Kamis, 06 November 2014

DIY Rose Toner

Halo pembaca..


Semua udah nonton iklan Pond's Dewy Rose Gel kan? Iklannya persuasif banget ya, buat yang suka mencoba produk-produk baru pasti nggak tahan deh untuk nggak beli. Saya juga termasuk orang yang gampang tertarik, tapi terhadap ingredientsnya. Saya penasaran banget dengan kandungan Rose Lumiere Serum yang katanya bisa mengurangi kulit kusam, menyamarkan noda hitam, dan melembutkan tekstur kulit mulai dalam 7 hari. 

Berawal dari itu, saya iseng mencoba membuat rose toner. Ini bukan rose water ya, beda. Rose water itu by-product dari pembuatan rose oil. Saya sendiri sudah pernah mencoba rose water produksi Mustika Ratu (air mawar putih), sebenarnya bukan pure rose water karena sudah ditambah bahan lainnya. Dulu saya suka sekali air mawar putih ini untuk campuran masker bubuknya Mustika Ratu dan sebagai face mist.

Nah, rose toner yang saya bikin sebenarnya adalah jus mawar. Gampang kok membuatnya, disimak aja..



Bahan :
Kelopak bunga mawar .....................  1 genggam
Distilled water ..............................  150 ml
Jeruk nipis ...................................  seiris kecil
Madu ..........................................  1 sendok teh


Misalnya nggak punya mawar gimana? Ya beli. Saya juga nggak punya kok, saya beli di pasar, di lapak yang jual bunga tabur untuk keperluan adat dan makam. Beli 5 ribu aja udah dapat banyak banget, bisa untuk bikin toner 3-4 kali.  

Distilled water yang saya gunakan adalah air minum merek Amidis. Selain Amidis, merek Cleo juga bisa. Di Indomaret juga ada demineral water 600 ml yang tutup botolnya flip top (bukan ulir) itu juga termasuk distilled water. Jadi jangan bingung, distilled water sekarang gampang banget diperoleh. Distilled water itu paling baik untuk kosmetik DIY karena tidak mengandung mineral yang bereaksi dengan asam atau basa dari bahan-bahan yang kita gunakan.

Cara membuat :

1. Kelopak mawar yang sudah dicuci bersih diblender bersama distilled water dan air perasan jeruk nipis.


Jus mawar dan jeruk nipis

2. Saring jus hingga diperoleh sarinya saja.

Warnanya mirip jus jambu ya..

3. Tambahkan 1 sdt madu, aduk rata.


4. Pindahkan ke botol, simpan di kulkas. Toner ini tahan 10 hari di dalam kulkas karena ada pengawet alami (air jeruk nipis). Jika tidak menggunakan air jeruk nipis mungkin hanya tahan 5 hari.


Cara pemakaian :

Kocok dahulu, tuang ke kapas. Tepuk-tepukkan ke seluruh wajah setelah mencuci muka atau mandi, ketika wajah masih lembab. Boleh single use atau dilanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya, terutama sunscreen untuk pemakaian di pagi/siang hari.

Pemakaiannya di pagi hari harus dibarengi dengan sunscreen karena toner ini mengandung jeruk nipis. Jika tidak begitu, kulit menjadi fotosensitif. Pemakaian produk pencerah kulit memang seharusnya dibarengi sunscreen. 

Pada dasarnya bahan-bahan brightening itu sifatnya acidic (cenderung asam) dan menyebabkan fotosensitif. 
Jika kalian menggunakan produk whitening/brightening (baik alami maupun buatan pabrik) tapi tidak menggunakan sunscreen, jangan kaget waktu kulit malah tambah gelap dan kusam.

Tanpa sunscreen, bahan whitening/brightening akan membuat kulitmu fotosensitif
Bukannya cerah malah bisa makin gelap/kusam
Jika tidak suka pakai sunscreen, pakailah topi/payung untuk melindungi kulit

REVIEW

Wangi toner ini enak. Perpaduan harumnya mawar dan segarnya jeruk nipis. Warnanya juga menarik, merah agak pink.

Saya pikir Pond's tidak berlebihan mengklaim rose lumiere serum dalam produk mereka mampu melembutkan tekstur kulit. Memang benar DIY rose toner ini membuat kulit saya lembut, bahkan lembutnya cukup terasa di awal pemakaian. 

Rose lumiere serum dikatakan mampu mengunci kelembaban. Saya merasakan DIY rose toner ini memang melembabkan kulit saya. Mungkin kelembabannya kurang terasa nendang di awal, tapi bertahan lama dan stabil, seakan-akan toner ini mengandung gliserin. Gliserin kan menarik uap air dari lingkungan sekitar dan menguncinya sehingga kelembaban kulit tetap terjaga. Nah, rose toner ini rasanya seperti itu. 

Deskripsi menurut www.ponds.com.ph
Special Ingredient : Rose Lumiere™ Serum
Made from alpine rose extract that helps to lock in moisture and reduce skin dullness from within.

Sirkulasi air yang normal dapat menjaga kelembaban kulit

Menghilangkan flek hitam? Saya baru memakai toner ini 9 hari dan flek hitam hanya berkurang ukurannya, belum benar-benar hilang. Tapi saya optimis fleknya bisa hilang, karena penyusutan ukurannya cukup lumayan.

Nggak ada bahan atau produk yang benar-benar bisa menghilangkan flek hitam dalam 7 hari (kecuali krim gajebo ya)

Toner ini mengurangi kemerahan dan radang pada jerawat. Saya sedang ada 1 jerawat PMS, merahnya berkurang setelah menggunakan toner ini. Jerawatnya mengecil dan mengering cukup cepat, hanya 2 hari. Sengaja saya tidak memakai masker yang mengandung rempah-rempah selama 9 hari percobaan ini, biasanya kalo ada jerawat kan langsung saya kasih rempah-rempah supaya cepat sembuh. 

Toner ini juga bisa mengecilkan pori, hasilnya di saya nggak kalah dengan DIY pore tightening toner dan toner beras timun. Ekstrak mawar dan jeruk nipis memang terkenal bisa mengecilkan pori. Air jeruk nipis adalah strong astringent, sedangkan ekstrak mawar bersifat sebagai mild astringent. Selain mengecilkan pori, astringent juga mampu mengontrol sebum. Biasanya produk skincare komersial yang mengandung mawar ditujukan untuk kulit kering, tapi DIY rose toner ini sangat bisa digunakan untuk kulit oily. Nah, yang punya kulit berminyak boleh mencoba nih.

Membuat kulit putih merona? Hehehe, itu kan bahasa iklan. Saya cuma bisa bilang, toner ini membuat wajah tidak kusam sehingga terlihat lebih cerah, asalkan untuk pemakaian pagi/siang disertai sunscreen.

(+) Melembutkan dan mengunci kelembaban kulit
(+) Mencerahkan dan mengurangi flek hitam, tapi harus sabar (flek nggak bisa hilang dalam 7 hari seperti janji Pond's)
(+) Mengurangi peradangan pada jerawat
(+) Mengecilkan pori dan mengontrol sebum
(+) Wanginya enak

(-) Agak perih jika kena di jerawat dan kulit yang mengelupas

Bikin lagi? Ya, saya suka sekali toner ini. 

Recommended? Ya, untuk segala jenis kulit. Yang kulitnya sensitif terhadap asam tidak perlu menambahkan jeruk nipis. 

Tentang Ingredients

Macam-macam spesies mawar

Mawar (Rosa L.) ada banyak spesiesnya. Yang umumnya digunakan untuk pengobatan adalah R. caninaR. glaucaR. rubiginosaR. sempervirens, ini jenis-jenis mawar yang kelopaknya tidak banyak, hanya 5. 

Tapi semua mawar mengandung komponen fitokimia yang terdiri dari volatile oil, flavonol, asam fenolik, pigmen anthocyanin. Semakin gelap warna mawar, semakin tinggi pigmen anthocyanin, pigmen ini sifatnya antioksidan. Volatile oil terdiri dari 2-phenylethanol, linalool, citronellol, nerol, geraniol. Volatile oil ini selain memberikan aroma juga bersifat sebagai antioksidan dan antibakteri. Mawar juga mengandung vitamin C.

Mawar banyak digunakan dalam DIY skincare untuk :
  • Menyeimbangkan pH kulit
  • Melembabkan kulit 
  • Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV (karena mawar banyak mengandung antioksidan)
  • Mengobati jerawat, eksim, iritasi kulit, dan infeksi jamur (termasuk ketombe)
  • Menenangkan dan menyejukkan kulit, terutama pasca sunburn
  • Mengecilkan pori-pori dan mengurangi sebum
  • Membantu regenerasi kulit 
  • Mencegah penuaan dini, memperlambat timbulnya kerutan
  • Menyembuhkan luka dan memulihkan bekas luka
  • Mencerahkan kulit

Banyak sekali kegunaan mawar untuk kulit. Makanya banyak orang bilang "Rose is a beautiful flower for beautiful skin"


Jeruk nipis (Citrus aurantifoliabanyak digunakan dalam DIY skincare karena dapat :
  • Menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam
  • Mencerahkan kulit (menghilangkan hiperpigmentasi) karena kandungan vitamin C yang tinggi
  • Mengontrol sebum
  • Mengobati jerawat
  • Mengecilkan pori-pori
Jeruk nipis juga terkenal sebagai antimikroba alami. Bakteri yang dihambat oleh air jeruk nipis cukup banyak, meliputi bakteri Gram positif dan negatif, juga Candida albicans  yang sering menyebabkan masalah kulit dan kelamin.

Komponen penyusun aroma pada jeruk nipis sangat banyak, antara lain α-pinene, α-thujene, β-pinene, sabinene, myrcene, α-terpinene, d-limonene, γ-terpinene, para-cimene, α-terpinolene, linalool, cis-α-bergamotene, terpinene-4-ol, neral, α-terpineol, β-bisabolene, geranial, geranil acetate, nerol, geraniol, citral. Selain memberikan aroma, sifatnya juga antimikroba dan antioksidan. Jeruk nipis juga tinggi vitamin C yang bisa mengurangi hiperpigmentasi dengan menghambat aktivitas enzim tyrosinase yang berperan dalam pembentukan melanin. 

Sekian resep hari ini, gampang kan? Selamat mencoba!

Referensi

Disclaimer
  • Review ini berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di setiap orang tergantung kondisi kulit dan kecocokan terhadap bahan.
  • Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan sedikit perubahan dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.




80 komentar:

  1. Kalo aku biasanya bikin kelopak mawarnya aku rendem d air mendidih, trus aku masukin botol plastik, hampir sebulanan wanginya masih enak loh tang tp ga tau deh masih layak pake ato ga, hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo wanginya sih emang tahan lama hehehe.. eh kalo udah sebulanan mending dipakai buat rambut atau badan aja, jangan di muka

      Hapus
  2. waaah resep baru lagi,,biasanya beli mawar buat nyekar ke makam,,sekarang bisa dijadiin toner..hehe
    wanginya mawar bgt dong yaa,,agak2 serem..haha
    tp patut dicoba..
    ohh iya, klo pk toner ini atau tightening tp ga pake sunscreen soalnya gak keluar rumah gimana ya ??
    apa lama kelamaan jadi fotosensitif jg kak?? baiknya gimana kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunga mawar memang multifungsi ya..
      wanginya kurang serem menurutku, lebih serem kalo dicampur melati, kenanga, cempaka dll. aku pernah kepikiran untuk bikin toner bunga 7 rupa hehehe..

      kalo di dalam rumah aja nggak usah pakai sunscreen juga nggak apa2 kok. yg penting kulit dilindungi waktu keluar rumah. sebenernya pakai payung itu jauh lebih aman daripada sunscreen yg bisa luntur kalo kena keringat

      Hapus
  3. Wkwwkwk ketawa baca ini "Misalnya nggak punya mawar gimana? Ya beli. Saya juga nggak punya kok, saya beli di pasar," ak jg mau bkin ah. Beli d pasar banyak..kbetulan lg googling ttg rose water.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. kan mending beli daripada nyamber di kebun orang
      rose water kalo pure bagus, sayangnya yg dijual sering ditambah macem2

      Hapus
  4. D jus aja bisa ya g perlu d suling.. Will try it.. Thanks anyway mbak..

    BalasHapus
  5. mbak lintang, kalo gak dikasih jeruk nipis boleh dipake siang hari gak?
    soalnya gak pernah pake sunscreen, cuma pake pelembab yang ada uv protection nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, boleh..
      kayaknya cukup lah kalo cuma pelembab dengan UV protector. menurutku sunscreen teraman & terbaik adalah payung karena nggak luntur kalo kena keringat

      Hapus
  6. cara mencuci kelopak mawarnya bagaimana supaya betul2 bersih dari pestisida, mba?
    ada yg pernah bilang kalau rata2 petani mawar di Indonesia pakai pestisida kecuali utk mawar yg dijual ke pabrik kosmetik (bebas pestisida), cuma lebih sulit dapatnya & jauh lebih mahal drpd yg dijual di pemakaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang lho, bisa coba cara ini.. aku juga sering menerapkannya pada bahan makanan :
      - rendam dengan campuran air garam & jeruk nipis (jangan terlalu banyak garam & air jeruknya) sekitar 5 menit lalu bilas dengan air
      - atau rendam dalam air yg dicampur baking soda & cuka, sekitar 5 menit juga lalu bilas sampai bersih
      dulu ibuku suka pakai cairan pencuci piring (m*ma l*me) yg ada iklannya di tv untuk mencuci buah & sayur. tapi kalo dipikir2 serem juga kalo sisa sabunnya tertelan, akhirnya pakai bahan yg alami aja.

      Hapus
    2. Ikutan nimbrung mba,perbandingan air,garam,sama jeruk nipisnya seberapa y mba,tertarik nih,ada cara alami juga ternyata,terima kasih sebelumnya

      Hapus
    3. biasanya jeruk nipisnya 1/4 buah, garamnya 1 sdt, airnya 1 baskom gede (entah berapa liter tuh, yg pasti gede). buat merendam aja kok. dicucinya tetap dengan air keran mengalir. dicoba aja..
      sama2

      Hapus
  7. Wah mantep, bisa dicoba nih.. btw mbak, ada diy untuk memanjangkan bulu mata gak? :D
    Saya pakai shampoo mane n tail lumayan cepet nambah panjang rambut, cuma gak mungkin deh taruh di mata hehe
    Tingkyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba..
      untuk bulu mata paling gampang pakai olive oil, cepet panjangnya. pakai jus seledri juga bisa, dicampur juga boleh. tapi hati2 jangan sampai masuk ke mata.

      Hapus
    2. .Wah, caranya gimana tuh ka?
      .Soalnya lagi pengen banget manjangin bulu mata, sempat tertarik juga sama produk yg katanya bisa manjangin bulu mata kalo diolesin tiap malam
      .Tp masih ragu banget ka, jadi mungkin bisa pake yg alami aja :)

      Hapus
    3. dioles aja ke bulu mata. kalo kesulitan bisa pakai brush yang untuk maskara
      bahan alami & produk pabrikan biasanya sama aja lamanya kok, hehehe.. yg penting sabar aja

      Hapus
  8. resep di atas mirip2 cara saya bikin toner dari oat (idenya juga dari resep toner storm nya lintang).
    saya pakai air rebusan teh chamomile buat memblender oat, setelah halus disaring pakai kain tahu (kain saring buat bikin tahu), lalu saya beri madu + gliserin, jadi deh oat milk toner.
    ampasnya saya fermentasikan buat masker.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sering mencampur teh dengan oat, lalu disaring. tapi nggak diblender atau dikasih madu & gliserin. airnya dikumpulkan buat bikin toner storm, ampasnya buat masker fermented oat. lumayan, sekali proses dapat 2 skincare hehe..

      Hapus
  9. resep mbak lintang racun bgt. kmrin hbs baca ini aku lgsg ke pasar buat beli mawarnya. first impression bikin kulit soft & kenyal. lembabnya ok sampe pagi pdhl tidur di kamar ber AC. oya,kakakku pake ponds dewy rose gel tp fleknya jg gak ilang dlm 7 hari loh hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan, di pemakaian pertama udah bikin kulit lembut hehehe.. mawar emang oke buat mengunci kelembaban
      memang nggak ada skincare yg bisa ngilangin flek dalam 7 hari (kecuali kalo mengandung mercury dengan kadar yg sangat tinggi)

      Hapus
  10. waduh, disini malah susah banget nyari mawar mbak. bunga buat nyekar biasa dari famili bougenville atau melati. Penasaran gimana kalau mawarnya diganti bunga melati. hihihi... terima kasih postingnya ya mba lintang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diganti melati bisa. melati bagus lho buat kulit. hampir sama kayak mawar, ada kandungan antioksidan, antibakteri. juga bagus untuk melembabkan kulit & menyembuhkan luka.
      sama2 puspa..

      Hapus
  11. warnanya cantiiik >.< mau coba aaah, q lagi pake simle face mist tapi kayaknya agak kebanyakan madunya jadi agak lengket ga ganggu sih, oh y kan q beli demineral water yg indomaret tuh, lah q kan g tau kalo tutupnya tuh fliptop(?) jadi main q puter aja, tp seingetku kok g da bunyi krek-nya y, agak takut lo ud pernah dibuka sebelumnya, q coba minum rasanya biasa aja, y udah laah, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan, warnanya cantik.. warna pink-merahnya bertahan kalo dikasih madu & jeruk nipis. jus mawar tanpa 2 bahan itu oxidize & jadi coklat-abu2, jelek banget.
      setauku segelnya memang nggak ada, tapi tenang aja sih kalo masih utuh isinya dipajang di indomaret pasti nggak ada yg buka. memang rasanya biasa aja, nggak kayak air mineral hehehe..

      Hapus
  12. yg takbaca air rendaman mawar bagus buat kulit, kok bisa? bukannya lbh bagus sarinya kyk yg di resepmu ini yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prinsipnya kayak infused water, zat2 dalam mawarnya terlarut di air. tapi nggak semuanya kita dapatkan di air rendaman, lebih efisien kalo diambil sarinya.
      aku sendiri juga nggak minat dengan infused water buat diminum, mending buahnya dijadikan jus

      Hapus
  13. Harus dicoba nich ^^
    aku suka bau mawar..
    O ya mbak,ada DIY buat ngilangin bopeng bekas jerawat ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk dicoba..
      bopeng berarti semacam indented scar ya, coba aja pakai jelly gamat kayak yg aku posting di artikel Sharing Pengalaman Menghilangkan Bekas Luka.
      DIY untuk indented scar aku belum nemu, kalo cuma ngecilin pori sih ada resepnya

      Hapus
  14. ahaha..bisa aja nih kak lintang mau bikin toner kembang 7rupa, tapi kalo oke hasilnya boleh juga, nnt bagi resepnya kak..hihihi
    waah iya juga ya, klo sunscreen bisa luntur kena keringat atau kena air wudhu..slma ini kalo keluar cuma disekitar rumah emg pk payung kl panas, dikata 'lenjeh' alias kemayu ya bodo amat lah drpd kepanasan, haha..
    td aku bc komen2 yg lain jg, itu air dikasih garam&jeruk nipis bisa buat nyuci buah&sayur jg dong kak?
    ohhya, kl abis pake distilled water yg botolan kan masih nyisa tuh kak, mending diminum langsung sisanya atau bisa disimpen kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. oke siip
      ya, sunscreen emang nggak bisa diandalkan (berapapun harganya). mending payung, adem juga kan
      ya, aku sering nyuci buah & sayur pakai air garam & jeruk nipis kok. daripada pakai sabun cuci piring
      biasanya sisa distilled water aku simpan di kulkas. tapi kalo nanggung jumlahnya tinggal 1/4 botol ya aku minum

      Hapus
  15. Halu mbak lintang :)
    Mau nanya itu yg dipake boleh mawar warna apa aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo..
      iya, warna apa aja boleh. tapi kalo mau yg tujuannya anti aging pilih yg warnanya pink gelap (banyak mengandung antioksidan jenis anthocyanin)

      Hapus
  16. kak, caranya ngilangin milia gimana ? jelasin spesifik dong kak, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan mild peeling karena milia di daerah sekitar mata.
      bisa dengan madu+jeruk nipis (madu 1 sdt, air jeruk nipis 2 tetes). dibuat maskeran selama 1/2 jam, lalu dibilas. lakukan 1-2 hari sekali.

      bisa juga pakai rose extract (jus mawar tapi sarinya aja). kalo bisa, mawarnya diblender tanpa dikasih air sama sekali, jadi memang sari mawar pekat. boleh juga dicampurkan ke madu &jeruk nipisnya

      Hapus
  17. Mbak saya pakai perawatan dokter muka, boleh gak mbak diselingi dengan resep diy dari mbak? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, tapi pakai bahan2 yg mild aja. jangan yg acid & rempah2. misalnya kalo bikin rose toner ini jangan dikasih jeruk nipis.
      takutnya kulit malah jadi sensitif, karena skincare dokter juga keras

      Hapus
  18. mbak, aku pake masker madu yg dipanaskan tp lewat rice cooker , ada microwave sih hehee... efeknya bagus drpd yg ga dipanaskan,,, itu kenapa ya?? ga ada kandungan yg hilang dr madu kan? Thx sblmnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipanaskan jadi lebih mudah meresap ke kulit, sehingga seolah2 terasa lebih bagus.
      tapi sebenernya kalo dipanaskan malah berkurang manfaatnya. vitamin, asam-asam amino & enzimnya banyak yg rusak

      Hapus
    2. G ada microwave mksdnya hehe salah ketik. Owh ak campur kayu manis juga sih mbak. Jd lebij berasa

      Hapus
    3. hehehe.. itu yang ngefek kayu manisnya. madunya nggak terlalu

      Hapus
  19. .Ka, mau nanya
    .Sebenernya sunscreen itu perlu banget atau ga terlalu sih ka?
    .Soalnya aku baca dimana-mana pasti nyaranin buat selalu pake sunscreen walaupun ada didalam rumah, karena katanya UVA tetep bisa nembus jendela
    .Terus ini aku juga baru mau pake sunscreen dan sebelumnya belum pernah sama sekali
    .Ada recomended sunscreen yg bagus ga ka?
    .Terus apa memang bener cuma dipake saat mau keluar rumah aja?
    .Dan kalo misalnya pake toner yang ada jeruk nipis-nya gini apa beneran ga apa-apa ga pake sunscreen lagi ka (tapi cuma didalam rumah aja)?
    .Ma'af ya ka banyak nanya, soalnya lagi bener" pengen ngerawat muka ka (baru nyadar soalnya) Hehehee" :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sunscreen penting kalo kita beraktivitas di daerah yg terpapar cahaya matahari.
      misalnya meja kantor atau bangku di kelas dekat jendela langsung kena cahaya, maka sunscreen itu perlu. naik mobil juga masih perlu sunscreen karena cahaya matahari bisa nembus kaca.

      jadi lihat2 dulu tempatnya gimana. ngapain juga pakai sunscreen kalo misalnya rumah kita nggak langsung kemasukan cahaya matahari dari jendela, hehehe

      Hapus
  20. Hallo kak. aku udh lama nih stalking blog kakak. tapi gak pernah koment hehe. kak aku mau nanya nih maaf klo OOT. gimana ya buat bibir jadi pink alami? terus ngilangin kerut2 dibibir?
    terus satu lagi kak. aku ada kantung mata gitu jadi lipetan kyk kerutan. pdhl umur aku bru 14 tahun. tapi dia jadi kayàk lipetan gitu doang tapi gak kyk kerutan orang tua gitu. nah ngilangin nya gimana kak? gak pede nih. makasih sebelumnya kak lintang^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya bibir jadi pink alami & ilang kerutannya bisa dicoba pakai madu. rajin diolesin aja kalo di rumah, waktu ke sekolah/keluar rumah di siang hari pakai lipbalm yg ada UV protectornya. sinar matahari bikin bibir jadi gelap & muncul kerutan.

      lipatan kantung mata kayak gitu biasanya genetis, sering juga lho ada balita/anak2 yg udah muncul lipatan gitu. susah diilangin secara alami.
      tapi pede aja, kan sekarang lagi trend aegyo sal ala seleb2 korea itu. mereka aja oplas karena pingin punya kantong mata kok, haha..

      Hapus
  21. Hai Lintang
    Aku ud buat toner ini,tp bingung mw combine sm skin care aku.Kmren baru bli hadalabo alpha lotion sm milknya.Aku jg pnya skin aqua spf 25.Knapa ya muka aku kusam banget pas bangun tidur,padahal malamnya aku pake hadalabo lotion sm milknya?Sorry ya ud agak OOT,soalnya aku ud berharap banget cocok sm hadalabo alpha.Kasih saran donk night cream yang bagus tp terjangkau,kulitku kering kombinasi.Makasih ya Lintang

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ria..
      hada labo alpha yg merah kan? wah kenapa banyak yg nggak cocok ya, aku juga nggak cocok dengan lotionnya hehe.. mungkin karena terlalu rich, bikin muka kusam berminyak
      wah night cream aku nggak pernah pakai. oya tanteku bilang biokos bagus, tanteku pemakai biokos seri age repair. tapi hasilnya pasti beda2 di tiap orang.
      sama2..

      Hapus
  22. Mbak, ada diy untuk menghilangkan kerutan dibawah mata gak ya? *rutin pakai gamat sih.. *tapi gak sabaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIY black toner, tapi jintan hitamnya diganti anggur hitam atau apel. coba aja..

      Hapus
  23. Mba punya resep buat ngilangin kantong mata yg gelap ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyebabnya apa dulu nih?
      kantong mata karena keturunan nggak bisa dihilangkan.

      ada juga yg disebabkan karena nutrisi tidak seimbang, anemia, atau gangguan liver.
      kalo cuma karena kurang tidur, bisa diperbaiki dengan tidur cukup+kompres area mata dengan bahan yg mengandung kafein, kayak teh hitam atau kopi

      Hapus
  24. Halo Lintang..
    Aku ga nemu2 yang namanya distiled water. udah nyari2 ke 2 alfamart dan 2 indomart, malah nemunya air mineral 88, apaaa gitu merknya lupa lagi. Ada merk cleo jg, tp atasnya ada label indomart nya, pas diteliti ingre nya malah air oxi. Disini kalo air oxi lumayan gampang nyarinya. Lah, jadi curhat, hehe..
    Kalo misal ga pake distiled water gmn caranya ya? Kebetulan aku punya tanaman rose wrna pink dan merah, lagi berbunga pula. Baiknya direbus atau lebih baik pake air oxi aja?
    Pengen banget nyoba nich.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cleo yg tulisannya indomaret itu juga distilled water. tulisannya "pure water+oxygen" kan?
      pure water itu nama lain untuk distilled water. disebut juga demineral water.
      pokoknya kalo bukan mineral water ambil aja, hehehe..

      menurutku jangan direbus, lebih baik jus mawar mentah. mawar kalo direbus manfaatnya jadi berkurang.

      Hapus
  25. mbak aku udah buat toner ini tapi kok di pipi Ada rasa gatel ya? cm gatel aja g knp2, apa karna jeruk nipis ya? tp emg kmaren resepnya klbhan madu aku makenya 1sdm , salah Baca kmaren hehe
    kalo toner ini g lake jeruk nipis, masih bisa ngilangin noda hitam gak mba?
    oh iya mbak klopak mawar kalo d simpan dalam kulkas awet brapa lama gak?
    maaf banyak nanya ya mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, jeruk nipis kadang terasa gatal kalo kulitnya nggak cocok. bisa kok tanpa jeruk nipis, tetep bisa mengurangi noda hitam.
      aku kasih jeruk nipis supaya mawarnya nggak oxidize jadi hitam, trus juga biar lebih panjang masa simpannya

      seminggu di kulkas juga masih bagus, kalo mawarnya nggak usah dicuci dulu (pokoknya nggak dibasahi), lalu dibungkus kertas koran, masukkan ke plastik tertutup. mencucinya waktu mau dipakai aja.

      Hapus
  26. Mb, kok aku ngerasa klo rose toner ini susah nyerap dikulit ya? Memang q biasanya klo pake toner kaya cuci muka gitu... heboh,bny make tonernya, hehehe...
    Biasanya klo pake fermented toner beras item atau storm, cepet bgt ngeresepnya... kira2 klo rose tonernya difermented jg gmn mb?papa ga? Makasih mb lintang... :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena ada madunya. toner kalo dikasih madu kan jadi rich, kesannya susah menyerap
      madu takaranku 1 sdt, tapi kan beda madu beda kekentalan. makin kental madunya, makin rich tonernya, jadi perlu dikurangi madunya

      difermentasi juga boleh. kemarin aku bikin fermented rose toner. merusak aroma, baunya jadi nggak wangi lagi hehehe.. tapi lebih moisturizing di kulit

      Hapus
  27. Mbak, aku Wiwid. Aku tertarik nih bikin toner rose, tapi boleh gak air jeruk nipisnya aku ganti dengan rebusan jahe? ntar rose oilnya teroksidasi gak ya? soalnya aku kalo pake air jeruk bruntusan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo wiwid.. ya, air jeruk nipisnya boleh diganti rebusan jahe.
      mungkin agak teroksidasi, tapi manfaatnya nggak berkurang kok

      Hapus
  28. Hy Mba , aku mw nnya , ap toner rose ini sangat aman bagi klit sensitif ? soal.y klit ku senstiv skli trus klo lgi kepnsan klit wjah ku khusus.y d pipi , dgn di dagu itu sgt mmerah krn bekas jrewta ! klo cara penganagn.y tuh gmna mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat kulit sensitif jangan dikasih jeruk nipis. mawar sangat aman buat kulit sensitif, tapi jeruk nipis enggak.
      dikompres aja dengan air mawar+teh chamomile. sering pakai masker madu. bagus banget buat menghilangkan kemerahan, tapi ya perlu sabar. nggak bisa 1x pakai langsung ilang bekas jerawatnya

      Hapus
    2. teh chamomile it yg bgaimna yah mba :D
      air mwar.y itu dgn teh chemomile.y d haluskan ato bgmna ?

      Hapus
    3. teh chamomile merek lipton, bentuknya teh kantong celup. ada di giant, superindo, carrefour dsb
      jus mawar (udah disaring) & air tehnya dicampur aja

      Hapus
    4. kra2 brpa lama bsa b'than mba klo d smpan d lmari pnding

      Hapus
    5. sekitar 3-4 hari. teh chamomile itu emang nggak awet, nggak kayak teh biasa

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. yaampun mbak ini toner manjur banget :D baru 3 hari yg lalu aku bikin terus kupake sehari 2x, jerawat segede bisul di pipi kanan udah kempes hampir ilang :')))) mau nyobain ke idung landaknya adekku juga.. siapa tau sembuh :') makasih ya mbak udah bagi2 resep ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, aku ikut senang kalo manjur di kamu.
      ternyata efeknya di jerawat lumayan cepet ya. semoga juga bisa mengurangi komedo.
      sama2..

      Hapus
    2. tapi kalo habis pake toner ini ditemplokin diy serum vit.c sama olay boleh nggak mbak? soalnya di ingredients nya olay ada benzyl2 gitu :( takutnya sebangsa benzoat..

      Hapus
    3. boleh. kan krimnya dipakai setelah toner & serum meresap.
      benzyl beda dengan benzoat lho

      Hapus
  30. Kak lintang, rose toner ini bisa untuk make up setting spray juga ngga ? biar make up awet dan tahan lama gitu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya nggak bisa.. ini untuk toner aja atau face mist sebelum pakai skincare /makeup

      Hapus
  31. Hai mbak, salam kenal. Namaku melly. Saya mau minta solusi buat anak kos, kalo gak ada kulkas gimana ya mbak?Trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai melly, salam kenal.. aku juga sekarang anak kos nih..
      kalo nggak ada kulkas, botol kacanya bisa direndam di ember air. misalnya dengan kulkas tahan 5 hari, di ember tahannya sekitar 3-4 hari.

      Hapus
  32. mba aku ada bunga lily. bs ga ya?wkakka

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. lily nggak bisa dijadikan skincare. mending melati atau anggrek deh

      Hapus
  33. Hai mba lintaaang, baca blog mba tuh kayak menemukan pencerahan gitu dehhh. Dalam sehari bisa baca2 banyak post mba lintang, dr beberapa diy masker sma toner lumayan tertarik sama diy yg ini. Saya tuh mukanya oily plus acne prone abis mbaaa. Kmrn sempet beli nutrafor white beauty gara2 baca female daily dan pd cocok. Tp pas saya minum ko malah ga haid y?kayaknya mempengaruhi hormon deh, jd jatohnya di dagu muncul jerawat gitu 4 biji, trus di pipi kanan kiri jugaa :(. Pdhl niatnya mau ngilangin bekas jerawat eh malah nambah jerawat. Huhuhuhuhu.
    Kira2 klo yg oily plus acne prone pk toner ini terus bisa nambah minyakan g y?kan katanya bikin lembab y?sebenernya kurang paham juga antara lembab dan berminyak, hehhe. Maap yaa jd curcoool. Soalnya januari mau prewed nih, buat acara april. Jd april pgn mulusss pas nikahannya. Tp ini malah ada 6 jerawat baru :((.
    Ato mba lintang punya resep lain yg lbh maknyos?skrg saya lg pk wardah acne series, tp g terlalu ngaruh nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai elva.. makasih udah baca blogku
      wah kok aneh ya bikin nggak haid? tapi nggak semua konsumen yg mengonsumsi itu jadi nggak haid kan? pasti ada interaksi suplemen dengan sesuatu yg kamu minum/makan.
      lembab bukan berarti berminyak lho. lembab itu kulit jadi supple, lembut, kenyal. tapi nggak mengkilap berminyak.
      efek tiap resep di masing2 orang berbeda2 sih. yg paling manjur di 1 orang belum tentu efeknya sama bagusnya di orang lain

      Hapus
    2. Klo baca d female daily memang ada yg jd g haid sih mba, tp yg lancar jg ada. Sama kayak klo baca2 review minum mastin, ada jg yg malah haidnya g teratur. Kyknya emg tergantung pola hidup dan tingkat kesetresan juga ya, hihi. Makin dipikirin malah stres deh. Hadooh.

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah