Rabu, 20 Agustus 2014

Ups, blog saya diplagiat!

Halo pembaca,


Postingan kali ini bukan tentang resep DIY, review, atau artikel yang berguna. Saya cuma mau curhat. Kalo nggak menarik nggak dibaca juga nggak apa-apa, hehehe..

Jadi hari ini saya dapat kabar dari Tania bahwa dia menemukan blog yang isinya mirip punya saya. Postingannya menjiplak artikel dan foto milik saya. Isinya sama persis! Lengkap dengan foto yang ber-watermark randomandquick.blogspot.com. Sumpah saya kaget banget. Memang hal seperti ini sudah tidak asing lagi, beberapa blogger mengalami nasib yang sama, isi blognya dicopy tanpa ijin. 

Siapa yang menjiplak blog saya? Ini dia link-nya :












Ini hanya sebagian aja yang dijiplaknya, masih ada yang lain lagi.

Foto saya di postingan "Ngobrol soal kulit & perjalanan skincare" juga dipajang lho, hohoho..

Dari semua postingan di blog itu, hanya 1 yang tidak berasal dari blog saya, entah itu tulisan milik dia sendiri atau hasil copas dari blog lain. Parah kan?

Siapakah empunya blog ini? Ini orangnya..

Nggak jelas juga identitasnya
Kayaknya sih dia baru belajar nge-blog

Sebenarnya apa alasan seseorang menjiplak blog orang lain? Bisa saja karena 
  1. Baru mulai blogging & nggak ngerti harus mengisi blognya dengan tulisan apa, sehingga tulisan orang lain dicopy aja untuk memenuhi isi blognya
  2. Belum mengerti etika mengutip artikel milik orang lain (wah masak sih selugu itu?)
  3. Memang berniat untuk plagiasi (ini yang ngawur)
Hmm.. melihat tampilan blog Belatrixna ini, saya berasumsi bahwa alasan dia adalah yang no.1. Soalnya orang yang udah lama blogging nggak mungkin melakukan itu, bisa merusak reputasinya sendiri dong, apalagi jika blog dia sudah dikenal banyak orang.


Jika Belatrixna mampir ke blog ini, saya ingin dia membaca postingan ini. Di Kompasiana yang berjudul "Kalau Mau Ngutip Pakai Etika Dong!" ada etika mengutip artikel di internet

Jenis perizinan/etika mengutip konten situs internet
  • Tidak boleh dikutip, sebagian atau seluruhnya, kecuali ada izin tertulis dari pengelola situs.
  • Boleh dikutip tanpa meminta izin asalkan disebutkan sumbernya/dibuat tautan. Ini yang paling banyak berlaku di dunia cyber, khususnya weblog.
  • Boleh dikutip hanya untuk tujuan non-komersial. Artinya, untuk diperjual-belikan, seperti dikutip untuk suratkabar atau buku, tidak diperbolehkan.
  • Boleh dikutip dan dimodifikasi/diubah.
  • Boleh dikutip tetapi tidak boleh diubah, kecuali ada kesepakatan tertulis dengan penulis situs.
Mbak Uli Elysabet Pardede yang menulis artikel tersebut juga mengutip dari artikel lain, tentunya dengan mencantumkan sumbernya 
(http://blogberita.net/2009/08/31/menjiplak-konten-internet-artikel-blog-etika-mengutip-blogger/)

Tapi saya teledor juga sih nggak ngasih disclaimer di blog saya, nanti saya bikin disclaimer deh. 

Saya sengaja tidak pakai anti klik kanan atau copyscape (anti copy) karena saya pikir itu akan menyusahkan orang-orang yang memang ingin memperoleh informasi atau ilmu. Kalo pasang anti klik kanan atau pakai copyscape nanti dikira pelit, nggak mau berbagi ilmu dsb. Selama ini saya berpikir positif, orang-orang yang nyasar di blog saya adalah para pembaca yang baik dan tahu sopan santun, yang tidak akan mengcopy blog saya tanpa izin. Hmm.. saya ini terlalu positive thinking atau kelewat lugu ya? 

Untuk Belatrixna dan lainnya yang mau meniru resep saya untuk ditulis di blog kalian, contohlah cara blogger-blogger ini. Mereka mempraktekkan resep saya dan share di blog mereka, tapi mereka nggak lupa mencantumkan link ke sini.
Jika kamu memakai cara mereka, itu akan jauh lebih untuk saya dan untuk kamu. Blog kamu nggak perlu nampang di sini untuk kasus plagiasi, justru saya akan mengapresiasi karena kamu sudah share resep saya dan mereviewnya. 

Kalo ada yang nanya, kenapa sih Lintang sepertinya suka "mempermalukan" orang dengan capture page di blognya? Seperti postingan ini, ada capture saat orang-orang berkomentar negatif di facebook tentang resep saya. Saya yakin orang-orang itu kesal karena nama & foto mereka tidak saya sensor. Sebenarnya saya tidak ada niat untuk mempermalukan, hanya ingin mengajak masyarakat untuk belajar menghargai orang lain, termasuk hasil karya dan tulisan orang.

Semoga kasus ini nggak terulang kembali. Amin.







39 komentar:

  1. Kejadian kayak gini udah sering (copas isi blog, bukan cuma 1-2 postingan) :D selain kemungkinan yang udah disebutin di atas, hal kayak gini biasanya dilakukan sama orang yang pengen ngejar traffic, trus ntar blognya dikomersilkan cmiiw.
    bisa coba dilaporkan ke google ^^ kali aja bisa langsung dibanned.

    Menonaktifkan klik kanan buat mencegah copas juga kurang efektif, karena bisa diakalin dgn utak atik javascript dll ^^; yah namanya orang udh niat ngga baik, pasti ada aja celahnya.

    Positifnya, blog kamu dinilai sangat potensial buat berkembang :D
    Semangat! (^o^)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. parah banget, banyak artikel yg dicopas. kebangetan kalo tujuannya ngejar traffic untuk mengkomersilkan blognya.
      bisa dilaporin ke google ya? oke, makasih atas sarannya..

      betul, anti klik kanan itu tetep bisa diakalin. tips utak-atik anti klik kanan beredar luas di google, bisa disalahgunakan untuk berbuat tidak baik.

      ya, semoga aja blog ini makin berkembang hehehe..
      makasih hani..

      Hapus
  2. hedehh tukang plagiat itu emang ngeselin ya kak. seenaknya aja main comot hasil karya orang -_-
    aku newbie dlm blogging tp ngga sampe segitunya lahh pake nyontek segala, malu2in diri sendiri. keterlaluan bgt klo gak ngerti etika copas, emangnya dipikir dia ngga akan ketauan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah..
      betul, copas isi blog orang itu mempermalukan diri sendiri, apalagi kalo udah ketauan. nulis dengan ide sendiri walaupun dengan tulisan seadanya tetap jauh lebih terhormat daripada copas punya orang.

      Hapus
  3. sabar ya mbak lintang :)
    pdhl maksud mbak lintang baik, blognya ga dinonaktifkan klik kanan biar pembaca bisa lbh mudah mengutip. lah kok malah dicolong orang tak bertanggungjawab.
    laporin aja ke google biar blog itu dibanned huehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak..
      sayang banget ya malah disalahgunakan begini. seandainya semua orang bisa menghargai blog orang lain & nggak asal copas..

      Hapus
  4. Wah banyak banget yg dicopas mbak, sabar....
    Di laporkan aja ke google, takutnya memang punya maksud ga bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, banyak banget..
      betul, sebaiknya emang dilaporkan aja ke google kalo kayak gitu

      Hapus
  5. Kyknya pernah denger nama itu. Member komunitas fb tmpt pitera homemade dulu digosipin. Seingatku loh. Maav klo salah________

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya? Belatrixna itu? kalo kenal orangnya tolong disampaikan ya, jangan suka plagiat..

      Hapus
  6. Eh, ada foto blogger nya lho, di postingan nya yg berjudul selamat tinggal natasha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu artikel dia beneran atau copas punya blogger lainnya? hehehe..

      Hapus
    2. IMO tu postingan natasha bukan punya dia jg. paling2 copas punya orang, sialnya gak dikasi watermark jd gak ketauan dari blog mana. sekali plagiat selamanya akan tetap plagiat!

      Hapus
    3. semoga yg 1 itu bukan plagiat juga ya.. aku nggak habis pikir ada orang buat blog yg isinya hasil copas semua.
      orang ngeblog kan karena pingin sharing dan menulis apa yg dia suka, masak pamer hasil copasan hehehe

      Hapus
  7. postingan yg ini bakal di copas juga ga ya? ... hihi

    btw, blog mu itu bagus tang isinya jadi aja ada yang plagiat kaya gitu =D
    semoga cepet sadar bagi siapapun yang hobinya copas tanpa izin >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dicopas juga keterlaluan, hehehe..
      makasih ica.. ya, semoga cepet insyaf tuh para plagiator, kan akhirnya mempermalukan diri mereka sendiri kalo ketauan

      Hapus
  8. Bisa di laporin Lintaaang. Dulu ada blogger juga yg di copas abis gitu, si Mizha. Terus dia laporin. Sama dia minta tolong org2 lain untuk spam blog tersebut juga.

    Btw aku habis ngintip link yang kamu kasih ke blog satunya. Lucu2 ya komennya yang di fesbuk, aku ngikik2 bacanyaaa. Mana yg komen tuh ada yg beauty blogger juga. Maksudnya aku pikiiiirrr sebelumnya kalau beauty blogger tuh setidaknya tau hal2 basic kaya bahan makanan (asal dengan porsi yg tepat) lebih aman ditemplokin di muka daripada kosmetik pabrikan. Tapi ya emang sih ya nggak boleh menggeneralisir beauty blogger, karena mmg tujuan mereka beda-beda. Jadi abaikan pikiranku sebelumnya soal beauty blogger. Yg aku lebih miris adalah kenapa sih orang suka komen mengejek rame2, tapi nggak berani kalau disuruh ngomong langsung ke orangnya? Padahal mengkritik dan mengejek/menghujat itu beda loh.

    Balik ke topik. Kayaknya memang banyak yg belum ngeh etika copas ini, Tang. Aku pernah di email sama reader. Isinya dia suka blogku. Saking sukanya dia sampai bikin blog yang isinya adalah post2 aku yg dia suka. Terus aku liat blog dia isinya memang copas abis blog aku, dan dia tanpa dosa aja gitu. Nggak nge-link balik juga ke blogku. Dan dengan tanpa dosanya juga dia laporan ke akuuu :").

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya.. dulu blognya mbak mizha pernah dicopas juga ya. memang harusnya yg kayak gitu dilaporin aja.

      hehehe.. emang lucu2 karena mereka emang nggak ngerti. oh, di antara mereka ada beauty blogger? aku baru tau.. iya, bisanya cuma komen ngejek rame2 di belakang, mana berani ngomong langsung. ada yg bilang kalo nulis harus siap dikritik. ya mungkin mereka nggak ngerti perbedaan antara mengkritik & menghujat.

      wah, itu parah banget. masak sih selugu itu? lapor langsung ke yg punya blog lagi. ada2 aja. memang sih banyak kasus copas karena ketidaktahuan. suka sama blog orang boleh2 aja, share juga boleh, tapi nggak boleh copas tanpa ngasih link. sepertinya para newbie itu harus lebih dididik lagi

      Hapus
    2. Wah kalo kayak kasusnya sekar itu lebih lucu lagi :)) harusnya kalo suka ya di save page aja, atau kalo pake Android ada app yg namanya "pocket" buat save halaman Web yg kita suka, dan bisa dibaca2 sambil offline.

      Tengkyu lintang sudah di link juga ke blog ku :D

      Hapus
    3. iya, aneh banget. kalo suka kan tinggal disave aja, malah dicopas ke blog dia. mungkin emang sama sekali nggak ngerti hehehe..
      sama2 tania..

      Hapus
  9. Di disable select text pada blog aja mbk... Biar g bs diselect text ,klo disble klik kanan sama aja bisa ctrl+c lalu ctrl +v , kasian jg klo mw buka new tab link post kamu g bisa, saran aja ya ni hhe , klo copas post homemade skincr..utk org bijak mah gpp. La post yg diy y jgn , tlong kasih saran tu blogger plagiat buat gunain otakny. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atas sarannya..
      hehehe.. kebanyakan plagiator emang nggak bisa mikir, yg penting blog dia penuh tulisan.

      jaman sekarang banyak banget pencuri di internet, termasuk yg mencuri foto2 blogger untuk promosi produk gajebo. mencuri konten web/blog untuk kepentingan penjualan (apalagi barang ilegal) itu udah termasuk kriminal lho..

      Hapus
  10. turut prihatin mbak, blognya mbak dicopas banyak bgt. gitu deh orang yg gak punya etika n gak pake otak, ada blog bagus lgsung dicopas abis. klo belum ngerti etika copas kok kyknya keterlaluan, secara internet dah maju n banyak contoh cara copas yg benar >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya waktu sekolah SMP atau SMA kita diajari cara mengutip tulisan supaya nggak jadi plagiasi. hmm.. di sekolahku gitu sih, nggak tau kalo di sekolah yg lain hehehe..

      Hapus
  11. asiik nampang lagi di blognya mbak Lintang, IMO, pemlagiat adalah bentuk lain fans berat hahahaa, tapi ya itu, ngeselin dan harus dijitak memang #sigh

    ya semoga yang ngejiplak segera sadar dan beralih profesi deh :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. mungkin plagiator blogku ini alasannya sama kayak fansnya mbak sekararum, suka postingan2ku yg itu makanya dicopas ke blog dia begitu aja.
      iya.. semoga si plagiator segera sadar & punya inisiatif untuk ngeblog dengan lebih baik lagi..

      Hapus
  12. wah,, ngambil hak cipta itu mba..
    makasih buat info nya, aku baru tau mba cz aku baru ngeblog nih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm mungkin dia belum ngerti.
      sama2 yuyun..happy blogging ya

      Hapus
  13. Halo Lintang! Plagiarism memang masih common di Indonesia, jangankan di dunia per-bloggingian, bahkan di dunia akademisi pun rentan terjadi. Jadi pencegahan harus dari penulisnya sendiri. This is a very good blog, terutama soal DIY Skincare. I've been your constant reader and also using the DIY skin scare with recipe from here :) So, I think you should consider upgrading your blog by using extra help from your IT friend or hired web designer and made it into randomquick.com. Just my 2 cents. Keep blogging and looking forward for your innovative DIY skincare recipe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo alia..
      iya betul, plagiarism emang banyak banget terjadi, sampai ada software buat ngecek plagiarism.
      sebenernya aku juga ada niat buat upgrade blog ini tapi masih mau meningkatkan kualitas isinya dulu.
      makasih ya alia.. makasih udah baca blogku ini & praktek resepnya

      Hapus
  14. c0pas dr blog tetangga memang hobiku kk lintang, ap lg sy baru di dunia perblogkan, tp iy hrs sumber wajib di tancumin dong.
    aduuuch!... seneng deh namaku ada di atas. :) #senyum2 sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. sumber wajib dicantumin biar nggak jadi plagiarism.
      hehehe.. boleh dong memajang nama kamu untuk contoh yg baik

      Hapus
    2. senenng lah kk lintang, ap lg klau di nilai sbg contoh yg baik. :)

      Hapus
    3. ya..semoga blogger newbie bisa mencontoh cara kamu

      Hapus
  15. mb lintang, ada alamat google atau yahoo mb?

    BalasHapus
  16. Kak,kalau misalkan dikutip dengan tujuan baik? Menyebarluaskan info dari blog kakak,bagaimana? Bolehkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, tapi dikasih sumbernya dari mana. kasih link menuju blog ini.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah