Selasa, 03 Maret 2015

HQ7 Hair Milk Simply Fruity

Haloo..


Kali ini saya mau review produk, kan postingan sebelumnya udah DIY. Ada yang belum tau produk ini? HQ7 Hair Milk itu semacam vitamin rambut tapi bentuknya spray. Kayak Lucido-L produknya Mandom, tapi saya belum pernah nyoba Lucido-L. 

HQ7 ini produknya siapa sih? Ternyata dari PT Ultra Prima Abadi, OT (Orang Tua) Group. Itu lho..yang  memproduksi odol & sikat gigi Formula. Ini produk lokal, teman! Saya selalu cinta produk lokal, hehehe..


Dulu saya pernah beli produk ini waktu masih baru dirilis, waktu itu harganya promo,19ribuan di Super Indo Semarang. Sekarang sekitar 25-26 ribu, isinya 50 ml. Wah berarti 1 ml nya seharga Rp 500, ih lumayan juga.. Untung saya dapat ini dari teman. Baik ya teman saya?

Packaging

Packagingnya cantik, tuh kotak kemasannya beda banget dengan produk lainnya, nggak kotak plain tapi kayak paper bag. 



Botolnya plastik yang agak tipis. Jangan ditaruh di tempat panas ya, nanti botolnya menggelembung. Meskipun botol plastiknya kurang oke karena kurang tebal, tapi tutupnya rapat benar. Sprayernya mantap, enak dipencet, nggak macet-macet waktu disemprot. Bahan sprayernya bukan dari plastik murahan, tapi dari plastik tebal. Sepintas mirip logam karena warnanya metalik & shiny. 


Karena ukurannya yang mungil & tutup botolnya yang rapat, HQ7 Hair Milk cocok banget untuk dibawa travelling.

Aroma dan Ketahanannya

HQ7 Hair Milk punya 4 varian aroma :
  1. Misty Musk (biru)
  2. Lively Floral (ungu)
  3. Very Berry (pink)
  4. Simply Fruity (kuning)



Saya udah pernah cobain semuanya, wanginya yang paling saya suka yaitu yang Lively Floral. Tapi yang Simply Fruity ini juga enak banget, kayak jus buah atau sirup. 

Wanginya lumayan kuat waktu disemprotkan ke rambut, tapi beberapa saat kemudian jadi soft. Produk ini sangat menolong jika sewaktu-waktu rambutmu bau karena sengatan matahari dan asap. 

Tapi jika kamu banyak beraktivitas di outdoor jangan harap wanginya awet. Untuk aktivitas di dalam ruangan (apalagi ber-AC) lumayan awet lah. Saya pernah coba di indoor maupun outdoor. Di ruang ber-AC dari jam 07.30 - 17.00 masih tercium wangi produk ini. Tapi waktu saya bawa panas-panasan di lapangan, wah.. 2 jam aja udah lenyap wanginya.

Ingredients
  1. Water
  2. SD Alcohol
  3. PEG-40 Hydrogenated castor oil
  4. Argania spinosa kernel oil
  5. Fragrance
  6. Polyquarternium-59
  7. Glycerine
  8. Zinc salt of L-pyrrolidone 5-carboxylic acid
  9. Phenoxyethanol
  10. Butylene glycol
  11. Amodimethicone
  12. Citric acid
  13. Panthenol
  14. Tocopheryl acetate
  15. Tricedeth-9
  16. Pentylene glycol
  17. Milk extract
  18. Tricedeth-12
  19. Cetrimonium chloride
  20. Honey extract
  21. Methylparaben
  22. Ethylparaben
  23. Butylparaben
  24. Propylparaben
  25. Isopropylparaben
Ingredients yang panjang ya.. Adakah kalian yang langsung mundur saat membaca kata "paraben"? Ya, paraben emang reputasinya jelek banget ya sebagai pengawet kosmetik.

Tapi please, buka pikiran lebar-lebar. Jangan cuma menerima info setengah-setengah. Banyak yang bilang paraben itu buruk, tapi sebenarnya pengawet lainnya juga sama buruknya, hanya tidak banyak diekspos seperti paraben. Misalnya DMDM hydantoin & bahan-bahan yang sifatnya formaldehyde releaser sifatnya karsinogenik & irritant, BHA (butylated hydroxy anisole) & BHT (butylated hydroxy toluene) sifatnya karsinogenik. Nyatanya BHT banyak digunakan sebagai pengawet makanan, hehehe.. makan deh tu bahan karsinogenik!

Sebelum menjudge paraben, sebaiknya baca dulu postingan yang ini.

Lagipula wajar aja sih HQ7 Hair Milk ini banyak pengawetnya. Lihat deh ingredientsnya. Ada argan oil, ekstrak susu. Itu bakal cepat rusak kalo nggak dikasih antioksidan dan pengawet. Produk DIY yang mengandung minyak dan susu bisa basi dalam 2 hari meskipun udah ditaruh di kulkas.

Terlepas dari soal pengawet, produk HQ7 Hair Milk ini mengandung bahan-bahan yang sangat oke buat rambut :
  • Argan oil 
  • Ekstrak susu
  • Ekstrak madu
  • Zinc
  • Vitamin E (tocopheryl acetate)
  • Vitamin B5 (panthenol)
  • UV protection (polyquarternium-59 sebagai penyerap UV B)
 Argan Oil

Argan Oil for Hair

Argan oil mengandung vitamin E, omega 3 dan omega 9. Sifatnya yaitu :
- Mudah meresap ke batang rambut & memperbaiki folikel rambut
- Cepat mengembalikan kelembaban rambut
- Mengunci kelembaban rambut sehingga memperbaiki rambut kering
- Ideal untuk "menjinakkan" rambut yang sulit diatur karena kering dan rusak
- Tidak berat seperti minyak tumbuhan lainnya (misalnya coconut oil, olive oil) sehingga tidak membuat rambut lepek
- Menutrisi rambut, merawat rambut yang rusak akibat treatment panas & kimia
- Menjaga kilau rambut, menjaga warna rambut
- Mempercepat tumbuhnya rambut
- Melindungi rambut dari sinar UV dan radikal bebas lainnya

Ekstrak Susu

Tidak ada yang meragukan nilai gizi susu. Susu kaya akan asam amino, asam lemak, vitamin dan mineral yang baik untuk rambut. 

benefits of milk for skin 

Susu mengembalikan kelembaban rambut, melembutkan dan membuat rambut mudah diatur. Susu menjaga kilau rambut. Susu juga baik untuk menjaga keindahan rambut lurus, dan merawat rambut yang rusak.

Madu

 

- Madu merupakan humectant yang mengikat uap air sehingga menjaga kelembaban rambut, dengan demikian madu dapat mencegah rambut kering dan rusak
- Madu menstimulasi pertumbuhan rambut
- Madu mengandung antibakteri sehingga mencegah kulit kepala terinfeksi bakteri penyebab gatal dan iritasi
- Madu menguatkan folikel rambut dan mencegah kerontokan
Oya, kulit kepala saya kan termasuk sensitif terhadap SD alcohol. Saya pernah pakai Cussons hair lotion & Glazelle de Pucelle (dari Mandom), keduanya terasa sedikit perih di kulit kepala saya. Padahal Cussons hair lotion itu buat bayi lho.

HQ7 Hair Milk ini nggak bikin kulit kepala saya perih, gatal, atau iritasi. Produk ini memang diklaim sudah dermatologically tested, tested by Dermscan Asia & supervised by Dermscan France.

Efeknya untuk Rambut

Rambut saya itu tebal, merah, dan kering. Saking merahnya sampai dikira diwarnai. Itulah efek sering terkena panas matahari. Selain kering, rambut saya juga sering kusut dan susah diatur. Biasanya di rumah saya suka bikin DIY hair mist yang mengandung santan, tapi di kos mana bisa? Saya masih sering bikin DIY hair mist dari larutan gliserin, tapi sayang nggak ada UV protectionnya. Nah, HQ7 Hair Milk ini gunanya untuk mem-back up semua kendala itu.

HQ7 Hair Milk bikin rambut saya gampang diatur seketika. Saya nggak takjub sih, soalnya produk ini mengandung silikon (jenisnya amodimethicone) yang bikin segala sesuatu jadi mulus. Pelicin pakaian aja mengandung silikon, kalo nggak gitu mana bisa halus bajunya.

Tapi selain silikon, ada 3 bahan alami yang emang bisa melembutkan rambut, yaitu argan oil, susu dan madu. Orang-orang pecinta DIY yang udah pernah menggunakan 3 bahan ini pasti ngerti bagaimana efek lembutnya di rambut.

Rambut yang super kering jadi lumayan lembab, sehingga nggak gampang kusut lagi. Mantap deh!

Pokoknya saya puas dengan efek HQ7 Hair Milk yang melembutkan dan melembabkan rambut. Mirip lah dengan DIY hair mist saya.

Tapi produk ini nggak bisa menolong rambut kalian yang udah terlanjur rusak parah, misalnya rusak karena proses styling, pewarnaan rambut & kesalahan treatment lainnya.
Sepertinya HQ7 Hair Milk cocok untuk rambut normal atau yang semi rusak (sori, saya nggak tau istilah yang bener untuk "semi rusak"). 

(+) Melembutkan dan melembabkan rambut saya
(+) Nggak ada efek aneh-aneh (perih/gatal/iritasi) di kulit kepala saya yang sensitif
(+) Wanginya enak
(+) Mengandung UV protector (penting!)
(+) Sprayernya berkualitas

(-) Wanginya tahan lama cuma di dalam ruangan (dengan kata lain hanya cocok untuk para pekerja kantoran yang 100% selalu di dalam kantor, hehehe..)
(-) Hanya cocok untuk rambut normal atau yang sedikit rusak. Yang rambutnya rusak parah jangan berharap banyak dari produk ini deh.

Recommended? Ya, buat kalian yang suka wangi-wangian untuk rambut


Referensi :

http://kinkycurlycoilyme.com/argan-oil-for-hair/
http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-honey-for-hair-growth/
http://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-milk-for-skin-hair-and-health/

Disclaimer
1. Review ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, hasilnya dapat berbeda-beda di setiap orang
2. Artikel ini boleh dikutip atau dicopy dengan mencantumkan link blog ini sebagai sumbernya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua boleh komentar & kritik, asalkan jangan menyinggung suku, agama & ras, juga jangan menyebar spam. Spam berupa iklan dsb. akan dilempar ke tong sampah