Jumat, 29 Agustus 2014

Ramuan DIY untuk Jerawat dan Tips Bebas Jerawat

Hai pembaca,


Tiap orang pasti pernah mengalami jerawat. Dulu saya bermasalah dengan jerawat di muka, sekarang kulit muka udah kalem, yang berulah justru punggung. Gimana punggung nggak jerawatan, di musim kemarau ini polusi dan debu makin menggila, udara panas bikin keringetan. 

Kali ini saya mau sharing resep DIY untuk jerawat, bisa dipakai di muka, leher, punggung dan mana aja. Resep ini andalan saya karena ampuh untuk saya, tapi entahlah untuk orang lain. Bahan DIY kan cocok-cocokan seperti halnya kosmetik pabrikan. Ada resep minuman juga untuk perawatan dari dalam, yang juga bisa dijadikan toner.



Resep 1 : Masker Madu Rempah Fermentasi

Bahan 

Madu.............................. 2 sendok makan
Kayu manis bubuk .........  seujung sendok teh
Kunyit bubuk .................  seujung sendok teh
Jahe bubuk ....................  seujung sendok teh
Ragi roti .........................  1 sendok teh


1. Masukkan 2 sdm madu ke wadah kaca/porselen


2. Masukkan rempah-rempah bubuk (kayu manis, kunyit, jahe) masing-masing seujung sendok teh.



3. Masukkan 1 sdt ragi roti.


4. Aduk rata, tutup dengan plastik dan ikat dengan karet. Biarkan mengalami fermentasi selama 3 jam.


Sebelum fermentasi bentuknya masih kental

Setelah fermentasi 3 jam jadi lebih cair

Masker ini boleh disimpan dalam kulkas, tahan selama 3 hari. Jika tidak ada kulkas bisa disimpan dengan cara direndam dalam baskom berisi air, pokoknya didinginkan supaya fermentasi tidak berjalan terus dan masker tidak cepat rusak. Jika tidak di dalam kulkas tahan 2 hari.

Saya suka banget wangi masker ini, kayak kue lapis legit. Nggak bau tape kayak hasil fermentasi Saccharomyces biasanya.

Resep 2 : Minuman untuk mengobati jerawat 
(bisa dijadikan toner)

Bahan :

Teh hijau ............... 1 kantong
Kayu manis ........... 3 potong
Air ........................ 400 ml
Jeruk nipis ............. seiris kecil
Madu .................... 1 sendok makan

untuk 1 porsi

Madu lupa difoto

1. Rebus kayu manis dengan 400 ml air hingga mendidih, airnya berkurang dan berwarna kecoklatan.


3. Gunakan air rebusan tersebut untuk menyeduh teh, masukkan juga kayu manisnya.


4. Tambahkan perasan air jeruk nipis.


5. Tambahkan 1 sdm madu. Jangan pakai gula karena ini minuman kesehatan dan madunya nggak usah banyak-banyak. 1 sdm aja cukup.


6. Jadi deh! Bisa diminum hangat atau dingin (ditambah es). Bisa juga dijadikan toner atau face mist, jika di kulkas tahan 1 minggu.

Dijadikan minuman atau toner juga boleh

Untuk toner apply pakai kapas, bisa juga dengan cara CSM (Chizu Saeki Method)

Cara Penggunaan :

Masker madu rempah fermentasi
Untuk wajah gunakan 1x sehari pada sore atau malam hari selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Untuk punggung saya gunakan 2x sehari @ 15 menit sebelum mandi, lalu membilasnya sekalian mandi.

Minuman teh-kayu manis-jeruk-madu
1x sehari 1 gelas, diminum teratur hingga jerawat sembuh. Jika sudah sembuh kayu manis tidak boleh digunakan tiap hari.

Toner teh-kayu manis-jeruk-madu
Digunakan pada kulit muka yang bersih. Paling baik saat kulit masih lembab, belum benar-benar kering setelah mencuci muka. Nggak lengket lho, soalnya madunya cuma sedikit.

Perhatian!

Rempah-rempah tidak boleh digunakan oleh wanita hamil/menyusui.
Jika tidak bisa menggunakan rempah-rempah karena alergi/sedang hamil/menyusui, bisa diganti dengan :
  • tomat
  • cuka apel
  • cacahan daun pegagan
  • aloe vera
  • seledri
REVIEW

Maaf  nggak ada foto before-after nya, soalnya di punggung, bingung motretnya gimana. 

Awalnya kira-kira kayak gini, ada jerawat merah kecil-kecil
Nggak gatal karena bukan biang keringat, tapi agak nyeri jika dipegang
Ini bukan foto saya, sumber


Saya rajin mengoles masker madu selama 15 menit sebelum mandi 2x sehari, dan minum tehnya di sore hari. Dalam 3 hari jerawat banyak yang udah kempes, bahkan ada yang kering dan udah mengelupas sendiri. 

Jerawat di punggung saya tipenya papule, yaitu jerawat merah kecil yang tidak ada matanya, ditunggu sampai berapa lamapun nggak akan keluar matanya. Yang biasa keluar di muka saya juga papule, jarang pustule. Bedanya apa sih?

  Papular Acne
Papule, hanya merah tanpa berisi cairan

Pustules Acne
Pustule, ada nanahnya

 
Jerawat yang lebih parah : nodule (kiri) dan cyst (kanan)

Begitulah.. jadi saya tidak bisa menjamin efek ramuan ini sama di orang lain, tergantung jenis jerawat & kondisi keparahannya.

Soal ingredients

Teh hijau kaya antioksidan, yaitu polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallate). Antioksidan diperlukan untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan sel. Minum teh hijau secara teratur dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan penyakit liver, infeksi bakteri (termasuk pada kulit), masalah pencernaan, dan berbagai kanker.


Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan juga, meningkatkan kadar glutathione dalam sel untuk mencegah kerusakan sel. Sebetulnya dari segi kandungan nutrien, lemon punya kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk nipis tetapi jeruk nipis lebih unggul kandungan vitamin A nya.
Lemon (Citrus limon) vs jeruk nipis (Citrus aurantifolia)

ll

Rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit dan jahe dikenal dapat digunakan untuk detoksifikasi tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

3 rempah-rempah  yang punya manfaat luar biasa : kayu manis, kunyit, jahe

Saya menggunakan kayu manis untuk dicampur dengan teh karena kayu manis bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa (gula) darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan resiko inflamasi dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri, selain itu juga memicu aktivitas kelenjar minyak. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde dan proanthocyanidin yang bersifat anti inflammatory dan antibakteri, dapat mengurangi peradangan dan meredakan infeksi jika dikonsumsi.


Cinnamaldehyde pada kayu manis juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis, selain itu juga efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Oleh karena itu kayu manis sering digunakan untuk DIY skincare. Namun cinnamaldehyde & eugenol pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang akibat dengan gejala ruam kemerahan, perih, panas. 

Kunyit mengandung curcumin  yang bersifat sebagai antioksidan, anti peradangan, antiviral, antibakterial, antijamur dan antikanker. Curcumin merupakan modulator bagi enzim-enzim dalam tubuh yang berperan dalam detoksifikasi. Curcumin dapat menyembuhkan beberapa jenis masalah kulit seperti acne, psoriasis, scleroderma, vitiligo, aging, iradiasi, kanker kulit (melanoma) dan penyembuhan luka. Curcumin dapat meningkatkan produksi kolagen dan fibroblast sehingga mempercepat penyembuhan luka juga meningkatkan elastisitas kulit. 

Kunyit dan jahe

Jahe mengandung zat aktif zinerone, shogaol dan gingerol yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Jahe banyak digunakan dalam DIY skincare karena dapat mengatasi jerawat dan psoriasis, sebagai anti aging, mencerahkan kulit dan menyembuhkan sunburn.

Saya suka pakai madu yang mengandung royal jelly dan bee pollen, manfaatnya lebih terasa daripada madu aja. Saya udah bahas royal jelly dan bee pollen panjang lebar di sini


Royal jelly, makanan untuk larva & ratu lebah -- rahasia panjang umur si ratu lebah

Bee pollen

Secara ringkat, manfaat royal jelly untuk kulit adalah sebagai berikut :
  • dapat menyembuhkan kutil (warts), acne, ulcers, seborhoe, neurodermitis
  • mempercepat pemulihan bekas luka
  • memudarkan fine wrinkles & meningkatan skin tone jika digunakan secara topikal (dioleskan)
Sedangkan manfaat bee pollen :
  • melembutkan kulit, mengatasi iritasi kulit, mengobati psoriasis dan eksim
  • memperlambat penuaan dini

SARAN UNTUK MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN JERAWAT

Mungkin kalian sudah bosan membaca saran semacam ini di internet, tapi ini penting :

1. Kurangi makanan manis

Seperti yang sudah saya bilang, kadar gula darah yang tinggi menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri, meningkatkan aktivitas kelenjar minyak, dan peradangan. 

Mengapa makanan manis memicu jerawat ? Ini mekanismenya

Makanan manis (tinggi indeks glikemik) meningkatkan kadar insulin darah, menurunkan kadar SHBG (sex hormones binding globulins) dalam darah. SHBG adalah glikoprotein yang mengikat hormon androgen dan menjaga androgen dalam kadar yang normal.

Menurunnya SHBG menyebabkan kadar androgen naik dan meningkatkan produksi sebocytes. Sebocytes adalah sel-sel yang mensekresikan sebum (minyak) di folikel rambut. Peningkatan produksi sebum dapat menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak, jika terinfeksi oleh bakteri dapat menjadi jerawat.

2. Bersihkan diri, kurangi radikal bebas


Yang berasal dari makanan & minuman : gula, lemak jenuh, pengawet, pewarna, penguat rasa (MSG), perasa sintetik, alkohol, residu pestisida
Yang berasal dari lingkungan : bakteri, jamur, virus, sinar UV, debu, polusi (asap kendaraan, asap pabrik, asap rokok)
Yang berasal dari kesalahan gaya hidup : olahraga berlebihan, stress, kurang istirahat

Bahan kimia dari kosmetik juga bersifat radikal bebas lho, makanya sedapat mungkin hindari penggunaan skincare yang berlapis-lapis. Apalagi jika pekerjaan kamu menuntut untuk menggunakan makeup lengkap yang berat, sebisa mungkin skincare nya yang ringan dan simpel aja, asalkan memenuhi kebutuhan.

3. Hindari bahan comedogenic


Cek label kosmetik. Saya sudah merangkum jenis-jenis bahan comedogenic di postingan ini. Pada umumnya kosmetik nggak bisa lepas dari silicone (dimethicone dsb)  padahal silicone itu comedogenic. Banyak merek serum, pelembab, makeup primer, foundation, BB cream, bedak yang mengandung siilicone karena silicone dapat membuat efek smooth dan kulit cantik seketika. Boleh dibilang silicone adalah musuh dalam selimut.

4. Hindari bahan penyebab alergi (jika jerawat disebabkan oleh alergi)

Ada orang yang jerawatan karena alergi. Alergi merupakan reaksi alami dari sistem imun karena ada protein asing dalam tubuh. Penyebab alergi pada orang dapat berbeda-beda, misalnya karena makanan yang mengandung gluten (protein gandum), albumin (protein pada putih telur), protein pada seafood, protein susu, protein kacang, bee product (madu, bee pollen, propolis) dsb. Jika sudah tahu tubuh alergi terhadap bahan-bahan tersebut, seharusnya dihindari saja.

Alergi yang mana? Hindari saja!

5. Hindari dairy products

Dairy products (susu, keju, yoghurt) mengandung IGF-1, sejenis hormon pertumbuhan yang secara alami terdapat dalam susu sapi. IGF-1 menstimulasi hormon androgen yang meningkatkan produksi sebum.


IGF-1 tidak dapat dihilangkan dengan pengolahan pemanasan, fermentasi dsb. karena itu jika sedang jerawatan seharusnya hindari dairy products untuk dimakan atau untuk DIY skincare. Saya tidak menyarankan susu dan yoghurt sebagai bahan DIY untuk orang yang berkulit acne prone. 

6. Cek kecukupan nutrien

Kecukupan nutrien sangat mempengaruhi kesehatan kulit, terutama untuk mencegah dan mengatasi jerawat, antara lain :
Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C
Mineral : Zinc, zat besi, kalsium
Asam amino : L-lysine, L-glutamine
Omega-3 



Jika bisa memenuhinya dari makanan sehari-hari itu lebih baik, jika kurang dapat dicukupi dari suplemen.

Semoga postingan kali ini berguna ya. 

Referensi :

Disclaimer :
1. Ramuan DIY ini hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang tergantung kecocokan bahannya dan kondisi tubuhnya.
2. Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, asalkan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.

69 komentar:

  1. Sering denger larangan ga boleh makan ini, ga boleh makan itu biar ga jerawatan tp belom pernah tau alasan logisnya. Baca blog ini jd ngerti. Thanx infonya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.. hehehe dari jaman smp aku juga dilarang makan ini itu ntar jerawatan tapi nggak tau alasannya

      Hapus
  2. faktor makanan emang ngaruh bgt ke jerawat. percuma beli skincare mahal2 n macem2 klo makan msh sembarangan. aku jg skrg ngurangin beli skincare, gak guna n kasian kulit kena mcm2 bhn kimia hehee~
    skrg lg berusaha mbenerin pola hidup n pake diy. Alhamdulillah progressnya bagus di kulitku

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget, skincare anti acne nggak guna kalo makan nggak dijaga.. hidup sehat memang yg utama supaya kulit jadi kinclong & bebas jerawat

      Hapus
  3. gampang neh resep tehnya, klo bisa nyembuhin jerawat aku jg mau bikin. itu berlaku buat cewek aja ato cowok jg bisa? trus apa dampaknya ke cowok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhasil tidaknya tergantung pola hidupmu.
      kayu manis cuma nggak boleh digunakan pada wanita hamil, menyusui. laki2 nggak boleh pakai kayu manis kalo dia alergi rempah.
      kayu manis malah bagus lho buat cowok, alasannya baca disini
      http://www.benefitsfromcinnamon.com/benefits/cinnamon-health-benefits-for-men

      Hapus
  4. Ketan item di rendam 1 jam trus disangrai. Di giling pake botol biar jd bubuk wkwkwk. Oke jg loh.. Baunya enak juga. Bisa masker, scrub, lulur. Top hhe. Resep kalimantan jg loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya, lulur/masker tradisional kalimantan itu suka pakai ketan item ya..khasiatnya lebih oke daripada beras putih sih, beras2an berwarna gelap antioksidannya lebih banyak. makasih resepnya ya..

      Hapus
    2. Coba aja mba ntar rview hehehe. Bisa but face wash jg ya brti...

      Hapus
    3. iya, ini aku mau bikin, lagi merendam ketan itemnya hohoho..kayaknya bisa buat face wash

      Hapus
    4. uda jadi mba? ketannya habis direndam ditiriskan dulu baru disangrai loh hhe.

      Hapus
    5. nggak jadi nih.. tadi pas direndam keluar semua kutunya, ternyata beras ketannya udah lama sampai ada kutu, jadinya aku buang. besok mau beli beras ketan yang baru hehehe..

      Hapus
  5. wah... dapet ilmu lagi =D thx lintang udah post :D

    btw, yang kerasa banget di aku bikin jerawatan tuh yang minum susu. kalau minum susunya rutin pasti deh jerawat nongol di dagu / idung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ica..
      dairy products itu emang rawan banget bikin jerawatan. kalo harus menghindari susu & mengurangi makanan2 & minuman yg mengandung susu

      Hapus
  6. kayu manis menurunkan kadar gula darah ya? nah kadar gula darahku cukup rendah, kalo udah ga tahan sih suka pingsan, tapi jerawat malah banyak banget ini ^^;;

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayu manis menurunkan gula darah. kalo gitu ganti kunyit ato jahe aja.. lebih aman buat yg gula darahnya rendah

      Hapus
  7. Mata tu mksdnya gimana y mba? Yg ada ujung nanah nya?? Apa yg isinya keras kyk wijen ? Klo yg ujungnya nanah pake minyak zaitun cpt kering, klo yg batu cuma dieemmmm cenut2 doang itu mesti dikasari. Dikasi madu kayumnis jruk nipis klo aku. Ak kasi minyak zaitun jg sih klo malem . klo yg ada ujungnya keras gt kyk beras ak kasi minyak zaitun lama2 nongol dan ak pencet biar tuntas hehe. Soalny g bisa kluar sendiri.
    Tips aja klo mau tau pucuknya jerawat itu dikamar mandi habis cuci muka ngaca deh keliatan bgt kuning2 nya. ato wajah kena air lama bgt biasanya keliatan sih, Klo abis cuci muka mendem lagi dan ga keliatan.
    #di aku ini loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mata itu maksudku yg ada nanahnya (jerawat pustule) hehe..
      jerawat kecil yg keras & kalo dipencet keluar berasnya itu whiteheads.

      minyak zaitun di aku bisa nyembuhin jerawat papule yg udah beberapa hari, kalo masih baru malah tambah nyut2an. oke juga buat ngilangin bekas jerawat. tapi buat whiteheads di aku malah nggak ngefek soalnya minyak zaitun mild comedogenic, tambah kesumbat deh itu pori2.

      buat tau jenis jerawat kayaknya harus nunggu dulu ya.. soalnya isi jerawat nggak langsung terbentuk waktu muncul. tapi buat apa nunggu, mending langsung diberantas waktu masih jadi calon jerawat hehehe..

      Hapus
  8. Nice post mbak. Oya mbak beli bubuk-bubukan (jahe, kunyit dll) dimana yes? Harganya sekitar berapa?

    olgaaprilia.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih olga..
      bubuk rempah2 aku biasa beli di giant & supermarket lokal, harganya bervariasi 6-15 ribuan tergantung besar kemasannya.

      Hapus
    2. wahh murce jugak yaahh.. brb ke giant..
      ehh udah ak follow blog nya mbak folback ya kalo berkenan hehee :D

      http://olgaaprilia.blogspot.com/

      Hapus
    3. murah meriah tapi hasilnya mantap hehehe..
      makasih ya.. oke sip

      Hapus
  9. Lintang, saya kan cb bikin fermentasi madu campur teh chamomile (kulit saya kering) trus disimpan dikulkas, setiap kali mau pake kok kayak minuman soda ya pas tutupnya dibuka? Memang gitu kah?

    Kalo bikin toner cuka apel campur teh chamomile bagus nggak? Perbandingan berapa? Makasiii lintang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..fermentasi madu yg dikasih pelarut memang gitu kok. masih ada aja gasnya walaupun udah masuk kulkas. apalagi kalo fermentasinya kelamaan..

      bagus tuh, toner cuka apel +teh chamomile oke juga untuk pengobatan& pencegahan jerawat. perbandingan cuka apel : pelarut menurut jenis kulit
      kulit sensitif/kering = 1 : 4
      kulit normal = 1 : 2
      kulit berminyak = 1 : 1

      Hapus
  10. tyt jeruk nipis lbh tinggi antioksidanya.. tp kenapa pada byk milih lemon ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena mereka liat resep diy luar umumnya pakai lemon.. di luar negeri lemon lebih gampang dicari

      Hapus
  11. Trus maksimal berapa lama di fermentasiin kalo madu nya?
    Oh ya saya mau minta ijin ini tulisan di blog nya saya copy trus di print :)
    Makasi lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. madu bagusnya difermentasi 2-3 jam. sebenernya boleh lebih sih kalo kuat dengan alkohol.
      iya, silahkan neeya.. sama2

      Hapus
  12. Kak, kalau kayu manis tidak boleh dikonsumsi setiap hari, apakah jahe dan kunyit juga? Lalu berapa porsi idealnya untuk dikonsumsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan sering2. sebenernya nggak apa2 dikonsumsi tiap hari kalo bisa mengontrolnya. menurut situs http://www.webmd.com/ dosisnya:
      -kayu manis : 2-4 gram/hari, dalam bentuk bubuk berarti sekitar 1/2-1 sdt
      -jahe : 1,5 gram/hari
      -kunyit : 1-2 gram/hari

      Hapus
  13. wah resep yang aku tunggu-tunggu nih mbak buat wajahku yang acne prone.
    mbak kalo minumannya langsung pake bubuk kayu manis gak boleh ya ? harus direbus dengan kayu manis ? kenapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba..
      boleh kok.. cuma ntar jadinya keruh dan ada ampasnya, kayu manis bubuk juga suka mengental kalo kena air.
      aku sih lebih suka yg jernih tanpa ampas. lagipula kayu manis asli khasiatnya lebih terasa kalo di aku

      Hapus
    2. halo mbak lintang :)))
      kemarin aku udah bikin masker madu rempah fermentasi, selesai proses fermentasi pas aku liat masih keliatan jelas bubuk fermipan, gak jadi aku pake. gak tau kenapa ngeliat bubuk fermipannya jadi geli sendiri. apa cuma aku ya mbak yang kayak gitu :")))))

      Hapus
    3. hahaha..
      iya, bubuk fermipannya masih ada setelah difermentasi. yang aku bikin biasanya bubuk fermipannya jadi mengecil, bentuknya titik2 aja, nggak panjang2 seperti sebelum fermentasi.
      kalo pingin fermipannya larut dikasih air aja dulu, diaduk2 dengan air hangat lalu dicemplungin madu & rempah2nya.. hasilnya agak cair tapi wujud fermipannya bener2 ilang

      Hapus
    4. oke deh mbak ntar aku coba.

      Hapus
  14. Utk whitehead alias isi biji wijen gt gmana ngilanginnya y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku biasanya pakai kunyit, ditempelkan ke whiteheads terutama sebelum tidur. paginya udah bisa diekstrak (dikeluarkan bijinya), trus dikasih kunyit/rempah2 lainnya supaya bekasnya nggak terinfeksi bakteri & nggak bopeng.

      Hapus
    2. Kunyit bbuk apa asli???

      Hapus
    3. aku biasanya yg bubuk supaya bekasnya nggak terlalu kuning. tapi sebenernya bagus yg asli

      Hapus
  15. Bener banget soal jerawat al erg. Dulu ribet banget ngobatin jerawat, ga sembuh2..segala macem skincare aku coba dan malah purging.

    Setelah diselidiki, ternyata alergi ku yg dulu "cuma" berupa gatal2 juga jadi jerawat. Aku alergi seafood dan telur berikut turunan2nya T__T
    Setelah tau emang jadi mendingan sih, tapi ribet milih makanan secara telur itu udah kayak basic nya segala makanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,skincare anti jerawat nggak bisa ngobatin jerawat alergi. satu2nya jalan cuma menghindari penyebab alergi itu.

      wah repot ya kalo alerginya telur. berarti nggak bisa makan kue, roti & sejenisnya.
      kalo aku alergi seafood,terutama cumi & udang besar. bikin gatal, muncul ruam juga sampai muka, kalo udah sembuh bekasnya item, susah ngilanginnya hehehe..

      Hapus
  16. kak lintang tau nggak bahan alami untuk menghilangkan keloid??
    soalnya aku tiap luka gt ujung2nya jadi keloid

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih pakai kopi+olive oil bisa, tapi aku belum pernah nyoba.
      yg pernah aku coba pakai gamat jelly (yg aku beli merek luxor), diolesin gitu..lama2 ilang keloidnya.

      Hapus
  17. Kak buat perawatan jerawat pustule ada yg lebih gampang ngga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai aja obat kayak mediklin TR atau benzolac. kalo DIY nggak ada yang gampang hohoho..

      Hapus
    2. pertanyaannya lucu,, asal ga terjerumus ke yg lebih gampang kayak KRIM GAJEBO. krim gajebo itu gampang , tp gampang kena getahnya.
      Gini nih yg nyebabin seller gajebo makin lancar kibas2 duitnya. :D

      Hapus
    3. padahal obat jerawat udah gampang, tapi masih ada yang terjerumus krim gajebo. seller krim gajebo pintar sekali membidik orang2 yang memang udah desperate dengan jerawat.. serem

      Hapus
  18. Lintang, nanya dong.. gak nyambung sih sama threadnya hehe. Soal si jeruk nipis vs lemon. Sekarang sedang ngetrend honeylemonshot, dipopulerkan oleh seorang beauty blogger. Jadi madu dan perasan lemon yang diminum setiap pagi. Nah, aku suka liat comment yg tanya: gimana kalo lemonnya diganti jeruk nipis? Jawabannya: khasiatnya beda (cenderung lebih menyarankan lemon). Nah, aku sendiri sih sejak beberapa tahun lalu konsumsi jeniper (jeruk nipis peres) + air anget.. sejak kurang lebih tiga minggu lalu beralih ke lemon... untuk mengawali hari. Berarti sebenernya jeruk nipis pun tak apa yah? Soalnya berasa banget harganya hehee... maafkan kalo pertanyaanku retoris. Entah nih, penasaran aja.. pengen pencerahan dari kamu ;)

    Makasih ya lintang! :*

    Dila

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nggak pa2 mbak..
      oiya, honey lemon shot itu lagi ngetrend banget ya.. lemon itu lebih unggul vit C (dan potassium) dibandingkan jeruk nipis, nutrien lainnya beda tipis. jadi menurut aku nggak apa2 kalo diganti jeruk nipis.

      betul kata mbak elita syarah yang comment di atas, lebih tinggi antioksidan jeruk nipis.
      kadar gallic acid per 100 gram nya
      - jeruk nipis : 72.82±0.61 mg
      - lemon : 25.23±0.28 mg
      bahkan dibandingkan jeruk manis (Citrus sinensis) lebih tinggi antioksidan jeruk manis daripada lemon : 52.58±0.44 mg
      itu aku baca di jurnal yang terbit di www.ijbpr.com

      trus kalo untuk wanita kayaknya mending jeruk nipis deh, soalnya lebih tinggi vitamin A (bagus untuk kulit), kalsium & fosfor (pencegahan osteoporosis)
      aku suka minum jeruk nipis, harganya juga murah daripada lemon impor hehehe..

      Hapus
  19. mbak lintang kalo gak cocok sama madu ciri-cirinya apa ya mbak?
    pas maskeran pakai madu ada rasa gatal gatal gitu apa termasuk gak cocok?
    dulu sering maskeran pake madu gak kenapa kenapa terus sekarang malah gatal gatal.

    makasi mbak lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanda nggak cocok itu gatal2 atau malah bruntusan. kulit juga jadi kusam
      hmm.. mungkin kulit kamu udah jenuh sama madu, jadi gatal2

      Hapus
    2. enggak bruntusan sih cuman gatal pas dipake, dulu pas pake oatmeal juga gitu pertama cocok lama-lama malah bruntusan.
      solusi pengganti madu apa ya mbak

      Hapus
    3. coba varian madunya diganti. misal biasanya pakai madu murni biasa, ganti madu hutan/ madu putih/ madu+royal jelly+bee pollen. beda madu beda kandungannya.
      trus juga jangan tiap hari, nanti kulit cepet jenuh.

      kalo oatmeal alternatifnya tepung maizena/tepung beras. dicampur air, bisa buat facial wash juga

      Hapus
    4. jadi mendingan coba ganti madu aja ya mbak, makasi ya mbak lintang :D

      Hapus
    5. iya, coba ganti madunya dulu. sama2..

      Hapus
  20. Mbak lintang, di ak ga mau fermentasi, si madu ttep aja kentel.. :( apa krna raginya jelek ato si kunyit ya? Td diatas dijelasinKunyit itu smacam antijamur gtu kan ya.. Ngaruh ga? Mohon pencerahannya.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin raginya udah loyo, ketambahan ada rempah2 yg sifatnya antijamur. faktor madu juga berpengaruh lho. madu yg susah mencair justru bagus,nggak ditambah air waktu proses produksi

      Hapus
  21. Kak lintang aku mau coba resep minumannya. Doain berhasil ya :). Btw kalau jenis jerawat aku namanya apa ya? Kecil2 didahi tapi gak merah. Sewarna warna kulit. Ga ada bijinya. Kata orang karena rambut,Padahal aku gak pakai poni dan aku 2 hari sekali keramas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu bukan jerawat, tapi whiteheads (komedo tertutup) biasanya awet banget tuh, nggak sembuh2 kalo nggak diekstraksi. kalo dikeluarkan isinya putih keras kayak biji wijen. itu karena pori2 tersumbat minyak & sel kulit mati (tapi nggak terinfeksi bakteri kayak jerawat). cara menghilangkan & pencegahannya yaitu dengan rajin eksfoliasi kulit

      Hapus
    2. Eksfoliasi kulit itu apa ya mbak? Maaf nimbrung soalnya aku juga punya masalah yg sama hehe

      Hapus
    3. mengangkat sel kulit mati. caranya dengan peeling atau scrubbing

      Hapus
    4. Adakah diy dr kak lintang buat whitehead di dahiku? Udah 5bulan ini begini. Padahal td nya gak ada sama sekali :(

      Hapus
    5. ada resep masker beras (ketan hitam-rempah, masker beras kencur bengkoang). dipakai scrubbing untuk membuka pori2 yang tersumbat, nanti isi whiteheads bisa cepat keluar
      buat mencegah & mengobati whiteheads memang harus di-peeling

      Hapus
  22. hai mbak lintang, terima kasih sudah menemukan resep2 DIY skincare ini :)
    tapi ada yg mau aku tanyakan, resep maskernya apa memang harus difermentasikan dulu biar hasilnya maksimal? aku udah coba tanpa fermentasi, jerawat yg ada jadi kering sih tapi tetep muncul lagi jerawat yg baru :(
    dan untuk resep minuman/tonernya, bolehkah kalo ditambah cuka apel? soalnya sebelumnya bikin toner acv, sayang acv nya kalo ga dipake lagi
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..
      nggak harus sih, kalo yang nggak cocok sama produk fermentasi bisa coba yang tanpa fermentasi.
      mungkin kosmetik lain yang kamu pakai memicu jerawat/ memang faktor hormonal.

      ya, ditambah cuka apel justru bagus. cuka apel bisa buat detox juga..

      Hapus
  23. Hai kak! Aku komen disini aja ya. Dan oot seperti biasa (aku ovira, yg suka komen anonymous wkwk).
    Aku kan pake black toner baru 2 hari trus ada blackhead yg aneh bgt bentuknya di pipi dan kulitku jd agak gelap (ini efek black toner atau suka skip pake sunblock ya?) Kalo ketan itemnya diganti beras merah bisa ga? Bakal muncul blackhead kyk toner ketan item juga ga kak?
    Trus tentang sunblock. Kakak tau ga sb pabanox itu spf brp? Gaada keteranganya aku bingung. Oiya, aku kan sekolah dr jam set.7 sampe jam 3, kalo jam istirahat siang kan aku solat dzuhur, kalo pake sunblock perlu cuci muka lg ga kak? Pabanox water resist gak sih? Kalo water resist kan mengahambat wudhu jd wudhunya gak sah. Nah masalahnya 1 bulan ini aku selalu cuci muka pake tepung maizena (cuma ini face wash yg cocok di aku, cnc, ponds, sariayu, kalah dah) masa ni tepung di bawa2 ke sekolah. Ribet banget kan :-( trus sunblocknya harus di apply ulang. Bawa2 sunblock ke sekolah kan riskan bgt. Takut sunblocknya berubah bahan kandungannya karna kelasku selalu banjir matahari
    Maaf ya kak. Banyak nanya. Kalo ada yg gatau gapapa kok ga dijawab. Tetep semangat and have a good day :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. black toner memang memperjelas blackhead, blackhead yg tadinya belum oxidize jadi keliatan jelas. kalo aku malah seneng karena bisa dijadikan penanda daerah mana yg perlu dibersihkan. setelah peeling/pakai diy pore pack, black toner nggak menunjukkan tanda apa2 di kulitku

      kalo jadi gelap itu karena sering skip sunblock.
      pabanox sama kayak parasol cream ungu, nggak dituliskan spf berapa tapi nggak masalah karena dari ingredientsnya jelas mengandung physical sunscreen yg broad spectrum.
      menurutku mending gitu daripada sunblock yg menuliskan angka SPF & tanda PA tapi isinya bermacam2 chemical sunscreen yg nggak broad spectrum

      pabanox & parasol sekarang nggak ada keterangan water resist, justru harus reapply kalo terkena air.
      dilap pakai tisu basah juga luntur kok. kalo aku biasanya pakai tisu yang dibasahi air+gliserin. air gliserin sengaja dibawa buat disemprot sewaktu2 kalo kulit kering, fungsinya juga sebagai makeup remover.

      aku sering bawa sunblock untuk reapply sewaktu2. biasanya aku masukkan ke kardusnya, lalu bungkus plastik hitam. jadi bukan tube langsung dicemplungin ke tas. gitu aja nggak apa2..

      Hapus
  24. mbak pakai sunblock apa ya, maaf numpang tanya :v. Trus kalau pulang kuliah kan wajib bersihin muka tuh. pakai cleansing milk atau apa mbak biasanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pakai sunblock parasol. kadang bikin sendiri dari lidah buaya campur bubuk zinc oxide.
      ya, sunblock harus bener2 bersih. bisa pakai cleansing milk. lalu dilanjutkan facial wash. kalo aku pakai DIY cleanser, soalnya nggak suka pakai cleansing milk. trus dilanjutin dengan sabun muka kalo nggak males hehehe.. dengan DIY cleanser di aku udah bersih.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah