Selasa, 18 November 2014

DIY Detox Toner & Tips untuk Detoksifikasi

Hai pembaca..

Banyak orang yang minta nasehat karena baru lepas dari skincare dokter maupun skincare gajebo, ada juga yang masih berniat untuk lepas dari skincare dokter setelah pemakaian dalam waktu lama (berbulan-bulan hingga tahunan). Biasanya mereka takut kulitnya ngamuk setelah lepas dari skincare keras. Ya, bagaimanapun juga reaksi kulit seperti itu harus dihadapi. Yang mau lepas dari skincare keras harus siap punya kulit kusam beberapa waktu, tapi nanti pulih meskipun nggak sekinclong waktu masih pakai skincare keras.

Untuk membantu pemulihan kulit, racun-racun perlu dikeluarkan dari dalam kulit dan tubuh. Istilah kerennya detoksifikasi. Detoksifikasi itu nggak hanya dilakukan dengan skincare yang dipakai di permukaan kulit, tapi juga melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Kali ini saya mau berbagi resep toner sederhana untuk detoksifikasi. Bahannya mudah dicari, resepnya mudah dibuat.



Bahan :
Kacang hijau .................... 1 genggam
Air ...................................  300 ml 
Jahe .................................. 1 ruas
Madu ................................ 1 sdt


Gunakan distilled water alias demineral water, jangan air mineral. 
Distilled water yang mudah ditemukan misalnya air minum Indomaret yang tutupnya flip top, air minum Indomaret yang tutupnya kerucut (ada tambahan oksigen), air minum merek Amidis, merek Cleo.

Cara membuat :

1. Cuci bersih kacang hijau, sementara itu jahe dikupas dan dipukul-pukul tapi jangan sampai halus.


2. Rebus kacang hijau dan jahe dengan air sampai mendidih tapi tidak terlalu matang. Kira-kira perebusan dilanjutkan selama 5 menit setelah mendidih hingga air berkurang setengahnya.

Jika sudah menunjukkan tanda-tanda mendidih, masak terus sampai 5 menit

3. Saring airnya, dinginkan. Kacang hijau dan jahe yang setengah matang tadi dapat dilanjutkan proses perebusannya untuk dikonsumsi.


4. Air rebusan yang telah dingin ditambahkan madu 1 sdt.


5. Aduk rata, pindahkan ke botol. Daya simpannya 5-6 hari di kulkas.


Boleh juga difermentasi dengan 1 sdt ragi roti. Waktu fermentasinya 2 jam. Jika difermentasi daya simpannya hanya 3 hari di kulkas.

Untuk ibu hamil dan menyusui jangan gunakan jahe. Cukup kacang hijau saja.

Cara menggunakan :

Tuang ke kapas, tepuk-tepukkan ke wajah setelah mencuci muka. Disarankan penggunaannya minimal 3x sehari. Dapat dilanjutkan dengan skincare lainnya.

REVIEW

Saya tidak pernah menggunakan skincare dokter maupun skincare gajebo, jadi tidak bisa memaparkan hasilnya.

DIY skincare yang punya efek detoksifikasi umumnya bikin wajah agak kusam di awal pemakaian. Ini juga terjadi pada saya. Pada hari ke-1 dan 2 muka saya malah kusam menggunakan toner ini, tapi jerawat cepat kempes dan kering.

Pada hari ke-3 kusam berkurang, hari ke-4 wajah sudah kembali normal, bahkan lebih awet dari kusam. Aktivitas saya sehari-hari banyak terpapar debu dan polusi sehingga cepat kusam. DIY toner lainnya tidak bisa memperlambat kekusaman, tapi toner ini lumayan bisa.

Menghilangkan flek hitam? Belum tahu, kan baru 7 hari. Tapi sepertinya flek bekas jerawat mulai memudar.

Yang saya suka, toner ini membuat kulit saya lembab dan kenyal, bahkan di awal pemakaian. Sayangnya waktu awal pemakaian harus kusam dulu, hehehe..

Tapi saya suka toner ini, karena dia punya fungsi detoksifikasi. Pas banget untuk saya yang sering terpapar polusi.

(+) Punya fungsi detoksifikasi
(+) Melembabkan dan mengenyalkan kulit
(+) Jerawat jadi cepat sembuh

(-) Kulit agak kusam di awal pemakaian karena sedang detoksifikasi

Untuk orang yang pernah menggunakan skincare keras atau berbahaya, wajar saja jika misalnya timbul banyak jerawat dan muka lebih berminyak di awal pemakaian karena sedang mengeluarkan "sampah" dari dalam kulit.

Tentang Ingredients

Kacang hijau / mung bean (Vigna radiata) merupakan bahan makanan sumber protein nabati yang punya kandungan nutrien cukup lengkap. 


Kandungan kacang hijau mentah per 100 gram
Nutritional value per 100 g 
23.86 g
Vitamins
Thiamine (B1)
(54%)
0.621 mg
Riboflavin (B2)
(19%)
0.233 mg
Niacin (B3)
(15%)
2.251 mg
(38%)
1.91 mg
Vitamin B6
(29%)
0.382 mg
Folate (B9)
(156%)
625 μg
Vitamin C
(6%)
4.8 mg
Vitamin E
(3%)
0.51 mg
Vitamin K
(9%)
9 μg
Trace metals
Calcium
(13%)
132 mg
Iron
(52%)
6.74 mg
Magnesium
(53%)
189 mg
Manganese
(49%)
1.035 mg
Phosphorus
(52%)
367 mg
Potassium
(27%)
1246 mg
Zinc
(28%)
2.68 mg

Kandungan asam amino kacang hijau per gram protein
Alanine                   0.81 %
Arginine                  2.56 %
Aspartic acid           1.33 %
Cystine                   0.29 %
Glutamic acid          11.69 %
Glycine                   9.07 %
Histidine                 1.52 %
Isoleucine               0.33 %
Leucine                   9.12 %
Lysine                    3.81 %
Methionine              0.62 %
Phenylalanine         2.76 %
Proline                   5.27 %
Serine                    2.85 %
Threonine               1.88 %
Tryptophan             0.63 %
Tyrosine                 1.37 %
Valine                     6.16 %

Asam amino adalah penyusun protein, termasuk kolagen pada kulit. Pasti semua udah tau ya, kolagen itu menentukan elastisitas kulit kita. Jika produksi kolagen menurun, ikatan kolagen menjadi longgar sehingga kulit mengendur dan timbul kerutan.

Amino acid composition of collagen

Kandungan asam amino dalam kolagen

Kacang hijau kaya akan antioksidan, yaitu flavone, isoflavone, flavonoid, isoflavonoid, polifenol, gallic acid, vitexin dan isovitexin. 

Polisakarida (mannose, ramose, galactose) serta enzim SOD (superoxide dismutase) yang terkandung dalam kacang hijau berperan sebagai antioksidan, antimikrobial, anti peradangan. Jika dikonsumsi, kacang hijau bermanfaat bagi kesehatan karena sifatnya juga antihipertensif, anti diabetes, dan anti tumor.

Kacang hijau juga punya sifat detoksifikasi. Kacang hijau mengandung protein dan asam fenolik yang dapat mengeluarkan sedimen pestisida, merkuri, arsenik dan logam berat lainnya.

Fungsi kacang hijau bagi kulit :
  • mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari kulit sehingga kulit menjadi bersih dan halus
  • menyeimbangkan sekresi minyak 
  • anti peradangan
  • meningkatkan imunitas kulit sehingga tidak mudah terinfeksi jamur maupun bakteri
  • melembabkan kulit
  • meningkatkan elastisitas kulit
Jahe mengandung zat aktif zinerone, shogaol dan gingerol yang bersifat antioksidan dan antibakteri. Jahe banyak digunakan dalam DIY skincare karena dapat mengatasi jerawat dan psoriasis, sebagai anti aging, mencerahkan kulit dan menyembuhkan sunburn.

Jahe bersifat mengeluarkan racun dari tubuh, jika dikonsumsi dapat meningkatkan fungsi liver untuk detoksifikasi, juga meningkatkan fungsi ginjal untuk membuang zat-zat berbahaya dari tubuh melalui urine. Begitupula jika digunakan sebagai skincare, dapat mengeluarkan zat-zat tak berguna dari kulit. Ada orang yang pernah mengalami jerawat setelah menggunakan jahe tapi jangan buru-buru menyimpulkan bahwa itu reaksi ketidakcocokan.

Tips untuk yang baru lepas dari skincare dokter atau skincare gajebo

1. Konsumsi banyak sayuran dan buah, terutama sayuran hijau. Klorofil (zat hijau daun) sangat baik untuk detoksifikasi. Paling baik jika dikonsumsi segar. Jika tidak suka makan sayuran mentah dan buah sebaiknya dijadikan jus.


Minum jus sayur dan buah yang berbeda-beda tiap hari supaya ada variasi nutrien. Jus sayur dan buah terbukti efektif untuk mengobati berbagai masalah kulit, daripada harus beli vitamin yang ada kandungan ekstrak sayur dan buah (misalnya Vegeblend atau Frutablend).

Mungkin kalian bosan dengan anjuran makan sayur dan buah, tapi hasilnya memang nyata ada. Ini foto orang-orang yang masalah kulitnya sembuh berkat mengonsumsi raw foods dari sayur dan buah.

sumber : healthybliss.net

Krystal Vrba before and after

Klik linknya untuk mengetahui kisah mereka dan tips-tipsnya. Ini bukan hoax lho.

2. Minum banyak air putih untuk meringankan kerja ginjal. Minum air yang banyak juga bisa membuat kulit bersih dan cerah. Lihat deh di foto ini.


3. Hindari makanan yang tinggi lemak, gula, kafein, dan bahan-bahan aditif (pengawet, penguat rasa, pewarna buatan)


Hindari juga dairy products (susu, yogurt, keju). Mengapa susu tidak boleh, kan susu sehat? Alasannya :
  • Susu mengandung IGF-1 (sejenis growth hormone) yang berasal dari tubuh sapi secara alami. IGF-1 menstimulasi reseptor androgen. Seperti yang telah kita ketahui, hormon androgen meningkatkan kerja kelenjar minyak & resiko clogged pore
  • Protein pada susu kadang-kadang menyebabkan alergi pada sebagian orang. Bukan laktosa nya. Kita tau ada orang yang lactose intolerance sehingga selalu diare kalo minum susu, makanya disarankan minum yogurt. Lactobacillus pada yogurt mengubah laktosa menjadi asam laktat (lactic acid) yang bisa mengatasi masalah intolerance ini. Tapi laktosa sendiri bukan penyebab acne. 
Masih banyak pilihan makanan sehat selain susu. Susu kedelai juga sangat menyehatkan, tetapi tidak meningkatkan aktivitas kelenjar minyak.

4. Konsumsi suplemen yang fungsinya untuk detoksifikasi (disarankan untuk para korban krim yang mengandung merkuri) misalnya spirulina atau chlorella. Microalgae seperti ini telah diteliti dapat menyerap residu merkuri, kadmium, timbal dan arsenik, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Baca di sini : www.biopathica.co.uk


5. Jangan gunakan skincare keras. Skincare yang mengandung whitening umumnya lebih keras daripada skincare lainnya. Biarpun kulit kelihatan kusam dan tidak bersinar, jangan tergoda untuk mencoba produk-produk whitening. Gunakan skincare ringan yang hypoallergenic. Boleh juga mencoba DIY dari bahan-bahan alami, tapi cari tahu dulu apa yang sesuai dengan jenis kulitmu.


6. Jangan tutupi kulit dengan makeup tebal. Hindari foundation, BB cream, bedak padat. Jika ingin dandan, gunakan bedak tabur yang sifatnya ringan. Biasanya dokter menganjurkan bedak Marck's atau bedak bayi. 

Lupakan foundation, BB cream, dan bedak padat
Beralihlah ke loose powder yang ringan

7. Meskipun kamu stress dengan keadaan kulitmu sekarang, cobalah untuk berpikir positif. Terlalu banyak berpikiran negatif bisa memperburuk kondisi kulit (& kesehatan).

Tetap senyum dan berpikiran positif meskipun kondisi wajah sedang nggak oke

Sekian resep dan tipsnya. Selamat mencoba & tetap semangat!

Referensi


Disclaimer
1. Review dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di tiap orang tergantung jenis dan kondisi kulit, kecocokan terhadap bahan.
2. Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.



58 komentar:

  1. pas bgt nii, ak lg BO parah gara2 cream anisa. nnt ak coba tips n resepnya. thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba.. semoga cepet sembuh ya kulitnya..
      sama2

      Hapus
  2. Wah keren nih mba. Mba suplemen buat diminum apa dong? Saya baru nyoba sarannya mba yg extra kulit manggis itu. Bekas jerawat aku nih engga ilang2 mba. Skrg udh engga pake cream dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngilangin bekas jerawat emang perlu kesabaran.
      ekstrak kulit manggis juga bagus.
      coba deh jus sayur & buah. sekarang aku membiasakan minum jus tiap hari. tanpa gula, kadang gulanya diganti madu. eh bener lho, kulit jadi lebih responsif terhadap DIYskincare yg aku pakai, jadi meningkat efektivitasnya.
      kalo biasanya dengan DIY & suplemen aja flek bekas jerawat agak lama pudarnya, sejak minum jus jadi lebih cepet pudar

      Hapus
  3. Apakah vitacid termasuk dalam skincare yg keras...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas keras, kan ada logo obat keras di kemasannya. sebenernya tretinoin bukan skincare, itu golongan obat.
      tapi tretinoin itu aman jika digunakan sesuai aturan. lagipula sifatnya tidak terakumulasi di tubuh sampai mengganggu metabolisme.
      tretinoin hanya tidak aman untuk ibu hamil-menyusui

      Hapus
  4. susah klo dah addicted sm skincare dokter. melepasnya bikin senewen krn muka ancur2an :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. harus bener2 siap mental. melepasnya sedikit demi sedikit, jangan mendadak. kulit butuh adaptasi

      Hapus
  5. Hai mbk lintangg, itu yg gambar obat di konsumsi suplemen obat apa yaa? Kyak obat yg pernh dkash ama dokter kulit ak dulu, minumny ampe 10biji tiap minum hikss total sehari 20biji kmren, kyakny tertarik bnget bikin diy ini tp klo qt tetap pke essence whiteng gmn yaa? Krn brunti ak jd ilang pke essence ini tp bikin jerawatan, ap purging ya? Essence ak dr hadalabo arbutin sihh, thnk yaa mbakk, maaf pke anonym..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, itu suplemen tablet spirulina, sejenis microalgae (ganggang laut berukuran sangat kecil). chlorella juga bentuk & warnanya sama. baunya agak amis menurutku, bau laut. memang sekali minum 10 butir.

      produk2 hada labo memang rich banget sih, makanya kadang bikin jerawatan. tapi hada labo nggak mengandung bahan yg bikin purging/yg bisa detoksifikasi. jerawat itu timbulnya gara2 terlalu moist aja. kalo bisa kurangi pemakaiannya, lebih dikit nuangnya atau diselang-seling 1 hari pakai, besoknya enggak, dst.

      Hapus
  6. suplemen spirulina dan chlorella yg bagus +terjangkau apa ya? btw nice info mbak, makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. keluargaku dulu beli spirulina pacifica dari luxor, itu bagus kok. dulu belinya bareng jelly gamat luxor. sekarang harganya 235ribu isi 200tablet.

      kalo sekarang banyak merek2 tablet spirulina yg lebih terjangkau tapi entah sama bagusnya dengan luxor atau enggak.misalnya merek ocean-A yg harganya 325ribu isi 500 tablet

      suplemen chlorella yg terjangkau dari CNI (CNI sun chlorella). isi 150 tablet harganya 200ribuan. mutunya bagus, keluargaku pernah mengonsumsi produk2 dari CNI juga soalnya.

      Hapus
    2. aku pernah makan CNI sun chlorella tp g ngeh efeknya krn dulu pas masih kecil . :D emg rasanya amis2 bau laut gitu. ada grindilan hijau2 , tp ini sun chlorella yang kyk vitamin anak.
      just info, klo kopi gingsen CNI rekomen buat sakit kepala IMO. andalan keluargaku, yg masih dikonsumsi itu kopi ginseng sama salep nutrimoist. tp salep nutrimoistnya kok ga ngefek ya dijerawatku x_X ktny bagus buat jerawat.

      Hapus
    3. CNI sun chlorella baunya nggak terlalu amis soalnya budidayanya nggak cuma di air laut, tapi juga air tawar. beda dengan spirulina yg harus di air laut, bau spirulina kuat banget.

      kopi ginseng CNI enak tuh, nggak bikin perut kembung.
      yg sering aku konsumsi waktu kecil itu CNI mie sehati, nggak ada MSG nya. penyedap alaminya dari yeast extract.
      oh, nutrimoist bisa buat obat jerawat? setau aku itu buat obat luka

      Hapus
  7. waa untung aku belum pnh perawatan di dokter ato tergoda yg gajebo. pasti stress bgt wktu ngalami breakoutnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. aku juga belum pernah nyoba skincare dokter, biarpun udah diajak temen2 & tanteku ke klinik kecantikan tapi aku selalu nggak mau. pingin yg alami2 aja, ringan di kulit & dompet hehehe..

      Hapus
  8. Whoaaa baru tau kalo yang mengandung whitening itu lebih keras buat kulit, nice info kak! Ohiya kak lintang coba dong bikin post soal mineral makeup, kan dia bentuknya loose powder foundie gitu dan katanya lebih friendly buat kulit terutama yang acne prone, gimana kalo kakak coba buat post tentang itu? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kosmetik yg ada whiteningnya biasanya lebih keras dari skincare biasa, apalagi kalo isinya AHA.
      mineral makeup tuh kadang bohong deh. banyak yg mengandung silica & bismuth, jadi tetep nggak friendly buat yg acne prone. kan silica & bismuth itu bisa nyumbat pori.
      tapi memang mineral makeup itu terasa lebih ringan & awet buat yg kulitnya super oily. kelebihannya bisa nyerap minyak.

      Hapus
  9. Aihh ada lagi idemu :), mba Lintang kenapa ngak harus pecah atau matang dulu kacang hijaunya ya ? Mba Lintang minta tolong dong next posting kalau ada pakai dustilled water bisa kasih penampakan yang merek indomaret ngak ? Saya pernah ngubek ngubek indomaret dan tanya petugasnya eh...dia ikut bingung kayak saya hahaha tolong ya mba Lintang. Terimakasihhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo matang sayang vitamin & antioksidannya banyak berkurang..
      hehehe oke.. iya tuh, karyawan indomaret juga sering bingung sama produknya. aku bilang demineral water yg tutupnya flip top, mereka ngotot bilang itu air oxy, padahal nggak ada tulisan mengandung oksigen

      Hapus
  10. Mbak Lintang, klo pake jahe bubuk bisa ato gx? takarannya berapa?

    BalasHapus
  11. klo fermentasi dari nasi itu dipake tiap hari gak papa kah mba? terus bisa gak ya ngilangin jerawat? kalo SK II kan juga bisa untuk jerawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tiap hari nggak masalah..
      ada yg bilang toner ini bisa ngilangin jerawat, tapi kalo di aku malah biasa aja. jerawat sembuhnya nggak cepet2 amat

      Hapus
  12. Mbak lintang klo yang fermentasi nasi itu bisa gak buat ngilangin jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yg bilang jerawatnya cepet sembuh dengan saccharomyces toner. tapi di aku sendiri nggak terlalu ngefek

      Hapus
  13. Punya tips buat ngilangin jerawat di punggung gak mb lintang ?
    Soalnya jerawat punggung banyak bgt ni gak ilang2 bekasnya juga banyak bgt :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jerawat punggung aku pernah mengalami juga lho. coba buka link ini http://randomandquick.blogspot.com/2014/08/ramuan-diy-untuk-jerawat-dan-tips-bebas.html

      Hapus
  14. Kak,
    toner ini bisa dipake di keti gak?
    soalnya suka pake macem2 cream buat ilangin bulu gitu..
    tengkiu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bisa..malah bisa menghaluskan keti juga lho
      juga mengurangi bau badan soalnya ada antibakterinya

      Hapus
    2. tapi bisa bikin pori2nya membesar gak sih kak?

      Hapus
  15. Mbak..saya rncna mw buat diy pitera itu loh..klo ragi ny merk saf instant boleh gak?? Dy dr lesaffre jg.trs klo pk jeruk npis bth bbrpa tetes n tahan brpa hro toner tsb? Mksih mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, saf instant bisa. aku juga pernah pakai saf instant, enak mengaduknya, nggak terlalu menggumpal seperti fermipan, mungkin karena instan ya.
      tanpa jeruk nipis tahan 3-4 hari di kulkas.

      tapi kalo suhu kulkasnya dingin banget (sedingin chiller di supermarket yg untuk display produk yoghurt) bisa sampai 7 hari.

      Hapus
  16. Hai lintang,penggemar bgt sama blog mu nie,kereeen.ceritany hbs cb scan kndisi wajah,ada 3area kulit yg dideteksi. Area terdlm kulit sya hasil scan bnyk bakteri >1000 normal <100. Waduuuh,gmn nie lintang bersihinya,kulir emang acne prone berminyak. Walau pun lapisan luar&tngh jg lbh dari normal sie. Klo aq,beli sie alat galvanic ini mana sanggup klo bs aq syng jg :D. Pake toner ini bs ngilangkan bakteri didlm itu kah. Maaf kepanjangan,tks. Nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo nur.. makasih ya udah jadi penggemar blogku hehehe..
      wah, banyak banget ya, apa mungkin pH kulitmu ketinggian sehingga bakterinya berkembang biak dengan subur. coba pakai produk2 yg agak acid (DIY atau OTC), dibarengi dengan DIY detox toner ini. soalnya toner ini sendiri kurang acid

      Hapus
    2. PH kulit ketinggian, berarti basa or asam yaaa. takut salah persepsi ni hehehe.
      kemarin, wkt aq pake acid water dari KW memang muka jd bersih termasuk dari jerewi. nah, ada yg blng lbh baik klo cumuk itu bare face aja alias air aja mlh bbrp kondisi mukanya lbh baik. tp cb bbrp hari krn kulitnya terlalu berminyak mnkgn timbul jerewi nie di dagu lg bbrp. rekomendasi utk menetralkan PH muka pembersihnya apa say. makasih bnyk ya lintang. nur

      Hapus
    3. pH tinggi = basa
      nah karena kondisi kulitmu basa, kamu cocok pakai acid water.
      yg cocok pakai air aja mungkin kondisi pH kulitnya emang mendekati netral (karena pH air itu netral).

      saranku, kamu cuci muka sesuai rutinitas kamu aja. pembersih mukanya yg mengandung acid seperti ekstrak lemon/buah2an. tapi biasanya produk pabrikan pHnya udah disetting sama meskipun ada ekstrak buah2annya. karena itu lanjutkan aja dengan acid water habis cuci muka.
      kalo pakai yg DIY, bikin cleanser/toner yg dikasih acid (misal air jeruk nipis)

      Hapus
  17. kak saya memakai ramuan kulit pisang+kunyit+air beras(diambil endapannya) lalu malamnya saya lanjutkan dengan memkai ekstrak kulit kentang. besoknya lagi karna ramuan kulit pisangnya habis saya pakai air endapan cucian beras+kunyit+jahe lalu malamnya saya pakai ekstrak kentang lagi yg sudah saya buat kemarin(sudah berwarna agak hitam sewaktu saya pakai) tiba-tiba keesokan harinya muka saya langsung jerawatan banyak banget seperti alergi. saya bingung ini kenapa ya kak? apa gak cocok sma salah satu bahan itu? kira-kira bisa sembuh ga ya kak? tolong kasih saran dong kak plis :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dugaanku kamu nggak cocok dengan kulit kentang atau air beras. memang kentang & beras mengandung antinutrisi.
      aku nggak pernah menggunakan air beras mentah, selalu aku didihkan duu. kentang juga dikukus dulu. tetep berkhasiat, justru kalo nggak diolah malah bikin kulitku bermasalah.

      supaya cepet sembuh hindari bahan2 DIY yg mentah. cuci muka dengan air teh (teh hijau melati) dan dibuat toner juga

      Hapus
  18. kak komentar saya udah masuk belum ya? hikssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang..memang aku moderasi dulu, makanya nggak langsung muncul

      Hapus
  19. Hai kak lintang aku mau nanya dirumah aku lagi banyak suplemen minyak ikan kak nah kulit aku berminyak dan acne prone, aman ga ya kalo konsumsi suplemen minyak ikan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo acne prone jangan konsumsi minyak asal hewan. lebih baik yg dari tumbuhan aja, tapi yg ekstrak (bukan minyak)

      Hapus
  20. Mba lintang lagi konsumsi jus apa nih? Kalo wortel sama tomat dicampur bagus gak ya buat dikonsumsi biar jerawatnya lebih mudah hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sekarang aku jadi anak kost udah nggak minum jus, tapi buah & sayurnya dimakan mentah. selada, wortel, tomat, udah kayak kelinci nih aku hehehe..
      ya, wortel & tomat bagus buat yg acne prone. bisa cepat menghilangkan bekas jerawat juga.

      Hapus
  21. halo kak lintang. aku udh lama baca blog kakak. seneeng banget deh selain nambah wawasan juga bikin semangat utk aware sm kesehatan diri sendiri. salute! ;)

    oiya kak aku coba bikin saccharomyces toner nya, kondisi toner saat dibuat ada gelembung2 kecil yg nempel di plastik penutup nya sih tp nasi nya ga hancur karna nasinya agak keras (ak gatau ini berhasil apa engga), malemnya lsg ak pake hbs it ak pk rosehip oil sprti biasany buat pelembab ku, paginya sih ekstra lembut bgt kak pdhl pk rosehip oil aja biasanya udh lembut, tapi pipi kiriku bruntusan kaya alergi gitu. siangnya tetep aku pakein lg berharap bs sembuh. terus sore aku maskeran pake youth mud glamglow kak. pas malem udh mau tidur aku liat malah bruntusan di pipi nambah banyak plus di jidat juga huhuhu :"(

    aku mau tanya kak apa ritual aku bahannya ada yg kontradiktif sm toner nya atau aku alergi sm tonernya? cara menghilangkannya gimana yaa kak? aku panik bgt soalnya mukaku ga pernah ky gini.
    maaf bangeeet yaaa kak jd cerita panjang soalnya aku msh awam.
    ditunggu sekali jawabannya.

    sekali lagi terima kasih yaaa kak.
    keep inspiring! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai nindya.. makasih udah baca blogku ya..

      berarti kamu nggak cocok dengan toner itu. mungkin karena akoholnya, atau enzimnya. bisa juga karena nggak cocok dengan bahan beras2an. sebelumnya udah pernah pakai DIY dari beras belum?(tajin/tepung beras/nasi). soalnya beras memang ada zat anti nutrisinya. bisa hilang sih kalo diolah, tapi ada sebagian orang yg tetep nggak cocok meskipun berasnya udah diolah gimanapun juga.

      dihentikan aja. nanti bisa berhenti sendiri kok. pakai skincare yg udah cocok di kamu aja, tapi juga jangan dihajar dengan bermacam2 skincare sekaligus. biarkan kulit istirahat & kalem sendiri.

      sama2 nindya..

      Hapus
  22. Mbak katanya minum terlalu banyak air itu gak baikk buat ginjall yah?? Trus ak kan buka itu link di atas tntg 1 gallon a day. Emg itu gak papa yah mbak buat ginjal?? Pngen nyoba soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun yg berlebihan toh pasti nggak baik. aku pernah nyoba 1/2 galon air, tapi 2 minggu aja. aman kok.
      belum pernah nyoba yg 1 galon selama 1 bulan, duh nggak kuat beser terus hehehe

      Hapus
  23. 1/2 galon itu kira'' brapa gelas yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nggak ngitung berapa gelas.. yg jelas 9,5 liter karena 1 galon isinya 19 liter

      Hapus
  24. Kak lintang:D

    Kira-kira kalo pake toner ini baiknya berapa lama kalo untuk detoks? aku udah pake 2 hari dan jerawat jadinya muncul langsung mateng gituuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung banyaknya "sampah" di kulit masing2. ada yg cepat, ada yg lambat.
      kalo yg udah pakai krim gajebo lama, biasanya detoks juga lama

      Hapus
  25. Halo mbak..
    Kalo untuk membasmi jerawat lebih cepet resep yang ini atau yang masker kacang ijo+rempah jahe? Saya lg jerawatan lumayan banyak nich, ada sekitar 7 jerawat kecil & 1 jerawat gede. huuuuuu.. stress rasanya, baru kali ini ngalamin ginian.
    Awalnya nyobain resep endapan air cucian beras (cucian kedua padahal) yang dijadikan krim malam (berharap wajah bisa cling mulus, seperti pemberi infonya). Udah dapet 2 hari. Dalam dua hari ini juga saya nyobain maskeran timun parut tok, ga pake campuran apa-apa. Yang lainnya sich, cuma sunblok aja di siang hari, dan double cleansing di sore harinya. Menurut mbak, yang mana ya tersangkanya?

    Dan demi bisa menyembuhkan jerawat ini dengan cepat, kemarin malem saya pake masker kacang ijo+jahe, paginya maskeran lagi pake timun (karena infonya kan timun bisa menyembuhkan jerawat juga). Nah, setelah maskeran timun ini, jerawat sih ga nambah, tapi malah memerah, tidak seperti kalo setelah ditempelin jahe, ga memerah gini. Bahkan setelah pake sunblok + bedak tabur pun masih keliatan merah-merahnya.

    Menurut mbak, gimana ya solusinya? Kalo beli tretinoin, takut malah gak cocok..hiks.. makasih ya mbak sebelumnya.. maaf curhat kepanjangan, berharap banget bisa dapet pencerahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai noer..
      mungkin air cucian beras ya. beras itu kan ada antinutrisinya. aku juga sering mengalami yg namanya clekit2 kalo pakai air cucian beras yg nggak direbus, walaupun nggak sampai jerawatan. kalo air rebusan beras malah aku cocok.

      timun bisa menyembuhkan jerawat, tapi nggak terlalu nolong buat jerawat merah. mungkin sebaiknya jangan pakai timun ya.

      kalo lagi jerawatan gitu sebaiknya jangan gonta-ganti skincare sih. misalnya udah tau kamu cocok dengan skincare yg mana, tetap gunakan itu aja. nah, kamu kan bilang jahe nggak bikin kemerahan, kalo gitu gunakan aja jahe. combine dengan bahan2 lain yg udah terbukti cocok dengan kulitmu.

      misalnya udah pernah nyoba kacang ijo & cocok, combine aja kacang ijo dengan jahe.
      semoga cepet sembuh ya jerawatnya..

      Hapus
  26. Mbak lintang...mau nanya.
    aku kan nggak pernah DIY dan rencananya besok perdana mau nyobain resep ini sama yang saccharomyces toner. errr...pake botol bekas UC 1000 gimana cara nyuci biar steril mbak? oh aku emang belum beli alkohol, gliserin, dll. makanya mau nyari yang mudah dulu...
    trus botol-botol yang uda pernah dipake jadi toner apa dibuang atau dicuci lagi...
    maaf pertanyaannya ga nyambung ya mbak...
    makasih sebelumnya..

    -lid-

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama dicuci pakai sabun cuci piring (sunlight atau lainnya), lalu dicuci air panas. selanjutnya dibilas alkohol 70%. lalu dibiarkan sampai alkoholnya menguap & botolnya kering, steril deh.
      botolnya bisa untuk beberapa kali pakai, nggak harus langsung dibuang.
      selamat mencoba..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah