Jumat, 28 November 2014

Memilih Bahan DIY Sesuai Golongan Darah

Halo pembaca..

Rasanya udah lama saya nggak update blog. Balas comment & email juga agak lama, maaf ya.. Ada 3 sebab sih. Pertama modem saya rusak, jadi saya terpaksa beli lagi. Lalu gantian hard disk laptop saya yang rusak, laptop jadi nggak bisa dinyalakan. Yang paling sebel karena foto-foto resep DIY yang sudah saya siapkan hilang semua. Yang ketiga, saya pindahan. Saya jadi anak kost sekarang, jadi nanti saya akan lebih banyak share DIY yang cocok untuk anak kost.

Nah, memilih bahan-bahan DIY juga nggak bisa asal-asalan. Selain harus disesuaikan dengan  jenis kulit, juga harus disesuaikan dengan golongan darah. Pernah dengar diet sesuai golongan darah? Kurang lebih yang untuk DIY juga seperti itu.




Golongan Darah O


Golongan darah O umumnya memiliki pori-pori yang lebih besar, sering berkeringat dan berminyak. Sistem imun golongan darah O paling kuat dibandingkan golongan darah lainnya, sehingga proses penyembuhan jerawat tidak memerlukan waktu panjang.

Golongan darah O punya kadar hormon tiroid yang rendah. Rendahnya kadar hormon tirod menyebabkan golongan darah O beresiko mengalami masalah kulit dan rambut sebagai berikut:
  • Kulit pucat
  • Kulit kepala dan rambut kering
  • Kulit kusam
  • Bekas luka lama hilangnya
  • Rambut rontok
Bahan DIY yang bermanfaat untuk golongan darah O adalah yang tinggi protein nabati.

Bahan-bahan yang sifatnya banyak mengandung minyak atau lemak tidak bekerja dengan baik pada golongan darah O. Hasilnya biasa-biasa saja, bahkan cenderung menyebabkan kulit makin kusam.



HINDARI!

- Dairy products
susu, yoghurt

- Telur

- Minyak
avocado, coconut, castor, soybean, corn

- Biji-bijian
biji bunga matahari

- Kacang-kacangan
kacang merah besar (kidney bean), jagung

- Sayuran
timun, kembang kol

- Umbi
kentang

- Algae
spirulina

- Buah
pear, jeruk, alpukat, kelapa, asam

YANG BAGUS :


- Minyak
olive (terbatas)

- Biji-bijian
flaxseed, pumpkin seed

- Kacang-kacangan
adzuki bean (kacang merah yang kecil)

- Sayuran
bayam, labu, rumput laut, selada, parsley, brokoli

- Umbi
ubi jalar

- Buah
pisang, cherry, blueberry, mangga, jambu biji

YANG NETRAL:

- Minyak
almond, canola, sesame, walnut

- Biji-bijian
wijen, beras (diolah)

- Kacang-kacangan
almond, hazelnut, macadamia, kedelai, kacang hijau

- Umbi
bengkuang

- Sayuran
jamur, seledri, wortel, kol, sawi hijau, tomat

- Buah
apel, anggur, lemon. jeruk nipis, strawberry, pepaya, semangka

Golongan Darah B


Golongan darah B sering bermasalah dengan kulit yang sensitif dan reaktif. Kulit orang-orang golongan darah B sulit diprediksi. Kondisi kulit menjadi tidak terkontrol jika stress atau dijejali dengan berbagai produk baru.

Golongan darah B harus memilih skincare yang mild dan hypoallergenic. Sebisa mungkin hindari parfum dalam kosmetik. Bahan DIY yang terlalu kuat seperti rempah-rempah tidak boleh digunakan setiap hari, dan pemakaiannya tidak boleh terlalu lama.


HINDARI!

- Telur

- Minyak
soybean, corn

- Biji-bijian
oatmeal, jagung, wijen, gandum

- Kacang
semua jenis

-  Sayuran 
pumpkin, sayuran yang berwarna selain hijau

- Buah
alpukat, tomat, pomegranate, kelapa

- Umbi
ubi jalar

- Lainnya
produk fermentasi


YANG BAGUS :

- Minyak
olive

- Dairy products
susu rendah lemak & yoghurt

- Biji-bijian
beras (diolah)

- Sayuran 
semua jenis sayuran hijau

- Buah
pepaya, cranberries, nanas, lemon, pisang, anggur

Golongan Darah A


Golongan darah A punya sistem imun paling lemah dibandingkan dengan golongan darah lainnya. Begitupula dengan kulitnya, mudah mengalami infeksi bakteri dan jamur.

Golongan darah A punya kulit yang tipis, dengan pori-pori kecil dan tidak terlalu berminyak. Kulit golongan darah A sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia. Untuk bahan DIY juga harus menggunakan yang mild supaya kulit terhindar dari iritasi.

Hindari bahan-bahan yang bersifat asam dan basa kuat, atau penggunaannya harus diencerkan dengan air terlebih dahulu. Rempah-rempah juga biasanya terlalu harsh untuk golongan darah A, penggunaannya tidak boleh terlalu sering.

Golongan darah A menerima teh dengan sangat baik. Jika golongan darahmu A, gunakan teh sebagai salah satu bahan DIY skincare andalan.


HINDARI!

- Telur

- Dairy products
susu, yoghurt

- Minyak
olive

-  Sayuran 
jamur, sayuran yang banyak getah, kol

- Buah
buah-buahan yang bersifat asam, tomat, pisang

- Umbi
kentang, bengkuang, ubi jalar

- Lainnya
rempah-rempah

YANG BAGUS :

- Minyak
rice bran, grapeseed

- Biji-bijian
beras (diolah), oatmeal

- Sayuran 
semua jenis sayuran tetapi yang tidak banyak getahnya

- Buah
buah yang tidak asam

Yang harus dibatasi
Produk fermentasi

Golongan Darah AB


Golongan darah AB sifatnya di tengah-tengah golongan darah A dan B. Golongan AB sangat sensitif terhadap sinar matahari. Masalah kulit utama golongan AB disebabkan oleh sinar matahari.

Kulit golongan darah AB mudah terserang radikal bebas. Karena itu golongan darah AB harus banyak menggunakan bahan-bahan yang tinggi antioksidan. 

List bahan DIY yang harus dihindari dan yang bagus adalah perpaduan dari golongan A dan B.

Nah. sekian artikel hari ini. Semoga bermanfaat. Jangan sampai salah memilih bahan ya, supaya kulitmu juga selalu sehat!

Referensi
http://mindbodyspiritwellness.net/blog/diet/blood-type-diet/blood-type-o-diet-food-list/
http://www.thyroid.ca/e9b.php
http://www.livestrong.com/article/86590-blood-type-b-list/
http://www.manomai.com/my_manomai_cream/

Disclaimer
Artikel ini boleh dicopy atau dikutip dengan perubahan, dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya.

32 komentar:

  1. aku goldar O kira2 cocoknya sama pasangan apa ya? #salahfokus :v
    bagian HINDARI itu biasa bgt aku makan mba... haduu gmana nih x_X yg ga dihindari rata2 susah didapat. dan jarang aku makan. wkwk
    - Algae spirulina ini bner btgt! aku ga cocok sama mc ft spirulinanya Viva. Jerawat batuuuuuuu..... thx mba artikelnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. nggak tau deh cocoknya sama pasangan apa
      ya, kita nggak bisa menghindari makan yg itu. aku juga O, harusnya menghindari susu tapi kalo nggak minum susu rasanya lemas. nekat aja minum, akibatnya perut sering trouble

      wah sampai jerawat batu ya? berarti emang nggak cocok sama spirulina, tapi kalo varian lainnya cocok kan?
      oke sama2..

      Hapus
  2. Diy buat anak kos asik nih, pasti resepnya gampang2 secara dirimu tak ada blender & kompor kan skrg? xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. blender nggak ada, tapi kan ada parutan. kompor ada dong
      tenang aja.. pasti gampang2 kok hehehe

      Hapus
  3. goldar A gak boleh pake kentang? oww pantesan aku bruntusan abis maskeran pake kulit kentang. thanks infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. tapi kentang mentah emang nggak bagus sih, soalnya mengandung antinutrisi :
      - protease inhibitor
      - lectin/ haemogglutenin yg menyebabkan penggumpalan sel darah merah
      - glycoalkaloid (terutama di bagian kulit kentang) sifatnya juga mengganggu sel darah. kalo kena kulit bisa menyebabkan iritasi, rasa perih, gatal.

      aku pernah pakai masker kentang tapi dikukus dulu. jadinya aman..

      Hapus
  4. O ga cocok sm timun tp aku cocok bgt pake hulk toner. mgkin krn ada seledrinya ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga O tapi cocok sama timun hehehe..
      mungkin kamu sebenernya cocok juga sama timun & seledri

      Hapus
  5. Ahh pantesan aku gak pernah cocok dg diy fermentasi, mungkin krn golongan darahku B. Bahkan fermentasi nasi pun bikin bruntusan. Sedih bgt krn ga bisa ngerasain pitera kw sering-sering :(
    Postingannya cocok bgt sama kulitku deh Lin, alpukat, oatmeal, rempah, kalo dipake tiap hari bikin bruntusan di aku, harus selang seling. Suka sayang juga karena diy biasanya cuma bisa dipakai sampai 3-7 hari, suka sisa banyak, pdhl udh dibikin setengah resep juga..
    Sayang bgt ya, diy buat gol darah B ga bisa bebas bgt variasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, golongan darah B itu kulitnya reaktif & gampang ngambek, jadi variasi bahan alami yg bisa dijadikan skincare juga terbatas.
      sebaiknya memang DIY itu diselang-seling supaya kulit nggak jenuh.
      iya. sayang banget ya kalo tersisa banyak.. kalo gitu bikin 1/4 resep aja

      oya, nggak hanya kulit yg nggak suka hasil fermentasi, tapi untuk makananpun juga. sebaiknya menghindari fermentasi yg menghasilkan alkohol (misal tape, kefir).
      tapi kalo fermentasi yg menghasilkan asam laktat (misal yoghurt) gitu boleh

      Hapus
  6. Aku golongan darah AB, tapi bingung nih perpaduannya gimanaa? Brrti gabungan antara A dan B dong yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gabungan dari A dan B.
      tapi biasanya AB itu lebih kuat kulitnya daripada A dan B. jadi lebih banyak variasi bahan yg untuk DIY skincare

      Hapus
  7. Hai Lintang....
    Di pipi aku sprt ada bruntusan dan gatel pula...aku lgi pake toner ferment oatmeal(kemasan biru) dan lgi nyoba pake masker kacang hijau+beras...
    Aku gol darah B, dan kalo aku baca postingan kamu, aku gak cocok dgn bahan itu..:(

    Tp aku cocok dgn toner ferment nasi dan aku cocok jga dgn masker oatmeal yg d fermentasi, (kalo masker oatmeal ini aku pake yg kemasan merah)
    Bingung jadi nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu bingung.. kalo cocok kan malah seneng
      banyak juga bahan yg harusnya di aku nggak cocok tapi ternyata cocok2 aja di aku. dan sebaliknya.
      tergantung jenis kulit masing2

      Hapus
  8. Yah.. gol darah O menghindari susu? Kui minuman favorite ku mbakk.... :'(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, aku juga suka susu. meskipun kalo keseringan bikin perutku kembung & urusan ke belakang terlalu lancar hehehe.. tapi tetep aja aku nggak bisa berhenti minum susu

      Hapus
  9. Wah, pantesan aku pakai toner sacharomyces ga cocok, bruntusan gitu... Padahal klo dilihat2 wajahku jd lebih cerah dikit, kulitku sawo mateng. Trus toner racikan mb lintang yg cocok buat goldar B apa mb kira2?
    Aku punya masalah kulit flek hitam bks jerawat, komedo, pori2 tersumbat. Jarang jerawatan sih... Makasih mb lintang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kebanyakan yg nggak cocok sama saccharomyces toner itu golongan darahnya B atau AB. biasanya mereka juga nggak cocok pakai produk2 kosmetik yg ada alkoholnya.

      coba rose toner/toner beras timun/pore tightening toner. tapi nggak usah dikasih jeruk nipis kalo misalnya nggak cocok dengan jeruk nipis, terus seledrinya juga dikit aja.
      sama2..

      Hapus
  10. waahh..aku goldar O, tp selama ini bandel sering mkn/mnm yg seharusnya dihindari..tp ga ada reaksi yg signifikan ke kulit/tubuh..haha
    mgkn selanjutnya bakal lbh selektif lagi mana yg harus dihindari, mungkin hasilnya jd lebih nampol kali yaa..hehe
    makasih kak postingan nya, bermanfaat bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, aku juga sering bandel hehehe..terutama susu tuh, aku nggak bisa ninggalin susu.
      betul sih, kalo kita makan yg sesuai golongan darah biasanya haslnya lebih bagus di tubuh kita.
      sama2..

      Hapus
  11. Kalau buat ngencengin sagging skin goldar B apa mba? Sy ngggak cocok pake kacang2an, pake beras juga malah bikin kering.
    Terima kasih artikelnya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba anggur hitam/ apel merah/ pisang ambon. bisa dicampur vit E kalo cocok dengan vit E. 3 buah itu bagus buat mengencangkan kulit.

      Hapus
  12. mbak.. salam kenal.. aq ophie, golongan darah q B, gol dar B ga bole pake oatmeal yaaa? padahal oatmeal msh banyak, sayang dibuang, hiksss,,,ga bisa ditawar ka? hehehe...

    kmrn2 pake diy sk ii, alhamdulillah sie mbak ga da pa pa, jerawat sdh terkendali (3 th ga perawatan, krn ngidam, bau kosmetik lgs mual). sekarang tinggal ngebersihin bekas jerawat. bagusnya pake diy yg mana ya mbak? selain sk dupe?

    trima kasih #bughugs
    kl skrg lg ngehabisin oatmeal+beras+kencur+kunir (smua saya blender). alhamdulillah enaak bingits di kulit.. apa aq hrs ganti diy mbak, biar lgs cespleng ngefek di wajah? minta sarannya ya mbak cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ophie..
      reaksi di kulit kamu setelah pakai oatmeal gimana? kalo bagus lanjutkan aja. kalo emang nggak ada perubahan, berarti nggak cocok (level ringan). kalo malah bruntusan berarti sangat nggak cocok.

      buat bekas jerawat biasanya sih pakai DIY vit C serum bisa. coba aja..
      sama2..
      DIY yg kamu coba udah bagus, mungkin oatmealnya dikurangi/nggak usah aja. beras+rempah2 aman kok buat gol. B.
      nggak ada DIY yg langsung ngefek, semua butuh proses hehehe

      Hapus
  13. Mbak ak pny bubuk daun biji kelor.enaknya buat apaya?? Buat toner tllu halus. Manfaatnya apa aj y hhe. Ccokny dipake jd masker

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat masker. kalo aku sih biasanyapakai daun kelor segar,buat maskeran juga.
      manfaatnya banyak. buat anti aging (mengencangkan kulit, memudarkan kerut), menyembuhkan jerawat, mencerahkan, memudarkan bekas luka

      Hapus
  14. Hmmmm grapeseed oil yah.. Mbakk boleh gakk pake grapeseed oil yg foodgrade? Soalnya aku masih banyak grapeseed oil di dapur..oh iya kalo misalkan canolla oil boleh gak dipake buat golongan darah A?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, boleh aja sih kalo cocok..
      dicoba dulu aja di bagian rahang, kalo disitu aman & nggak bikin bruntusan, kemungkinan cocok untuk seluruh wajah
      canola setauku agak berat ya, tapi belum tentu juga nggak cocok

      Hapus
  15. walah, tyt goldar B gak boleh pake soybean oil ma oatmeal ta? pantes, waktu aku pk sunblock Dava yg mengandung soybean protein mukaku lgsg komedoan dan jerawatan byk banget. Waktu cuci muka pk oatmeal, mukaku lgsg kering parah mpe nglotok. Btw, apakah efek buruk itu jg berlaku klo bhn2 itu dimakan (kdg suka makan kedele rebus ato oatmeal)?
    Skincare regimeku skrg tak bikin super simple, cuma pigeon FW, ristra anti-aging cream (for night) ma home snow vanishing cream (for day). Syukurlah sejauh ini masih aman2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, golongan darah B banyak yg nggak cocok dengan soybean & oatmeal.
      untuk pencernaan juga kurang baik. gol. darah B nggak bisa menerima lectin yg banyak terdapat di kedelai & oatmeal

      semakin simpel semakin baik.. kulit kita nggak kebebanan banyak bahan kimia

      Hapus
  16. mbaaaa lintanggg, aku baru baca ini (* A*)
    itu yang goldar B semua jenis kacang ya? apa minum susu kedlai juga musti di hindari juga ya mbaa? :"D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, kedelai termasuk nggak bagus buat gol.darah B. mempengaruhi pencernaan juga..

      Hapus

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah