Minggu, 07 September 2014

DIY Masker Ketan Hitam

Hai pembaca..

Di postingan sebelumnya saya janji mau share resep DIY masker ketan hitam. Masker ketan hitam itu resep tradisional Kalimantan. Saya baca di blog mbak Niyah Cahyawati bahwa wanita Kalimantan menggunakan masker dan lulur ketan hitam untuk perawatan pra nikah. Cara membuatnya simpel, beras ketan direndam lalu disangrai dan ditumbuk halus.

Karena suka rempah-rempah, saya campurkan masker ketan hitam tersebut dengan rempah-rempah. Jadilah masker rempah hitam. Seperti nama masker andalan dari merek Roro Mendut, tapi tentu aja nggak sama ya.. Roro Mendut menggunakan campuran rempah-rempah yang dirahasiakan (cuma tertulis sebagai mixed herb) dan rumput laut Gracillaria sp. Tadinya saya mau menambahkan rumput laut berupa nori kering, tapi susah sekali mencari plain nori, adanya nori yang udah berbumbu. Batal deh pakai rumput laut..



Bahan simpel seperti ketan hitam tidak bisa diremehkan. Ketan hitam mengandung antioksidan berupa anthocyanin, ini adalah pigmen yang memberi warna ungu gelap pada ketan hitam. Anthocyanin bersifat sebagai antioksidan, anti inflammatory dan anti karsinogenik. Anthocyanin juga terdapat pada blueberry. Beberapa situs kesehatan mengatakan bahwa ketan hitam adalah sumber antioksidan yang lebih murah dari blueberry. Menurut seorang pakar pangan Dr. Zhimin Xu, hanya 1 sendok makan ketan hitam mengandung antioksidan anthocyanin yang lebih banyak daripada 1 sendok makan blueberry, tapi dengan lebih sedikit gula, lebih banyak serat dan vitamin E.

Black Rice Packs a Powerful Antioxidant Punch

Ketan hitam lebih baik daripada beras merah atau beras coklat karena kandungan anthocyanin itu. Nggak ada ruginya lho membuat masker DIY dari ketan hitam. Oya, akhir-akhir ini saya juga suka membuat  DIY Saccharomyces toner alias DIY pitera dari ketan hitam. Lebih bagus lho daripada pakai nasi putih. Kalian yang cocok dengan Saccharomyces toner dari nasi putih coba deh pakai ketan hitam. Kalo udah bikin jangan tanya kenapa ketannya nggak hancur, ketan kan keras, lebih keras daripada nasi.

Sekarang resep maskernya. Bahan yang diperlukan untuk membuat masker ketan hitam basic:

Beras ketan hitam .................. 1 gelas
Air hangat .............................  1 mangkok

Cara membuat :

1. Rendam beras ketan hitam dalam air hangat (hangat-hangat kuku) selama 1 jam.

Segelas beras ketan hitam

Direndam air hangat 1 jam

2. Pisahkan air rendaman, tiriskan beras ketan hitam. Air rendaman jangan dibuang, bisa buat cuci muka atau toner karena kaya antioksidan.

Setelah ditiriskan

3. Sangrai beras hingga kering.

Disangrai hingga kering

4. Haluskan beras, bisa menggunakan lumpang/ulekan/food processor.

Saya haluskan dengan ulekan

5. Sangrai lagi agar lebih awet.

Disangrai lagi supaya lebih kering dan awet
Dijemur juga boleh kok

Masker ketan basic sudah jadi, bisa langsung digunakan atau dijadikan bahan masker rempah hitam.

Masker ketan hitam basic

MASKER REMPAH HITAM

Bahan :
Masker ketan hitam basic .......... 100 gram
Bubuk teh .................................. dari 2 kantong teh celup
Jintan hitam ............................... 2 kapsul
Jahe bubuk ................................. 1 sendok teh
Kayu manis bubuk ..................... 1 sendok teh



Cara membuat:

1. Buka kantong teh celup untuk mengambil bubuknya, lalu campurkan dengan masker ketan hitam basic.

Teh di dalam kantong biasanya sudah halus sehingga tidak perlu kita haluskan lagi


2. Campurkan bubuk jintan hitam dengan bahan masker.

 
Ini jintan hitam (habatussauda) untuk suplemen, biasa dijual dalam bentuk kapsul
Buka kapsulnya karena kita hanya menggunakan bubuknya


3. Tambahkan jahe bubuk dan kayu manis bubuk masing-masing 1 sendok teh.


4. Aduk rata, jadi deh! Simpan dalam wadah tertutup.



CARA MENGGUNAKAN

Tambahkan air, lebih baik dengan air hangat lalu ditunggu sampai dingin. Oleskan ke seluruh wajah sambil digosok pelan. Biarkan hingga 30 menit lalu bilas. Masker rempah hitam boleh digunakan saat bejerawat tapi jangan digosok.

Boleh juga digunakan sebagai lulur untuk seluruh badan.

REVIEW

Masker ketan hitam basic

Wanginya khas ketan sangrai, saya suka aromanya, bikin lapar hehehe.. Sebagai peeling, masker ini berfungsi dengan sangat baik. Mudah sekali mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo blackheads. Sehabis scrubbing dengan masker basic ini, kulit saya bersih dan bebas blackheads, nggak jauh beda dengan DIY fermented oatmeal mask andalan saya. 

Efek cerahnya sama dengan DIY lightening mask dari beras putih, bengkoang dan kencur. Tidak membuat kulit saya kering. Saya suka masker ketan hitam basic ini.

Masker rempah hitam

Masker ini cocok digunakan untuk mengobati jerawat. Manfaat kayu manis, jahe dan jintan hitam tidak perlu diragukan lagi. Saya dulu sering pakai masker jintan hitam secara single use untuk jerawat, ya dari suplemen ini. Cepet kok mengempeskan jerawat, tapi panasnya itu lumayan menampar.

Makanya saya pakai 2 kapsul saja untuk resep ini. Jintan hitam itu memang rempah-rempah super, aromanya aja super kuat. Wangi kayu manis, jahe dan ketan sangrai sampai kalah, tertutupi oleh aroma jintan hitam.

Masker rempah hitam ini lebih sesuai untuk yang punya kulit berminyak. Oil controlnya mantap. Pernah saya coba memakai masker ini, lalu setelah itu memakai olive oil untuk pelembab dan ditap-tap dengan tissue. Muka saya nggak cepat mengkilap karena minyak. 

Jika punya kulit kering, sebaiknya saat mencairkan masker ini gunakan air dan madu. Jika cocok menggunakan minyak (olive/grapeseed/coconut oil dsb) juga boleh banget.

Perhatian :

  • Rempah-rempah berupa kayu manis, jahe dan jintan hitam tidak boleh digunakan pada ibu hamil.
  • Ibu menyusui boleh menggunakan jintan hitam tetapi tidak boleh menggunakan kayu manis dan jahe.

Soal Ingredients

Seperti yang sudah saya singgung tadi, beras ketan hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Total aktivitas antioksidan pada beras ketan hitam berkaitan dengan kandungan total fenolik, flavonoid, dan anthocyanin. Fenolik pada beras ketan hitam adalah protocatechuic, vanillic, dan ferulic acid. Anthocyanin pada beras ketan hitam adalah cyanidin-3-glucoside, cyanidin-3-rutinoside, dan peonidin-3-glucoside. Kandungan total fenolik, flavonoid dan anthocyanin beras ketan hitam lebih tinggi daripada beras putih, merah maupun coklat. Seperti yang sudah kita ketahui, antioksidan melindungi sel dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dan penuaan dini pada sel. 

Beras ketan hitam yang terbaik antioksidannya

Jintan hitam alias black cumin (Nigella sativa) mengandung thymoquinone, p-cymene, α-thujene, thymohydroquinone dan longifolene di dalam essential oil nya, Sifatnya adalah antioksidan, anti jamur, anti bakteri, analgesik (pereda nyeri), anti inflammatory, anti histamin (anti alergi). Jintan hitam juga mengandung zat gizi yang penting 
- asam lemak :myristic acid. palmitic acid. palmitoleic acid, stearic acid, oleic acid, linoleic acid (omega-6), linolenic acid (omega-3), arachidonic acid
- protein
- vitamin B kompleks : thiamin, riboflavin, pyridoxine, niacin, folacin
- mineral : kalsium, zat besi, copper, zinc, fosfor

Jintan hitam juga digunakan untuk pengobatan beberapa masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, eksim, kulit kering, ketombe, luka, dan infeksi jamur Candida albicans. Manfaatnya untuk kesehatan lebih banyak lagi (anti kanker, diabetes, asma, dan berbagai penyakit ringan maupun berat). 

Oya, tadi saya bilang ibu menyusui boleh menggunakan jintan hitam. Jintan hitam justru digunakan sebagai suplemen ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Ibu hamil harus menghindarinya karena dapat memicu kontraksi uterus.

Soal jahe dan kayu manis sudah sering saya bahas ya. Cinnamaldehyde pada kayu manis juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis, selain itu juga efektif untuk mengurangi peradangan pada jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Oleh karena itu kayu manis sering digunakan untuk DIY skincare. Namun cinnamaldehyde & eugenol pada kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang akibat dengan gejala ruam kemerahan, perih, panas. 

Jahe mengandung zat aktif zinerone, shogaol dan gingerol yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Jahe banyak digunakan dalam DIY skincare karena dapat mengatasi jerawat dan psoriasis, sebagai anti aging, mencerahkan kulit dan menyembuhkan sunburn.

Jahe dan kayu manis

Gitu aja resepnya. Selamat mencoba buat kalian yang tertarik..


Referensi: 

Disclaimer:
1. Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang tergantung jenis kulit, kecocokan terhadap bahan, kualitas dan jenis bahan yang digunakan.
2. Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



44 komentar:

  1. Wah uda di share. Baunya enakk y pasti. Mirai ocha rasa gemai jg baunya mirip sangraian. Jadi g sabar pgen coba. Lagi2 malas nguleg.. Ak pake botol uc 1000 buat giling lumayan bgt hasilnya hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba. menurutku baunya enak apalagi kalo dicairkan pakai air madu, kayak kue tradisional wanginya. wah aku nggak pinter nggiling, malah loncat kemana2 berasnya hehehe..

      Hapus
  2. pitera ketan hitam lbh bagus dr nasi merah dong mba? waa jd pingin bikin :D
    klo beras ketannya lgsg disangrai boleh ga? ga usah direndem dlu gitu. makasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lebih bagus ketan hitam lho, di aku juga lebih lembab..
      ketan hitam & aneka beras ada anti nutriennya :
      - asam fitat (buat pencernaan nggak bagus karena mengurangi pemanfaatan mineral, tapi buat kulit nggak apa2)
      - trypsin inhibitor (mengurangi kecernaan protein di usus, tapi nggak apa2 buat kulit)
      - hemaglutinin-lectin (sama, mengurangi kecernaan nutrien karena mengikat reseptor karbohidrat di saluran pencernaan, tapi nggak masalah untuk kulit)
      - oryzacystatin (enzim yg mendegradasi protein. selain nggak bagus untuk pencernaan juga nggak baik bagi kulit karena sel2 kulit juga terbuat dari protein)
      - allergen

      nah tujuan perendaman adalah untuk mengurangi zat2 antinutrien itu. zat2 itu bisa hilang kalo berasnya kita masak, tapi karena nggak dimasak dulu cukuplah dikurangi dengan perendaman air hangat+disangrai

      Hapus
  3. Mbak, pake tepung ketan hitam yg biasa dijual di toko bahan kue boleh enggak? Katanya sih murni dari tepung ketan hitam
    Sy biasa pake buat bikin kue. Rasa kue yg pake tepung ketan hitam lebih legit (tapi bukan manis) & lbh mengenyangkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, lebih praktis sih.. cocok buat orang2 yg suka masker bentuk clay. tapi zat gizinya memang lebih lengkap kalo kita bikin sendiri
      ya, ketan itu emang lebih mengenyangkan hehehe..

      Hapus
  4. wiihh baru aja nyoba yg beras biasa hari ini, udah ada resep baruu.. asik asik :D
    Beda efeknya ke kulit sama masker beras apa mbak?
    oh iya mbak maap agak OOT dikit :D mau nanya cara ngilangin kuningnya kunyit di muka habis maskeran gimana yah mbak? terimakasih :D

    -Nanda-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dicoba hehehe..
      kalo di aku terasa lebih lembab masker ketan hitam (saccharomyces toner juga lebih lembab yang dari ketan hitam), efek cerahnya sama sih kayaknya. tapi memang ketan hitam itu mantep banget buat anti aging

      ngilangin bekas kuning kunyit biasanya aku pakai campuran oatmeal+madu (dicairkan dengan air hangat supaya lebih lembek). apply di kulit sambil digosok2 selama 5 menit/lebih. kalo mau lebih praktis, oatmeal & madunya dicampurkan ke kunyit, jadi selesai maskeran nggak ada bekas kuning

      Hapus
  5. nori kering yang plain bisa dibeli di toko-toko impor sih mbak, kae toko makanan korea/jepang. biasanya jualnya satu pak isinya banyak buanget (dan mahal) kemaren sempet iseng nyobain nempel nori basah di wajah, jadi kenyal-kenyal gitu deh tapi baunya ga nahanin xD kalo untuk masker suka beli rumput laut basah aja, direbus trus diblender.

    oh ya mbak, mau tanya tentang fermented... bahan-bahan apa aja sih yang bisa difermentasikan jadi toner?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, aku nggak tau toko semacam itu di semarang, kudet bener aku hehehe.. denger2 plain nori memang mahal harganya.
      baunya nggak enak ya? hehe.. kalo yang udah berbumbu itu nggak tercium lagi amisnya, malah sedap
      tadinya sempet kepikiran mau pakai rumput laut basah, tapi malas menjemur maskernya. biasanya baunya nanti jadi aneh pas udah kering

      bahan apa aja bisa difermentasi asalkan kandungan karbohidratnya cukup tinggi. kalo rendah karbohidrat tetep bisa difermentasi asalkan bisa ditambah bahan lain (misal madu/sari buah yang manis) sebagai makanan ragi

      Hapus
  6. Mbak, kalau masker dari kacang hijau gimana? Tertarik untuk buat nggak? katanya bisa menghilangkan scar dan regenerasi kulit sih....
    Anindri

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu aku pernah bikin toner kacang hijau fermentasi yang bisa dijadikan sleeping mask (mirip fermented soybean cara bikinnya) tapi kalo masker yang kering belum pernah. ntar aku coba bikin ah..
      betul, memang bagus buat regenerasi kulit..

      Hapus
  7. Klo buat cuci muka bersih ga ya?? ?btw Zat nya masuk ke kulit ga mba. Soalnya nempel bbrp detik doang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba didiamkan 3-5 menit dulu (kayak petunjuk pemakaian sabun whitening), mungkin bisa berhasil hehehe..

      Hapus
  8. Aaah DIY yg ini kayaknya ga sesusah yang lain. Kapan2 boleh nih dicoba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba, ini resepnya memang termasuk gampang hehehe.. tapi paling gampang menurutku DIY seaweed moisturizer gel yang tinggal rebus terus blender

      Hapus
  9. Kak, cara buat DIY Pitera dari ketan hitam gimana? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketan hitamnya direbus aja, air rebusannya jangan sampai habis. air rebusan+ketan difermentasi 3 jam seperti resep biasa.
      sama2..

      Hapus
  10. Jintan hitam bubuk biasanya dijual dimana ya mbak?..Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bubuk aku nggak tau belinya di mana, di supermarket adanya jintan bubuk biasa bukan yang hitam. aku beli aja yang kapsul di apotik, harganya 25ribu isi 120 kapsul. lumayan bisa buat suplemen sekalian hehehe..

      Hapus
  11. Kenapa ketan hitamnya dsangrai dulu tapi yg resep beras putih gak dsangrai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut resep tradisional memang disangrai supaya lebih harum+awet.
      dari sudut pandang nutrisi ketan hitam itu zat anti nutriennya lebih banyak dari beras putih, jadi pengolahannya harus lebih kompleks
      yang beras putih boleh juga disangrai supaya harum

      Hapus
  12. hai ka Lintang, sebulanan ini aku jadi sillent reader blog ini. sukaaaa isinya bikin penasaran buat eksperimen. Kulitku sekarang setelah 5bulanan lepas dari klinik karna iritasi jadi ngambekan, jerawat bruntusan hilang timbul terus kadang kering banget kadang berminyak, yang jelas bekas jerawat bertebaran dimana-mana, 3blnan cumuk pke gandum bruntusan gak ilang ganti pke fwash pabrikan masih jg hilang timbul, susah nemu yg cocok deh ampun. menurut ka Lintang biar kulit aku pulih coba pake diy yg mana ya? thanks ka, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo alif..
      makasih udah baca blogku. coba DIY yang mengandung rempah2 terutama jahe, kunyit, kayu manis. itu bagus buat detoks kulit & meredakan jerawat. 3 rempah itu dikonsumsi juga bagus, buat detoks dari dalam.

      kayaknya kamu alergi gluten karena nggak cocok pakai gandum, hindari bahan2 yang ada gandum & oatmealnya.
      sama2

      Hapus
  13. Mbak, boleh pakai beras hitam? Lebih bagus mana antara ketan hitam dgn beras hitam?
    Oya, yg fermented soybean boleh pakai kedelai hitam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..
      mungkin ketan hitam lebih nyaman di kulit, nggak sekering beras hitam. soalnya aku udah membandingkan hasil masker ketan putih vs beras putih, hasilnya lebih lembab pakai ketan putih

      Hapus
  14. Hi Lintang' ketan hitamnya sblm di rendam air hangat' kudu dicuci dulu sampai bersih pakai air biasa gak? Kadang kalo beli ketan hitam gitu kan' suka kayak ada debu2 nya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harus itu.. pokoknya harus bersih ketan hitamnya supaya hilang semua kontaminannya

      Hapus
  15. sis punya resep diy buat ngilangin bopeng bekas jerawat?makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep ini juga bisa asalkan sabar. nggak bisa dalam1-3x pakai ilang, harus berbulan2

      Hapus
  16. hai kak, bisa bikin lulur wajah juga gak yang kayak lulur wajah merk nature organic ? kalo bisa share ya kak :D

    BalasHapus
  17. Mbak, mau nanya lagi...
    kan saya udah bikin masker ketan hotamnya... pas dikasih air, memang teksturnya jadi kayak bubur gitu ya? Itu udah bener atau belum? atau tekstur buburnya, karena saya mblender ketan hitamnya sampai alus?
    Meskipun lengket, tapi habis pakai, rasanya kulit jadi alus deh....
    Anindri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. memang jadi kayak bubur. ketan hitam memang agak lengket, tapi justru lengketnya itu yang bagus untuk kulit
      ketan hitam yang nggak lengket itu karena nggak diolah dulu, padahal aneka beras harusnya diolah (minimal dijemur) untuk menghilangkan zat anti nutrisinya

      Hapus
  18. Mbak mau nanya dong, maaf ya aku muncul dmana mana hahaha, bubuk masker rempah nya boleh di taro di botol ga mbak? Terus masker ini kalo disimpen bisa bertahan berapa lama mbak? Oiya aku mau bilang makasiiiih ke mba, diy di blog mba lintang rata2 cocok buat aku, jadi ngebantu ngurangin jerawat hihihi resep nya juga gampang2, yang susah itu paling ngelawan rasa males aja nih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nggak apa2..
      boleh, disimpan di kantong plastik pun boleh. bisa tahan 2 bulan bahkan lebih asalkan ditutup rapat.
      sama2.. aku ikut senang kalo cocok. iya, resepku gampang2 tapi memang bikin diy itu tantangannya rasa males hehe..

      Hapus
  19. mbak... ak kan ketan hitam pake yg instan tp kok hadilny ga lengket ya mba? boleh ditambahai tepung maizena ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya? aku kira malah lebih lengket yang instan, kan kue mochi itu lengket banget hehehe..
      ya, boleh ditambah tepung maizena..
      sama2

      Hapus
  20. Toko bahan makanan jepang ada di jalan dr cipto namanya takashimuera. Kalo nori di kerfur juga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu aku cari di carrefour srondol nggak ada nori plain, adanya yg udah berbumbu
      oh di jl. dr. cipto ada ya? makasih infonya..

      Hapus
  21. Mbak... bisa pakai bahan tepung beras ketan hitam gak yah? jd gak usah repot2 lagi numbuk. :D

    -sera-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa.. tapi teksturnya beda, lebih lembut jadi nggak bisa untuk scrub

      Hapus
  22. Kak kalo teh daun jati cina bisa buat campuran diy mask ga?
    Intan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, bisa. daun jati cina (senna) bagus buat mengobati jerawat.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah