Minggu, 14 September 2014

DIY Rice Honey Pore Pack

Halo pembaca..


Ada yang bermasalah dengan komedo di hidung? Saya yakin banyak yang mengalaminya. Apa metode favoritmu untuk menghilangkan komedo? Pore pack / comedo extraction / peeling? Saya lebih suka peeling karena nggak sakit & bisa benar-benar bersih. Peeling favorit saya yang DIY dong, yaitu fermented oatmeal. Tapi kalo udah nggak punya waktu, saya suka DIY rice honey pore pack, meskipun di saya hasilnya nggak sebersih fermented oatmeal.


Ya betul, itu memang tissue..

Saya yakin banyak yang udah mencoba DIY pore pack dari putih telur. Saya nggak suka pakai putih telur, dulu pernah nyoba sekali. Begitu teringat macam-macam mikroba yang saya pelajari waktu kuliah, langsung saya bilas, akhirnya nggak jadi bikin DIY pore pack. 

Telur memang bergizi tapi juga berbahaya, banyak bahan DIY selain telur

Yang hobi maskeran atau pakai pore pack putih telur, wajib tahu mikroba putih telur itu apa aja. Telur banyak mikrobanya karena saluran reproduksi & pencernaan ayam jadi 1 (= kloaka), belum lagi kandang & lingkungan peternakan yang kotor.



Ini mikroba yang biasa terdapat dalam telur :
- Salmonella : menyebabkan penyakit salmonellosis yang ditandai dengan diare, muntah, demam
- Aeromonas hydrophylla : menular melalui luka terbuka atau konsumsi. Kemungkinan juga bisa menular melalui pori-pori.
- Bacillus cereus : menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan
- Listeria monocytogenes
- Campylobacter : terdapat di saluran reproduksi ayam (yang muaranya jadi satu dengan saluran pencernaan). Gejala infeksi Campylobacter pada manusia yaitu pusing, nyeri otot, demam, diare, muntah, nyeri perut
- Staphylococcus aureus : Bisa menyebabkan jerawat dan infeksi pada luka. Jika kulit berjerawat diolesi putih telur yang terkontaminasi S. aureus bisa tambah meradang. gejala infeksi saluran pencernaan hampir sama dengan Campylobacter

Staphylococcus aureus

 
Infeksi bakteri Staphylococcus aureus bisa berupa ruam atau jerawat
Maaf saya tampilkan gambar seperti ini, tapi banyak yang lebih seram lagi di Google
Sumber : 1 2

Belum lagi infeksi virus, misalnya virus penyebab flu burung. Tau kan flu burung? Termasuk penyakit mematikan tuh. Jadi, pikir-pikir dulu deh kalo mau pakai masker /pore pack putih telur. 

Makanya saya pakai bahan lain yang dijamin aman. Bahan apa yang saya pakai untuk bikin DIY pore pack? Simpel sekali, cuma nasi dan madu. Plesternya dari tissue. Mau tau caranya? Yuk disimak..

Bahan yang dibutuhkan :
Nasi putih ................. 1 sendok makan
Madu ........................ 1 sendok teh
Tissue........................ 1 lembar


Metode :

1. Haluskan 1 sdm nasi bersama 1 sdt madu. Aduk rata.



2. Oleskan pada daerah yang berkomedo. Tunggu 1 menit sampai tidak terlalu basah. Sementara itu siapkan tissue, gunting selebar yang diperlukan. Tissue kan biasanya rangkap 2, gunakan 1 lembar saja.



3. Setelah 1 menit, tempelkan tissue pada daerah yang berkomedo. Diamkan selama 30 menit atau lebih.



4. Lepaskan tissue, bilas dengan air. Selesai.

Gimana, gampang kan? Coba aja deh, daripada pakai putih telur. Nasi dan madu kan juga bermanfaat bagi kulit.

REVIEW


Saya membersihkan blackheads ketika baru muncul, saya nggak pernah menunda sampai beberapa hari apalagi berbulan-bulan karena itu akan lebih sulit dibersihkan. DIY pore pack ini efektif untuk mengangkat blackheads baru di hidung & dagu saya. Saya ngak tahu apakah bisa untuk membersihkan blackheads yang sudah lama.




Fotonya buram karena kamera HP saya jelek, tapi masih keliatan kan efeknya? Di foto "before" ada blackheads di hidung saya, foto "after" udah bersih. Saya menggunakan pore pack ini selama 40 menit sambil nonton TV. 

Menurut sebagian besar orang, acara mengelupas pore pack itu menyenangkan, menurut saya biasa aja. Tissue nya jadi hancur, bisa aja sih tissue diganti kertas HVS yang kuat. Saya kurang suka pakai kertas HVS, saya takut komponennya kurang baik untuk kulit. Kalo facial tissue kan memang tissue untuk muka.

Nasi memang seperti lem, bekasnya ya kayak lem kering yang nempel di kulit. Waktu dibilas agak licin. Oya, saya juga suka maskeran pakai nasi & madu, bagus untuk segala jenis kulit terutama kulit kering. Waktu maskeran, saya juga menempelkan tissue di seluruh muka lho, tapi 15 menit aja. Hasilnya kulit jadi kencang, lembab, bersih dan lembut. Coba deh.. 

Kesimpulan:
(+) bisa membersihkan blackheads baru di muka saya
(+) praktis, nggak usah nunggu fermentasi
(+) bisa untuk maskeran, hasilnya bikin muka kencang, lembab, bersih dan lembut

(-) waktu dikelupas tissue rawan hancur dan serpihannya nempel di kulit
(-) waktu dibilas super licin kayak bekas lem

Bikin lagi? Ya, kalo saya lagi nggak malas bikin oatmeal fermentasi
Recommended? Ya, untuk kalian yang sering mengalami blackheads

Nasi putih

Nasi putih dari tanaman padi (Oryza sativa) mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kulit, antara lain :
Vitamins
Thiamine (B1)
(6%)
0.0701 mg
Riboflavin (B2)
(1%)
0.0149 mg
Niacin (B3)
(11%)
1.62 mg
(20%)
1.014 mg
Vitamin B6
(13%)

Vitamin B kompleks terutama thiamine, riboflavin dan niacin sangat efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti hiperpigmentasi dan fine wrinkles, terutama apabila dikombinasikan dengan vitamin E.


Selain itu nasi juga mengandung :
  • Allantoin : berfungsi untuk melembabkan kulit. Sifatnya juga anti inflammatory, dapat mendinginkan kulit, terutama setelah mengalami sunburn.
  • Asam amino : lysine, methionine, tyrosine, phenylalanine, leucine, isoleucine, threonine, valine. Protein dibutuhkan untuk regenerasi sel. Lysine dan methionine diperlukan dalam sintesis kolagen.
  • Asam lemak : linoleic & linolenic, myristic, palmitic, palmitoleic, stearic acid. Asam lemak dapat melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.
  • Methanol extract : untuk menghambat aktivitas enzim tyrosinase, yaitu enzim yang berperan dalam pembentukan melanin.
  • Ferulic acid : merupakan antioksidan yang terdapat pada dinding sel tanaman. Ferulic acid sangat baik jika dikombinasikan dengan vitamin C dan E karena sifatnya menstabilkan kedua vitamin tersebut.
  • Fenolik, lignan dan saponin : terutama terdapat pada kulit ari beras. Sifatnya adalah antioksidan
Saponin juga berfungsi sebagai cleansing agent. Nasi dapat digunakan sebagai cleanser dan masker karena kandungan saponinnya mampu membersihkan kulit dengan baik, asalkan proses memasaknya benar. Saat mencuci beras untuk memasak nasi jangan sampai air cuciannya jadi bening karena banyak kandungan gizi dan antioksidannya yang terbuang. 

Madu

Nutrien yang terkandung dalam madu yaitu vitamin B kompleks (thiamin, riboflavin, niacin, panthotenic acid, pyridoxine), vitamin C, kalsium, copper, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium dan zinc.

Zat antibakteri dalam madu yaitu hydrogen peroxide (tidak ada dalam manuka honey), lysozime dan flavonoid. Hydrogen peroxide mengaktifkan makrofag pada sistem imun, makrofag bertugas "memakan" mikroba dan sel-sel tubuh yang telah mati.

Madu menstimulasi kulit untuk memproduksi hyaluronic acid. Dengan hyaluronic acid, kulit mampu mengikat air sehingga kelembaban dan elastisitasnya terjaga.


Madu banyak digunakan dalam DIY skincare untuk :
  • Melembabkan kulit
  • Mempercepat penyembuhan luka dan bekas luka
  • Menyembuhkan luka bakar dan peradangan
  • Mencegah & merawat eksim, psoriasis, acne
  • Mengurangi bekas jerawat
  • Mengurangi garis halus
  • Mengencangkan kulit
Madu juga biasa digunakan untuk deep pore cleansing dengan cara didiamkan selama 10 menit. Madu yang terbaik adalah raw honey (madu yang belum diolah dan dipanaskan) karena masih mengandung propolis dan bee pollen.


Sekian resepnya. Selamat mencoba!

Referensi :
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3503376/
http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0733521013000337
http://dailysuperfoodlove.com/3088/best-type-of-honey-for-skin-care/

TAMBAHAN

Mungkin banyak yang masih bingung ya, tentang perbedaan komedo blackheads & whiteheads. Banyak yang mengira blackheads itu warnanya selalu hitam, dan berpikir komedo di hidung yang putih dan mencuat-cuat itu termasuk whiteheads.

Diagram of open and closed comedones
Perbedaan blackheads dan whiteheads

Blackheads nggak selalu hitam, warnanya bisa putih atau kuning. Sebenarnya itu adalah sebum yang menumpuk di permukaan pori-pori sehingga kelihatan putih, jika teroksidasi warnanya menguning. Jika bercampur dengan pigmen kulit (melanin) warnanya terlihat hitam. Seringkali blackheads menimbulkan kesan pori-pori yang besar.

Blackheads di pinggiran hidung, warnanya putih karena belum teroksidasi

Blackheads di dagu

Blackheads yang hitam karena teroksidasi dan bercampur melanin, menyebabkan pori-pori tampak membesar

Whiteheads itu komedo tertutup. Sebum terperangkap di dalam pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati atau kotoran. Whiteheads menyebabkan kulit terasa kasar dan ada benjolan kecil-kecil, tapi tidak sakit dan tidak meradang. Jika bakteri berkembangbiak di situ, whiteheads dapat berubah menjadi jerawat.

Whiteheads, bentuknya benjolan-benjolan kecil yang nggak sakit

Blackheads biasanya bisa ditangani dengan pore pack, tapi whiteheads harus diekstraksi (cara cepat). Whiteheads juga bisa dihilangkan dengan peeling untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membersihkan isi pori-pori. 

Semoga nggak ada yang bingung lagi mengenai jenis komedo, hehehe..


Disclaimer:
1. Review berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang tergantung kondisi kulit dan umur blackheads.
2. Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.


56 komentar:

  1. Yaah kalau whitehead gmn?? :'(

    Sebenernya whitehead sama blackhead gampang mana ngebersihinnya kak? Maklum ga pernah punya blackhead tapi whitehead banyak bgt ini huaaa

    Dulu sering pake telur+tisu, puas bgt keangkat semua itu putih" di hidung, tapi emg bener sering muncul jerawat kalo abis pake hehe dan jerawatnya lama ilangnya :v

    _ Tiwi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin itu whiteheads?
      whiteheads itu komedo yang bentuknya bruntusan tapi bukan jerawat. kalo yang di hidung bentuk komedonya putih kayak landak gitu termasuk blackheads, tapi belum teroksidasi jadi warnanya putih

      kalo whiteheads nggak bisa dibasmi dengan pore pack, harus peeling.
      ya, wajar sih kalo jerawatan gara2 putih telur. bakterinya kan banyaaakk

      Hapus
    2. Dan ternyata selama ini ak salah hahahaa. Ak kira blackhead itu yg item" gitu sih
      Coba deh ntar yg fermented oat dulu.
      Thanks kak

      Hapus
    3. hehehe.. banyak yang mengira begitu. oke.. sama2

      Hapus
  2. gampang bingittt. hidungku dah kyk landak, ntar takcoba

    BalasHapus
  3. sama mbak, aku jg gak suka pake putih telur. tetanggaku dulu ada yg masuk RS, suspect flu burung. dia suka makan telur 1/2 matang, minum stmj. aku takut bgt klo kyk gtu.
    nasi & madu ide keren nih, nyoba ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. serem ya.. memang telur mentah itu nggak baik.
      entah kenapa masih banyak orang yang suka telur mentah/setengah matang setelah banyak banget terjadi kasus flu burung & salmonellosis.
      yuk dicoba.. nasi & madu lebih aman

      Hapus
  4. kak, komedo di hidung yg putih & kadang kuning itu jenis apa ya? klo whiteheads itu yg mendem di bawah kulit kan kak? bisa diilangin pake DIY pore pack ga? makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu blackheads (komedo terbuka). bisa putih kalo belum teroksidasi, kuning kalo udah teroksidasi, hitam kalo bercampur melanin
      ya, whiteheads itu yang di bawah kulit, kalo dipencet isinya kayak biji kecil. nggak bisa pakai pore pack, harus eksfoliasi. sama2..

      Hapus
  5. kalo untuk whiteheads gmna mbak? bisa juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin itu bukan whiteheads tapi blackheads yang belum teroksidasi
      whiteheads bentuknya bruntusan, harus peeling untuk menghilangkannya
      blackheads nggak selamanya hitam, ada yg putih & bikin hidung landak

      Hapus
  6. mba mau nanya,, ada produk dg kandungan retinol booster, apa nyebabin purging kayak vitacid?? maap klo ga sesuai tema >_< bingung mau nanya siapa. barang kali tau klo ga tau gpp :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. retinol itu nama umum untuk vitamin A.
      vitacid kandungannya retinoic acid/tretinoin, salah satu jenis retinol.

      nggak semua retinol bikin purging (tapi memang retinoic acid umumnya bikin purging).
      sumber retinol di hewan adalah retinyl ester, di tumbuhan bentuknya carotenoid (misal beta caroten, lycopene). itu nggak bikin purging.

      Hapus
  7. Barusan aja Aku bersihin blackhead pake fermentasi oatmeal. Bersih pol. Yang ini juga layak dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku fermented oatmeal juga bersih banget buat mengatasi blackheads.
      resep yg ini aku bikin kalo nggak punya waktu atau lagi males nunggu fermentasi hehe..

      Hapus
  8. Kak lintang, maaf ni oot. Bingung mau nanya di post yg mana. Madalah utama skincare diy itu kan lifenya. Nah kalo lagi traveling gimana dong kakak ngakalin biar tetep bisa bawa diy skincare kakak? Apa kak lintang kalo traveling bawa skincare pabrikan?

    Maaf sekali lagi kalo kepo

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya bawa diy yg paling sederhana, tanpa fermentasi, tanpa sari buah untuk traveling. misal cuma air oksigen+gliserin untuk pelembab, teh+air rebusan beras+madu, masker kering. kalo traveling nya lama & kebetulan tempat nginepnya ada dapur, ya aku bawa "perbekalan" kayak fermipan, rempah2 basah. hehehe..

      Hapus
    2. nimbrung xD

      sama kayak mbak lintang, karena lagi demen DIY emang agak repot kalo traveling. bekal paling sederhana sih bawa botol spray kosong sama teh kering, ntar diisi air mineral xD cuci mukanya pake oatmeal bubuk. kalo situasinya lebih memungkinkan ya bawa perbekalan yang lain :D

      Hapus
    3. untung DIY skincare yg sederhana itu banyak ya.. praktis buat traveling
      kalo di rumah aku suka bikin yang ribet soalnya ada sarana dan prasarana hehehe

      Hapus
  9. Lintang, setelah cocok sama toner nasimu, aku jadi kecanduan bikin DIY meski ngga semua cocok di aku. :D
    Ngomongin soal madu, pagi ini aku baca HT di kaskus yang menuliskan kalau madu itu ga boleh pake sendok logam. Jadi mesti dari kayu/plastik gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. jadi kecanduan DIY juga ya
      oh, madu & logam itu hanya mitos. materi logam nggak akan transfer ke madu dan merusak kualitasnya. sebenarnya peralatan yg dipakai peternak lebah kebanyakan terbuat dari logam, pemrosesan madu yang di pabrik juga pakai alat dari logam.

      coba baca ini:
      http://www.benefits-of-honey.com/ask.html
      http://www.benefits-of-honey.com/information-about-honey.html
      ini bagus artikelnya, membahas mitos & fakta seputar madu (termasuk mitos kemurnian madu, kan selama ini orang percaya madu yg disemutin itu nggak murni)

      Hapus
  10. Hi Lintang.. Aku selalu jadi silent readermu selama ini, kulitmu makin lama makin bagus lho aku perhatiin...sejak mulai rutin posting resep dan testi DIY
    Aku mau nanya, kulitku warnanya ga rata,, di area sekitar mulut dan mata warnanya kecoklatan...sampai ke dagu juga agak gelapnya..warna asli kulitku sebenarnya coklat muda terang,teksturnya juga ga begitu kasar walaupun ada whiteheadsnya, tapi karena ga rata itulah kesannya kusam... Gimana cara meratakan warna muka ya,Lintang?

    Ow iya, saudaraku juga ku perhatikan gampang banget ditumbuhi black dan whiteheads, kira2 faktor apa ya penyebabnya? Dia kurus banget orangnya dan ga gitu suka makan

    Thanks atas tanggapannya...

    Icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo icha.. makasih ya..
      hehehe DIY itu memang penyelamatku

      meratakan warna kulit paling gampang pakai bengkoang atau kencur. kalo coklatnya di sekitar mata, itu biasanya dark circle. penyebabnya bisa keturunan/ kurang tidur/ anemia/ gangguan liver/ kesalahan nutrisi (kurang zat besi, vi A, C, E, K)

      ya, kurang gizi bisa bikin muka sering ditumbuhi komedo & jerawat. terutama kalo kekurangan vitamin A, B, C, E, mineral zinc, omega-3, dan asam-asam amino

      sama2..

      Hapus
  11. kalo alergi madu, di ganti pake apa ya kak? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. air aja nggak apa2, tapi jangan banyak2, sekedar untuk mengentalkan nasinya

      Hapus
  12. Lintang..bisa pa nggak campuran gliserin + air oksigen aja untuk mengatasi kulit kering..? Kulitku sebenarnya normal berminyak tpi gara2 cuaca + kerja ditempat berAC jadinya kering trus di sudut2 bibir seperti ada putih2nya (kya orang ileran pas bangun tidur..hehehe)
    Udah pake pelembab tpi kurang nampol..
    Klo bisa perbandingan campurannya brp ya..?
    Bisa nggak klo udah pake pelembab terus semprot2 wajah pake campuran gliserin + air oksigen ? sori..nanyanya borongan.. :D..Trimakasih utk jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. aku juga sering pakai gliserin+air oksigen, dimasukin ke botol spray buat dibawa kemana2. praktis, kapan aja bisa disemprotkan.
      bahkan air+gliserin itu bagus untuk menjaga ketahanan makeup, mencegah foundation cakey & bedak luntur.

      disemprot saat bare face/setelah pelembab/setelah makeup juga boleh. tapi beda caranya. waktu bare face semprotkan lebih banyak & lebih dekat ke kulit, lalu diusap2. waktu udah pakai makeup disemprot agak jauh dari muka, lalu ditap-tap pelan dengan tisu (jangan diusap, nanti malah luntur)

      untuk kulit dehidrasi, gliserin 2 sdm (30 ml), air 100 ml
      untuk kulit kering biasa gliserin 1 sdm, air 100 ml
      untuk kulit normal gliserin 1 sdt (5 ml), air 100 ml

      Hapus
  13. kak kalo aku biasanya pake masker shiseido naturgo,itu ampuh bgt dan gak ada reaksi yang aneh2 di mukaku walaupun katanya masker palsu/abal2,kira2 aman gak kak kalo dipake jangka panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep nggak aman lho. pewarnanya mungkin aja pewarna tekstil yang sifatnya menyebabkan kanker. biasanya kosmetik abal yang pakai pewarna tekstil nggak akan ada efek heboh kayak merkuri, hq, steroid.

      materi pewarna tekstil biasanya meresap, mengendap di jaringan dan menyebabkan kanker dalam jangka panjang. jadi sebaiknya buang aja itu masker abal..

      Hapus
  14. Pingin bkin face spray air ,gliserin, ascorbic acid pure , plus vit e . Awet juga nih scr g ada bahan basah misal buah2 an gt. Boleh ga vit e dcmpur vit c ?? Sygny ascorbic acid pure g tau cari dimana :( mkasih mb :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kalo nggak ada sari buah bisa awet kok. vit E boleh dicampur vit C, yang nggak boleh itu kalo dicampur natrium benzoat.
      ascorbic acid biasanya ada di toko bahan kimia
      sama2..

      Hapus
  15. Kalau komedonya warna nya hitammapa bosa pake tips yang diatas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. komedoku juga warnanya hitam, bisa kok pakai resep ini (tapi komedo yang baru, kalo udah lama entah bisa atau enggak)

      Hapus
  16. sis ini ampuh ngangkat semua komedo baru?kalo tisu nya diganti kapas bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di aku bisa sih, tapi agak lama (45 menit-1 jam) & tisunya harus bener2 kencang. aku belu pernah nyoba pakai kapas..

      Hapus
  17. mbak lintang aku udah nyoba, tapi madunya diganti air putih soalnya takut gatal lagi pake madu dannnn aku suka banget hasilnya bener-bener bersih mbak hidung ku :D.
    yang agak susah di dagu mbak gak tau deh komedonya yang dibawah bibir susah ilang nya, tapi tadi nasinya kurang halus juga sih mbak masih bentuk butiran nasi . besok mau coba lagi.

    makasi ya mbak lintangggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, untuk amannya pakai air putih aja hehehe..
      komedo di bawah bibir & dagu itu biasanya lebih bandel daripada hidung. yang di daguku juga nggak bisa bersih2 banget kok.
      tapi memang nasinya harus dihalusin banget biar lebih nempel.
      sama2 fitri..

      Hapus
    2. Iya aku juga udah nyoba kak nasi + air, ternyata bisa loh ngangkat komedo hehe pdahal kirain ga ngefek secara yg oat fermentasi ga mempan d aku :D

      Dulu sih gtw jd pake putih telur n suka muncul jerawat d pipi abis pake hahaa

      Eh tapi d youtube ada diy face scrub dr cangkang telur yg di halusin malah, dcampur oats sama aloe gel :v
      Itu gmn kak? Untung ak udah baca artikel ini duluan jadi ga kalap lgsung bikin.

      Btw makasih bgt ini resepnya kak

      Hapus
    3. berarti kalo buat komedo lama lebih ngefek pore pack ya..
      banyak yang bilang jadi jerawatan habis pakai putih telur, karena emang banyak bakterinya sih.

      cangkang telur sama aja banyak kumannya, justru lebih banyak dari isi telurnya. mending diganti baking soda
      sama2..

      Hapus
  18. ini boleh dipake setiap hari sis?soalnya blackhead ku banyak bgt

    BalasHapus
  19. hmmm, mungkin gampangnya pake istilah komedo terbuka & komedo tertutup ya?
    (komedo terbuka = blackheads, komedo tertutup = whiteheads)

    mba lintang, tolong bikin artikel khusus dong tentang cara membedakan madu asli & palsu krn byk info simpang siur antara mitos atau fakta, jadi bingung.

    oya, kalau pake masker madu (tanpa bahan lain) boleh max brp lama ya? soalnya sy sering ketiduran kalau pake masker :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. tapi ada juga yang masih bingung soal komedo terbuka & tertutup gitu
      oke, nanti aku tulis artikelnya. memang masih simpang siur sih. pendapat website kesehatan & website peternak lebah juga sering berbeda, tapi aku lebih percaya website peternak lebah.

      madu boleh didiamkan semalaman sebagai sleeping mask, malah bagus.. masalahnya cuma lengket dan mengotori bantal

      Hapus
  20. sis kalo pake tiap hari bisa bikin pori-pori besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho kenapa harus tiap hari? gunakan waktu ada komedo aja. terlalu sering pakai pore pack memang bisa bikin pori2 membesar. solusinya habis itu wajah diolesin es batu & toner yang sifatnya pore tightening supaya pori2 mengecil lagi.

      Hapus
  21. kak kalo tissuenya diganti kapas gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kalo lebih suka pakai kapas.. aku nggak pernah pakai kapas sih

      Hapus
  22. Mba ada resep facial scrub yg nampol ga. Saya biasa rutin scrub 2x seminggu. Sejauh ini cuma tau fermented oat tapi saya kurang cocok pake oat. Ada resep lain kah? Terimakasih sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho aku kan udah sering share resep masker. kalo bentuknya kasar kayak yg mengandung beras/kacang ijo/rempah bubuk gitu kan bisa buat scrubbing

      Hapus
  23. kak kalo pake vitacid yg 0,025 bisa gak?aman gak kalo pakenya jangka panjang?soalnya pake scrubbing&pore pack udah gak mempan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. aman kok, baca deh tentang penggunaan vitacid untuk jangka panjang di postingan ini http://randomandquick.blogspot.com/2014/05/3-ingredients-ajaib-dalam-skincare.html

      Hapus
  24. kak cara buat peeling gimana?aku baru umur 13 thn tapi pori pori idung udh besar dan berminyak kayanya ada komedonya deh aku mesti gimana bingung cara ngilanginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai masker yg teksturnya kasar. paling gampang pakai kopi+sedikit air. nggosoknya pelan aja, jangan kencang2 nanti lecet
      bisa juga pakai kunyit bubuk

      Hapus
  25. kak aku baru umur 13 thn kulitku sawo matang dan belang nih,biar belangnya ilang aku mesti gimana?oiya kak aku mau nanya beli c n c essesianl facial mosterizer di mana kak?aku udah nyari di hypemart ga ada :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai masker aja. masker yg mengandung bengkoang sih bagus buat meratakan warna kulit.
      aku pernah lihat di superindo, giant. wah aku kira di hypermart juga ada

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah