinclong kayak krim gajebo.

      frutablend iklannya masuk akal nggak? cuma testi2 positif atau ada iklan yg jelas? kalo isinya cuma testi di jejaring sosial berarti itu gajebo.

      Hapus
  45. Slam kenal kak, kalau produk acerola scrub itu aman tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak jawaban di atas. lihat iklannya bener atau cuma testi positif?
      ada no. FDA nya nggak? no.nya asli nggak?
      ada review di internet nggak?
      reviewnya disponsori atau pribadi? review yg disponsori bisa aja nggak objektif.

      Hapus
  46. Hai lintang artikelnya bermanfaat bgt. Aku td liat di instagram ada olshop jual gluta over white. Trs akhrnya aku pnasaran cari di google dan untung ketemu sm artikel kamu ini. Serem jg ya tnyata.
    mau cerita dikit boleh ya. Dl aku prnh pake beauty rossa krn usulan temen kaka aku. Wlopun aku wkt pake BR gak ada efek2 jerawatan. Tp wkt tau di grebek aku lgs berhenti make. Krn sbnrnya aku emg udah niat mau berhenti make BR krn aku mkir kulit aku ntr makin lama makin tipis. Daaan akhrnya aku beralih pake loreal hydrafresh yg fungsinya buat menetralkan wajah setelah perawatan2. Dan skrg aku beralih lg pake loreal white perfect. Dan aku ngerasa cocok bgt. Ini mgkn uda pmakaian krg lbh 5bln aku pake produk loreal. Wlopun hslnya kliatannya gak instan tp aku satisfied bgt krn awal pemakaian loreal aku bnr2 ga ada iritasi2 dl wajahnya sperti bintik2 merah ky dl wkt aku awal pemakaian BR. Yah dr sini aku udah gak lagi2 lah ke skincare2 gajebo dan dokter2 ga terpercaya. Mending pake produk yg uda jls asalusul dan BPOM nya. Oya. Nano spray itu jg bagus loh. Aku pake itu kulit jd segerrrr kenyal enak bgt. Hihi. Pkonya slh 1 hal yg plg penting ya minum air putih yg banyak. Ya gak? Anw thx yah sudah share artikel bagus ini. Bisa aku share jg ke temen2 yg masi gangerti ttg krim2 gajebo. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. kalo udah tipis kulitnya gara2 krim gajebo terus gimana tuh? bisa dibalikin seperti semula berapa lama? pastinya harus sabar ya.
      lebih baik pakai produk2 yg udah terpercaya meskipun nggak sekinclong krim gaje.
      nano spray banyak yg cocok ya.. aku belum pernah nyoba sih hehehe..
      iya betul. minum air putih yg banyak tuh penting.
      sama2 rizka..

      Hapus
  47. Bermanfaat sekali. Salam kenal ya Mbak. Aku pernah nih sekali pake krim begituan . Merknya nama dokter apa gt lupa. Awalnya ragu2, tapi gegara kepengaruh sama iklan dan testi eh akhirnya beli juga.

    Tapi aku orangnya males malesan, ga rutin pake jd mgkn ga terlalu berhasil di mukaku. Apa memang wajahku ini wajah badak pake apa2 ga mempan hehehe. Akhirnya sebelum krim habis aku brhenti karena takut sama efek jangka panjangnya. Biarlah wajah ga kinclong asal sehat wal afiat.

    Minta saran dong Mbak biar wajah bersih tp bahannya alami. Selama ini aku ga pake macem2 kalo keluar juga cuma pake bedak tabur marks. Klo pake pelembab cuma pake ponds.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nggak rutin pakai krim begituan mungkin akumulasi bahan berbahaya di kulit & tubuh nggak begitu banyak. jadi mungkin lebih mudah ditangani ya..
      aku punya banyak lho resep DIY dengan bahan2 alami. coba deh dibuka halaman DY recipes di blog ini.
      aku juga nggak pakai macam2 kalo keluar rumah..

      Hapus
  48. kasian yg pengen ngembangin produknya kyk UKM gitu..
    Kan ada tuh yg emang aman tp ga ber BPOM, ada yg ber ber BPOM tp kesannya ga menjual karena kemasannya. Tp skrg sistemnya notifikasi.
    Beda lagi.
    Tp seenggaknya kita tau ada krim gajebo krn dulu susah sistem BPOMnya (katanya!) .
    Skrg sistemnya notifikasi jd krim gajebo ga keliatan. Bisa2 ga hati2 milih kosmetik. Skrg harus hati-hati. krim adha katanya dpt notif BPOM. is that true? pdhl dlu gajebo.
    utk cewe2 cowo2 ibu2 bpk2 adek2 yg pengen kulitnya kinclong cari yg pasti2 lah.
    Jgn mau dijalur 'ketidakpastian' produk. Ciiee ketidakpastian.
    Terus ak heran sama yang nanya2 mba lintang krim asdfgsdfgasdfgas ( krim yg namanya asing belum terkenal tp kebykan pd nanya yg gajebo) aman apa gak.
    Dia plg juga ga tau. Karena pake aja ga pernah. hahahaha.
    Gw mikir sih yg nanya2 udah tau aman apa gak. cuma dia pengen cari kepastian dr sesorang yg dia anggap bisa memberi kepastian #halah
    Mending langsung test aja di lab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, kalogitu tergantung konsumennya. misalnyaada produk organik tidak bernomor BPOM tapi kita udah tau itu aman (mungkin kenal produsennya/ lihat hasil uji labnya), nggak perlu takut memakainya sih..
      ya, untuk dapat ijin dari BPOM dulu memang susah.

      kemarin tuh aku baca berta tentang obat2 tradisional. udah dapat no BPOM lho, tapi dibatalkan karena ada bahan berbahayanya.
      hmm.. kapan ya krim adha dll. dibatalkan gitu? soalnya sesat banget, ada no. BPOMnya sehingga orang2 mengira itu aman.

      nah itulah.. banyak banget yg nanya aku produk ini-itu aman atau enggak. emangnya aku pernah nyoba?
      tes lab muahaal.. kalo tes lab murah mungkin udah aku tes semua itu produk2 yg mereka tanyakan hehehe..

      Hapus
  49. Lintang mau nanya dong, etude cc cream dr os itu asli g ya,,, aman ga,, klo produk immortal gmane,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. etude sih aman, tapi olshopnya terpercaya nggak nih? beli di olshop yg terpercaya. kalo di counternya dijamin asli walaupun mahal.
      immortal cosmedika aman, tapi penggunaannya biasanya sebatas untuk mengatasi masalah kulit. begitu kulit udah sehat sebaiknya ganti ke skincare yg lebih mild.
      ini webnya immortal cosmedika http://www.immortal.co.id/about_immortal.php?lang=EN
      tuh ternyata udah dapat sertifikat cGMP bahkan ISO juga dalam proses

      Hapus
  50. Halo ka lintang pengen cerita nih ka, aku beli lotion yang katanya booming di IG dari korea bilangnya ,nama produknya sammy lotion ka. Itu aman enggak ya?aku liat followers IG dia udah ratusan ribu dan testimoni nya bejibun. Searching di google pun kebanyakan yang mengunggulkan itu produk , tp yg bkin takut ya efeknya instan ka 4-7 hari udah kinclong ka, tp aku udah pake 4 hari ga ada perubahan sih . Menurut kaka, aku harus berhenti pake itu produk apa gimana ka ? Jujur ya ka , namanya cewe rata rata pasti pingin putih kan . Sebenernya kulit aku ga item ka cuman belang aja aku pengen nyamain warna kulit, aku gegana banget ka harus gimana sekarang takut ka-_- makasih ka aku baru baca blog kaka . Ditunggu saran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kalo takut kenapa masih dipakai?
      lagian iklannya nggak jelas gitu, cuma kumpulan testi positif.
      lha bahan alami yg udah terbukti aman ada yg bilang cocok & nggak cocokkalo udah dijadiin DIY skincare.
      masak produk full bahan kimia cocok di semua orang? nggak mungkin.

      mending pakai yg jelas2 aja, kayak lotion vaseline instafair itu. efek cerahnya langsung dapat (walaupun hanya kamuflase) tapi kalo dipakai teratur memang bisa mencerahkan beneran.

      Hapus
  51. Hai kak lintang ^^ mau tanya gluta over white. Ada yg jual itu di olshop. Kepo penen cobain :( tapi takut kalo knp2. Itu aman nggak sih kak? Aku baru nemu tadi. Soalnya liat testinya kepengen nyobain. Dia jadi putih gitu kak. Kalo kata kamu cobain nggak? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. glutha over white udah dibahas lho di komen2 di atas. kalo malas scroll, find aja pakai CTRL+F. kalo udah baca simpulkan sendiri ya, hehehe..

      Hapus
  52. Hello kak aku mau tanya nihh kalo redpome itu aman ga ? Soalnya di pake kaya di olesin tepung gitu langsung putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sama kayak jawaban pertanyaan2 di atas
      - cek ada no FDA, kalo ada palsu/enggak? cek di website FDA negara yg bersangkutan
      - iklannya gimana? kalo cuma kumpulan testi positif & nggak ada iklan resminya biasanya itu gajebo

      Hapus
  53. Kak... Klo cream thai, sabun beras thai. , paket pmutih bdan susu domba, dll itu gajebo gak ya... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sama kayak jawaban pertanyaan2 di atas
      - cek ada no FDA, kalo ada palsu/enggak? cek di website FDA negara yg bersangkutan
      - iklannya gimana? kalo cuma kumpulan testi positif & nggak ada iklan resminya biasanya itu gajebo

      Hapus
  54. Halo ka lintang ;;) kak sbelumnya aku ga tau kalau kiss berbahaya, tpi skrng aku udah terlanjur pakai kiss, isi nya juga masih banyak, trus saya harus gimana kak? Apa harus di hentikan pemakaiannya.. Oiyaa satu lagi kka aku jga baru beli krim sari rencana baru mau pakai, tpi setelah tau berbahaya, saya jadi takut, jadi gimana kak, saya galau jadinyaa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo takut nggak usah dipakai. muka cuma 1 , jangan coba2. nanti kalo breakout baru nyesel

      Hapus
  55. Hai kak lintang, aku mau nanya nih..
    Di olshop olshop lagi booming namanya cream SG, sepaket ada dua item. Yang satunya warna pink yang satunya warna putih. Aku penasaran banget sama cream SG itu. Kira kira itu gajebo gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. krim dari mana tuh? produk luar? intinya sama kayak jawaban pertanyaan2 di atas
      - cek ada no FDA, kalo ada palsu/enggak? cek di website FDA negara yg bersangkutan
      - iklannya gimana? kalo cuma kumpulan testi positif & nggak ada iklan resminya biasanya itu gajebo

      Hapus
    2. Nggak ada no BPOM atau pun FDA nya kak, pas di tanyain ke seller nya ada no BPOM ato nggk, jwbnya lg di urus. Kalo glutadrink gimana tuh kak? Gajebo atau nggak?

      Hapus
    3. hehehe.. kalo sellernya bilang "no bpom lagi diurus" udah jelas itu gajebo
      hampir semua seller barang gajebo bilang gitu kalo ditanyain soal no bpom. atau mereka bilang "no bpom ngurusnya ribet" bla bla bla..
      coba tanya ke seller glutadrink soal no bpomnya, apa jawabannya?

      Hapus
    4. Dia blg glutadrink aman udah terdaftar di depkes katanya

      Hapus
    5. kalo yakin aman beli aja deh, ditunggu ya reviewnya..hehehe

      Hapus
  56. Mau tanya Kak Lintang, aku udah baca komentar yg diatas. Kalau Colly Pre Gluta gimana ya kak? Mereka ada FDA licence, terus komposisinya juga berbeda sama yg gluta di atas. Mereka cantumin glutathione 250.00 mg. Aku buka IG yg "kayaknya" ownernya dan pasang foto dijual di supermarket. Apakah itu aman? Cara untuk liat di website FDA Thailand gimana ya kak? Aku enggak ngerti bahasanya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga nggak ngerti bahasa thai. biasanya aku translate pakai google translate.
      seringkali yg gluta gitu aku masukin no FDA nya nggak terdeteksi, atau not found. coba aja cek sendiri..

      Hapus
  57. ka, kalo beauty water dan steong acid tu aman ga ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku yg merek kangen water asli itu aman. tapi katanya sekarang banyak tiruannya

      Hapus
  58. Share info, kalo mau tanya produk Thailand bisa tanya langsung lewat FB. Karena aku enggak ngerti bahasanya kalo lewat website, aku coba pake cara itu dan dapet respon dari mereka. Nanti kita akan dapat keterangan produk dari mulai produk itu terdaftar enggak, kategori produk, sampai perusahaannya. Aku coba tanya mereka soal Colly Pre Gluta dan dijawab produk itu terdaftar. Ternyata produknya juga punya website. Coba aja untuk produk-produk lainnya. Selamat mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku menyarankan langsung tanya ke FDA thailand. yg di website FDA thai kita bisa kirim email ke mereka, dan responnya cukup cepat
      kalo tanya ke FB atau website produk itu, yah namanya produsen mana mau rugi. mereka pasti bicara yg bagus2. makanya kita tanya ke pihak yg netral, yaitu FDA thai

      Hapus
    2. Maksud aku FBnya FDA Thailand kak. Jadi nanti kita bisa dapet info dari produk itu terdaftar apa, kategorinya juga.

      Hapus
    3. enak dong kalo FDA thai ada FB nya, coba BPOM kita juga ada FB..

      Hapus
  59. Serius kak aura glow bahaya ?
    Day creamnya warna pink,
    Teksturnya mirip ponds cream yg wrna pink
    -,,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. aura glow kita bilang gajebo karena iklannya nggak masuk akal, masak dibilang aman untuk ibu hamil?

      coba dilihat deh, merek kosmetik sekelas ponds, garnier, olay dsb pernah nggak mengklaim produknya aman untuk ibu hamil & menyusui? pernah nggak mereka memunculkan sosok ibu hamil di iklannya?karena dimana-mana krim pemutih itu nggak baik untuk ibu hamil. jangankan krim pemutih, chemical sunscreen aja banyak yg nggak baik untuk ibu hamil

      kalo aura glow bilang aman, jelas banget mereka bohong. semua krim gajebo suka menebar kebohongan. kalo konsumennya nggak pinter ya kena tipu deh..hehehe

      Hapus
  60. Udah tau meragukan kenapa masih pada pake??pada nanya? Aneh jd org. No offense.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena mereka nggak bersyukur, jadinya nggak realistis, hehehe..

      Hapus
    2. Karena nggak semua orang mampu beli krim mahal ala Paris, Korea, atau perawatan di skin care dokter. Orang yg nggak tau berhak kan tanya? Karena mereka juga ingin tau, kalo udah tau kan bisa jadi masukan ke mereka buat lebih berhati-hati. Siapa sih cewek yg nggak pengen keliatan cantik... Peace :)

      Hapus
    3. untuk jadi cantik nggak perlu krim mahal atau skincare dokter. ada banyak cara yg aman dan terjangkau.
      orang yg ingin hasil instan biasanya nggak memikirkan dampak jangka panjangnya.
      semua cewek pingin kelihatan cantik. tapi seharusnya cewek memakai cara cerdas untuk mencapai keinginannya.

      cantik hanya beberapa saat, lalu di masa depan kulit rusak, badan rusak.. siapa yg mau kayak gitu?

      be smart ya girls..
      cantik itu nggak dinilai dari apa yg terlihat di luar, tapi perpaduan antara inner & outer beauty.

      Hapus
  61. esther skrg ada yg bpom nya :) aku udah cek terdaftar kok :) harganya 1 paket 110rb dpt cream siang dan malam + bonus sabun cuci muka ... packingnya juga cantik :)

    di aku sih efeknya mencerahkan dan memudarkan noda merah bekas jerawat aku..
    aku masih sering jerawatan sih pakai ini tp gag keroyokoan kyk dulu lg >.>
    gag perih/panas/merah atau kusam/breakout setelah berhenti pakai

    tp aku stop pakai ini XD karna lg nyoba snail white by namu,,, reviewnya bisa hilangkan noda merah bekas jerawat dlm beberapa bulan... walau harganya sgt amat mahal nurut aku 50ml 430rb belum ongkir lg T_T

    kalo esther 110 rb bisa utk 2-3 minggu T.T tp noda merah bekas jerawat masih ada walau memudar drpd sebelumnya... padahal udah pakai 6 bln lebih XP

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan banyak orang adalah : mengabaikan reputasi produk.

      banyak orang berpikir "aman lah, kan ada no. BPOMnya. masak sih BPOM mau nipu kita semua?"

      banyak orang nggak mau menerima kenyataan bahwa no. BPOM sekarang mudah sekali diurus. soalnya pemerintah mau mempermudah produsen lokal.

      produk yg didaftarkan ke BPOM nggak dianalisis satu per satu oleh BPOM, hanya bermodalkan surat hasil lab di luar BPOM (yg sebenarnya bisa dimanipulasi oleh siapa saja).

      setelah ijin edar dikeluarkan, baru deh BPOM mengambil sampel yg udah diedarkan ke pasaran untuk dianalisis. kalo terbukti berbahaya, nanti izin edarnya dicabut.

      sudah pernah baca berita tentang obat tradisional yg dibatalkan no. BPOMnya? bisa jadi bakal banyak banget kosmetik yg batal ijin BPOMnya kalo sistemnya begini.

      makanya, aku pingin mengajak semua orang (yg baca blog ini) supaya cerdas memilih kosmetik. pilih kosmetik yg baik reputasinya, yg nggak pernah kena kasus mengandung bahan berbahaya.

      Hapus
  62. Halo sis, saya ingin bertanya. Product biocell krim nya aman atau tidak?
    Lalu gluta over white itu aman atau engga? Soalnya dia blng dr apoteker di thailand dan putih permanen. Seblm nya saya niay untuk membelinya tapi msh ragu banget . Tolong ya sis saya butuh banget ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku mau nanya balik, hat nurani kamu bilang itu aman nggak?
      kenapa masih mau pakai produk2 yg kamu sendiri nggak yakin aman enggaknya?
      muka cuma 1, kalo rusak nggak ada cadangannya.

      Hapus
  63. salam kenal mbk Lintang,
    artikel Anda sangat membantu sekali, soalnya aku hampir tergiur pengen beli produk ''cream sari'' yg katanya aman dan terdaftar di BPOM, dan aman buat bumil seharga 150rb, setelah baca review diatas jd tk buang jauh'' hasrat itu hehehe

    sekalian mau tanya, pake bedak olay aman gk mbk untuk bumil? soalnya selama aku hmil gk pake kosmetik apapun kecuali pake bedak olay itu,,.

    sekalian mau curhat soal produk gajebo, pas hari raya kemarin itu aku sempet tergiur sama ''baby lips'' (yg katanya aman dan pelembab bibir super ampuh, kata yg jual hehe) seharga 25rb, dasarnya bibirku kering pecah jg, jd beli deh tnpa pikir panjang buat cari review, sampe rumah tk buka kemasanya, tk oles ke bibir langsung mual, gara'' baunya menyengat bgt, warnanya pink kinclong,. di bibir juga perih, akhirnya penasaran buat cari info produk, dan ternyata bener, produk yg tk beli PALSU =_= kapok dah kapok
    jd sekarang klw mau beli jd wajib review produk dulu, kyk sekrng nie hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal..
      jangan percaya dengan merek2 yg bilang produk mereka aman untuk bumil. merek sekelas ponds, garnier, olay dll nggak berani mengklaim produk mereka aman untuk bumil karena memang ibu hamil nggak disarankan pakai whitening & chemical sunscreen.

      bedak olay yg mbak maksud itu covergirl & olay pressed powder bukan ya?
      atau olay doang?

      olay nggak pernah memproduksi bedak, mereka cuma produksi skincare. ada sih pelembab yg mengandung foundation (olay total effects touch of foundation) tapi bukan 100% foundation.

      tapi olay kerjasama dengan covergirl (brand makeup luar), bedak covergirl+olay sendiri jarang ada di indonesia, mesti po kali ya..

      waspada dengan kosmetik gajebo yg nebeng nama brand kosmetik besar, isinya dijamin nggak aman. lebih baik pakai kosmetik yg udah jelas.

      Hapus
    2. aduh maaf mbk Lintang, salah sebut merk, aku pakai olay nya yg cream malam, tp pas hamil aku dh stop pake olay, cuma bedak pixy yg twc itu,. tapi setelah baca artikel di blog ini saya ganti bedak marcks yg warna pink, soalnya wajah saya berminyak mbk, kan di ulasan yg wajah berminyak tidak disarankan pakai bedak padat, hehe, jadi nambah ilmu lagi,.

      Hapus
  64. Jadi Krim Sari juga termasuk gajebo gtu? dapat info dari mana mba? Ada sumber yang jelas? Selain ciri2 krim ya... Soalnya saya pakenya krim sari. Menurut saya gak instan kok hasilnya.. Tapi kalo emang ada info akurat sih pasti langsung brenti... Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan banyak orang adalah : mengabaikan reputasi produk.

      banyak orang berpikir "aman lah, kan ada no. BPOMnya. masak sih BPOM mau nipu kita semua?"

      banyak orang nggak mau menerima kenyataan bahwa no. BPOM sekarang mudah sekali diurus. soalnya pemerintah mau mempermudah produsen lokal.

      produk yg didaftarkan ke BPOM nggak dianalisis satu per satu oleh BPOM, hanya bermodalkan surat hasil lab di luar BPOM (yg sebenarnya bisa dimanipulasi oleh siapa saja).

      setelah ijin edar dikeluarkan, baru deh BPOM mengambil sampel yg udah diedarkan ke pasaran untuk dianalisis. kalo terbukti berbahaya, nanti izin edarnya dicabut.

      sudah pernah baca berita tentang obat tradisional yg dibatalkan no. BPOMnya? bisa jadi bakal banyak banget kosmetik yg batal ijin BPOMnya kalo sistemnya begini.

      makanya, aku pingin mengajak semua orang (yg baca blog ini) supaya cerdas memilih kosmetik. pilih kosmetik yg baik reputasinya, yg nggak pernah kena kasus mengandung bahan berbahaya.

      soal infonya, aku menyimpulkan dari beberapa berita yg terkait soal sistem notifikasi BPOM. kalo kamu rajin ngikutin postingan forum2 soal beauty (yg banyak ada di facebook, atau website seperti female daily), kamu bisa baca banyak yg bilang sari adalah produk gajebo.

      tapi aku nggak maksa kamu buat berhenti. keputusan ada di tangan kamu.

      Hapus
    2. Halloo..nice posting sist..plg aman sih pake organic skin care rainforest n secret garden keluaran green mommy shop. Diambil dr ingredients yg mrp super skin food seperti grape seed oil,rose hip oil,seabuckthorn oil,aloe vera,sweet almond oil,lavender oil,n others skin food nutrition..perpaduan minyak nabati (essensial oil) dgn herbs asal negeri sendiri utk mengatasi sgl permasalahan kulit..bs dpakai jangka panjang tnp efek samping,aman,halal,..bangga bs pakai produk organik dlm negeri sdri. Aku sdh pakai untuk perawatan shari2 sdri,kulit mjd lbh sehat,cerah,flawless,glowing,kencang. Blm ada produk yg slengkap ini nutrisinya. N tentu saja 100% organik,100% vegan,0% zat kimia,0% pengawet,no alkohol,no sls,no logam/ mineral minyak bumi,no animal testing..

      Hapus
  65. sepupu ku mbak pake krim kayak begini, dia cowok dan mukanya jadi putiiihhhhhhh banget tapi dia dia jadi jerawatan , jerawat merah gedegede, sampai diomeli tante kakak nya dan ayah saya.

    Terus dibawa ke dokter kulit di RSUD dikasih obat tapi dia gak telaten gak ada efek nya, akhirnya saya kasih saran ke dokter skincare langganan saya (dulu, sekarang saya langganan bikin DIY toner dan masker hehe), pas konsultasi dokter nya langsung tau kalo sepupu saya pake krim gajebo, langsung dibilangin dokternya "biasanya efek pake krim kayak gitu emang muka jadi kayak porselen tapi efek samping nya yang jelek, nanti habis perawatan muka kamu gak bisa kayak porselen gini lagi"

    sepupu saya langsung ditangani dokter dikasih krim, serum dll tapi dasarnya sepupu saya males perawatan jadi nya masih jerawatan gede gede us tambah kusam, karena dia juga mutusin gak pake krim gajebo lagi,
    saya suruh dia coba DIY toner juga gak mau maleslah, ribetlah, katanya nanti jerawtnya bisa ilang sendiri.

    temen-temen saya juga banyak yang pake krim begini, pesen krim dari semarang katanya krim dokter tapi gak pernah konsul dokter, dan wajahnya jadi merah kayak kepiting rebus. jaman SMA temen saya wajahnya sampe ngelupas ngelupas perih katanya, pas kemarin ketemu dia mukanya jadi merah gak jadi putih.

    panjang banget ya mbak cerita ku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung deh sepupumu udah nggak pakai krim gajebo. jaman sekarang nggak cuma cewek yg pingin putih, cowok2 juga. pingin bikin boyband kali, hehehe

      wah apa enaknya punya muka merah kayak kepiting rebus? heran, masih banyak ya orang mau dibohongin sama penjual krim gajebo. udah tau bikin kulit jadi sakit masih dilanjutin aja.

      nyuruh orang untuk berhenti pakai krim gajebo itu susah. kalo masih bandel juga biarin aja. yg penting kita udah mencoba ngasih tau.

      Hapus
  66. Mbak pernah tau klinik dokter cantik di surabaya ? Itu ada temen aku pake luarbiasa mukanya putih pucat mulus buanget, klinik itu rame banget mbak tapi liat efek muka konsumennya kayaknya pake merkuri deh. Kok bisa ya mbak klinik2 gitu masih hidup dan tetap rame aja. Curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. di setiap kota ada deh klinik yg semacam itu. klinik begituan masih eksis & nggak kena grebek karena ada kongkalikong. udah jadi rahasia umum sih.
      selama kliniknya nggak kena grebek, orang2 percaya aja perawatan disitu aman

      Hapus
  67. Aq beli beli gluta over white dri intagram, ftonya meyakinkan bgt tu barang d ambil langsung dr thailand. Ownernya posting foto waktu ngurus d bea cukai n dy bilang juga pake sendiri. Ownernya cma jual bbrp aja produkx yg d datengin lngsung dr thailand. Makanya d pastikan aman,,, alhasil aq beli 1 botol isi 60 butir dgn harga 450. Daaaaannn barangnya udah proses pengiriman,, kenapa aq baru nemu blog ini sekarang cobaaa????
    Pertanyaan q, apa semua produk gluta over white itu emang brbahaya ato krna ada yg asli n palsu aj??
    D situ juga jual lotion yg pake spf 300++, aq gak beli karna lucu dg 300++ terkesan agak lebay...
    Thanks y,, n tlng d jwb....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciri khas produk gajebo adalah sellernya ngotot produk yg dijualnya asli sedangkan produk lainnya palsu.
      produk gajebo nggak ada yg asli atau palsu. semua sama bahayanya

      Hapus
  68. Bermanfaat sekali mbak artikelnya, aku tadinya niat mau beli gluta over white tapi cari reviewnya susah banget. Googling kebanyakan iklan olshop yang ngasih puja pujian doang -_-
    Aku selama ini ga pernah pake skincare gajebo sih, pernah juga pake krim dari lbc klinik gitu tapi juga udah berhenti soalnya takut ketergtungan.
    Sekarang tiap hari cuma pake masker organik dari salah satu produsen yg home made sama kangen water yg diproduksi sodaraku sendiri (beli mesinnya sampe puluh juta, hehe).
    Semoga masker organiknya juga aman ya kak, soalnya kemarin aku nemuin kutu di maskernya. Annoying sih, tapi kalo kutu aja tumbuh subur berarti ya semoga dia beneran organik, hehehe
    Sukses selalu ka lintang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. banyak orang yg nyasar disini karena nyari review gluta over white. disini nggak ada reviewnya. malah banyak yg galau gara2 nyasar disini.
      kalo kulit nggak parah2 amat, nggak perlu deh perawatan di klinik, memang bisa bikin ketergantungan.

      skincare yg dikerubutin binatang (semut/kutu/kecoa) atau berjamur adalah tanda bahwa itu beneran organik. tapi kalo udah dikerubutin gitu jangan dipakai lho, soalnya binatang2 kayak gitu kan bawa banyak kuman penyakit.

      Hapus
  69. Pernah denger Naturale bleaching/brightening cream ga kak? kira2 aman ga ya ini produk?
    Katanya kandungan bahan2nya alami gitu, udah ada BPOM jg..tak cari2 reviewnya g ada yang bilang ni produk gajebo Dilht dari isinya yg segitu tapi dengan harga yg trjangkau banget rasanya kok kurang yakin ya ini aman

    Btw nie info brmanfaat banget
    Makasih sbelumnya ya kak..

    BalasHapus
  70. haii lintang ...
    aku mau nanya nih
    selama ini aku blum prnah pake bedak ataupun cream2 gitu an ...
    tapi muka ku sllu berjerawat ..
    pengen nya sih dibuang jauh2 thu jerawat
    ada temen yang nawarin paket theraskin ..
    kira2 aman gak yha ..
    mumpung blum nyoba hehehe

    BalasHapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah