Selasa, 23 September 2014

DIY Rice Mung Bean Mask

Halo..


Saya suka masker beras & kacang-kacangan, bikin kulit lembut, lembab dan fresh. Sengaja saya buat masker kering supaya bisa disimpan lama. Kalo nggak mau repot bisa pakai tepung beras & tepung kacang hijau yang udah jadi, tapi memang hasilnya beda sih dengan tepung yang kita proses sendiri. Nggak percaya? Coba aja. Saya pernah pakai tepung beras Rose Brand & tepung kacang hijau (yang untuk bahan kue), hasilnya di kulit nggak sebagus buatan sendiri. 

Bikin sendiri susah nggak sih? Nggak susah kok. Gampang banget, cuma repot hehehe..




Bahan utama:

Beras putih ................. 100 gram
Kacang hijau .............. 100 gram

Bahan tambahan (optional) :

Untuk kulit acne prone
Kayu manis bubuk ........................... 1 sendok teh
Jahe bubuk ....................................... 1 sendok teh

Untuk masalah aging
Teh hitam (isi teh celup) .................. 1 kantong

Untuk kulit sensitif
Teh chamomile (isi teh celup) ......... 1 kantong

Boleh juga mengkombinasikan semuanya.




Cara membuat:

1. Cuci bersih beras dan kacang hijau, tiriskan. Lalu sangrai hingga kering.



2. Haluskan beras dan kacang hijau yang sudah disangrai. Boleh menggunakan food processor/ blender/ cobek dan ulekan / penggiling. 


3. Sangrai kembali agar lebih kering dan awet.


4. Masukkan bahan tambahannya. Saya menggunakan kayu manis bubuk dan jahe bubuk, masing-masing 1 sdt.


5. Aduk rata, simpan di wadah tertutup rapat. Masker ini bisa tahan hingga 2 bulan.




Cara Pemakaian

Tambahkan air secukupnya, lebih baik air hangat sehingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah dan leher yang bersih. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Cara membilasnya sambil digosok perlahan karena masker ini juga berfungsi sebagai scrub. Gunakan 2-3 kali seminggu. 

Boleh juga digunakan tiap hari, tapi tidak perlu digosok saat membilasnya.

REVIEW

Masker ini aromanya khas kacang hijau, wangi jahe dan kayu manisnya juga kuat. Kalo udah diseduh dengan air hangat baunya kayak bubur kacang hijau.

Saya kurang suka dengan sensasi kaku di kulit saat maskernya mulai mengering. Masker kacang-kacangan memang terasa agak kaku di kulit. Selain itu saya juga merasa agak gatal. Kacang hijau dalam bentuk masker atau toner selalu terasa agak gatal di muka saya, tapi buat saya nggak masalah karena saya suka efeknya. Kacang hijau tidak pernah menyebabkan kusam atau breakout di muka saya.

Setelah dibilas, kulit terasa lembab dan kenyal. Nggak sekering masker beras & rempah aja. Kulit muka menjadi agak cerah setelah maskeran dan scrubbing.

Oya, waktu PMS muncul 2 jerawat papule (jerawat kecil merah), di jidat dan pipi. Saya kasih masker ini, kemerahan berkurang dan ukuran papule mengecil. 

Kesimpulan :
(+) Melembabkan, mengenyalkan, dan mencerahkan kulit 
(+) Mempercepat penyembuhan jerawat (jika dicampur kayu manis dan jahe)

(-) Ada sensasi kaku dan gatal saat maskernya mulai mengering

Bikin lagi? Ya

Recommended untuk :
  • Semua jenis kulit, bahan tambahannya bisa dipilih sesuai kebutuhan kulit.
  • Orang yang terkena efek negatif dari penggunaan kosmetik abal-abal (karena kacang hijau punya fungsi detoksifikasi)

Tapi ingat, wanita hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan rempah-rempah (kayu manis, jahe, kunyit dsb). Sudah sering saya jelaskan di beberapa postingan DIY sebelumnya.

Tentang ingredients

Kacang hijau / mung bean (Vigna radiata) merupakan bahan makanan sumber protein nabati yang punya kandungan nutrien cukup lengkap. 


Kandungan kacang hijau mentah per 100 gram
Nutritional value per 100 g 
23.86 g
Vitamins
Thiamine (B1)
(54%)
0.621 mg
Riboflavin (B2)
(19%)
0.233 mg
Niacin (B3)
(15%)
2.251 mg
(38%)
1.91 mg
Vitamin B6
(29%)
0.382 mg
Folate (B9)
(156%)
625 μg
Vitamin C
(6%)
4.8 mg
Vitamin E
(3%)
0.51 mg
Vitamin K
(9%)
9 μg
Trace metals
Calcium
(13%)
132 mg
Iron
(52%)
6.74 mg
Magnesium
(53%)
189 mg
Manganese
(49%)
1.035 mg
Phosphorus
(52%)
367 mg
Potassium
(27%)
1246 mg
Zinc
(28%)
2.68 mg

Kandungan asam amino kacang hijau per gram protein
Alanine                   0.81 %
Arginine                  2.56 %
Aspartic acid           1.33 %
Cystine                   0.29 %
Glutamic acid          11.69 %
Glycine                   9.07 %
Histidine                 1.52 %
Isoleucine               0.33 %
Leucine                   9.12 %
Lysine                    3.81 %
Methionine              0.62 %
Phenylalanine         2.76 %
Proline                   5.27 %
Serine                    2.85 %
Threonine               1.88 %
Tryptophan             0.63 %
Tyrosine                 1.37 %
Valine                     6.16 %

Asam amino adalah penyusun protein, termasuk kolagen pada kulit. Pasti semua udah tau ya, kolagen itu menentukan elastisitas kulit kita. Jika produksi kolagen menurun, ikatan kolagen menjadi longgar sehingga kulit mengendur dan timbul kerutan.

Amino acid composition of collagen

Kandungan asam amino dalam kolagen

Kacang hijau kaya akan antioksidan, yaitu flavone, isoflavone, flavonoid, isoflavonoid, polifenol, gallic acid, vitexin dan isovitexin. 

Polisakarida (mannose, ramose, galactose) serta enzim SOD (superoxide dismutase) yang terkandung dalam kacang hijau berperan sebagai antioksidan, antimikrobial, anti peradangan. Jika dikonsumsi, kacang hijau bermanfaat bagi kesehatan karena sifatnya juga antihipertensif, anti diabetes, dan anti tumor.

Kacang hijau juga punya sifat detoksifikasi. Kacang hijau mengandung protein dan asam fenolik yang dapat mengeluarkan sedimen pestisida, merkuri, arsenik dan logam berat lainnya.

Kacang hijau digunakan dalam DIY skincare dan beberapa produk komersial karena sifatnya yang :
  • mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari kulit sehingga kulit menjadi bersih dan halus
  • menyeimbangkan sekresi minyak 
  • anti peradangan
  • meningkatkan imunitas kulit sehingga tidak mudah terinfeksi jamur maupun bakteri
  • melembabkan kulit
  • meningkatkan elastisitas kulit
Mungkin kalian yang familiar dengan skincare Korea kenal produk ini :

 

Produk Indonesia juga punya masker kacang hijau lho..

IMG_2545
Masker kacang hijau Sariayu 
Fungsinya untuk membantu regenerasi kulit dan mengencangkan kulit

Kacang hijau memang oke banget manfaatnya untuk kulit. Jangan ragu mencoba kacang hijau!

Referensi


Disclaimer
1. Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang tergantung jenis kulit, kecocokan terhadap bahan, kualitas bahan yang digunakan.
2. Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



72 komentar:

  1. hai lintang slm kenal y.aq wiwin..mw nny klo busui kn ga blh pake rempah2 tuh..bs dganti apa y bwt kulit oily.n ak ga pny timbangn nih kira2 100 gr itu brp genggam y untk beras n kc ijo ny? terus bikin diy y lin...sy suka deh sm resep2ny:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak wiwin.. salam kenal
      pakai teh hijau aja, teh hijau bagus untuk kulit oily & acne prone.
      100 gram kacang hijau berarti sekitar 7 sdm, soalnya 1 sdm kacang hijau = 13 gram. nggak tau berapa genggam hehe.. berasnya disesuaikan aja, pokoknya perbandingannya 1:1
      sip, makasih mbak..

      Hapus
  2. Wah menarik nih. Biasanya kacang hijau taunya cuma dibikin bubur aja. Hehe... Kalo pake masker ini bikin muka yang kering jadi tambah kering ga Ka? -Linda-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacang hijau bagus buat kulit lho.. kulitku aslinya kering, masker ini malah melembabkan, kalo takut tambah kering, dikasih madu aja..

      Hapus
  3. Keunggulan masing2 kacang ini apa mbak : kedelai, kedelai hitam, kacang hijau, kacang merah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kacang hijau unggul di detoks, juga bagus untuk membersihkan pori2
      kedelai hitam lebih tinggi antioksidannya daripada kedelai putih, lebih nampol buat anti aging. kedelai putih/hitam sama2 bagus buat mencerahkan kulit
      kacang merah juga untuk anti aging.
      semua kacang2an umumnya bisa melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit, anti aging soalnya tinggi protein & polisakarida.

      Hapus
  4. aku pake masker the face shop yg mung bean jd bruntusan >_< masker kcg ijo sariayu belom pernah nyoba, bru coba yg beras putih lumayan cocok. pingin bikin masker kcg ijo sndiri. selama ini klo nyoba masker resep mb lintang selalu cocok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nggak cocok sama beberapa ingredientsnya..
      masker sariayu aku belum pernah nyoba sama sekali.. kayaknya isinya dikit sih hehehe
      yuk bikin.. semoga cocok ya

      Hapus
  5. kacang hijau bisa buat detox? wah kabar gembira nih, sodaraku korban cream qweena, ntar aku ksh tau ke dia ah. selain dibuat masker diapain lg kacang hijaunya biar bisa detox? makasi mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, menurut hasil penelitiannya sih gitu.
      selain masker boleh direbus untuk diminum. dicampur kayu manis & jahe soalnya 2 rempah2 ini juga berfungsi untuk detoksifikasi. tapi jangan dicampur susu atau santan ya. kasih gula dikit boleh. tapi lebih baik pakai madu.
      sama2..

      Hapus
  6. kacang ijonya harus pake kulit kak? aku ada kacang ijo tanpa kulit di rumah, bisa dipake ngga? makasiiihh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya vitamin, mineral & antioksidannya banyak di kulit lho.. tapi kalo adanya yg kupas juga nggak apa2
      sama2..

      Hapus
  7. cari tepung gasol di mana sih? kok gak pernah nemu yak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. di superindo ada, bagian makanan bayi. atau di giant, bagian sereal dekat energen & oatmeal. cari aja..

      Hapus
    2. kmrin ak ke toko bayi ada arrowroot powder... coba cari yg lebih gede deh mba toko bayi nya , brgkali ada :)

      Hapus
  8. Mbak..maaf nanya terus nih.bedanya beruntusan karna ga cocok sama skincare (baik homemade atau bukan) dibanding karna proses detox apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nggak apa2 mbak..
      nggak cocok (breakout) beda dengan purging (detox) dalam beberapa hal:

      - purging disebabkan oleh zat2 yg mempercepat turnover kulit, seperti retinoic acid, AHA, BHA --:> segala yg acid seperti glycolyc acid, lactic acid, mandelic acid, malic acid, salicylic acid. breakout disebabkan oleh bahan2 selain itu

      - purging muncul di daerah yang memang biasa muncul jerawat/minyak berlebih, breakout muncul di daerah yang bukan langganan jerawat & minyak

      oya, kalo misalnya pernah pakai krim berbahaya, trus proses detox biasanya jerawat yang muncul pada ngumpul di daerah yang ada hubungannya dengan hati, ginjal, paru2. bisa dilihat di acne face map mengenai daerah2 itu : http://www.terraatma.com/wp-content/uploads/2014/07/acne-face-map.jpg

      cara gampang membedakannya begitu..

      Hapus
    2. Makasih mba utk penjelasannya. Saya seminggu trakhir bruntusan di pipi dlm deket2 telinga. curiga karna tumpukan kringat selama pake jilbab saat lg panas2nya gini,atau karna mukena udah waktunya dicuci lagi,atau karna si STORM atau karna maizena.

      Hapus
    3. sama2.. kalo breakout STORM/maizena/skincare lainnya biasanya di daerah yg terbuka (bahkan di tempat yg biasanya nggak berminyak), bukan di daerah yg kena jilbab aja.
      aku juga lagi bruntusan di hairline, biasanya nggak pernah. kayaknya gara2 keringat di helm waktu cuaca lagi panas begini

      Hapus
    4. Ikut nimbrung lagi nih mba hehe, kebetulan hampir di titik2 yg di foto aku jerawatan tapi kecil gitu (parah ya muka ku haha) berarti itu lagi proses detox ya mba? Berarti udh mau pembersihan gitu ya mba? Love banget deh sama blog lintang dan mba lintang nya hihihi

      Hapus
    5. maaf aku baca commentnya kelewat, baru ngeh sekarang
      ya, mungkin itu proses detox. sabar aja. kalo detox itu jerawatnya nggak terlalu lama, beda dengan breakout.
      makasih isni..

      Hapus
  9. Lintaaang :D
    Penyimpanannya maskernya biar awet dimana? Kulkas ato diluar?
    kalo beras putihnya diganti beras merah ato item bagus nggak?
    Saya tunggu liburan nih buat bikin ini masker :D
    Beli biji2an dibikin bubuk gini kan enak, kalo make tinggal campur2... :p
    Makasi ya lintaaaang sukses selalu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. di luar kulkas bisa kok, tahan 2 bulan. kalo di dalam kulkas kayaknya bisa lebih lama lagi.
      hehe.. iya bikin masker diy gini emang enaknya pas libur soalnya prosesnya rempong
      iya, lumayan praktis, kayak pakai masker bubuk pabrikan yang tinggal dicampur air
      sama2 neeya.. sukses juga untuk kamu

      Hapus
  10. halo lintang, itu kalo kacang ijo tumbuknya bisa diganti pake tepung hunkwe yg plain gak? hunkwe kan tepung kacang ijo juga kan ya, hehehe. oiya, rekues dong, homemade yang buat ngatasin uban. ak pernah baca kalo buat ngatasin uban bisa pake jus bawang bombay, tapi gak kebayang baunya ya bok, siapa tau lintang punya ide campurannya pake apa aja biar lebih oke :D. btw, blog kamu super bermanfaat tang, keep on writing ya. thank youuu -kiki-

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak kiki..
      wah aku belum pernah nyoba pakai tepung hunkwe. mungkin bisa. soalnya ada yang pernah nyoba masker ketan hitam pakai tepung ketan hitam yg buat bahan kue itu..

      resep tradisional buat mengatasi uban bisa pakai daun mojokeling (daun untuk bumbu gulai) + minyak kelapa. dihancurkan gitu daunnya, dicampur minyak kelapa, trus dijadikan hair mask. tapi aku belum pernah nyoba sih..

      makasih mbak..
      sama2

      Hapus
  11. Td di si unyil ada sabun kulit jeruk mbak.. jadi pgen buat..
    kapan2 buat dong mba, sampoo bar gitu. campur rempah2 buat wajah , asik kyknya hihihi

    o iya share cara membuatnya , dpt dr blog orang hehe
    http://saturak.wordpress.com/2014/02/14/sabun-buatan-sendiri/

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pingin bikin sabun sendiri. kendalanya takaran harus hati2. soalnya kan pakai soda api, takutnya kalo proses saponifikasinya nggak bener nanti soda apinya masih bersisa & itu bakal bikin kulit kering. dulu aku pernah bikin di kampus, sabun susu kambing, tapi kata seniorku salah soalnya nggak ada busanya, tapi lembab sih.
      ntar aku belajar dulu sampai mahir, hehehe..
      thanks atas linknya..

      Hapus
    2. saponifikasi gagal kena mba emg? Kan uda ada lye nya. apa bener klo susu kmbing harusnya dibekuin dulu katanya ? hehe.. cmiiw ,
      emg susah y mba bkin sabun bar ? td ak liat ko gampang.
      Liat aja sih emg gampang yah ahahaha

      Hapus
    3. eh maaf baru balas komennya. lupa balas soalnya dulu kolom komennya error terus.
      susu kambing memang beda dengan minyak. kalo sabun terbuat dari minyak tumbuhan biasanya lebih gampang.
      susu kambing banyak lemak jenuhnya. dulu karena diaduknya juga nggak bener sih makanya saponifikasi bisa gagal juga.

      wah kalo liat aja emang gampang. orang2 yg liat cara bikin saccharomyces toner awalnya bilang gampang, begitu praktek langsung pada nanya kenapa kok nggak gini, kenapa nggak gitu. hehehe..

      Hapus
  12. aku udah setengah taun pake bubuk kacang merah sama kacang kedele untuk exfo ^^ hasilnya walo ga keliatan amat yang pasti ada. kulit agak cerah. kemarin nyoba bikin bubuk kacang ijo ternyata jamuran -_- mungkin karena kurang kering ya karena aku pikir kalo terlalu kering nanti kandungannya abis xD

    mbak kalo kcang ijo kupas gitu gimana? soalnya punya kacang ijo kupas tapi nyisa lumayan nih.

    oh ya mbak, boleh minta email ga? mau tanya-tanya aja diluar masalah diy kecantikan ini :D kalau berkenan. trims :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacang2an oke banget buat exfo, jadi lembab juga kulit. yang aku perhatiin, kacang2an cepet memudarkan flek hitam
      nggak apa2 kok diolah sampai kering. paling nutriennya berkurang dikit. katanya kacang2an itu gizinya tetap banyak meskipun sudah diolah

      meskipun antioksidannya memang banyak di kulitnya tapi kacang ijo kupas boleh juga kok.
      oke sip.. email aja ke lintangrinastiti@aim.com

      Hapus
  13. mba lintang, kemarin aku maskeran pakai bahan campuran tepung beras organik, sedihnya timbul alergi bengkak gatal merah, sembuh 2 hari kempes tapi kulit muka jadi kasar bekas gatal2nya. masker waktu itu campuran kayu manis, jahe, lemon, tepung beras. bahan2 selain tepung beras itu udah biasa buat masker ga timbul efek buruk apa2, pertama kali dicampur tepung beras ini berarti kemungkinan penyebabnya tepung beras. kenapa ya mba? atau karena tepungnya tidak di proses dulu / di sangrai? beras mentah begitu aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, itu karena tepung berasnya. kemungkinan gitu, beras mentah memang bisa bikin alergi karena ada beberapa zat antinutrisi. aku yang biasa pakai diy beras juga pernah gatal2 pakai air cucian beras buat cuci muka. minimal beras itu harus direndam air hangat/disangrai/direbus sebelum digunakan untuk skincare..

      Hapus
  14. Mba lintang, thanks loh resepnya. Btw, aku kemarin lsg nyobain resep diy mba. Setelah jadi, aku campur sm lulur wajah banana soy milk ku. Pas ku pake, kok agak kurang nempel ya maskernya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2.. iya nih, memang kurang nempel. dikasih oatmeal aja (kalo cocok). sering aku campur oatmeal biar nempel, sekalian buat cuci muka

      Hapus
  15. Hai kak lintang yang baik, aku mau nanya nih kak, mama aku usianya udah 45 ke atas dan akhir2 ini dia sering ngeluh cepet lupa kak, aku mau nanya apa kira2 suplemen untuk memperkuat daya ingat yang bagus untuk mama aku ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yang tinggi omega-3. nenekku dulu minum minyak ikan. kalo bapakku habatussauda. masih sering lupa sih, itu wajar.. tapi setidaknya lebih baik daripada sebelum minum suplemen

      Hapus
  16. kalo diganti pakai kacang kedelai bisa gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. aku juga pernah bikin yang kedelai, sama2 lembabnya dengan kacang hijau

      Hapus
  17. wah ada yg komen ttg orange peel a.k.a kulit jeruk , bkin cleanser dari ini gimana mba? http://healthmunsta.hubpages.com/hub/How-to-Make-Orange-Peel-Powder-for-Face . kyk nya bagus hehe.. siapa tau mba mau review jg :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren itu.. ntar mau nyoba juga. pasti seger itu wangi jeruk, selama ini kulit jeruk cuma aku ambil ekstraknya, belum pernah aku bikin bubuk. thanks ya linknya

      Hapus
    2. Ok mba.. Kulit apel kulit ap gt bs g ya :p . klo kulit jeruk emg enak baunya hihihi.

      Hapus
    3. Dikasih oatmeal jg bs tuh. D halusin sekalian hehe

      Hapus
    4. kalo kulit apel sayang deh, soalnya kandungan apel (dan kulitnya) itu gampang rusak kena udara, apalagi kalo dijemur
      ya betul, dikasih oatmeal sekalian buat pembersih muka

      Hapus
  18. ooo gitu... oatmeal juga ga begitu cocok di aku, beberapa minggu cuci muka pakai oatmeal jadi bruntusan. jadi selain tepung beras atau oatmeal bisa pakai apa ya mba untuk campuran masker2 biar ga terlalu encer?? makasih mba lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih madu aja waktu maskeran, airnya dikit aja. ntar masker bisa lebih nempel di muka. lebih lembab juga lho
      sama2..

      Hapus
  19. Mba, yg ada kandungan anti nutrien nya itu apa aja? Kacang2an, ubi jalar, beras, apa lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kentang & umbi2an lainnya, bayam, brokoli (protease inhibitor, oksalat)
      timun (protease inhibitor)
      lidah buaya (aloin)
      banyak sih sebenernya.. tapi reaksi kulit masing2 berbeda2

      Hapus
  20. Mbk kalo sangrai yg kedua djemur d bwh matahari aj gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dijemur aja juga boleh.. yang penting kering

      Hapus
  21. Bkin diy facewash pake kaolin + oatmeal+ green tea, bagus g y mba? Bersih g yah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus, kaolin itu sifatnya deep cleansing tapi sebaiknya jangan sering2, nanti bisa bikin kulit kering. boleh sih dijadiin face wash harian tapi dikit aja, lebih dibanyakin oatmealnya

      Hapus
    2. Oh kaolin deep cleansing yah. Ada tuh dimasker viva bengkuang. Dominan kaolin. Ntar ak campur oatmeal bykn deh. Mb green tea sama teh biasa lebih oke mana ya? Bukannya lebih gelp teh lebih bagus. Utk kulit , Apa lbh bagus teh biasa seduh itu? Trims :))

      Hapus
    3. ya, makanya kalo aku maskeran viva bengkoang rasanya bersih banget. bisa tuh dicampur oatmeal. green tea bagus untuk ngurangin minyak & jerawat, kalo teh hitam biasa untuk anti aging & dark spot. tergantung problem kulitmu yg mana.
      sama2..

      Hapus
  22. halo mbak lintang :)
    banyak bgt resep DIYnya hihi
    mau nanya mbak. aku kan udh buat resep mung bean ini udh tak cb hampir seminggu. nah kok di bagian dagu ma jidat Ada jendolan mbak g skt sih cm yg jidat agk merah.
    itu purging/detox/ g cocok y mbak?.aku kulitnya acne prone mbak.
    trus sblum pake masker mung bean aku bbrp hr sblumnya pake masker ubuk full cream kok malah muncul jendolan.jrawat gede di pipi kanan. agk skt jg. itu Apa g cocok ya? nah aku mau nyoba pke yogurt plain/yakult k masker.mung bean kira2 aman g. soalnya pke susu aja jerawatan huhu
    maaf ya mbak bnyak nanya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, susu memang nggak baik untuk yang acne prone. pernah aku nulis postingan, di susu ternak secara alami ada kandungan hormon pertumbuhan (IGF-1) yang memicu aktivitas kelenjar minyak & jerawat.
      IGF-1 tetap ada di semua dairy product (termasuk yogurt) meskipun udah dipanaskan, difermentasi, dll.
      nggak cuma sebagai skincare lho, orang yang acne prone juga sebaiknya mengurangi (kalo perlu menghindari) dairy products.

      kalo mung bean itu masalah alergi atau enggak dengan kacang2an.
      jerawatan karena susu belum tentu jerawatan karena kacang ijo, begitupula sebaliknya

      Hapus
  23. oh gt ya mb. mau nanya lg nih kata mb. seharusnya mngurangi/menghindari dairy milk tp kan kyk susu, yoghurt man bgus buat kesehatan. galau no mbak -,-"

    oh ya mbak boleh sih pake masker Dari bahan2 alami hampir tiap hari kyk resep rice mung bean ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan sehat kan nggak harus dari susu. banyak lho makanan lain yang gizinya lebih baik dari susu, misal kedelai. 1 cup kedelai itu proteinnya 68 gram sedangkan susu cuma 8 gram. vitaminnya lebih komplit dari susu. kalo mau sumber kalsium & mineral lain lebih baik pilih sayuran hijau. omega 3 lebih bagus dari ikan, minyak zaitun, kedelai.
      bohong banget kalo bilang susu itu makanan tersehat, itu strategi pemasaran produk peternakan aja. aku kuliah di fakultas peternakan jadi ngerti hehehe..

      ya, boleh. tapi masker alami sebaiknya tiap hari ganti2 supaya ada variasi nutrien untuk kulit

      Hapus
    2. nah kalo susu lambing jg Ada senyawa IGF-1 jg mbak??
      oh iya mbak bner gak sih kalo ayam ma telurnya g baik buat acne prone? katanya itu memprparah jerawat

      kalo misalny aku punya 2 varian masker d selang seling gpp??
      maaf ya mbak Dari kmaren byk nanya hehe

      Hapus
    3. semua susu hewan ada
      yang acne prone memang seharusnya menghindari produk hewani. aku baca di blog2 luar banyak orang yang penderita jerawat parah (cystic acne bertahun2) sembuhnya karena jadi vegan alias nggak makan produk hewani sama sekali maupun pakai kosmetik yg mengandung bahan hewani.

      ya, diselang-seling aja boleh.
      nggak apa2..

      Hapus
  24. Maaf mba lintang , numpang nanya..
    Aku pernah liat resep diy masker yoghut + mungbean buat acne dan scars dari soompi, dan hasilnya bagus banget di dia..

    Yg pingin aku tanyain boleh ga mba coba resep itu?
    Karna yg review org korea, takutnya beda sama indonesia yg iklimnya beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep itu boleh dipakai untuk orang indonesia, asalkan kulit memang cocok sama dairy product. soalnya kan banyak orang malah breakout pakai dairy product seperti masker yang mengandung susu & yoghurt, bukan cuma faktor iklim
      kalo pernah breakout pakai susu/yoghurt sebaiknya jangan, yoghurtnya ganti aja pakai bahan lainnya

      Hapus
    2. jangan, kan ada gulanya
      buat DIY skincare harus pakai plain yoghurt, misal merek biokul yang kemasan biru

      Hapus
  25. Mbak ini boleh dipake sehari 2x nggak? Buat cuci muka gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo 2x sehari kasian kulitnya, karena kasar banget.
      sebenernya boleh sih, tapi waktu dibilas jangan digosok. diusap2 aja

      Hapus
    2. Oh gitu ya mbak..kalo diseling gitu pagi pake diy oat+bengkoang+coklat bubuk malemnya pake ini gapapa kan?
      Oya mbak sekalian nanya deh. Kulitku minyak dan acne prone, di beberapa tempat ada dark spotnya,lebih bagus pake teh hijau atau teh hitam buat campuran diy skincare? Atau boleh dicampur kedua2nya?

      Hapus
    3. ya, diselang-seling boleh aja
      dicampur aja teh hitam & teh hijaunya, bisa diseduh bareng2. teh hijau aja kurang mempan untuk ngilangin hiperpigmentasi

      Hapus
  26. Kak kalo campuran ini di fermentasi bisa juga gak? Trus kira2 lebih bagus atau nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. difermentasi bisa.. bagus enggaknya tergantung kulit masing2 (& golongan darah)
      biasanya yg difermentasi hasilnya nggak terlalu bagus di golongan darah B atau AB

      Hapus
  27. jadi, masker ini bisa ngedetoks/purging ya mba? aku pgn ilangin bekas jerawat ajanih, gak mau jerawatan lg:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan masih banyak pilihan masker lainnya?

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah